Laman

Jumat, 08 Februari 2019

Bangkit Dari Kegagalan

Bangkit Dari Kegagalan



Ketika mengalami kegagalan, kita harus bisa bangkit dan tidak terlarut dalam kesedihan, ketika gagal janganlah bersedih berlebih-lebihan, menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan dan mengkambinghitamkan orang lain. Yang perlu dilakukan adalah memperbaiki diri sendiri untuk bangkit kembali. Bangkit dari kegagalan tersebut. Adapun cara untuk bangkit adalah :


1.       Belajar Dari Masa Lalu
Ketika mengalami kegagalan yang harus dilakukan adalah belajar dari masa lalu dan juga dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan. Jangan terus bersedih, bersedih tidak akan menyelesaikan masalah. Pelajarilah kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan sehingga menyebabkan gagal, dan berusahalah untuk tidak mengulanginya lagi dan cari cara-cara jitu untuk menuai keberhasilan.

2.       Memetik pelajaran dan hikmah dibalik kegagalan
Ketika gagal yang harus dilakukan adalah memetik pelajaran yang berharga untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan gagal, dan memetik hikmah dibaliknya. Sekiranya ada teman yang berkhianat, partner yang menipu ataupun karyawan yang melakukan kecurangan kita harus berhati-hati untuk kedepannya.


3.       Bertindak
Langkah selanjutnya adalah bertindak dan jangan diam saja, apalagi memikirkan dan merenungi kegagalan. Lakukanlah sesuatu yang bisa membuat perubahan pada usaha yang sudah selama ini anda jalankan. Tindakan akan membawa pada perubahan suasana yang sebelumnya sedih menjadi bersemangat lagi. Lakukanlah yang terbaik dan penuh perhitungan.

4.       Fokus untuk bangkit
Selanjutnya rancanglah rencana-rencana yang lebih baik untuk bangkit, berfokuslah jangan memikirkan hal yang lain terlebih dahulu sebelum bisa menenangkan diri dan bangkit. Susunlah strategi-strategi untuk bisa bangkit kembali.

5.       Perbaikilah karakter dan mental
Langkah selanjutnya adalah memperbaiki karakter dan mental yang ada pada diri kita, mungkin saja  selama ini kita sombong, tidak sabar, serakah, ingin menang sendiri, cepat menyerah, cepat putus asa dan lain sebagainya. Rubahlah karakter-karakter tersebut dan perkuatlah mental yang kita miliki sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh berbagai cobaan yang datang.


6.       Instropeksi diri dan Memperbaiki diri
Mungkin saja banyak kesalahan yang dilakukan diakibatkan diri kita selalu ingin menang sendiri, egois, merasa paling benar sendiri dan lain sebagainya. Lakukanlah instropeksi diri dan perbaikilah karakter-karater dan juga sifat-sifat yang tidak baik dari diri kita.

7.       Carilah relasi yang tepat
Mungkin salah satu kegagalan karena relasi anda tidak tepat, mungkin karena ia menipu atau tidak cocok atau tidak ahli dalam bidangnya. Anda bisa mencari relasi yang ahli dalam bidangnya dan mempunyai karakter yang baik, sehingga anda tidak akan lagi tertipu oleh mereka yang kurang bertanggung jawab.

8.       Belajar dari orang lain yang sudah sukses
Langkah selanjutnya adalah belajar dari orang yang sudah sukses, atau ikut seminar, kursus atau pendidikan. Atau menyewa konsultan untuk tempat berkonsultasi bisnis. Belajarlah dari orang-orang yang sukses yang telah merasakan sukses, dari mereka bisa belajar banyak arti kesabaran, kejujuran dan kepercayaan serta pantang menyerah.

Artikel Terkait : Sukses Dengan Proses

9.       Mencoba lagi
Mencoba lagi disini dengan maksud bahwa kita teruskan perjuangan dan tidak berhenti, lakukan dan lakukan apa yang semestinya dilakukan. Dengan mencoba lagi, kita akan tahu cara-cara yang baik yang mesti dilakukan.

10.    Susun Strategi Baru
Setelah anda mempelajari sebab-sebab kegagalan anda, saatnya anda menyusun strategi baru untuk melangkah lebih baik. Jangan pakai cara lama untuk menggapai hasil yang baru. Susunlah dengan matang rencana-rencana untuk bisa mendapatkan hasil yang berbeda.

11.    Tumbuhkan rasa Optimis
Strategi baru semangat baru, tumbuhkan dalam diri rasa optimis yang tinggi untuk mencapai hasil yang baru. Rasa optimis untuk bangkit harus selalu ada agar kita tidak selalu terpuruk oleh kegagalan dan terus bersedih.

12.    Cari yang baru
Jika memang usaha anda tidak bisa bangkit lagi yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melupakan usaha anda yang lama dan mencari bisnis baru yang lebih baik. Cari relasi yang baru, cari semangat yang baru dan pakailah strategi-strategi yang baru.

Demikianlah artikel tentang cara bangkit dari kegagalan, ini adalah artikel 'terakhir' yang membahas tentang kegagalan yang sebelumnya membahas tentang cara menghadapi kegagalan dan penyebab kegagalan. Mudah-mudahan bisa memberikan sedikit solusi untuk teman-teman dalam menghadapi kegagalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!