Kamis, 17 Januari 2019

Sukses Butuh Proses Bukan Protes, Kita Harus Memperjuangkannya dengan Lelah Tanpa Menyerah

Sukses Butuh Proses

Apakah Sukses Butuh Proses? 

Tentunya sukses butuh proses. Banyak orang yang menginginkan kesuksesan tanpa melalui proses, dan bahkan mereka ingin melakukan apa pun supaya sukses mereka dapatkan dengan instan. Cara-cara yang keliru (salah) hanya akan menenggelamkan kita dalam lumpur kehinaan/kenistaan, serta kehinaan tersebut akan melenyapkan kemuliaan diri orang tersebut.

Dalam mencapai tujuan hidup maupun cita- cita pastinya harus dengan perjuangan yang tidak cuma sebentar saja, akan tetapi terdapat beberapa langkah (tahap) yang mestinya dijalankan, dan bahkan kegagalan dalam sebuah bisnis itu mesti ditempuh supaya kita mengetahui jalur yang salah serta lebih memilah jalur yang benar.

Sebagian mereka yang telah merasakan kesuksesan dari sebuah kisah sukses, membutuhkan proses untuk dapat mencapai kesuksesan tersebut. Kesuksesan mereka tidak datang secara tiba-tiba, mereka melalui berbagai macam perjuangan sehingga mereka memperoleh kesuksesan tersebut. Karena memang sukses butuh proses. 

Bermacam ujian sudah mereka lalui, kesabaran telah jadi benteng yang kokoh buat mereka, ketekunan jadi senjata yang tidak pernah mereka tinggalkan, fokus serta disiplin merupakan jurus yang senantiasa mereka gunakan dengan penuh istiqomah dan juga pantang menyerah merupakan senjata yang sangat jitu yang pernah mereka miliki.

Tidak ada kesuksesan tanpa melalui proses, kesuksesan senantiasa dibayar dengan proses. Sebab bayaran proses buat kesuksesan merupakan pondasi yang amat tangguh untuk mencapai kesuksesan yang sesungguhnya. Kesuksesan bukanlah dilalui dengan praktis, namun membutuhkan proses yang panjang.

Dari proses itulah orang akan belajar semuanya dari satu tahap ketahap selanjutnya, step by step sehingga ia mempunyai pondasi yang kuat untuk menopang kesuksesannya tersebut Jika suatu masa nanti dia menerima kehancuran ataupun bangkrut, maka dia dapat bangkit kembali karena telah mengetahui jalur untuk dapat bangkit lagi. Tetapi bila dia tidak memiliki pondasi yang kokoh, dia akan hancur dan susah untuk dapat bangkit kembali.

Seperti pepatah yang mengatakan sukses adalah sebuah perjalanan( success is a journey), kita mesti melalui perjalanan tersebut, perjalanan tersebut memiliki beberapa step serta proses yang harus dijalani. Kita perlu melewati beberapa tangga agar dapat mencapai kesuksesan tersebut, kesabaran mutlak dibutuhkan supaya mencapai apa yang jadi tujuan.

Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain

Untuk menggapai kesuksesan seperti mereka yang sudah merasakannya, tentu kita perlu melaksanakan seperti apa yang telah mereka perjuangkan, bila enggan untuk melaksanakannya maka janganlah terlalu banyak berharap untuk mencapai kesuksesan tersebut. Banyak yang mau memperoleh tujuannya tetapi tidak ingin melaksanakan sebagaimana mestinya untuk mencapai tujuan tersebut, tentu seluruh harapan akan jadi angan-angan semata.


Seperti apa yang diucapkan oleh Mario Teguh kita harus keluar dari zona nyaman yang tidak merubah hidup, bila ingin memperoleh cita- cita, harus melaksanakan perihal yang baru, bila memang perihal yang lama tidak dapat memberikan perubahan. Kesuksesan adalah sebuah perjalanan yang perlu kita jalani dengan baik, proses dalam menjalankan kesuksesan tersebut dengan cara melakukan yang terbaik setiap harinya, semakin hari semakin baik maka kesuksesan akan didapatkan.

