Laman

Kamis, 18 Oktober 2018

Cara Optimasi SEO Website

Optimasi SEO




Apa Itu SEO?

Pada pembahasan kita kali ini tentang cara optimasi SEO website, sebelum kita membahas cara optimasi SEO kita harus tahu terlebih dahulu apa itu SEO. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimatization yang maksudnya adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh blogger/webmaster untuk mengoptimalkan suatu web atau blog agar mendapatkan peringkat yang lebih baik dari hasil pencarian di mesin pencari.

Jika blog  sudah mendapatkan peringkat atas, akan mudah ditemukan dan juga mudah mendapatkan pengunjung, oleh karena itu trafik akan terus meningkat. Biasanya upaya-upaya tersebut banyak dilakukan secara gratis, walaupun ada juga yang memakai cara berbayar.


Trafik berlimpah dalam blog tentunya banyak memberikan keuntungan bagi para blogger, diantaranya adalah memudahkan blog menyebar kebaikan atau memberikan info yang penting yang diperlukan oleh orang lain. Bahkan mudah mendapatkan penghasilan dari bisnis online atau monetasi blog.

Apa saja yang membuat blog mendapatkan peringkat teratas? Mungkin banyak sekali yang harus dilakukan agar blog mempunyai seo yang bagus, tapi disini admin akan memberikan beberapa saja yang menurut admin bagus dan efektif. Pada Pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang Cara Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage. Adapun 3 cara tersebut adalah membuat artikel berkualitas, update artikel secara berkala dan membangun link dengan baik dan berkualitas.


Sebelum membahas tentang 3 hal penting tersebut, kita akan membahas secara umum apa itu SEO dan fungsinya. Ada dua macam SEO yang bisa dilakukan oleh blogger, diantaranya adalah SEO Onpage dan SEO Offpage.

  1. SEO Onpage adalah semua kegiatan yang kita lakukan dalam webite kita, mengoptimalkan webite kita sesuai dengan keinginan mesin pencari. Sehingga mendapatkan penilaian yang baik dan layak mendapatkan tempat yang baik dimesin pencari pada halaman pertama.
  1. Sedangkan SEO Offpage adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh blogger diluar halaman blog kita, upaya tersebut dilakukan untuk mengenalkan pada orang lain dengan meninggalkan jejak, tentunya hal tersebut sesuai dengan keinginan google sehingga layak untuk ditampilkan pada mesin pencari di halaman pertama. Untuk lebih mendalam silahkan kunjungi SEO Onpage dan SEO Offpage.

2 macam SEO tersebut bagus untuk dilakukan, tidak ada yang harus kita abaikan. Pertama yang harus kita lakukan adalah menerapkan SEO Onpage pada website kita, agar mesin pencari bisa menilai bahwa artikel yang kita buat dan template (SEO Friendly), serta navigasi berjalan dengan normal dan baik. Begitu pula loading blog kita mudah dan cepat diakses. Sehingga kita memang layak untuk ditempatkan di halaman pertama google (mesin pencari).

Demikian pula kita mengoptimalkan SEO Offpage, agar artikel yang kita buat bisa dikenal oleh banyak orang dengan cara menyebarkan link dan mendapatkan tempat yang layak dimesin pencari. Banyak yang bisa kita lakukan dalam kegiatan SEO Offpage ini, diantaranya adalah membangun link, menyebarkan artikel disosial media dan mempromosikan link kita diberbagai tempat.

Selain 2 macam metode diatas, ada 2 teknik dalam melakukan SEO. Adapun 2 teknik tersebut adalah SEO white hat dan SEO black hat

1.      SEO White hat adalah seo yang dilakukan dengan menggunakan etika dan cara yang natural serta lazim dilakukan dalam optimasi SEO, sesuai dengan aturan dan keinginan dari mesin pencari. Baik itu memakai cara SEO onpage atau Offpage.

Cara ini biasanya memerlukan waktu yang cukup panjang, minimal 3 bulan sampai 1 tahun tetapi hasilnya akan bertahan lebih lama. Selama tidak melanggar aturan dari mesin pencari yang mengakibatkan terkena finalti. Cara ini diebut juga dengan cara jangka panjang.

2.      SEO Black hat adalah seo yang memakai cara-cara yang tidak lazim dan cara cepat untuk mengumpulkan pengujung dalam waktu singkat, baik memakai tool, menyebarkan link dengan melakukan spam, menempatkan kata kunci yang berlebihan di dalam artikel, blog comment spam ataupun memakai jasa-jasa SEO untuk mengumpulkan pengunjung dengan cepat dan tidak lazim.

Untuk mengumpulkan pengunjung bisa dicapai 10 hari saja, karena ada jasa yang menawarkan waktu demikian untuk mendapatkan pengunjung.

Dengan cara ini kita mudah mendapatkan pengunjung, biasanya 10 sampai 3 bulan  sudah mendapatkan banyak pengunjung, tapi lebih dari itu jika diketahui oleh mesin pencari maka blog kita sudah tidak ada lagi dimesin pencari. Blog kita akan dihempaskan dan ditenggelam. Cara ini disebut juga cara SEO jangka pendek.

