Laman

Minggu, 19 Mei 2019

Agar Tak Cepat Lapar, Makan Ini Saat Sahur



Sekitar 13 jam umat muslim menahan lapar untuk berpuasa. Agar kuat menjalankan puasa secara optimal, ada tips dari pakar diet supaya bisa kuat jalani puasa.

Meskipun berpuasa, di bulan Ramadhan ini umat muslim menjalankan aktifitasnya seperti biasa. Tentu ini bisa jadi tantangan tersendiri saat menahan minum dan makan berjam-jam. Ini juga bisa berpotensi membuat berat badan bertambah karena terlalu banyak makan saat berbuka puasa.

Selain itu, tidak mengonsumsi cukup air juga bisa jadi kebiasaan yang berbahaya bagi tubuh. Pakar diet Maryem Berrin Ak dari Nisantasi University di Istanbul berikan beberapa tips bagaimana mengatur pola diet saat Ramadhan.

Menurut Ak yang terbaik adalah menikmati satu atau dua camilan antara waktu buka puasa dan sahur. "Salah jika Anda berpikir harus makan banyak saat sahur supaya tidak merasa lapar di siang hari. Yang terpenting adalah makan lebih sedikit dan makan secukupnya," jelas Ak.

Sarapan menjadi waktu makan yang terpenting. Saat puasa, sahur bisa dijadikan sebagai pengganti sarapan.

"Penting untuk tidak melewatkan sahur di bulan Ramadhan jika Anda tidak ingin merasa sangat lapar di siang hari," ungkapnya dalam Daily Sabah (08/05).

Saat sahur, sebaiknya pilih makanan yang bisa dicerna dengan mudah. Makanan harus tinggi protein dan vitamin. Susu, telur, keju, mentimun, tomat, kacang-kacangan dan roti gandum bisa jadi pilihan makanan tepat saat sahur.

Atau jika ingin sahur praktis dan cepat, semangkuk sup dan sepotong roti gandum juga bisa dikonsumsi. Disarankan juga konsumsi kurma dan hindari makanan yang digoreng dan asin supaya tak dehidrasi di siang hari.

Ak juga mengatakan saat berbuka puasa mulailah dengan makanan yang ringan seperti yogurt dan salad. "Mulailah makanan utama setelah 10 menit kemudian agar memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan," tambah Ak.

"Perasaan kenyang muncul setelah 10 hingga 12 menit. Jika Anda makan terlalu cepat untuk menghilangkan rasa lapar, ini justru akan mendorong sistem pencernaan Anda terlalu keras. Untuk mencegahnya, kuncinya adalah makan perlahan dan tetap dengan porsi kecil," ujar Ak.

Ia juga menambahkan untuk mempertahankan sistem pencernaan yang sehat di bulan Ramadhan, hal yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan tinggi serat seperti minum air sebanyak mungkin. Dan jadikan buah sebagai camilan yang dikonsumsi di antara waktu berbuka dan sahur. Detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!