Minggu, 21 April 2019

Perbedaan Search Engine Dan Direktori



Perbedaan Search Engine dan Direktori - Search Engine merupakan media pencarian informasi yang kita butuhkan secara mudah dan cepat. Kita akan mendapatkan informasi sesuai dengan keyword (kata kunci) yang kita masukkan. Caranya cukup mudah, kita hanya mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (Search Engine), maka akan bermunculan ratusan sampai jutaan informasi sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan.

Untuk mencari sebuah informasi ternyata terdapat 2 tipe yaitu Search Engine dan Directori. Pada dasarnya fungsi dari kedua media tersebut adalah sama yaitu menampilkan informasi sebagaimana keyword yang telah kita ketikan sebelumnya. Sedangkan ada beberapa perbedaan yang akan dijelaskan selanjutnya.


Kelebihan dari search engine adalah biasanya telah dilengkapi dengan program spider bot. program tersebut berfungsi untuk menanggulangi website yang hendak didaftarkan ke mesin pencari (search engine). Spider bot ini juga yang menentukan nilai dari page rank suatu blog dengan proses robotik (otomatis).

Sedangkan untuk direktori mempunyai kelebihan dari segi pemberian informasi yang lebih akurat bila dibandingkan dengan search engine. Karena untuk penyaringan informasi yang mereka terima disaring secara manual, yaitu menggunakan tenaga manusia secara langsung. Walaupun proses pekerjaannya lebih lambat jika dibandingkan dengan search engine. Itulah kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua media tersebut.

Apa Itu Search Engine?
Search enginer adalah situs yang mempunyai database besar untuk menampung alamat-alamat web dan sedikit keterangan tentang web tersebut yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai informasi dengan cepat dan mudah. Informasi web tersebut berupa teks, gambar, suara, atau video.

Artikel Terkait : Memakai Wordpress Untuk Blog

Search enginer mempunyai program untuk mengindex alamat-lamat situs sesuai dengan katagori, judul ataupun tag, program tersebut adalah spider, bot, atau crawler. Program ini berguna untuk menyeleksi atau menganalisa URL yang di daftarkan pada Search Engine. Tentunya dengan adanya program Spider ini, memungkinkan semua proses peng-index-an dilakukan secara otomatis dan cepat.

Pada search engine, robot/spider atau crawler mempunyai fungsi untuk membaca konten, menempatkan halaman web dan melaporkan kembali hasil temuannya pada search engine database. Ketika orang menggunakan keyword pada search engine untuk mencari situs, mereka sebenarnya sedang mencari pada index yang ada dalam search engine.

Selain bertugas untuk mengindex website, program tersebut berfungsi untuk menolak atau menerima website atau URL (alamat website) jika ada pendaftaran pada mesin pencari (Search Engine). Jika memang layak, spider akan menambahkan alamat URL dan membaca semua isi atau content yang ada.

Kelebihan dari search enginer adalah bisa menentukan ranking pada sebuah website atau blog sesuai dengan kualitas blog tersebut. Rangking sebuah web ditetapkan dengan metode tertentu sesuai dengan standar masing-masing dari search engine.

Pada umumnya semua search engine mempunyai program yang disebut sebagai Spider. Program inilah yang menentukan apakah website kita layak diterima atau tidak. Contoh dari search Engine yang terkenal adalah Google, Yahoo, Altavista, All The Web, dan MSN Search.

Tentunya yang paling sering digunakan  dan lebih familiar adalah Search Engine untuk menampilkan informasi sesuai dengan keyword yang kita masukkan sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena kecepatan mesin pencari lebih unggul dibandingkan direktori. Selain itu, karena lebih mudah dan simple dalam penggunaannya.

Apa Itu Direktori?
Sedangkan web direktori adalah web yang menampung beberapa blog ataupun web sesuai dengan katagori/topik masing-masing. Ini dilakukan tanpa adanya program tapi dilakukan oleh manusia itu sendiri (secara manual) untuk menentukan diterima atau tidaknya URL yang masuk. Sehingga mempunyai kelebihan untuk mengkatagorikan web yang memang benar-benar berkualitas. Untuk web direktori atau search engine yang memiliki sistem index yang dilakukan manusia dan komputer disebut sebagai sistem hybrid.

