Laman

Selasa, 12 Maret 2019

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari



Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang bahaya makan mie instan setiap hari. Siapa yang tidak mengenal mie instan, di Negara kita ini hampir setiap orang mengetahuinya. Mie instan adalah makanan cepat saji yang mudah disediakan, cara membuatnya sangat mudah. Kita hanya memasak air kemudian kita remdamkan dalam air panas tersebut kemudian diberi bumbu, mie instan siap disajikan. 


Memang sering kita menjadikan mie instan ini sebagai pengganjal rasa lapar kita, selain karena mudah cara membuatnya juga harganya bersahabat. Hal tersebutlah yang membuat orang suka dengan mie instan bahkan ada yang mengkonsumsinya setaip hari. Tentunya ini berbahaya untuk kesehatan.

Tetapi nutrisi yang terkandung didalam mie instan tidak selengkap makanan sehat yang biasa kita konsumsi. Kita boleh saja menkonsumsinya tapi tidak setiap hari. Misalkan 3 hari sekali, 5 atau bahkan seminggu sekali. Karena didalam mie instan terkandung bahan yang berbahaya.



Gizi yang Terkandung Dalam Mie Instan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bahaya mie instan, kita akan membahas sedikit apa gizi yang terkandung didalam mie instan tersebut. Walaupun dalam mie instan minim terkandung serat dan protein, vitamin, dan mineral tetapi didalamnya terkandung padat karbohidrat.

Satu bungkus mie instan didalam bumbunya mengandung micin (MSG) dan juga garam sodium. Ada Sekitar 1.700 mg sodium akan terserap dalam tubuh kita untuk jika mengkonsumsi 1 porsi mie instan. Jumlah ini sudah mencukupi 85 persen untuk porsi kebutuhan harian garam kita dari batas yang direkomendasikan untuk kita.  

1. Kekurangan Nutrisi

Banyak dilakukan penelitian ilmiah bahwa bahan utama mie instan adalah tepung terigu dan bahan makanan yang mengandung lemak. Hal tersebut tidak bisa memenuhi asupan makanan terutama nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika hal ini dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka kita akan kekurangan nutrisi.

2. Memicu Batu Ginjal

Biasanya dalam mie instan terkandung banyak garam, seperti yang telah kita ketahui bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam secara berlebihan akan memicu terbentuknya batu ginjal. Selain itu dalam mie juga terkandung fosfat yang baik untuk tubuh kita tapi dilain pihak juga bisa membuat tulang kita terkikis.

3. Pemicu Kanker

Untuk memperpanjang durasi kadaluarsa baik itu meningkatkan rasa dan memperpanjang usia pakai, biasanya produsen sering menambahkan zat aditif seperti fosfat dan pengawet ke dalam mie. Jika terlalu lama disimpan dan dipengaruhi oleh lingkungan, akibatnya zat-zat ini akan berubah.

Baca Juga : Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Terbebas dari Batu Ginjal

Hal ini berbahaya jika bahan-bahan tersebut menumpuk terlalu banyak didalam tubuh kita, maka akan menyebabkan kanker. Selain itu, ada zat kimia yang berbahaya yaitu styrofoam yang dapat memicu timbulnya kanker.

4. Menurunkan Metabolisme Tubuh

Ketika kita mengkonsumsi mie instan tidak banyak memberikan energi pada tubuh kita, justru menurunkan metabolisme yang ada didalam tubuh kita sehingga kita akan mendapatkan sedikit energi. Hal ini terjadi karena kandungan zat kimia berbahaya yang ada dalam mie instan tersebut.   

5. Junk Food

Mie instan tidak dapat mengganti makanan bernutrisi, dia hanya dianggap sebagai junk food saja. Karena didalam mie instan hanya mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak mengandung vitamin, mineral ataupun serat. Dalam mie instan juga banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Oleh karena itu konsumsi terlalu banyak akan berdampak begatif bagi kesehatan kita.

