Laman

Jumat, 05 Oktober 2018

Cara Menemukan Ide Menulis Artikel Untuk Blog


Ide Menulis Artikel



Setelah kita mengetahui cara membuat artikel yang baik dan berkualitas, hal yang tak kalah pentingnya adalah menemukan ide menulis artikel. Terkadang kita terhambat untuk mempostingkan artikel diblog hanya karena kita sulit mendapatkan ide, kita bingung topik apa yang perlu dibahas.

Mendapatkan ide untuk suatu topik akan menumbuhkan semangat kita dalam menulis. Ingat ide adalah sumber daya utama anda dalam blogging. Semakin unik ide tulisan anda semakin menarik minat pembaca untuk berkunjung ke blog anda.


Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, ketika anda mendapatkan ide anda langsung mencatatnya di HP, catatan kecil ataupun dikomputer anda. Jangan pernah menunda-nunda untuk menuliskan ide tersebut, karena anda akan lupa jika anda tidak langsung menulisnya.

Ada beberapa cara menemukan ide untuk menulis artikel, diantaranya adalah :
1.      Sesuai dengan Kebutuhan
Anda bisa menemukan ide dari kebutuhan anda dalam memperlajari sesuatu dan mencarinya di mesin pencari, seandainya anda sedang mempelajari komputer. Kemudian setelah anda mendapatkan artikel-artikel ataupun referensi tentang komputer tersebut anda bisa menjadikannya artikel untuk blog anda.

Tapi ingat anda harus menganalisa, menguji, dan mempraktekkannya (membuktikaanya) terlebih dahulu. Setelah itu kembangkan artikel tersebut sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan anda.


2.      Sesuai dengan Keahlian
Buatlah artikel yang sesuai dengan keahlian masing-masing agar nantinya anda tidak kesulitan dalam menulis. Membuat artikel sesuai dengan keahlian tentunya akan mempermudah pembuatan artikel, karena anda menguasai ilmu tersebut.

Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari referensi, karena andapun sudah mempunyai referensi yang lengkap, baik itu buku ataupun artikel-artikel lain dari berbagai sumber.

3.      Melalui Popular Post di Blog Orang Lain
Anda bisa mendapatkan ide menulis artikel dari melihat popular post yang ada blog lain, carilah blog yang memang berpagerank tinggi atau yang banyak pengunjungnya. Lihatlah artikel popular postnya, pelajari tata bahasa, ejaan, dan gaya bahasa yang ia pakai.

Carilah blog yang memang satu topik dengan anda, dengan demikian kita akan mudah menemukan banyak inspirasi dalam menulis artikel di blog kita masing-masing.

4.      Blogwalking
Sering-seringlah melakukan aktivitas blogwalking, selain kita berkomentar pada blog lain kita juga bisa mendapatkan ide dengan cara ini. Tentunya kita harus mencari blog yang mempunyai PR yang bagus dan juga mempunyai artikel yang baik dan berkualitas. Dengan demikian diharapakan topik yang kita buat nanti akan mempunyai peminat yang banyak pula.

5.      Gunakan Tools Riset Keyword
Anda bisa mendapatkan ide dengan menggunakan tools riset keyword, adapun beberapa tools yang bisa anda gunakan adalah berupa google trend dan google keyword planner. Kedua tool ini akan memudahkan kita dalam menemukan topik apa saja yang mempunyai banyak penggemar dan banyak peminat. Dengan demikian artikel yang kita buat mempunyai harapan untuk dilihat banyak orang.

6.      Dari Buku dan Ebook
Jika anda masih mempelajari sesuatu baik itu dari buku, ebook, majalah dan lain sebagainya, anda bisa menjadikannya sebagai artikel yang memperbanyak perbendaharaan artikel diblog anda. Justru dari referensi yang akurat inilah anda bisa membuat artikel yang baik dan berkualitas. Tapi ingat jangan membuat artikel yang menggantung dan tidak jelas, tetapi buatlah artikel yang jelas dan lengkap.