Artikel Terkait : Cara Optimasi SEO Website

Direktori ini mempunyai database yang lebih kecil dibandingkan dengan Search Engine. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Direktori tidak bisa memberikan peringkat pada suatu blog seperti yang dilakukan oleh search engine. Untuk pendaftaran kita bisa mendaftarkan ke web tersebut dan disesuaikan dengan kategorinya.

Keunggulan yang dimiliki oleh Direktori dibanding search engine adalah mampu memberikan listing website yang lebih berkualitas dan akurat. Tetapi karena semua proses dilakukan secara manual yaitu menggunakan editor manusia, maka jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Contoh beberapa direktori besar yang sangat berpengaruh saat ini adalah Yahoo Directory, Open Directory, dan Looksmart.

Direktori mempunyai fungsi yang hampir sama dengan mesin pencari, yaitu menampilkan informasi melalui keyword yang kita ketikkan sebelumnya. Perbedaannya pada saat menampilkan informasi adalah menampilkan hasil yang lebih relevan  dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan Search Engine.

Tidak seperti Search Engine yang menggunakan jasa spider bot yang bekerja secara otomatis, Direktori tidak menggunakan jasa Spider dalam hal menangani website yang masuk, melainkan dengan cara manual (jasa manusia). Maka proses approve direktori lebih lambat di banding dengan search engine. Tetapi proses penampilan informasi lebih relevan dan akurat.

Dilihat dari keterangan diatas, kita bisa bedakan antara Search Engine dan Direktori sebagai berikut :
1. Untuk mengindex sebuah blog atau web search enginer memakai program diantaranya adalah spider, bot, atau crawler. Sedangkan web direktori mengindex sebuah web atau blog dilakukan oleh manusia.
2. Search enginer mempunyai data base yang lebih besar dibandingkan direktori.
3. Dalam pemilihan topik/katagori direktori lebih efektif karena blog yang terdaftar sesuai dengan katagori dan topik serta dilakukan oleh manusia sehingga pengkategorian lebih bagus hasilnya. Sedangkan search engine tidak begitu efektif karena terkadang pencarian kita tentang suatu pembahasan akan mendapatkan hasil yang umum dan bahkan yang penting ada kata-kata kunci walaupun pembahasannya berbeda.
Tetapi untuk saat ini sudah jauh lebih relevan dari pada sebelumnya, tapi terkadang kita masih menemukan hasil yang tidak relevan walaupun jumlahnya sangat kecil.
4. Search enginer mempunyai wewenang untuk memberikan peringkat pada suatu blog sedangkan direktori hanya bisa memberikan pengkategorian yang bagus kualitasnya saja pada suatu blog.
5. Search engine mencantumkan pendaftarannya berdasarkan halaman web, sedangkan direktori web mencantumkan pendaftarannya berdasarkan website utama (homepage atau root directory pada situs).
6. Search enginer lebih populer dipakai banyak orang daripada web direktori, karena orang lebih mudah dan simple dalam mencari informasi menggunakan seacrh enginer.

Bagaimana menurut Anda? Manakah yang lebih baik? Hal tersebut tergantung dari apa yang kita cari. Jika kita ingin mendapatkan informasi dengan cepat maka search engine yang lebih baik. Jika kita ingin mencari/browsing katagori tertentu atau mencari informasi yang spesifik tentang sesuatu maka direktori bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan search engine dengan direktori, mudah-mudahan kita bisa lebih tahu fungsi dari keduanya sehingga kita bisa mempergunakannya sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sehingga kita tidak salah langkah dan terjerembab dalam kebingungan yang tiada akhir.

Sumber :
https://www.grajaganseo.xyz/2013/11/inilah-perbedaan-antara-search-engine.html
https://www.sitoro.id/2013/05/perbedaan-search-engine-dengan-directory.html
http://illtorro.blogspot.com/2009/07/perbedaan-search-engine-dengan.html



Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!