Semakin baik apa yang diperbuat maka semakin baik pula hasilnya, oleh sebab itu peningkatan suatu pekerjaan yang semakin baik tersebut akan menghasilkan proses yang baik pula untuk menggapai tujuan maupun sasaran/target yang telah ditetapkan. Ada kebiasan ataupun sikap yang baik dalam mencapai kesuksesan, diantaranya adalah belajarlah untuk terus bersabar dengan apa yang telah terjadi, sehingga seseorang bisa melakukan yang terbaik yang memang semestinya ia lakukan.

Fokuslah dengan apa yang hendak kita dapatkan supaya tidak kacau dengan apa yang tidak menjadi target, kemudian teruslah berjuang untuk memcapai apa yang jadi tujuan supaya kita terus melakukan seluruhnya dengan serius (sungguh-sungguh). Perlu diketahui bahwa Tuhan melihat usaha dari manusia yaitu dari sebuah proses dan manusia melihat dari hasil pekerjaan tersebut, proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik.

Oleh sebab itu yang perlu dikerjakan dalam suatu usaha, harus mengerjakan usaha tersebut dengan sebaik-baiknya, menjauhi cara-cara yang curang, menipu serta melanggar etika serta kaidah kebaikan yang seharusnya dijaga. Bila ada ujian pastinya harus tetap bersabar, bila hasilnya kurang baik maka wajib ditingkatkan kinerjanya serta tidak menyalahkan orang lain serta bila terdapat kecurangan, kita dapat belajar dari kesalahan tersebut.

Yang harus dilakukan adalah memperbaiki kinerja serta mengevaluasinya dan jangan mudah menyalahkan siapapun. Jika memang prosesnya baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Dibawah ini ada beberapa kiat- kiat yang kita jalani buat melaksanakan proses yang baik.

Proses-Proses untuk Mencapai Kesuksesan

Dibawah ini ada beberapa yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan, sukses butuh proses yang panjang agar kita mempunyai pondasi kokoh dalam memperjuangkan kesuksesan itu sendiri. 

1. Kebaisaan- kebiasaan yang baik

Untuk mendapatkan hasil yang baik, harus melalui proses dengan cara-cara yang baik. cara-cara yang baik itu harus ditumbuhkan dari kebiasaan-kebiasaan yang baik pula. Kerjakanlah kebiasaan-kebiasaan baik yang akan memberikan pengaruh pada kehidupan kita berikutnya.


Kebiasaan yang baik tersebut akan memberikan pengaruh pada tingkah polah dalam menghadapi kehidupan ini, sehingga dari kebiasaan-kebiasaan tersebut akan memunculkan sikap-sikap yang baik yang seharusnya dijaga agar dapat mengenmbangkan karakter (kepribadian) yang baik. Adapun contoh dari kakebiasaan-kebiasaan yang baik adalah : disiplin, menjaga kebersihan, tepat waktu, melayani dengan baik, serta lain-lain.

2. Pembentukan karakter yang baik dan mental yang kuat

Tidak hanya kebiasaan- kebiasaan yang baik kita pula dituntut agar dapat membentuk karakter yang baik, karakter yang baik akan mempengaruhi usaha seseorang. Dengan karakter yang baik, bisnis akan berjalan dengan baik dan semestinya, tentunya dengan cara-cara yang baik, legal serta beretika. Sehingga kepercayaan orang lain akan datang mengalir dengan sendirinya. Sedangkan mental yang kuat menjadikan manusia tangguh yang kokoh dalam menyikapi bermacam permasalahan serta rintangan yang akan menghadang kita.

3. Sukses-sukses kecil dan sedang

Menurut Mario Teguh untuk mencapai kesuksesan yang besar tentunya dimulai dari kesuksesan-kesuksesan kecil dan sedang. Begitu pula apa yang dikerjakan oleh Aa Gym, banyak dari bisnisnya yang sudah menjadi besar dipesantren Daarul Tauhid diawali dari usaha-usaha yang kecil. Dia melaksanakan beberapa usahanya tersebut dengan baik dan kerja keras yang pada akhirnya jadi suatu usaha yang besar serta sukses.

