Laman

Kamis, 11 April 2019

Bahaya Memakan Mie Instan Dicampur Nasi




Mie instan memang terasa enak dan juga praktis cara membuatnya. Selin itu harganya juga terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang termasuk ‘hoby’ mengkonsumsinya. Walaupun banyak yang suka karena enak, praktis dan juga murah, makanan ini termasuk makanan yang kurang sehat jika dikonsumsi setiap hari.

Bukan hanya itu, jika mie instan dikonsumsi dicampur dengan nasi juga bisa berdampak tidak baik untuk kesehatan kita. Kali ini kita akan membahas dampak negatif/bahaya kita memakan mie instan dicampur dengan nasi. Karena memang pada dasarnya mie instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi.

Seperti yang dilansir oleh Tribunnews.com dari Boldsky bahwa dalam 1 porsi mie instan mengandung 400 kalori yang sama dengan satu porsi nasi dengan ukuraan sedang. Jika dimakan secara bersamaan maka akan numpuk kalori dalam tubuh. Berarti satu kali makan sudah 800 kalori, sedangkan yang dibutuhkan dalam 1 hari rata-rata manusia membutuhkan 1200-1500 kalori per hari.



Jika 2 kali makan saja sudah 1200-1600 kalori dalam tubuh jika ia campur dengan nasi kembali. Jika terbiasa dengan makan 3 kali dalam sehari maka kalori akan over dosis dan tentunya merusak kesehatan kita. 

Selain itu makan mie instan dicampur nasi akan menyebabkan diabetes, hal tersebut terjadi karena perpaduan karbohidrat antara mie instan dan nasi dapat menaikkan indeks glikemik. Sehingga akan menyebabkan gula dalam darah melonjak drastis dan menyebabkan diabetes.  

Hal tersebut sedana dengan apa yang dikemukan oleh ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., yang dilansir dari Kompas.com. Menurutnya  memakan mie instan yang dicampur nasi akan menumpuk karbohidrat dalam tubuh, yang akan meningkatkan kadar gula tubuh dan menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan gula darah.

Selain itu dia berpendapat bahwa jika kita keseringan mengkonsumsi itu maka tubuh kita akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak. Jika kita memang sudah ‘kecanduan’ dengan makanan tersebut kita harus menguranginya untuk tetap menjaga kesehatan kita.

Baca Juga : Kebiasaan yang Harus Dihindari agar Terbebas dari Batu Ginjal

Tingginya kalori yang ada pada mie instan dicampur nasi juga akan membuat tubuh kita mudah gemuk. Oleh karena itu alangkah baiknya kita mencampur mie instan dengan potongan sayur, daging, telur dan sebgainya ketimbang dicampur nasi yang membahayakan kesehatan kita.

Dalam mie instan juga mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, jika terlalu banyak dikonsumsi maka akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu kurangilah memakan mie instan, setidaknya 3 hari sekali atau 5 hari sekali atau bahkan 1 minggu sekali. Hal tersebut kita lakukan agar kita terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Sumber :
·         Tribunnews.com, Tribunnews.com
·         Kompas.com
·         Kaskus.co.id
·         Liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!