Laman

Jumat, 14 Juni 2019

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan




Apa yang terkandung di dalam aiAir kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5.45 kalori, 1.3gr gula, 61mg potassium dan 5.45mg sodium.

Air kelapa mengandung kadar gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman berenergi, soda dan beberapa jus buah. Jika ingin mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilihlah air kelapa yang tidak memiliki perasa, tanpa tambahan gula atau jus sehingga memiliki efek yang maksimal tanpa tambahan kalori yang signifikan.


Air kelapa baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang dibandingkan dengan konsumsi minuman berenergi atau air. Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga sama baiknya dengan minuman berenergi dan lebih baik daripada air mineral.

Suatu studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung lebih minimal dibandingkan minuman berenergi ataupun air mineral.

Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potassium. Apakah Anda memilih minuman berenergi, air kelapa atau air mineral, semuanya berfungsi untuk menjaga hidrasi cairan. Terlebih jika Anda berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti sodium dan potassium.

Air kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan antara lain untuk hidrasi cairan, mengurangi sodium dan menambahkan potassium. Terlebih lagi bagi mereka yang tidak mendapatkan cukup potassium dalam menu makanan sehari-hari karena jarang mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran atau produk susu.

Selain itu dalam dunia medis, air kelapa seringkali dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang baru saja mengalami kondisi atau penyakit dimana kehilangan elektrolit dalam jumlah banyak seperti diare atau muntah. Dalam hal ini air kelapa berfungsi terutama untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti potassium sehingga juga dapat mengurangi gejala saluran cerna seperti perut kembung. Klikdokter.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!