Jumat, 08 Februari 2019

Jangan Bersedih! Inilah Cara Bangkit dari Kegagalan untuk Meraih Kembali Kesuksesan

Bangkit Dari Kegagalan


Ketika kita mengalami kegagalan, kita harus mampu untuk bangkit dan tidak larut terlalu dalam pada kesedihan, saat itu tidak boleh sedih yang berlebihan, menyalahkan orang lain, menyalahkan situasi dan menjadikan orang lain kambing hitam. Yang perlu dilakukan adalah memperbaiki diri untuk segera bangkit dari kegagalan

Cara Bangkit dari Kegagalan

Ada bebebrapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat bangkit dari kegagalan yang kita alami. Mudah menyerah bukanlah sikap yang baik untuk terus melekat dalam diri kita, saatnya mencari solusi terbaik untuk tetap bangkit. Adapun cara bangkit dari kegagalan adalah:

1. Belajar Dari Masa Lalu
Pada saat mengalami kegagalan, yang perlu dilakukan untuk bangkit dari kegagalan adalah belajar dari masa lalu dan juga kesalahan yang telah diperbuat. Jangan berlarut dalam kesedihan, sedih tidak akan memecahkan masalah. Pelajari kesalahan yang telah diperbuat sehingga menyebabkan kegagalan dan mencoba untuk tidak mengulanginya kembali dan mencari cara-cara jitu untuk segera memulai kesuksesan.

2. Memetik Pelajaran dan Hikmah Dibalik Kegagalan
Ketika gagal yang perlu kita lakukan adalah memetik pelajaran berharga untuk belajar dari kekeliruan yang mengakibatkan terjadinya kegagalan, dan mengambil hikmah dari kegagalan tersebut. Jika ada teman yang melakukan mengkhianatan, mitra (partner) yang menipu atau karyawan yang melakukan kecurangan, kita perlu waspada untuk masa yang akan datang. 


3. Segera Bertindak (Action)
Langkah berikutnya untuk bangkit dari kegagalan yaitu untuk segera bertindak dan jangan hanya berdiam diri, apalagi memikirkan dan menghayati (merenungi) kegagalan. Lakukan sesuatu yang membuat perubahan pada bisnis yang telah berjalan selama ini. Suatu tindakan/aksi akan membuat perubahan pada kondisi yang sebelumnya sedih kemudian bersemangat kembali. Lakukan yang terbaik dan penuh perhitungan.

4. Fokus untuk Bangkit
Kemudian merancang rencana yang lebih baik untuk segera bangkit kembali. Fokus untuk menenangkan diri dan bangkit, tidak memikirkan hal-hal lain yang tidak penting. Mengatur dan menyusun strategi agar mampu bangkit kembali.

5. Perbaikilah Karakter dan Mental
Langkah berikutnya adalah memperbaiki/meningkatkan karakter dan mentalitas yang ada dalam diri, mungkin saja selama ini ada kesombongan dalam diri, tidak sabar, serakah, ingin menang sendiri, mudah menyerah, cepat putus asa dan sebagainya. Rubahlah Karakter-karakter negatif ini dan memperkuat mentalitas kita sehingga tidak mudah terguncang oleh berbagai ujian/cobaan yang datang.


6. Instropeksi Diri dan Memperbaiki Diri
Mungkin banyak kekeliruan/kesalahan yang kita perbuat, hal tersebut disebabkan karena  ingin menang sendiri, egois, merasa diri paling benar dan sebagainya. Melakukan instropeksi diri kemudian memperbaiki karakter-karakter dan juga sifat-sifat yang negatif yang ada pada diri sendiri.

7.    Carilah Relasi yang Tepat
Mungkin salah satu penyebab kegagalan karena partner/relasi tidak tepat, mungkin karena curang/menipu atau tidak cocok atau tidak ahli di bidangnya. Kita dapat mencari partner yang ahli di bidangnya dan memiliki karakter yang baik, sehingga kita tidak akan lagi ditipu oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

8.    Belajar dari Orang Lain yang Sudah Sukses
Langkah berikutnya agar tetap bangkit dari kegagalan adalah untuk belajar dari orang-orang yang sukses, atau mengikuti seminar, kursus atau pelatihan. Bisa juga menyewa konsultan untuk tempat  berkonsultasi tentang bisnis yang sedang kita jalankan. Belajarlah dari orang-orang yang sukses yang telah merasakan kesuksesan, dari mereka bisa belajar banyak arti kesabaran, kejujuran dan kepercayaan serta pantang menyerah.


9. Mencoba Kembali
Mencoba kembali di sini dengan niat untuk terus berjuang dan tidak berhenti begitu saja, Bertindak dan terus melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Dengan mencoba kembali, kita akan mengetahui cara-cara yang baik dan benar yang semestinya dilakukan.

10. Menyusun Strategi Baru
Setelah kita mempelajari sebab-sebab kegagalan, saatnya anda menyusun strategi baru untuk melangkah lebih baik. Jangan menggunakan cara lama untuk mencapai hasil yang baru. Kita harus menyusun rencana dengan matang, agar kita dapat menghasilkan hasil yang berbeda.

11. Tumbuhkan Rasa Optimis
Sebuah strategi yang baru akan menghasilkan semangat yang baru, kita harus menumbuhkan dalam diri rasa optimis yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang baru. Perasaan optimisme untuk bangkit harus selalu ada sehingga kita tidak selalu terpuruk dalam kegagalan dan terus tenggelam dalam kesedihan.

12. Cari yang Baru
Jika memang usaha anda tidak bisa bangkit lagi dari kegagalan, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melupakan usaha kita yang lama dan mencari bisnis baru yang lebih baik. Cari relasi/partner yang baru, semangat yang baru dan penggunaan strategi-strategi baru.

Demikianlah artikel tentang cara bangkit dari kegagalan, ini adalah artikel "terakhir" yang mengupas tentang kegagalan, dimana  sebelumnya kita sudah mengupas tentang cara menghadapi kegagalan dan penyebab kegagalan. Semoga dapat memberikan solusi kecil untuk teman-teman dalam menghadapi kegagalan.

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!