7.      Dari media elektronik dan Cetak
Anda bisa mendapatkan ide dari menonton televisi, misalkan ada pembahasan tentang suatu hal yang berkaitan dengan tema blog anda. Itu bisa menjadikan bahan untuk bisa anda kembangkan. Begitu pula dari majalah ataupun koran, ada artikel yang membahas tentang suatu hal, misalkan tentang teknologi, anda bisa menjadikannya ide untuk membuat artikel yang berkaitan dengan teknologi.

8.      Dari Pengalaman Pribadi
Anda bisa mendapatkan ide dari pengalaman pribadi anda, misalkan anda baru jalan-jalan dari suatu daerah, melihat berbagai pemandangan dan juga pengalaman yang berkesan. Anda bisa menuliskan hal yang berkesan itu menjadi artikel blog anda. Hal tersebut akan memberikan pengetahuan untuk mereka yang akan pergi ketempat itu dengan beberapa petunjuk yang ada diblog anda.

9.      Dari Pengalaman Orang Lain
Ide tidak hanya datang dari diri kita saja, tapi dari penagalaman orang lain juga. Kita bisa berdiskusi dan berbincang-bincang dengan teman atau saudara. Kita bisa membuat artikel tentang pengalaman teman-teman yang berkesan dan juga bermanfaat.

Kita bisa mengikuti komunitas-komunitas tertentu untuk memperbanyak teman dan juga untuk mendapatkan ide dari pengalaman-pengalamn yang unik dari mereka.


10.  Sosial media, Forum Online dan Situs Tanya Jawab
Terkadang ada orang yang mempostingkan disosial media tentang pengalaman atau sesuatu yang bermanfaat, hal tersebut bisa kita pergunakan untuk mendapatkan ide dalam membuat artikel. Begitu pula forum online, banyak dari mereka membahas suatu topik yang hangat dan unik, hal tersebut bisa menginspirasi kita untuk membuat artikel.

Jika sering mempergunakan situs tanya jawab, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dan juga jawaban dari suatu masalah, hal tersebut juga bisa kita pergunakan untuk mendapatkan ide dari topik yang mereka bahas. Apalagi topik tersebut banyak peminatnya.

11.  Mengikuti Trend yang Ada
Jika kita mempunyai blog yang umum (general), yang membahas berbagai macam hal. Anda bisa membuat artikel yang berkenaan dengan trend yang sedang banyak diperbincangkan. Cobalah memperhatikan trend atau peristiwa yang sedang terjadi di masyarakat. Anda bisa menulis tentang trend atau peristiwa tersebut dalam sebuah artikel.

12.  Permintaan Artikel
Kita juga bisa membuat artikel sesuai dengan permintaan pengunjung blog kita, seandainya ada diantara beberapa pengunjung ataupun teman kita meminta untuk membuatkan artikel tentang suatu hal, tidak salahnya kita buatkan artikel tersebut.

13.  Banyak Membaca
Jika anda hobi membaca, andapun bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat artikel dari berbagai macam topik yang anda baca. Dengan banyak membaca maka ide-ide untuk membuat artikel akan bermunculan.

14.  Menulis Artikel Sesuai Hobi Anda
Anda juga bisa membuat artikel sesuai dengan hobi anda, dan artikel tersebut akan baik dan mendalam karena anda menguasai topik yang anda buat. Hobi yang baik dan bermanfaat bisa dijadikan artikel yang bermanfaat untuk mereka yang mempunyai hobi yang sama serta bisa mengambil manfaat dari artikel tersebut.


15.  Browsing Di Internet
Carilah bahan penulisan di internet, karena memang internet merupakan gudangnya ide dan informasi. Hampir semua informasi dan ide kreatif bisa anda dapatkan dari internet. Tapi ingat anda tetap menjaga etika dalam menulis, jangan copas sembarangan, itu hanya akan merusak kredibilitas anda sendiri dan nama baik blog anda dipertaruhkan.

Banyak cara untuk menemukan ide dalam penulisan artikel, jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk mendapatkan ide penulisan artikel diblog. Selain ide anda juga harus memupuk semangat anda dalam update artikel, lakukan update secara berkala dan berkesinambungan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bagi blog anda.

Demikianlah pembahahasan tentang cara menemukan ide menulis artikel, mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan bagi mereka yang ingin mendapatkan ide dalam menulis sehingga mereka selalu bersemangat untuk terus menulis di blog mereka. Semangant!! He he he


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!