Laman

Rabu, 23 Januari 2019

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog (Monetisasi Blog)

Monetisasi Blog



Monetisasi Blog adalah bagaimana cara menghasilkan uang dengan blog, blog bukan saja tempat berbagi cerita, berbagi ilmu dan juga berbagi pengalaman akan tetapi bisa juga menghasilkan uang dari blog tersebut. Tentunya yang ditekankan dalam blog adalah sesuatu yang dapat dibagi dan bermanfaat bagi pembacanya, maka akan membuat orang betah berlama-lama diblog.

Sesuatu yang bermanfaat atau kualitas kontenlah yang ditekankan dalam sebuah blog. Pengutamaan dalam blog tersebut adalah banyaknya pengunjung yang akan menentukan banyaknya penghasilan, tetapi perlu diingat bahwa harus fokus berbagi kemudian dikomersialkan melalui iklan, afiliasi dan lain-lain.


Ada suatu hal yang perlu menjadi catatan kita bahwa untuk membangun blog yang berkualitas diperlukan sesuatu yang bisa diberikan kepada mereka, diantaranya adalah apa yang menjadi keahlian, hobi, bakat dan pengetahuan yang bisa disuguhkan dalam bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh para pengunjung blog.

Pemilik blog harus melayani pengunjung blog dengan pelayanan yang maksimal agar mereka puas dengan apa yang telah disuguhkan kepada mereka sehingga terbangun kepercayaan. Dalam blog yang baik adalah harus benar-benar memberikan yang terbaik dan bermanfaat baik itu berupa pengetahuan, keahlian dan lain-lain. Memberikan bonus-bonus yang menarik seperti ebook, program dan lain-lain.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Blogging

Perlu diketahui bahwa blog harus mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan baik dalam pengembangannya memakai seo, tidak copas dan berhati-hatilah jangan sampai melanggar aturan yang berkaitan dengan google seperti melakukan spam blog yang akan merusak nama baik blog.

Apalagi jika dibanned oleh pihak google atau berisi konten yang kurang baik seperti menuliskan judul yang sangat fantastis sedangkan konten blog tersebut entah kemana arahnya dan tidak ditemukan dari apa yang seharusnya dibahas.

Itu akan menyesatkan pengunjung dan mereka akan jera untuk berkunjung lagi. Jangan pernah mengecewakan pengunjung karena merekalah yang menilai, mendukung dan memberi hasil untuk blog kita Kunci sukses dari monetisasi blog adalah sering update, trafik, pelayanan, sabar dan berdoa.

Cara Monetisasi Blog
Ada beberapa yang dapat membuat blog dapat menjadi penghasilan buat kita, diantaranya adalah :

1.      Periklanan,
Adalah mengikuti broker yang menyediakan pemasangan iklan diblog, program tersebut adalah PPC, Review dan TLA.

2.      Program Afiliasi,
Adalah menjual produk orang lain dan akan mendapatkan imbalan dari penjualan tersebut. Pilihlah afiliasi yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh para pengunjung.

3.      Menjual produk/jasa/keahlian yang kita punya,
Misalnya mempunyai keahlian tertentu dan keahlian tersebut dijadikan Ebook (elektronik book) maka akan mendapatkan uang dari ebook tersebut. Bisa juga menjual jasa terjemahan bahasa, jasa pembuatan konten blog, jasa pembuatan makalah dan lain-lain atau Anda mempunyai produk baik itu berbentuk script, program/aplikasi, game atau berbentuk fisik seperti sepatu, tas, buku, pakaian. Nah semua itu akan menjadikan blog Anda berpenghasilan.


4.      Menyediakan ruang iklan,
Menyediakan ruang iklan untuk siapa saja yang ingin memasang iklan pada blog kita dengan kesepakatan biaya perbulan. Yang mempengaruhi mahal tidaknya blog Anda adalah Page Rank, Alexa dan banyaknya trafik pengunjung pada blog Anda.

Mungkin untuk mendapatkan alexa, PR sulit tapi bagi saya yang terpenting adalah pengunjung blog Anda banyak. Kalau PR biasanya naik turun apalagi jika banyak mengikuti program penghasil uang, tapi yang jelas trafiknya yang stabil dan kepercayaan orang pada blog kita.

5.      Menjadi Broker atau perantara,
Menjadi perantara orang lain dalam menjual produk mereka, baik orang yang menjual jasa ataupun menjual produk. Hati-hatilah dalam masalah yang satu ini, carilah orang yang memang mempunyai kredibilitas dan terpercaya pada lembaga yang bekerja sama dengan Anda, karena jika mereka menipu maka blog Anda juga akan terkena imbasnya.

Seandainya saja sudah berjalan lumayan lama maka sesekali Anda bertanya kepada orang yang order barang apakah pemilik produk benar-benar mendapatkan barang sesuai dengan janji mereka dan Anda harus menyediakan page untuk komunikasi seperti kontak atau buku tamu. Jika diantara beberapa pelanggan mengeluh maka Anda harus mempertimbangkan pemilik produk tersebut.

Tapi dalam hal ini juga Anda harus berkomunikasi dengan pemilik produk karena biasanya konsumen menipu dengan alasan bahwa dia tidak mendapatkan produk dan sudah transfer uang, sedangkan produknya sudah dikirim oleh pemilik produk atau jasa tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa harus ada komunikasi yang fair antara broker dengan pemilik produk atau broker dengan konsumen.

6.      Menulis review produk/afiliasi yang kita ikuti,
Salah satu cara yang efektif untuk menjual produk kepada orang lain adalah menulis review produk tersebut sehingga orang bisa mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari produk tersebut, tapi untuk hal ini tidak boleh terlalu berlebihan untuk menulis review/ulasan tentang suatu produk karena itu akan mengecewakan para pembeli produk tersebut. Terangkanlah sesuai dengan keadaan produk tersebut.


7.      Memasang banner-banner iklan baik dari afiliasi, program periklanan atau bisnis online yang lainnya,
Pasanglah banner dari berbagai afiliasi, program iklan dan dari bisnis online yang lainnya yang menyediakan banner. Tapi perlu menjadi catatan bahwa tidak baik memasang iklan terlalu banyak.

Pasanglah banner sekedarnya saja baik disamping blog, diatas blog ataupun dibawah blog. Dan pasanglah iklan pada setiap page/halaman yang sesuai dengan pembahasannya, misalnya tentang bisnis backlink maka pasanglah banner afiliasi backlink.

Demikianlah pembahasan tentang cara mendapatkan uang dari blog / monetisasi blog, mudah-mudahan artikel ini menambah refernsi kita untuk bisa menambah penghasilan uang untuk para blogger.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!