6. Penyakit Diabetes

Didalam mie instan juga bayak terkandung kadar gula, jika kita sering mengkonsumsinya maka kita berpotensi mengalami penyakit diabetes. Selain kadar gula, bahan pengawet yang ada pada mie instan mengandung sodium dalam jumlah besar sehingga berpotensi juga menyebabkan penyakit diabetes.

7. Menyebabkan Cepat Lapar

Walaupun didalam mie instan terdapat kandungan karbohidrat, tetapi berbeda sifatnya dengan karbohidrat yang ada didalam nasi. Jika didalam nasi karbohidratnya bersifat kompleks yang memberikan efek kenyang lebih lama, sedangkan karbodirat yang ada di mie instan lebih bersifat sederhana sehingga mudah diserap. Hal ini menyebabkan mie instan memberikan efek lapar lebih cepat jika dibandingkan dengan nasi.

8. Menganggu Pencernaan

Mie instan adalah makanan yang sulit dicerna oleh pencernaan kita, memerlukan waktu yang lama agar bisa dicerna oleh lambung kita. Hal tersebut tentunya membuat lambung bekerja ekstra keras. Karena itulah mie instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh.

Coba kita bayangkan jika kita mengkonsumsiya setiap hari, maka akan mengganggu pencernaan kita. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan juga mineral yang cukup (Banyak). Oleh karena itu tidak sedikit dari mereka yang mengkonsumsi mie instan mengalami sembelit (susah buang air besar).


9. Penyakit Obesitas

Mengkonsumsi mie instan akan memberikan efek kenyang yang sementara, beberapa saat kemudian dalam hitungan jam kita akan merasa lapar kembali. Sedangkan didalam mie instan tersebut terdapat kalori dan karbohidrat yang banyak. Kemudian kita bernafsu untuk makan kembali bahkan cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Hal inilah yang menyebabkan penyakit obesitas ini terjadi.


Tips Makan Mie Instan

Memang diakui bahwa dalam mie instan terdapat kandungan karbohidrat dalam jumlah yang besar tetapi mempunyai kandungan yang sedikit untuk vitamin, mineral dan protein. Berbeda halnya dengan mie instan yang dicampur dengan bahan yang mengandung vitamin seperti sayur-sayuran dan juga protein.

Untuk tips memakan mie instan yang sehat adalah :

1. Bisa kita campur dengan bahan lainnya yang mengandung vitamin seperti sayur-sayuran. Diantaranya adalah wortel, sawi, tomat dan lain sebagainya.

2. Kita juga bisa menambahkan sumber protein ketika mengkonsumsi mie instan. Adapun caranya adalah memakan mie instan dengan menambahkan makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, ikan , tempe, daging dan lain sebagainya.

3. Untuk dapat memakan mie instan secara baik, kita disarankan untuk menambahkannya lauk pauk lainnya berupa menu yang berasal dari bahan dasar hewani dan sayuran yang berserat. Selain untuk kesehatan, sayuran berserat juga berperan untuk menetralisir kandungan lemak.
  
Menurut ahli gizi klinik, Juniarta Alidjaja, bahaya mengkonsumsi mie instan setiap hari tanpa diimbangi dengan makan yang berserat berpotensi mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut disebabkan mie instan yang mengandung karbohidrat sedernaha, lemak dan natrium yang tinggi yang akan mengakibatkan obesitas, kenaikan kadar gula darah, kenaikan tensi tubuh dan lain sebagainya.
4. Untuk mengkonsumsi mie instan para ahli kesehatan menyarankan untuk menambahkan makanan bergizi lainnya dan tidak dicampur dengan makanan instan lainnya seperti kornet atau sosis dan bakso.

Demikianlah pembahasan kita tentang bahaya makan mie instan setiap hari, mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi teman-teman yang sering atau bahkan makan mie instan setiap hari.

https://doktersehat.com/efek-buruk-makan-mie-instan-setiap-hari

http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/04/25/4-bahaya-makan-mie-instan-setiap-hari

https://www.vice.com/id_id/article/j55vpp/benarkah-makan-mi-instan-tiap-hari-bisa-memicu-kanker

https://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/20-bahaya-makan-mie-instan-sangat-mematikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!