Laman

Minggu, 21 April 2019

Perbedaan Search Engine Dan Direktori




Search enginer adalah situs yang mempunyai database besar untuk menampung alamat-alamat web dan sedikit keterangan tentang web tersebut. Informasi web tersebut berupa teks, gambar, suara, atau video. Search enginer mempunyai program untuk mengindex alamat-lamat situs sesuai dengan katagori, judul ataupun tag, program tersebut adalah spider, bot, atau crawler.


Selain bertugas untuk mengindex web-web tersebut program tersebut berfungsi untuk menolak atau menerima web atau URL (alamat web) jika ada pendaftaran pada mesin pencari tersebut. Kelebihan dari search enginer adalah bisa menentukan ranking pada sebuah web atau blog sesuai dengan kualitas blog tersebut.

Sedangkan web direktori adalah web yang menampung beberapa blog ataupun web sesuai dengan katagori/topik masing-masing. Ini dilakukan tanpa adanya program tapi dilakukan oleh manusia itu sendiri sehingga mempunyai kelebihan untuk mengkatagorikan web yang memang benar-benar berkualitas.

Direktori mempunyai database lebih kecil dibandingkan search enginer. Direktori tidak bisa memberikan peringkat pada suatu blog seperti yang dilakukan oleh search enginer. Untuk pendaftaran kita bisa mendaftarkan ke web tersebut dan disesuaikan dengan kategorinya.

Dilihat dari keterangan diatas bisa kita bedakan sebagai berikut :
  1. Untuk mengindex sebuah blog atau web search enginer memakai program diantaranya adalah spider, bot, atau crawler sedangkan web direktori mengindex sebuah web atau blog dilakukan oleh manusia.
  2. Search enginer mempunyai data base yang lebih besar dibandingkan direktori.
  3. Dalam pemilihan topik/katagori direktori lebih efektif karena blog yang terdaftar sesuai dengan katagori dan tofik serta dilakukan oleh manusia sehingga pengkatagorian lebih bagus hasilnya sedangkan search enginer tidak begitu efektif karena terkadang pencarian kita tentang suatu pembahasan akan mendapatkan hasil yang umum dan bahkan yang penting ada kata-kata kunci walaupun pembahasannya berbeda.
  4. Search enginer mempunyai wewenang untuk memberikan peringkat pada suatu blog sedangkan direktori hanya bisa memberikan pengkatagorian yang bagus kualitasnya saja pada suatu blog.
  5. Search enginer lebih populer dipakai oleh orang lain daripada web direktori karena orang lebih mudah dan simple mencari memakai seacrh enginer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!