Laman

Sabtu, 14 Juli 2018

Tips Membeli Perangkat Komputer

Membeli Perangkat Komputer



Dalam kita merakit komputer kita harus memilih apa perangkat komputer yang lebih baik untuk kualitas yang terbaik. Kita harus berhati-hati dalam membeli perangkat komputer, baik itu perangkat komputer itu sendiri atau tempat yang bagus dan murah, demikian juga pelayanannya bagus dan orang yang melayani kita ramah-ramah tidak cemberut dalam melayani tamunya. (he...he… just kidding).

  1. Yang harus kita perhatikan dalam memilih perangkat-perangkat komputer adalah kita harus mengetahui komputer jenis apa yang akan kita beli. (apakah AMD, Pentium intel atau Celeron? Apakah AMD athlon atau yang setara dengan pentium empat? Apakah pentium 3, 4, dual core dan core duo atau core 2 duo)
  2. Setelah itu kita survei tempat dan barang dimana tempat yang bagus dan murah, susah memang tapi hal tersebut diperlukan, penting kita mencari informasi ke teman-teman dan jika memungkinkan kita mempunyai teman teknisi komputer dan dia juga berbisnis serta bergelut dibidang tersebut.
  3. Yang paling penting disini adalah garansi dari perangkat-perangkat tersebut. berapa bulan garansi yang diberikan toko, rata-rata bergaransi 10-12 bulan. Untuk processor baru bergaransai 1 tahun begitu pula Motherboard bergaransi satu tahun. Biasanya rata-rata alat komputer bergaransi satu tahun.
  4. Beli prosecor dapat cd driver. Jika tidak mendapatkan cd driver berarti kita telah dibohongi. Jika garansinya Cuma 1-4 bulan berarti processor tersebut tidak baru akan tetapi processor yang masih bagus (bekas) tetapi dijual kembali. Berhati-hatilah dalam memilih processor tersebut.
  5. Jika kita beli cd-rw/dvd-rw maka kita periksa dulu apakah ada cd atau dvd didalamnya karena setiap beli cd-rw ataupun dvd-rw pasti kita akan mendapatkan cd atau dvd nero dan nero yang ada sesuai dengan tingkat cd/dvd-rw jika keluaran terbaru maka neronya juga terbaru. Nero8-9.
  6. Begitu juga jika kita beli vga maka kita akan mendapatkan cdnya untuk driver vga yang kita beli dan kiat selanjutnya sama dengan no 4 dan 5. 
  7. Untuk stabilizer terserah apa saja, yang standar ataupun yang bagus. Untuk stabilizer yang standar berwarna hitam biasanya kalau beli paketan langsung dapat otomatis tapi kalau merakit kita beli sendiri. Yang standar harganya kira-kira 25-30. kalau stabilizer yang merah dari 60-200 ribu. Untuk teman-teman stabilizer adalah komponen terpenting yang tidak terlepas, harus dan wajib kalau tidak pakai stabilizer pengalaman mengatakan kebanyakan komputer akan cepat rusak. (untuk sekarang banyak komputer yang stabil walaupun tidak memakai stabilizer, tapi tidak salah jika kita memakai stabilizer atau UPS).
  8. Pengetahuan tentang harga untuk komputer adalah hal yang sangat mutlak yang harus kita ketahui. Karena dengan mengetahui harga maka seseorang yang ingin merakit komputer tidak akan rugi, karena jika kita tidak tahu-menahu tentang harga perangkat komputer maka akan dipastikan kita dalam keadaan rugi besar dari ratusan sampai jutaan rupiah kerugian yang akan kita tanggung. Ini berdasarkan pengalaman teman-teman yang membeli komputer dan tidak tahu harga.
  9. Hal penting lagi adalah dalam membeli komputer tidak boleh terburu-buru, karena dengan terburu-buru maka kita akan banyak menyesal dan akan banyak mengupgrade. Sedangkan upgrade akan keluar banyak biaya. Oleh karena itu dalam membeli komputer harus sabar dan dengan uang cukup. Mungkin untuk orang yang ingin buru-buru beli komputer akan mengabaikan hal ini tapi setelah dia merasakan bagaimana mempunyai komputer dengan spek (kapasitas dari komputer) yang standar maka dia akan menyesal.
  10. Bawalah teman atau orang yang mengerti pembelian komputer jika tidak terlalu banyak mengerti tentang komputer. Agar tidak banyak kerugian yang kita alami.   

Demikianlah pembahasan tentang tips membeli perangkat komputer, mudah-mudahan dengan tips ini kita bisa jeli dalam memilih mana perangkat-perangkat komputer yang memang berkualitas sehingga kita bisa lebih berhati-hati dalam membeli komputer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!