Laman

Kamis, 05 Desember 2019

Stop! Jangan Simpan Makanan ini Dalam Kulkas



Jangan Simpan Makanan ini Dalam Kulkas - Setelah belanja bulanan biasanya emak-emak memasukkan beberapa makanan kedalam kulkas. Memasukkan makanan dalam kulkas dengan maksud memperpanjang umur makanan tersebut. Agar makanan bisa bertahan lama sebagai cadangan beberapa waktu kedepan. Mulai dari buah-buahan, sayur-mayur, hingga daging.

Menyimpan bahan makanan didalam kulkas seakan sudah menjadi tradisi emak-emak. Selain mencegah agar makanan tersebut tidak cepat busuk, kulkas juga menjaga agar makanan lebih tahan lama (awet) dan tetap segar, terhindar dari serangga, dan terlihat lebih rapi.

Kebiasaan ini biasa dilakukan oleh emak-emak, agar makanan-makanan tersebut yang belum habis tidak terbuang karena cepat basi, layu dan faktor lainnya. Hal tersebut dilakukan kerena memang makanan tersebut tidak ingin dihabiskan dalam waktu dekat. Begitu pula kulkas memang pada umumnya dipakai untuk mengawetkan makanan.

Seperti dilansir dari laman Boldsky, bahwa menyimpan makanan dalam kulkas bisa mengurangi kadar antioksidan dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Selain itu, kulkas juga bisa mengubah rasa makanan yang kita simpan. Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan  jika makanan tersebut kita konsumsi.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh masuk dalam kulkas. Jika dimasukkan dalam kulkas, bukan memperpanjang umur justru akan berdampak negatif untuk makanan itu sendiri, mulai dari kehilangan cita rasanya, kandungan nutrisi, bahkan sampai mempercepat proses pembusukannya. Adapun beberapa makanan tersebut adalah :

1. Kentang dan Ubi
Kentang dan ubi tidak bisa kita masukkan dalam kulkas, karena udara yang dingin dan juga lembab bisa merusak tekstur dan juga rasanya. Tidak hanya itu saja, menyimpannya dalam kulkas akan menyebabkan kentang cepat busuk. Dalam kentang dan ubi terkandung pati, yang mana pati tersebut akan terurai lebih cepat menjadi gula sehingga manisnya terasa menyengat. Teksturnya yang lembut akan berubah menjadi lebih kasar dan keras.

Jadi kentang dan ubi harus kita simpan ditempat yang kering, sejuk dan juga tidak langsung terpapar oleh sinar matahari. Misalnya kita simpan didalam lemari makan atau tempat lain yang teduh.

Selain dikulkas kita juga tidak boleh menyimpannya didalam kantong plastik karena mempercepat pembusukan, tapi lebih baik disimpan di kantong kertas yang kedap udara dan letakkan ditempat yang gelap namun sejuk. Kentang akan bertahan dengan baik di sekitar kertas, yang cenderung menyerap kelembapannya.


2. Bawang Bombay
Kelembaban yang ada dalam kulkas akan menyebabkan bawang Bombay menjadi lembek (lunak), kusam dam cepat berjamur. Tempat yang cocok untuk menyimpan bawang bombay adalah ditempat yang kering, tidak terpapar langsung oleh sinar matahari dan bersuhu cukup sejuk dan gelap. Bisa juga menyimpannya dikantung kertas, maka bawang bombay akan tetap bagus, tetap renyah dan beraroma khas.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah
Jika bawang merah dan bawang putih disimpan dalam kulkas maka lama-kelamaan akan tumbuh tunasnya. Teksturnya pun akan lebih kenyal, lunak (lembek), juga kusam dan mempercepat pembusukkan. Tidak hanya itu saja, rasanya pun tidak akan setajam sebelumnya, akibatnya masakan kita jadi terasa lebih hambar.

Selain itu, lembabnya kulkas menyebabkan mudahnya tumbuh jamur, dan hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, kita harus menyimpannya ditempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik atau meletakkannya di tempat yang kering, sejuk, bersuhu ruangan, dan gelap. Bisa juga kita letakkan dekat dengan jendela. Kita harus menghindari agar tidak meletakkannya ditempat yang terpapar matahari langsung.

