Laman

Rabu, 01 Mei 2019

Bahaya Memainkan Handphone Saat Dicas




Seperti yang kita ketahui Handphone saat ini menjadi kebutuhan hampir setiap orang, masing-masing dari kita hampir dipastikan memiliki handphone. Apakah untuk kepentingan yang memang mendesak, sehari-hari atau hanya sekedar hiburan.

Bahkan tanpa bertemupun kita bisa saling tatap muka dengan Video Call. Selain itu menghubungi orang lain tanpa harus memakai pulsa ketika mengirimkan pesan, karena sudah ada paket bulanan yang lebih irit dan bisa chat (mengirim pesan) sepuasnya pada orang lain.


Banyak dari kita yang hoby menggunakan media sosial, tanpa bertemu kita bisa mengetahui kegiatan-kegaitan orang lain melalui media sosial tersebut. Hal itupun sudah menjadikan kita ketergantungan dengan handphone. Yang lebih parah lagi adalah banyak anak muda sekarang yang kecanduan memainkan game.

Karena handphone menjadi sebuah kebutuhan, maka banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari handphone. Oleh karena itu masih banyak orang yang memainkan handphonenya walaupun sedang dicas. Sebenarnya memakai Handphone sah-sah saja, asalkan tidak menyita dan menghabiskan waktu secara percuma. Dibawah ini akan kami jelaskan dampak negatif jika kita memainkan handphone ketika sedang dicas.

Merusak Baterai Handphone

Fungsi cas atau atau charger adalah untuk mengisi ulang daya pada baterai, sebaiknya handphane berhenti untuk mengeluarkan daya. Jika kita memainkannya ketika dicas maka dipastikan baterai handphone akan bekerja ekstra keras dalam menghasilkan daya baterai. Itulah penyebabnya baterai akan menggelembung menjadi besar jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang.

Selain itu dampak lainnya adalah daya penyimpanan baterai akan lemah, ketika kita pakai baterai akan cepat kehabisan daya. Sehingga lama-kelamaan baterai tersebut akan rusak karena semakin lemah.  

Radiasi yang Berbahaya

Bahaya lainnya memainkan handphone ketika dicharger adalah menyebabkan handphone mengeluarkan radiasi yang banyak dan lebih berlipat ganda dari biasanya. Tanpa kita sadari radiasi ini menganggu jaringan otak kita, dampak tersebut tidak kita rasakan secara instan  karena memang bentuk radiasinya yang tidak terlihat.

Tanda dari terganggu jaringan otak kita adalah kecanduan yang ditimbulkan oleh ponsel itu sendiri dan banyak lagi dampak-dampak lainnya dari radiasi yang ditimbulkan oleh handphone tersebut.

Handphone Meledak

Hal yang mungkin terjadi adalah meledaknya baterai atau handphone, karena terlalu sering  dipaksakan bekerja lebih keras dan aliran listrik yang masuk dalam handphone saat dicas memang besar. Hal itu sering ditemukan karena memang baterai tersebut bajakan atau tidak mendapatkan lisensi resmi. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam membeli produk elektronik, apapun itu.

Itulah 3 kemungkinan bahaya yang ditimbulkan jika kita memainkan handphone yang sedang dicas, jadi kita harus hati-hati ketika mempergunakan handphone yang sedang dicas. Lebih baik kita pergunakan ketika handphone sudah terisi, agar kita bisa terhindar dari berbagai kemungkinan yang ada.

Menurut The Asianparent, handphone tetap aman ketika kita pergunakan saat dicas. Tentunya dengan syarat bahwa kita memakai kabel dan charger yang orisinal. Oleh karena itu kita harus memakai alat-alat yang memang orisinal, tidak hanya charger dan kabelnya saja tetapi juga baterainya memang orisinal.

Setidaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari stsandar keamanan nasional setiap Negara, misanya Indonesia sesuai dengan SNI dan lain sebagainya. Walaupun dinyatakan aman, tetapi kita memang perlu berhati-hati karena bahaya yang dijelaskan diatas bisa saja terjadi. Karena logikanya adalah ketika handphone dicas akan mengalirkan daya listrik yang besar pada handphone dan tentunya ketika dipakai akan banyak kemungkinan yang akan terjadi.

Ada beberapa tips yang perlu kita lakukan agar tidak terjadi hal yang mebahayakan diri kita, diantaranya adalah :

1. Jangan menggunakan baterai bajakan atau imitasi, usahakan untuk menggunakan baterai dari perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Hal itu juga berlaku untuk charger dan kabelnya.

2. Jangan telalu lama ngecas handphone kita, jika sudah penuh langsung saja dicabut. Jangan mengecas handphone ketika kita melakukan kegiatan atau sedang tidur.

3. Hindari mempergunakan handphone yang sedang dicas, walaupun ada yang menyatakan aman tetapi kemungkinan apapun bisa terjadi. Pemakaian apapun itu, baik untuk menelpon, main game, membuka sosial media dan lain sebagainya.

4. Hindari pemakain handphone terlalu lama, baik untuk menelpon, bermain game dan lain sebagainya. Ketika handphone kita overheat, kita harus mendiamkannya dulu beberapa saat sampai dingin setelah itu bisa dipakai kembali.

5. Ketika handphone terlalu panas berlebihan saat dicas, maka cabutlah terlebih dahulu dan menunggu sampai dingin kembali dan stabil. Setelah itu baru bisa dicas kembali.


Sumber :

https://bolehkah.com/1295/bolehkah-main-hp-sambil-dicas.html

http://lampung.tribunnews.com/2015/02/19/awas-jangan-main-hp-saat-lagi-ngecas-lihat-akibat-ini

https://www.nusantaratv.com/kamutau/read/10114748/Benar-Ngga-Sih-Main-Handphone-Saat-Dicharge-Berbahaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!