Laman

Selasa, 07 Mei 2019

Memberi Anak Gadget Sama Saja Dengan Memberinya Kokain



Hal yang paling mudah membuat anak untuk tidak rewel dan diam adalah dengan memberikannya gadget. Bukan hanya itu saja, terkadang kita memberikan gadget/ponsel menjadikan gengsi tersendiri, hal tersebut dilakukan  agar terlihat bergengsi. Tapi perlu kita ketahui bahwa hal tersebut bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi anak yang rewel.

Terkadang kita perlu tenaga dan pemikiran agar anak kita bisa diam dan tidak rewel, tentunya dengan cara-cara baik tidak berbuat kasar terhadap mereka. Bahkan jika kita tidak mengawasi mereka ketika bermain ponsel, justru hal tersebut akan merusak karakter mereka.


Ada dampak negatif yang disebabkan oleh gadget, seorang terapis kecanduan berasal dari Inggris mengatakan bahwa memberikan gadget ke anak sama saja dengan memberinya segram kokain. seperti dilansir Ubergizmo, Dia mengebutkan bahwa penggunaan aplikasi seperti instagram dan Snapchat sama dengan adiktifnya dengan remaja yang masih rentan dengan narkoba dan alkohol.

Seorang anak yang mengirimkan pesan di aplikasi percakapan (Chat) dan membalas komentar yang ada disosial media dapat menyebabkan kecanduan pada anak terebut, sama seperti kecanduan narkoba dan alkohol.  

Spesialis kecanduan dari klinik rehabilitasi Harley Street London, Mandy Saligari, mengatakan bahwa mereka yang kecanduan gadget harus diatasi seperti halnya mengatasi mereka yang kecanduna narkoba.

Ia mengatakan bahwa saat kita memberikan tablet atau ponsel ke anak, hal tersebut sama dengan memberikan mereka sebotol wine atau segram kokain. Tentunya hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, tapi harus ada pencegahan. Begitupun penggunaan gawai yang berlebihan memiliki dampak yang sama pada seseorang sama halnya dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Perilaku anak yang menggunakan smartphone secara berlebihan serta bagaimana perilaku tersebut bisa kita cerminkan pada pola otak yang ditemukan pada penjudi dan pecandu narkoba.

Selain itu bahaya dari seringnya menggunakan gadget pada anak adalah akan membatasi gerak fisiknya dan juga membuat tumbuh kembang dari fisiknya menjadi terlambat. Anak akan jarang keluar dan selalu menjadi anak rumahan sehingga pergerakan fisknya terhambat dan sulit meningkat.

Sumber :

https://www.gulalives.co/bahaya-gadget-pada-anak


https://techno.okezone.com/read/2017/06/13/56/1714976/memberikan-smartphone-pada-anak-setara-dengan-sodoran-1-gram-kokain



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!