Proses- proses ini merupakan anak tangga yang harus dilewati oleh siapa saja yang mau memperoleh kesuksesan yang besar nantinya. Dari kesuksesan yang kecil dan sedang inilah yang akan memberikan pelajaran pada kita untuk mencapai kesuksesan yang besar.

4. Kegagalan- kegagalan

Kegagalan-kegagalan yang kita alami memberikan banyak pelajaran yang berharga, karena dengan kegagalan- kegagalan inilah kita dapat belajar metode yang benar yang sepatutnya ditempuh. Seperti yang sempat dirasakan sebagian orang-orang sukses, antara lain adalah Dahlan Iskan.

Dia sudah jatuh bangun buat mencapai kesuksesannya tersebut. Menurutnya dengan kegagalan kita akan banyak belajar tentang kebenaran jalan yang harus ditempuh, karena kegagalan tersebut mengajarkan kita untuk menuju keberhasilan.


Karena kegagalan tersebut mengarahkan untuk tidak mengerjakan kesalahan-kesalahan yang menimbulkan kegagalan berikutnya. Dia sudah membuktikan bahwa dia dapat bangkit serta dapat menebusnya dengan berbagai macam kesuksesan yang sudah dia raih sampai saat ini.

Kegagalan merupakan cambuk untuk para pengusaha dan juga para pemimpin, tidak ada perjalanan (proses) yang tidak dibayar dengan pelajaran yang berharga, salah satunya pelajaran tentang kegagalan yang kita rasakan.

Menurut Purdi Chandra bahwa tiap manusia memiliki jatah kegagalan, bila dia mau sukses maka habiskan dahulu jatah kegagalan tersebut. Kemudian mempelajari penyebab-penyebab kegagalan itu, setelah itu membenahi langkah berikutnya supaya kesalahan- kesalahan terdahulu tidak terulang lagi.

5. Introspeksi diri kemudian memperbaikinya

Yang perlu dilakukan ketika menghadapi kegagalan adalah instropeksi diri, apa yang salah dalam langkah menjalankan usaha ataupun kepemimpinan. Kita belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut serta mempersiapkan strategi yang lebih baik lagi.

Setelah itu memperbaiki kesalahan- kesalahan tersebut serta melaksanakan strategi yang sudah dipersiapkan. selanjutnya antisipasi supaya tidak terjadi kesalahan yang kedua kalinya dan mempersiapkan rencana cadangan supaya siap dengan apapun yang akan terjadi.

6. Mengembangkan diri dan usaha

Setelah  memperbaiki kesalahan- kesalahan, dan usaha yang sudah hadapi berbagai permasalahan dan pula kegagalan. Tugas berikutnya yaitu meningkatkan/mengembangkan diri. Dalam pengembangan diri ataupun bisnis pastinya dibutuhkan juga cara-cara yang baik, agar terhindar dari resiko kegagalan yang kedua kalinya. Kerjakan yang terbaik buat diri dan usaha kita.

7. Mempertahankan usaha

Menggapai kesuksesan memanglah sulit tetapi lebih susah lagi mempertahankan apa yang sudah digapai. Jangan sekali-sekali mengkhianati cara- cara yang baik yang sudah kita lakukan. Misalnya, dari awal ketika membuka usaha memberikan pelayanan yang begitu hangat dan baik, pada saat menjadi pelanggan dicuekin serta tidak diberi pelayanan yang baik.

Ketika awal membuka rasa makanan sangat enak dan lezat, tetapi pada saat sukses dikurangi bumbu, sehingga rasanya jadi biasa saja atau tidak seenak dulu. Komponen utama buat mempertahankan bisnis ialah menjaga kepercayaan.

Memanglah untuk menggapai kesuksesan kita harus melalui proses, dari kegagalan-kegalan dan rintangan-rintangan baik yang kecil ataupun besar. Kita harus mengenali penyebab-penyebab kegagalan, setelah itu mencari solusi dari kegagalan tersebut. Tentunya kita harus bangkit dari kegagalan tersebut serta menjadikannya pelajaran yang berharga. Sukses butuh proses? Itu memanglah mutlak dijalani, tanpa proses sukses itu susah akan terwujud.

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!