Bisa juga kita simpan di kantong kertas supaya tidak cepat membusuk. Aroma bawang putih yang kuat juga akan mempengaruhi makanan lain di dalam kulkas, terutama makanan yang berada di dekatnya.

Menurut GHI, kualitas bawang merah akan lebih baik jika kita menyimpannya di tempat yang kering dan berventilasi. Akan lebih baik jika kita menyimpannya di tempat yang gelap agar tunas bawang tidak muncul.

4. Tomat
Ini adalah kesalahan yang biasanya paling banyak dilakukan banyak orang. Seharusnya tomat tidak boleh dimasukkan dalam kulkas. Menyimpan tomat dalam kulkas justru tidak membuat tomat tetap segar, justru akan mengakibatkan tomat menjadi kusam dan juga lembek. Tidak hanya itu saja,  nutrisinya pun akan berangsur-angsur menghilang.

Udara yang dingin dalam kulkas akan mengubah rasa tomat menjadi lebih hambar. Tempat penyimpanan terbaik adalah ditempat yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Salah satu contohnya adalah diatas meja dapur, dilemari makan atau pada suhu kamar (suhu ruang) dan ditempat yang kering. Bisa juga disimpan dalam kantong kertas supaya tidak cepat lembek dan membusuk.

Tomat yang disimpan dalam wadah kertas di suhu ruangan cenderung lebih segar, jika dibandingkan menyimpannya dikulkas. Tomat yang disimpan dalam suhu di bawah 50 Celcius kulitnya cenderung mengkerut.

Dampaknya juga ketika disimpan dikulkas adalah kandungan air di dalamnya akan berkurang. Meskipun tomat lebih cepat matang dalam suhu dingin, namun cita rasa aslinya akan jauh berubah.

5. Buah-Buahan
Buah-buahan seharusnya tidak disimpan didalam kulkas, karena jika kita simpan terlalu lama dalam kulkas maka akan kehilangan khasiat, rasa dan teksturnya. Udara yang dingin dalam kulkas akan mengakibatkan kandungan antioksidan dalam buah-buhan tersebut akan berkurang. Selain itu, buah-buhan tersebut akan kering dan rasanya tidak senikmat dulu.

Jadi lebih baik kita konsumsi buah-buahan seperti pisang, alpukat, semangka, melon, apel, pir, stroberi, mangga, jeruk, aprikot dan pepaya ketika baru membelinya yang dalam keadaan segar tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu apalagi kita simpan didalam kulkas. Sebelum kita konsumsi, kita bisa menyimpannya dalam suhu kamar terlebih dahulu.

- Melon, dampak dari penyimpanan buah melon adalah antioksidan yang terkandung didalamnya akan berkurang. Tapi jika kita telah memotongnya, maka kita boleh menyimpannya dalam kulkas untuk mencegah pembusukkan yang berlangsung lebih cepat.

Dalam buah melon kaya akan antioksodan dan betakaroten, yang mana uniknya dari dua senyawa tersebut akan tetap tumbuh lebih banyak kadarnya walau buah ini sudah dipetik. Tetapi jika buah melon kita simpan dalam kulkas maka proses pertumbuhan senyawa antioksidan dan betakaroten akan berhenti.

Olah karena itu disarankan untuk tidak menyimpannya dikulkas dalam keadaan utuh, kita bisa menyimpannya pada suhu ruangan. Kita boleh menyimpannya jika buah melon tadi sudah dipotong atau tidak utuh lagi.

- Semangka, menyimpan semangka dalam kulkas bukan malah membuat buah tersebut semakin nikmat dan segar, justru akan merusak teksturnya yang akan menjadi lunak dan kasar. Oleh karena itu kita bisa menyimpannya pada suhu kamar untuk mempertahankan teksturnya.

Menurut penelitian USDA, ada baiknya penyimpanan dilakukan pada suhu kamar untuk membantu menjaga antioksidan lebih utuh. Tetapi jika buah telah dipotong, kita bisa meletakannya di dalam kulkas selama 3 hingga 4 hari.

