Laman

Selasa, 05 Februari 2019

Arti Sebuah Kebebasan

Arti Sebuah Kebebasan


Arti Sebuah Kebebasan? Dalam mengartikan kebebasan tentunya banyak yang mempunyai pendapat berbeda, yang jelas bebas yang akan dibahas disini adalah bebas menentukan pilihan hidup baik dalam bertindak, berfikir, berkarya, berbuat baik dan membuat orang lain bahagia.

Sekarang banyak sekali mereka yang salah menafsirkan kebebasan itu bebas berpendapat tapi banyak menyakitkan pihak, banyak memojokkan pihak lain, banyak menyalahkan orang lain.


Bebas berekspresi! Tapi banyak merugikan orang lain, banyak merusak fasilitas yang ada, termasuk merugikan orang terdekat baik itu keluarga, teman dan orang-orang terdekat.

Bebas bertindak! Bertindak seenaknya, hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja dan merugikan pihak lain, dan banyak kebebasan-kebebasan lain yang memang merugikan orang lain.

Pada hakekatnya kebebasan itu tidak akan merugikan orang lain, tentunya dalam semua hal. Hendaknya kita harus memahami arti kebebasan tersebut, dimana bebas dalam berpendapat dan tidak ada orang yang kita pojokkan, tidak menyakiti pihak lain dan tidak menyalahkan orang lain.

Begitu pula berekspresi, tidaklah kita harus berbuat sesuka hati tampa memikirkan kebebasan orang lain pula. Begitu juga bebas tanpa aturan dalam bertindak karena kebebasan kita yang berlebihan akan mengganggu kebebasan orang lain.

Artikel Terkait : Apa Itu Demokrasi

Karena kebebasan setiap manusia itu terbatas dengan aturan yang ada dan terbatas oleh kebebasan orang lain. Oleh karena itu kita harus bijak dalam mempergunakan kebebasan tersebut


Arti Sebenarnya Sebuah Kebebasan


Arti Sebuah Kebebasan? Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi dan harus saling menghargai. Janganlah memakai kata kebebasan hanya untuk memenuhi ambisi pribadi ataupun golongan yang hanya akan merugikan orang lain.

Semuanya tentunya ada aturan yang harus kita patuhi dan taati. Lalu bagaimana kita harus mengekspresikan kebebasan itu??

Tentunya dengan cara yang baik, kebebasan itu tentunya mencangkup pada kebebasan dalam menentukan pilihan dimana kita bebas dalam berkarya, berbuat baik, berfikir, menentukan kesuksesan hidup dan membuat orang lain bahagia.

Apa itu bebas dalam berkarya? Bebas dalam berkarya adalah bebas menentukan langkah untuk berkarya, dimana karya kita memang diperlukan oleh banyak orang dan bermanfaat.

Selagi itu memang baik tak seorangpun bisa menghalangi kita, baik merendahkan, menghina, mencaci dan lain sebagainya.

Kebebasan dalam berbuat baik adalah terus melakukan kebaikan tanpa dihalangi oleh niat yang salah yaitu harus dilihat orang lain atau berhenti karena ada yang tidak suka dengan kebaikan kita.

Kita tetap melakukan kebaikan selama itu memang baik untuk orang banyak. Bebas dalam menentukan kesuksesan kita tanpa ada yang bisa menghalangi baik dengan cara merendahkan, menghina atau cara-cara murahan lainnya.

Bebas membuat orang lain bahagia atau berbagi, baik melakukan sesuatu untuk kepentingan umum, bersedekah, dan perbuatan-perbuatan baik yang berhubungan dengan sosialisasi.

Artikel Terkait : Apa Itu Toleransi

Berpikirlah bebas dan tanpa batas! Berpikir bebas tidak terlalu sempit dan mengikuti mitos-mitos yang salah, tapi berpikirlah untuk menelurkan inovasi-inovasi yang benar-benar kreatif dan tidak terikat akan pikiran yang membatasi kita untuk bergerak selama itu tidak melanggar aturan yang merusak masyarakat sekitar.

Demikianlah pembahasan tentang arti sebuah kebebasan, dimana kebebasan tanpa batas, tanpa menyakiti, tanpa merugikan dan tanpa merusak  fasilitas ataupun tatanan sosial yang ada. Yaitu kebebasan berfikir, berkarya dan berbuat baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!