Laman

Jumat, 31 Mei 2019

Ciri-Ciri Teman yang Menyebalkan dan Menghancurkanmu




Dalam hidup, kita pasti pernah menemukan orang-orang menyebalkan bermuka dua, tak terkecuali teman sendiri. Semula, kamu memang mempercayainya, tapi lama-kelamaan, sifat aslinya ketahuan dan kamu akan menyesal telah menaruh kepercayaan itu. Parahnya, teman-teman dengan kepribadian ganda ini bisa lama-lama menghancurkanmu. Yuk kita kenali jenis-jenis teman bermuka dua yang ada di sekitar kita.


1. Pengobral Pujian

Sering kita menyukai pujian. Maka itu, kita juga suka kalau punya teman tukang puji. Namun, ada jenis teman yang menggunakan pujian sebagai senjata buat memanfaatkanmu. Tukang puji ini melemparimu dengan pujian untuk mendekatimu secara instan. Mereka punya tujuan tertentu, seperti memanfaatkan atau ternyata sedang mengorek informasi tentang kamu. Tipe-tipe orang seperti ini untungnya bisa gampang terbaca. Dari obrolannya saja, kepalsuan itu tampak jelas. Keramahannya juga hanya basa-basi semata.

2. Manipulator

Manipulator bisa menjadi salah satu jenis paling berbahaya dari orang yang bermuka dua karena mereka paling sulit dikenali. Mereka akan mengatur dan mengendalikanmu. Pikiran alam bawah sadarmu dikendalikan oleh dia. Mungkin dengan sugesti atau perbincangan yang menyedot perhatian. Umumnya, seorang teman baik, yang juga teman sejati, selalu memikirkan perasaanmu, tapi manipulator tidak. Mereka akan pergi setelah mendapatkan apa yang ia mau darimu.

3. Berdasarkan Status Sosial

Ada juga si pemilih. Mereka hanya baik dengan teman-teman yang strata atau kelas sosialnya sama dengan dia. Mereka memilih teman berdasarkan kekayaan, merek baju, merek handphone, bahkan tempat nongkrongnya. Mereka tidak sudi berteman dengan orang-orang yang kelasnya tak sama dengannya. Buat mereka, tak ada gunanya bergaul dengan orang yang status sosialnya lebih rendah. Biasanya tipe seperti ini suka mengeksklusifkan diri. Dia bisa menarikmu ke lingkarannya dan kamu pun lambat laun bakal menjadi orang yang picky, sama seperti dia.

4. Mesin Copy

Mesin fotokopi. Itulah sebutan untuk orang-orang yang suka menjiplak gaya orang lain. Dia akan mendekatimu dengan tujuan untuk meniru. Apa pun yang kamu lakukan, dia terobsesi sama sepertimu. Dia juga gampang meniru gaya orang lain yang dianggap menarik perhatian. Orang seperti ini tidak akan pernah memiliki kepribadian yang original. Apa pun yang dilakukan, muasalnya dari orang lain.

5. Drama Queen, Pengutang yang Ulung

Orang-orang seperti ini bisa ramah dan asyik bergaul. Dia jadi pendengar yang baik dan mau meluangkan waktunya untuk mendengarkan curhatan-curhatanmu. Dia juga akan memuji setiap kali bajumu baru. Tapi dia punya sisi lain. Di waktu-waktu tertentu, si drama queen akan mengutang duit kepadamu. Mereka akan merasa seolah-olah hidupnya sangat tersiksa. Lantas, mereka bakal mengeluarkan jurus air mata buaya untuk berhutang kepadamu. Setelah itu, kalau sudah waktunya bayar, alasan apa saja dikeluarkan. Tujuannya untuk berpaling dari tanggung jawabnya membayar utang.

6. Penikung

Teman tapi menikung? Tentu ada. Di depanmu, dia akan terlihat baik-baik saja. Segala keluh-kesahmu ditanggapi baik. Dia juga bijak memberikan nasihat-nasihat yang berguna buat kehidupanmu. Sayangnya, di belakang, ada upaya untuk menikung. Menikung dalam hal pekerjaan, percintaan, dan lain sebagainya. Tipe seperti ini sesungguhnya adalah orang yang sangat tidak bisa dipercaya.

7. Rival atau Pesaing

Pesaing adalah jenis teman yang paling “halus” dari seorang teman palsu. Pernahkah Anda memiliki teman yang selalu merasa apa pun yang kamu lakukan, mereka harus bisa menyaingi? Kapan pun kamu menyebutkan sesuatu, mereka tak mau kalah. Yup, itulah si pesaing. Untuk hal positif, ini memang baik. Namun untuk sesuatu yang tidak penting, pesaing membuat harimu hancur. Idntimes.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!