6. Biji kopi
Jika kita mempunyai stok biji kopi yang berlimpah atau kita baru saja membelinya dan tidak bisa langsung menghabiskanya. Hindari untuk memasukkannya dalam kulkas, karena kelembaban udara yang ada dalam kulkas akan mengubah kopi yang kita buat menjadi lebih encer dan juga aromanya tidak sekuat asalnya.

Biji kopi yang kita simpan dalam kulkas akan menyerap aroma bahan makanan lain yang disimpan secara bersamaan. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi rasa kopi yang akan berubah menjadi kacau setelah ditumbuk dan diseduh.

Cara penyimpanan yang tepat adalah dengan memasukkannya dalam wadah yang kedap udara dan ditempat yang tidak terkena langsung oleh sinar matahari. Kita juga bisa menyimpannya di suhu kamar dan dan letakkan di tempat yang sejuk untuk mempertahankan rasa dan kualitasnya.

Suhu dingin kulkas dapat mengkondensasi kopi. Hal tersebut akan mempengaruhi cita rasa kopi. Kopi bubuk maupun biji sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan, bisa juga kita letakkan didapur. Kelembaban di dalam kulkas dapat membuat rasa kopi menjadi rusak dan tidak awet.


7. Roti
Memang menyimpan roti dalam kulkas bisa mencegah timbulnya jamur, tetapi dampaknya adalah roti yang kita simpan dalam kulkas akan terasa lebih kering dan juga kasar. Walaupun sebenarnya roti tidak diperbolehkan disimpan dalam kulkas, masih banyak orang yang melakukannya, karena ingin menjaga agar roti tersebut tetap awet setelah berhari-hari.

Zat pati dalam roti akan berubah menjadi gula dengan cepat, jika berada dalam suhu dingin. Hal ini mendukung proses mengerasnya tekstur roti. Hasilnya, roti menjadi tidak selezat aslinya. Untuk menyimpan roti sebaiknya disimpan dalam wadah yang kedap udara, dalam suhu kamar (suhu ruangan) atau bisa disimpan dikotak roti. Intinya adalah carilah tempat yang kering dan juga sejuk. Menyimpannya dengan suhu dingin hanya akan membuat roti cepat basi dan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Kurun waktu paling lama untuk menyimpannya adalah 3 hari. Jika roti yang kita simpan tersebut masih belum habis juga, maka kita bisa memasukkanya dalam wadah tertutup sebelum disimpan dalam kulkas atau freezer. Untuk mengantisifasi tersisanya roti lebih baik kita membelinya sekedarnya saja, pas untuk 1 atau 2 hari saja, agar roti tersebut tidak berjamur.

8. Minyak
Tanpa kita simpan dalam kulkas minyak tetap bisa bertahan lebih lama. Kita bisa menyimpannya ditempat yang gelap dalam suhu ruangan. Jadi tidak perlu lagi kita simpan dalam kulkas, karena jika kita simpan maka minyak akan mengental dan membeku seperti margarin. Adapun berbagai jenis minyak yang tidak boleh disimpan dalam kulkas adalah minyak zaitun, minyak kelapa murni (virgin coconut oil), atau minyak kelapa sawit.

Termasuk didalamnya adalah minyak goreng. Minyak goreng adalah salah satu bahan makanan yang tidak diperbolehkan masuk dalam kulkas. Karena akan meningkatkan lemak jenuh pada minyak tersebut yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita. Lebih baik kita simpan pada suhu kamar. Salah satu dari minyak yang boleh disimpan dalam kulkas adalah minyak dengan bahan dasar kacang.

9. Daun-Daunan
Dedaunan yang sering digunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan juga tidak boleh dimasukkan dalam kulkas. Contohnya adalah daun bawang, daun ketumbar, daun kemangi, daun seledri, daun salam, atau daun peterseli. Untuk daun kemangi jika kita simpan didalam kulkas dengan suhu dibawah 40 derajat, maka warnanya akan berubah menjadi kehitam-hitaman. Disaat itulah akan tumbuh racun didalamnya yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kita juga bisa menyimpannya dalam kantung plastik zip-lock agar tidak terkontaminasi udara luar.

