Laman

Sabtu, 05 Januari 2019

Melampaui Batas



Segala sesuatu yang terbaik adalah pertengahan, kita melakukan suatu perbuatan atau berkata tidak berlebih-lebihan atau melampaui batas. Segala sesuatu yang berlebihan dan melampaui batas akan berakibat fatal, baik pada perkataan ataupun perbuatan orang tersebut. Karena perbuatan tersebut telah melanggar dari batas-batas kewajaran, yang seharusnya tidak dilakukan oleh orang tersebut.


Segala sesuatu akan mudah dan mendapat kebaikan, jika kita melakukan sesuai dengan pekerjaan tersebut. Orang-orang yang melampuai batas adalah orang yang merusak tatanan kehidupannya baik itu kehidupannya pribadi, keluarga dan bermasyarakat. Begitu juga sikap kita yang terlalu mengagung-agungkan sesuatu atau seseorang, adalah sikap yang kurang terpuji dan bahkan sikap yang tidak sama sekali mulia.

Dalam menyikapi hidup ini adalah sesuaikan saja dengan porsi yang ada. Tidak juga berlebihan dan tidak juga meremahkan sesuatu. Suatu perbuatan jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan sewajarnya, maka perbuatan tersebut akan berdampak pada kebaikan. Tapi jika suatu perbuatan tersebut yang kita lakukan melampaui batas, maka akan berdampak negatif dalam kehidupan manusia.

Artikel Terkait : Permudah Jangan Dipersulit

Katakanlah yang benar itu adalah benar dan jangan suatu kebenaran itu dilebih-lebihkan, sehingga itu akan menyebabkan kesesatan. Sikap yang melampuai batas ini dilarang dalam segala hal, karena dampak negatif yang ditimbulkannya.

Tidak ada salahnya jika kita melakukan sesuatu itu sesuai dengan kadarnya, tanpa melebih-lebihkannya yang akan menyesatkan orang lain. Dalam sikap pertengahan bisa kita lihat yaitu hubungan dengan Allah yang telah mencipatakn kita, pergaulan, beribadah, perekonomian, budaya, hukum dan lain sebagainya. Agar kita bisa menyikapi hidup ini sesuai dengan kadarnya masing-masing.

Dalam kehidupan ini tidak ada sesuatu yang ekstrim yang hanya akan merusak tatanan kehidupan, tanpa belas kasihan, menyiksa, menganiaya/mendhalimi, melakukan sesuatu yang berlebih-lebihan yang akan berakibat fatal pada dirinya sendiri. Semuanya itu hanya merusak ketenangan hidup saja. Tidak juga meremehkan sesuatu sehingga merendahkan.

Artikel Terkait : Berlakulah Adil Dalam Menilai

Tidak menganggap seuatu yang seharusnya penting menjadi tidak penting dan akan terjadilah ketidakadilan dalam suatu kehidupan. Akan tetapi semuanya itu kita memilih yang pertengahan dan kewajaran dalam mengambil sikap dan perbuatan, agar semuanya berjalan seperti porsi dari permasalahan tersebut.

Bukankah semuanya akan menjadi lebih berharga dan bermakna, jika kita lakukan sewajarnya dan sesuai dengan kadar dari permasalahan tersebut. Tanpa ada sesuatu yang berlebih-lebihan dan tidak juga meremehkan sesuatu. Lakukanlah sesuatu sesuai dengan kadar permasalahan tersebut dan secara wajar, maka hidup akan lebih ringan dan mengalir apa adanya.

Demikianlah pembahasan tentang melampaui batas, mudah-mudahan kita bisa belajar untuk bertindak sewajarnya tanpa berlebih-lebihan dan merugikan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!