Laman

Sabtu, 28 Juli 2018

Apa Itu Toleransi

Apa Itu Toleransi



Apa Itu Toleransi? Dalam kamus Indonesia Toleransi mempunyai arti sikap yang menghargai, mendiamkan, membiarkan, membolehkan, (pendapat, pandangan kepercayaan) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Jadi Toleransi bukanlah membenarkan tindakan orang lain yang berbeda pendapat dengan kita tapi hanya sebatas menghargai hak asasi orang lain.


Sedangkan Toleransi (Latin: tolerare) berarti mengendalikan diri, bersabar, memberi kesempatan orang lain mempunyai pendapat, dan lapang dada menerima perbedaan tersebut. Toleransi adalah sikap saling menghargai, menghormati, dan saling membantu orang lain dalam hal yang baik dan tidak merusak, sehingga terjalin hubungan sosial yang baik, harmonis dan menentramkan.

Artikel Terkait : Apa Itu Demokrasi

Dalam wikipedia Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Contoh sikap toleransi secara umum antara lain : menghargai pendapat dan/atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita serta saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku / ras / agama / kepercayaannya.

Ada beberapa contoh toleransi baik itu dalam agama, suku, ataupun sosial. Contoh toleransi dalam agama adalah tidak mengganggu orang lain yang sedang melakukan ibadah, memaksakan keyakinan kita pada agama lain, ataupun tidak menghina agama lain dengan alasan apapun.

Begitu pula dalam hal suku, kita harus menghargai orang lain dalam ras ataupun sukunya. Tidak mencela suku lain yang mempunyai kebiasaan yang berbeda. Ataupun memaksakan kebiasaan-kebiasaan kita untuk dilakukan oleh suku lain. Demikian halnya dalam masalah sosial, kita harus menghargai pendapat, tindakan ataupun pandangan orang lain yang berbeda pendapat dengan kita.

Artikel Terkait : Arti Sebuah Kebebasan

Perlu kita ketahui bahwa toleransi bukanlah pembenaran terhadap tindakan orang lain, toleransi hanya sebatas membiarkan, membolehkan dan menghargai tindakan orang lain. Jadi pembenaran terhadap tindakan orang lain bukanlah sikap toleransi, apalagi membenarkan keyakinan yang dianut orang lain yang tidak sesuai dengan keyakinan kita agar bisa dikatakan toleransi. Bahkan hal yang sangat fatal adalah membenarkan keyakinan orang lain demi kepentingan kelompok, golongan tertentu bahkan demi kepentingan diri sendiri.

Jadi Bisa disimpulkan Apa itu Toleransi? Toleransi adalah sikap seseorang yang menghargai perbedaan orang lain atau kelompok lain baik berupa keyakinan atau kebiasaan yang dilakukan orang lain yang berbeda agama, suku, kebiasaan dan lain sebagainya. Tanpa membenarkan perbedaan tersebut tapi tetap saling tolong menolong untuk menjaga kerukunan.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Toleransi
http://www.rmol.co/read/2016/12/05/271223/Apa-Itu-Toleransi-
http://kbbi.web.id/toleransi
https://brainly.co.id/tugas/781194



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!