Dari keterangan diatas, tentunya kita memilih cara yang baik dan jangka panjang. Karena menebar kebaikan tentu lebih baik dilakukan dengan berlahan-lahan tapi lebih bertahan lama. Jika memang kita menghasilkan dari kegiatan blogging, hal tersebut tentunya lebih baik jika bertahan lebih lama.


Cara kedua memang lebih cepat, tapi hal tersebut beresiko lebih besar karena keberhasilannya berumur pendek dan tentunya memberikan kerugian besar bagi kita. Melakukan proses itu memang berat, tapi hasil yang akan kita dapatkan akan lebih terasa dan lebih lama bertahan.

Demikianlah pembahasan secara umum dalam melakukan kegiatan SEO, sekarang yang akan kita bahas 3 cara simple dan efektif dalam melakukan SEO untuk meningkatkan pengunjung.

1.      Pertama yang diperlukan adalah kualitas dari artikel blog serta original, dengan adanya kualitas yang bagus maka orang akan banyak mencarinya dan mereka mendapatkan info terbaik dan lengkap, ini juga menyebabkan orang akan puas dan tidak kecewa dengan info yang diberikan.

Buatlah artikel yang berkualitas, original, mendalam, detail dan lengkap. Jika memungkinkan 1200 sampai 2000 kata. Buatlah artikel yang enak dibaca dan jelas, tidak muter-muter sehingga membingungkan para pembaca. Selain itu terapkan sedikit SEO Onpage seperti memakai plugin SEO Yoast dan mengkaitkan satu artikel dengan  yang lainnya yang memang berhubungan. Menambahkan gambar dan Altnya serta menambahkan tag title.

Untuk menulis artikel yang berkualitas anda bisa membaca artikel tentang cara menulis artikel yang baik dan berkualitas. Contoh dari artikel yang saling berkaitan (internal link) anda bisa melihat artikel yang sedang anda baca ini.

2.      Kedua adalah update artikel secara berkala, sehingga blog tidak terlihat monoton dalam menyediakan info yang dibutuhkan oleh orang banyak. Salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh mesin pencari adalah blog yang melakukan update artikel secara berkala.

Dengan mengupdate artikel secara berkala, maka peluang blog anda bisa menempati halaman pertama terbuka lebar. Tentunya tidak asal update artikel, updatelah artikel berkualitas. Selain berkualitas yang dihitung bukanlah banyak artikel yang diupdate tapi konsistennya anda mengupdate artikel.

Percuma saja update artikel dengan 10 artikel sekali update, tapi bulan depan baru melakukan update kembalii. Untuk memengetahui lebih lanjut cara update artikel, anda bisa berkunjung ke pentingnya update artikel secara berkala.

3.      Terakhir adalah membangun link dengan backlink yang berkualitas, backlink yang berkualitas adalah menyebarkan link baik dengan mendapatkan backlink berkualitas, berkomentar diblog orang lain dengan cara yang baik. Ada beberapa cara membangun link. Tanamlah link pada tempat one way link, blog dofollow berpage rank tinggi (blogwalking), forum, dokumen sharing, youtube dan kompasiana.

Jika memberikan komentar keblog orang lain berilah komentar yang sesuai dengan isi artikel dan berilah link dengan anchor teks yang bagus dan nyambung, maksud saya jangan langsung ngelink tanpa alasan atau dengan kata-kata iklan yang akan mengganggu blog orang lain.


Hal seperti ini adalah spam, dimana blog kita akan dinilai oleh google sebagai blog yang melakukan spam. Berhati-hatilah karena bukan meningkatkan seo akan tetapi malah mendapat hukuman dari google atau mesin pencari yang lain.

Dokumen sharing yang bisa anda pakai adalah https://www.slideshare.net, https://www.scribd.com dan https://www.academia.edu. Buatlah ebook beberapa artikel berkualitas anda dan upload diwebsite tersebut. Tentunya anda harus menyisipkan link blog anda.

Selanjutnya untuk penjelasan tentang forum, youtube dan kompasiana anda bisa mengunjungi artikel tentang optimasi SEO Onpage dan Offpage. Anda juga bisa membangun backlink berkualiitas, untuk artikel lengkapnya bisa mengunjungi cara mendapatkan backlink berkualitas.

Lakukanlah 3 cara tersebut secara optimal, mudah-mudahan blog bisa mendapatkan tempat yang optimal dimesin pencari. 3 hal tersebut dilakukan untuk mereka yang tidak mau ambil pusing mempelajari SEO secara mendalam. Jika anda melakukan semuanya dengan baik dan benar, maka anda akan mendapatkan hasil yang optimal pula.

Tapi bagi anda yang ingin mempelajari secara mendalam juga tidak masalah, karena hasilnya juga akan lebih baik. Tentunya memilih cara-cara yang baik untuk menerapkan SEO tersebut. Inilah beberapa cara optimasi seo dan posting selanjutnya akan kami bahas tentang  Cara Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!