Jika disimpan didalam kulkas maka dampaknya adalah daun-daunan tersebut akan menyerap bau-bauan dari makanan yang ada dalam kulkas sehingga aromanya tidak wangi lagi. Jika memang ingin disimpan dalam jangka waktu yang lama, kita bisa merendamnya didalam air.

10. Kacang-kacangan
Ada beberapa kacang-kacangan mentah yang tidak diperbolehkan dalam kulkas, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau. Karena kacang yang disimpan dalam kulkas bisa mengurangi rasa gurih khas kacang-kacangan. Selain itu, kulit dari kacang tersebut dapat menyerap bau-bauan dari dalam kulkas.

Masukkan saja kacang-kacangan dalam wadah kedap udara dan menyimpannya ditempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Namun jika kita ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama, kita bisa menyimpannya dalam wadah tertutup didalam freezer.  

11. Saus Tomat/Sambal dan Kecap
Menyimpan saus dan kecap di luar kulkas tidak akan menjadi masalah, karena sudah mengandung cuka dan pengawet, walaupun sudah dipergunakan berulang kali. Suhu kulkas bisa membuat tekstur kecap menjadi keras, hal tersebut menyebabkan sulitnya mengeluarkan kecap dari kemasannya.

Pada dasarnya saus mempunyai bahan asam dan pengawet alami, dua bahan ini yang mempunyai fungsi untuk menjaga rasa pedas pada saus tersebut. Namun jika kita menyimpan saus dalam kulkas, maka dua bahan tersebut tidak akan berfungsi sehingga rasa pedas pada saus bisa hilang.  

Selain dampak diatas, saus sambal akan mengalami perubahan pada warna dan rasa jika kita masukkan dalam kulkas. Hal tersebut terjadi karena dalam sebotol saus sambal terkandung cuka untuk mencegah tumbuhnya bakteri, ditambah lagi dengan adanya paprika yang justru lebih kuat di suhu ruangan.


12. Madu
Disimpan dalam kulkas justru menyebabkan madu mengeras, mengkristal dan menyerap dalam suhu dingin. Oleh karena itu untuk menjaga agar madu tetap manis alami sebaiknya disimpan diruangan bersuhu kering, ditempat yang gelap, sejuk dan tidak langsung terpapar sinar matahari.

13. Makanan Berbahan Pengawet
Ada beberapa makanan yang berbahan pengawet yang tidak boleh disimpan dalam kulkas. Jika kita menyimpannya dalam kulkas, maka pengawet yang terkandung didalamnya akan semakin menguat. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita menyimpannya disuhu kamar saja.

Setiap makanan yang mempunyai bahan pengawet akan awet tanpa harus memasukkanya dalam kulkas. Jadi tidak perlu risau akan menjadi busuk ataupun basi jika tidak dimasukkan dalam kulkas. Adapun beberapa contoh makanan yang berbahan pengawet adalah selai kacang, selai buah, acar, saus tomat, kecap dan lain sebagainya.

14. Kue
Jika kita mempunyai kue tidak berisi krim segar, jangan pernah menyimpan kue tersebut dalam kulkas. Jika kita simpan dalam kulkas maka akibatnya akan mudah basi dalam hitungan jam. Sebaiknya kita menyimpannya ditempat yang sejuk dan gelap, contohnya seperti kaleng, Tupperware atau sejenisnya. Cara penyimpanan ini akan membuat kue bertahan selama 3 hari.

Demikianlah pembahasan dari makanan yang tidak boleh kita masukkan dalam kulkas, mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi emak-emak agar tidak sembarangan menyimpan makan dalam kulkas. Jika kita sembarangan menyimpan makanan dalam kulkas, justru akan merusak cita rasa dan teksturnya bahkan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/makanan-yang-tidak-boleh-masuk-kulkas
https://www.liputan6.com/health/read/3220003/setop-jangan-masukkan-11-makanan-ini-ke-kulkas
https://www.goldokter.com/2018/05/jangan-simpan-makanan-ini-di-kulkas.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!