Laman

Rabu, 06 Februari 2019

Berlaku Adil dan Bijaksana

Adil dan Bijaksana



Dimanakah keadilan? Keadilan sangat diperlukan dalam sebuah kehidupan, Tuhan saja membalas dengan balasan yang besar/pahala yang besar untuk mereka yang berbuat adil. Kedengerannya kata-kata yang menyenangkan, adil dan bijaksana, tapi apakah semudah yang diucapkan dan seindah yang kita dengarkan? Tidak semudah itu, pasti bertanya-tanya kenapa demikian? Adil adalah dimana kita melakukan sesuatu dengan keseimbangan pada seseorang dan tidak merugikan orang lain.


Keadilan adalah mengambail keputusan yang tepat berdasarkan kebenaran sesuai dengan porsinya, sesuai dengan kebenaran, keseimbangan (tengah-tengah), lurus dan tulus untuk mengurangi sekecil mungkin efek negatif dari permasalahan yang akan timbul setelahnya dan diharapkan untuk tidak merugikan pihak manapun.

Menegakkan keadilan adalah hak bagi siapa saja, terhadap diri sendiri, keluarga, kelompok ataupun skala besar yaitu berbangsa dan bernegara. Keadilan bukan dilihat dari harta, jabatan, kemewahan dan kekuasaan. Tapi keadilan dilihat dari porsi permasalahan yang didasarkan pada kebenaran dan tidak merugikan pihak manapun.

Lalu apa fungsi keadilan bagi kita sebagai manusia? Tentunya untuk hidup sesuai dengan usaha dan perjuangan untuk mendapatkan hak kebenaran, kesejahteraan dan tidak melihat dari segi manapun.

Artikel Terkait : Berlakulah Adil Dalam Menilai            

Tidak juga melihat pada derajat dan harta dari apapun bentuk masalah dalam kehidupan kita, adil dalam semua urusan dan melakukan segala hal. Perlu diketahui bahwa untuk menegakkan keadilan bukanlah dengan bersandar kepada harta, jabatan, kekuasaan dan kemewahan  akan tetapi mencari kebenaran.

Jadi tolak ukur keadilan adalah mencari siapa yang benar dan siapa yang salah. Hidup kita akan lebih bermakna jika kita melakukan keadilan pada diri kita, keluarga dan negara. Karena semuanya itu akan membuat hidup kita bahagia dalam kebenaran.

Begitu juga dengan kata bijaksana, sepertinya sangat menyenangkan sekali kedengarannya, tapi tidak seperti yang Anda bayangkan. Bijaksana sangatlah sulit untuk dilakukan, Bijaksana adalah menyikapi dari suatu masalah yang ada dengan baik dan tepat, tidak menimbulkan efek negatif yang akan timbul setelahnya dan diharapkan untuk tidak merugikan pihak manapun.

Bisa juga kita artikan menilai terhadap suatu pemikiran, ucapan dan perbuatan seseorang yang didasarkan pada kebenaran dan menempatkan permasalah sesuai dengan tempatnya. Terkadang kita melakukan sesuatu atas dasar keinginan dan hawa nafsu semata. Begitu pula ketika kita mengambil keputusan, pasti didasari dengan kepentingan-kepentingan yang bisa membuat kita puas dan lebih mementingkan hasrat dan kepentingan tertentu  saja.

Kita tidak menyadari bahwa kebijaksanaan dalam mengambil sikap dan keputusan adalah perbuatan terbaik yang pernah kita ambil. Justru dengan mementingkan kepentingan pribadi/hanya memuaskan hawa nafsu, akan berdampak pada hal yang negative dan akan menimbulkan kebencian yang berkepanjangan.

Artikel Terkait : Melampaui Batas

Bahkan dengan kebijaksanaan, maka kita akan mendapatkan simpati dan kehormatan dari orang sekitar kita. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan keadilan kita mendapatkan kebenaran dan dengan kebijaksanaan kita mendapatkan kehormatan. Oleh karena itu bijaklah dalam menilai sesuatu, karena itu akan berdampak baik bagi kita, baik dalam melakukan kebaikan dan menyelesaikan permasalahan.

Demikianlah Pembahasan tentang adil dan bijaksana, dua hal tersebut harus kita terapkan dalam hidup ini. Apalagi jika kita menjadi pemimpin, karena adil dan bijaksana harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk mewujudkan kepemimpinan yang baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!