Laman

Selasa, 31 Desember 2019

Ingin Membuat Blog? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Blogspot



Kelebihan dan Kekurangan Blogspot Mungkin bagi mereka yang menggeluti dunia blogging atau disebut blogger tentu tidak asing lagi dengan Blogspot ataupun Blogger. Blogspot adalah layanan blogging yang disediakan oleh Google untuk membuat blog. Blogspot sudah banyak dipergunakan oleh para blogger untuk membuat blog pribadi, bahkan sudah banyak para blogger membuat blog sebagai bisnis masa depan mereka.

Tidak hanya sebagai blog pribadi tapi sudah lebih jauh lagi, yaitu membuat blog yang berisi tentang materi-materi yang sangat bermanfaat seperti tentang teknologi, bisnis, bisnis online, kesehatan, bahkan politik dan ekonomi. Lebih jauh lagi, sudah banyak yang membuat tutorial tentang suatu hal seperti tentang teknologi, pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Memang dari segi tampilan, blogspot tidak semenarik Wordpress yang memiliki tampilan yang lebih rapih dan juga manarik. Tapi akan kita temukan banyak kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh Wordpress tapi dimiliki oleh Blogspot. Hal tersebut juga (Tampilan) yang menjadi kelebihan ataupun kekurangannya dibandingkan dengan Wordpress.

Blogspot adalah salah satu blog gratis yang terkenal diantara blog gratis yang lain, banyak orang yang lebih memilih Blogspot karena mudah dalam menggunakannya. Selain mudah dalam menggunakan fasilitas yang ada dalam blog tersebut, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh blog gratis ini.

Siapapun bebas menggunakannya tanpa bayar sepeserpun, dapat juga digunakan bertahun-tahun tanpa batas waktu, begitu juga tidak mempunyai batas berapa file yang dipakai dan tidak pula batas bandwith yang mengukur berapa banyak pengunjung perbulan. Selain dari palatform ini, Sebenarnya masih banyak platform lain yang dapat digunakan untuk membuat blog/website, seperti wordpress, tumbrl, mywapblog, wix.com, weebly, dan lain sebagainya.

Tentunya kita bisa melakukan apapun dengan blog ini, selama tidak melanggar aturan-aturan yang ada pada blog tersebut. Kita bisa mencurahkan ide-ide atau ilmu untuk saling berbagi dengan orang lain. Oleh karena itu hendaknya fasilitas ini dipergunakan sebaik mungkin. Adapun kelebihan dan kekurangan blog ini adalah sebagai berikut.

Kelebihan Dari Blogspot 
1. Terintegrasi dengan Google, Blogspot merupakan salah satu dari produk google, sehingga terintegasi dengan layanan-layanan google yang lain. Ada banyak layanan dari google yang bisa kita pergunakan untuk mengoptimalkan kinerja blog, misalnya seperti Gmail, Google Webmaster dan Analythic, Google Adsense dan masih banyak layanan yang lainnya.
2. Mendaftar dengan Mudah, proses pendaftaran sangatlah mudah, cukup membuat email dengan memasukkan data yang diperlukan kita bisa memiliki akun ini. Kita bisa mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Blogspot.
3. Bisa Mempunyai Banyak Blog, dalam blogspot ini kita bisa membuat beberapa blog dengan berbagai macam tema yang dibutuhkan. Kita cukup memakai 1 akun email dan bisa membuat berbagai macam niche tanpa harus membuat akun email lagi. Tidak ada batasan berapa jumlah blog yang akan kita buat, asalkan kita bisa mengelolanya dengan baik.
4. Tidak Ada Batas dalam Pengaksesan, tidak ada batas dalam mengakses fasilitas yang ada dalam Blogspot seperti bandwidth, ukuran file, waktu penggunaan bisa kita pakai kapanpun tidak ada kontrak tahunan sebelum kita sendiri yang menutup atau menghapus blog tersebut.
5. Cepat, Mudah dan Nyaman, untuk pengaksesan blogspot cepat dan mudah kecuali mereka memakai pernak pernik yang banyak, maka akan terasa berat. Kita nyaman menggunakannya karena banyak fasilitas wadget dan template yang bisa dipilih sesuai dengan selera kita.
Pada dasarnya Blogger diciptakan khusus untuk aktifitas blogging yang mudah dan cepat. Fitur-fitur yang ada didalam Blogger didesain sangat simple sehingga mudah dipergunakan, bahkan orang awam pun bisa menggunakannya.
6. Support dengan Java Script, Java Script berfungsi untuk memasang kode script dari pihak ketiga, sehingga mudah untuk menambah pernak pernik untuk mempercantik blog dan bisa menambah penghasilan juga dengan memasang kode iklan teks atau banner.
7. Bisa Memodifikasi Template, bisa mendownload berbagai macam template kemudian kita upload diblogspot serta dimodifikasi baik layout, warna, background, posisi menu dan lain sebagainya.
8. Panel Kontrol yang Mudah Dimengerti, menu panel kontrol yang mudah dimengerti oleh siapapun dan bahkan bagi mereka pemulapun dapat memahaminya dengan mudah. Jadi bagi para blogger pemula yang ingin membuat blog, disarankan memakai Blogspot.
9. Pilihan Widget-widget yang Banyak, blogspot mempunyai wadget yang banyak dan lengkap yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, dan selalu bertambah sesuai dengan inovasi dari pihak Blogspot/Google.
10. Bisa Dipasang Berbagai Iklan, blogspot support dengan javascript sehingga kita bisa memasang iklan ataupun banner untuk menghasilkan dari blog. Kita bisa memasang iklan apapun dan dari manapun termasuk script google adsense.
11. Terintegrasi Iklan Adsense, Blogspot bisa langsung terintergrasi dengan adsense, sehingga blogspot bisa dipasang adsense yang bisa menambah penghasilan.
12. Mudah dan Cepat Diindex Oleh Google (SEO Friendly), jika kita merawat blog dengan sungguh-sungguh apalagi jika mengaupdatenya secara rutin dan berkala maka blog akan cepat terindex oleh google dan bahkan bisa masuk halaman pertama google jika kita menerapkan teknik SEO dengan baik.
13. Mendukung Multi Bahasa, bisa menggantikan berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia, agar para pengguna mudah dalam memakai Blogspot walau dari Negara manapun mereka berada.
14. File CSS dan HTMLnya Bisa Dimodifikasi, kita bisa mengedit atau memodifikasi CSS dan HTML sesuai dengan kebutuhan kita.
15. Ada Fasilitas Drag dan Drop, ada fasilias ini yang mudah untuk digunakan oleh para blogger. Fasilitas ini sangat memudahkan para blogger untuk mengatur tata letak sesuai kebutuhan. Kita hanya klik drag dan tahan kemudian bisa kita atur dimanapun sesaui dengan kebutuhan kita, kemudian kita drop ditempat yang kita inginkan.
16. Keamanan yang Terjamin, keamanan dari platform ini sangat terjamin, sulit bagi hacker untuk menganggu mereka yang memakai platform ini. Jadi akun yang kita pakai tidak mudah dijebol oleh orang lain sehingga kita nyaman menggunakannya.  

