Laman

Rabu, 21 Agustus 2019

Anak Susah Makan? Anda Harus Coba Cara Ini!


Banyak orangtua yang dipusingkan karena anaknya menolak setiap kali diberi makan. Ini merupakan keluhan klasik yang membutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi tingkah pola si Kecil.

Pada umumnya, ketika anak sudah bisa mengonsumsi makanan padat sepenuhnya, ia pun akan semakin kenal dengan beragam rasa dari makanan maupun minuman. Ini lah yang menjadi salah satu penyebab anak memilih makanan yang lebih ia sukai. Akhirnya, orang tua menjadi frustasi dan kebingungan mencari cara untuk menghadapi anak yang susah makan.

Untuk mengatasi anak yang susah makan, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi anak Anda seperti apa. Hal ini disebabkan karena alasan setiap anak tidak selalu sama.

Berikut beberapa penyebab yang sering terjadi dan solusi untuk mengatasinya.

1. Tidak Suka Makanannya

Saat suapan pertama, anak mau membuka mulut, namun ketika suapan kedua yang ia terima, anak Anda menolak untuk memakannya. Bisa jadi, itu menandakan bahwa ia tidak menyukai makanan itu. Kalau sudah seperti itu, jangan dipaksakan untuk menghabiskan makanan tersebut karena akan menimbulkan trauma dengan jenis makanan tersebut. Selain itu, anak juga bisa menolak makanan yang tidak disukai sebelum ia merasakannya. Untuk solusi yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

a. Cicipi terlebih dahulu. Ini bisa Anda lakukan sebelum memberikan anak makan. Untuk menghindari rasa yang kurang pas. Bagaimanapun, anak sudah bisa merasakan mana yang enak dan mana yang tidak enak. Jadi, cicipilah terlebih dahulu, jika sudah pasti enak, baru berikan kepada anak

b. Buat variasi menu. Mengajak anak untuk berpartisipasi dalam menyiapkan untuknya bisa menjadi rutinitas asik yang dilakukan. Buatlah beberapa variasi menu dan biarkan ia memilih mana makanan yang ia sukai.

c. Buatlah semenarik mungkin tampilan makanan. Selain bisa menggugah seleranya, menyajikan makanan dengan menarik juga dapat membangun imajinasinya. Misalnya bentuk makanan yang mirip dengan karakter film favoritnya.


2. Sudah Kenyang Duluan

Sering terjadi pada anak-anak yang suka makan cemilan atau minum yang berlebihan sebelum jadwal makan tiba. Hal ini dapat diatasi dengan

a. Berikan cemilan sehat. Untuk mengakali anak yang suka ngemil, Anda bisa membuat olahan lezat dan bergizi dengan varian yang beragam namun juga disesuaikan dengan porsinya.

b. Batasi memberikan minum disela-sela waktu makannya. Hal ini untuk menghindari anak merasa kenyang karena air yang masuk ke dalam tubuhnya lebih banyak dibandingkan makanan. Untuk jenis minumannya sendiri adalah jus ataupun minuman yang manis. Jika ingin diberikan, sebaiknya berikan setelah makan atau jaraknya masih jauh dari jadwal makan.

3. Anak sedang Sakit

Tidak hanya pada anak kecil saja, hal ini juga sering terjadi pada orang dewasa. Ketika sakit, secara otomatis lidah seperti menolak makanan yang masuk. Namun, ini bisa diatasi dengan memberikan banyak minum dan cobalah memberikan makanan yang ia sukai sedekit demi sedikit. Jika si Kecil juga tidak mau makan juga, Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter untuk memberikannya vitamin atau penambah nafsu makan.

4. Tertarik dengan Hal Lain

Adakalanya yang menjadi alasan anak susah makan karena sedang asyik-asyiknya bermain atau menonton televisi. Disinilah keahlian merayu Anda diperlukan untuk membujuknya makan. Membuat waktu makan semakin menyenangkan bisa juga Anda lakukan. Nah, Anak Shaleh Puzzle Lunch Box dari Dusdusan bisa menjadi wadah andalan Anda dikarenakan bentuknya yang edukatif menyerupai puzzle. Tidak hanya gizi yang didapatkan, namun daya pikir anak juga bisa diasah.

Itulah beberapa penyebab dan solusi bagaimana mengatasi anak yang susah makan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya... Dusdusan.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagikan Artikel ini!