Kekurangan Dari Blogspot 
1. Komentar Tidak Friendly, tampilan dari komentar Blogspot tergolong sederhana dan terlihat tidak rapi. Walaupun demikian, sulit bagi orang-orang nakal untuk menyusupi file-file pada akun melalui komentar Blogspot karena keamanannya terjamin.
2. Tidak Tersedia Fasilitas Tags Keyword, tidak adanya fasiliatas untuk kata kunci tag yang menandakan bahwa postingan kita adalah katagori tertentu. Sehingga sulit untuk menanamkan tag-tag yang diperlukan dalam artikel yang akan kita optimasi dengan SEO.
3. Template Bawaan yang Sedikit dan Sederhana, pilihan template dari blogspot sangatlah sedikit, jika ingin template yang bervariasi kita harus mencari dan mondownload terlebih dahulu setelah itu baru diupload diblogspot. Selain sedikit yang ada pada Blogspot sangatlah sederhana, sehingga banyak yang mengeluhkan dan mencari ditempat lain bahkan ada yang beli template. Walaupun untuk saat ini sudah banyak update dari berbagai macam segi termasuk background.  Memang platform mempunyai tampilan blog yang tidak masimal dan terbatas.
Walaupun demikian banyak developer yang sudah membuat template baik yang gratis ataupun yang berbayar. Hanya sekedar saran saja, sebaiknya kita lebih memilih template yang ringan, SEO friendly dan yang paling penting responsive. Responsive disini berarti template kita dapat menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan oleh pembaca misalnya seperti : Handphone, Tablet, PC, Consle dan lain sebagainya.
4. Tampilan Dashboard Sederhana, Tampilan dari dashboard blogspot terlihat sederhana, walaupun demikian sebenarnya tidak masalah yang penting kita bisa memahami dashboard, mudah mengedit postingan dan mudah mengatur tata letak dengan baik.
5. Tidak Ada Fasilitas Anti Spam, tidak adanya fasilitas anti spam kecuali jika dengan moderation order dari commenting systemnya. Tetapi untuk keamanan memakai platform ini terjamin, tidak mudah bagi malware nakal untuk menjebol akun kita.
6. Terikat dengan Peraturan, Jika kita menggunakan blogspot untuk blog kita, mau tidak mau kita harus mengikuti aturan yang disediakan oleh Google. Jika kita melanggar aturan yang ada, maka kita akan terkena banned oleh google. Tidak hanya dibanned saja bahkan blog kita bisa dihapus jika melakukan kesalahan yang fatal.
7. Kostumisasi yang Terbatas, Kostumisasi yang dimiliki oleh blogger sangat minim dan juga terbatas. Tampilannya hanya terdiri dari Header, Body, dan Footer. Kita tidak bisa kostumisasi sesuai selera kita seperti halnya pada wordpress yang bisa dikostumisasi sesuai selera pengguna. Tapi untuk menghasilkan uang sudah cukup bisa diandalkan.
8. Menulis Artikel Kurang Leluasa, Fitur-fitur yang ada di bagian Dashbord Editing Post tidak selangkap yang ada diwordpress. Sehingga jika kita mengedit tulisan melalui bagian posting artikel tidak bisa leluasa dan terbatas. Walaupun menurut saya ini adalah hal yang tidak begitu penting, karena sejauh ini saya merasa nyaman dengan keadaan ini.

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Blogspot. Dengan mengatahui kelebihan ataupun kekurangan dari Blogspot, kita bisa mempertimbangkan untuk mempergunakannya atau lebih memilih platform lain. Semua keputusan ada ditangan kita, baik atau buruknya hanya kita yang tahu. Lebih bijaklah dalam memilih, agar tidak membuahkan penyesalan yang tiada akhir.

Sumber :
https://teknobos.com/kelebihan-dan-kekurangan-blogspot
https://panduansites.blogspot.com/2017/06/kelebihan-dan-kekurangan-blogger.html
https://www.altirai.com/2018/02/kelebihan-dan-kekurangan-blogspot-yang-harus-anda-ketahui.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!