Senin, 23 Desember 2019

7 Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Madu Asli

Madu murni memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan memiliki rasa manis yang berbeda dari pada gula dan pemanis lainnya. Madu asli dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga, bentuknya berupa cairan yang menyerupai sirup, tetapi wujudnya lebih kental dan terasa manis.

Tentunya banyak yang mengharapkan untuk mendapatkan madu murni, karena terkandung banyak sekali khasiat dan keutamaan bagi kesehatan kita. Memang madu murni banyak dikenal memiliki segudang khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari perawatan kulit, membantu penyembuhan luka, untuk kebugaran tubuh kita, hingga sebagai antioksidan.

Tapi kenyataannya banyak dilapangan beredar madu oplosan (madu palsu), yang banyak dicampur dengan berbagai macam campuran. Banyak pihak yang melakukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan dengan cara mencampurkan gula atau pemanis buatan. Biasanya bahan campuran yang dipakai seperti glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, sirop jagung, pati, tepung, dan sebagainya.

Memang sulit membedakan madu murni dan campuran kalau hanya dilihat dari kemasannya saja. Kita harus melakukan beberapa tes atau uji coba untuk membedakan mana madu yang murni ataupun madu campuran. Walaupun pertama kali kita akan ‘kecolongan’ ketika kita membeli ditempat yang salah.


Banyak yang melakukan hal tersebut dengan tujuan memperbanyak keuntungan. Madu palsu tersebut bukan mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, justru bisa menimbulkan penyakit. Oleh karena itu kita harus mengetahui ciri-ciri madu murni agar tidak tertipu dengan mereka yang hanya mengutamakan keuntungan semata.

1. Meneteskan Madu ke Air
Kita bisa memasukkan satu sendok madu ke dalam segelas air, kalau madu tersebut tidak mudah tercampur/larut dengan air atau bahkan jatuh ke dasar air maka madu tersebut adalah madu asli. Biasanya madu murni selalu berbentuk gumpalan ketika dituangkan ke dalam air.

Sedangkan tetesan madu yang mudah tercampur atau terapung dalam air, maka madu tersebut adalah madu palsu atau madu oplosan yang telah tercampur dengan berbagai macam bahan lainnya.

2. Tes Korek Api
Coba kita celupkan korek api dalam madu yang telah kita tuangkan dalam sendok, lalu kita nyalakan. Jika madu tersebut asli maka korek api tersebut akan menyala dengan mudah. Sedangkan jika tidak menyala, maka kemungkinan madu tersebut adalah palsu karena mengadung air.

3. Menguji Madu dengan Kertas
Cara membedakan madu asli dan madu palsu adalah dengan cara meneteskannya ke kertas kosong. Kemudian robeklah kertas tersebut, jika kertas tersebut tidak mudah sobek maka madu tersebut adalah madu murni. Begitu pula sebaliknya jika kertas tersebut mudah sobek maka dipastikan madu tersebut adalah madu palsu atau madu yang sudah dicampur dengan bahan-bahan tertentu.

Selain itu, kertas tersebut juga tidak berlobang, hal tersebut terjadi karena  kadar airnya yang sedikit atau nol. Lain halnya dengan madu palsu yang kemungkinan besar bisa terserap dan membuat kertas berlubang karena madu tersebut mengadung air.

Selain dengan kertas, kita juga bisa memakai Koran dan juga tisu kertas. Caranya sama dengan kertas, kita teteskan madu di Koran atau ditisu kemudian kita tunggu beberapa saat jika dia tidak menyerap dan tidak berlubang maka dipastikan madu tersebut asli. Tapi jika menyerap dan bahkan berlubang maka madu tersebut adalah madu palsu.

4. Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok
Kita tuangkan madu diatas sendok, kemudian kita panaskan sendok tersebut dengan lilin ataupun api. Jika madu tersebut mengeluarkan buih yang banyak dan bisa terbakar, maka dipastikan madu tersebut adalah madu asli. Namun jika madu tersebut mengeluarkan busa dan berbentuk karamel (menggumpal), maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu.

Ketika sudah berbuih dan menetes tetapi tidak mematikan api, bahkan madu tersebut bisa terbakar itu artinya madu asli. Tapi jika dia berbusa dan mengeluarkan air dan menetes kemudian bisa mematikan api maka madu tersebut madu palsu.

Jika kita diamkan sejenak setelah kita rebus dan madu tersebut tidak mudah beku dan membentuk benang gula maka madu tersebut madu asli, tapi jika dia cepat membeku dan kita pisahkan terdapat benang-benang gula itu artinya madu tersebut adalah palsu. 

5. Membekukan Madu
Kita bisa membuktikkan madu tersebut asli atau tidak dengan cara memasukkannya dalam Freezer. Jika madu tersebut tidak membeku setelah berdiam lama dalam freezer, maka madu tersebut adalah madu asli. Tapi jika madu terebut membeku dalam freezer, maka madu tersebut adalah madu palsu atau madu oplosan.


6. Tes Semut
Pada hakekatnya madu murni tidak disukai semut. Seandainya ada semut yang mengerubungi madu tersebut, cenderung dipinggirnya saja. Semut tidak akan sampai masuk lebih jauh atau nyemplung kemadu tersebut, karena semut tidak menyukai aroma enzim yang kuat pada madu.

Berbeda dengan madu palsu yang tentunya disukai semut, karena mengandung pemanis tambahan yang disukai semut. Bahkan semut banyak yang akan tenggelam dalam madu dan mati didalamnya karena pemanis tambahan tersebut. Selain mengandung pemanis tambahan, madu sintetis juga cenderung beracun.

7. Tes Kuning Telur
Masukkan madu kedalam gelas, kemudian tambahkan kuning telur kedalamnya dan aduk. Jika madu tersebut asli maka kuning telur itu akan tampak matang, tapi jika tidak berefek apa-apa maka madu tersebut adalah madu palsu.

Sebenarnya tidak bisa dipastikan benar apa metode yang cocok untuk membedakan madu asli dan madu palsu, tapi minimal kita bisa mengetahui apakah madu tersebut sudah tercampur dengan berbagai macam tambahan campuran atau tidak. Jadi kita bisa lebih yakin bahwa madu tersebut kemungkinan besar adalah asli.

Cara mengetahui bahwa madu tersebut benar-benar asli adalah ketika kita dapat merasakan manfaatnya dan juga dengan tes laboratorium. Demikianlah pembahasan tentang perbedaan madu asli dan madu palsu. Mudah-mudahan dengan artikel ini kita tidak tersesat lebih jauh dalam memilih madu yang asli, sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

Sumber :

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3916742/ciri-ciri-madu-asli-tanpa-campuran-dan-cara-menguji-keasliannya
https://parenting.orami.co.id/magazine/11-cara-mengenali-ciri-madu-asli-atau-palsu
https://www.hipwee.com/tips/10-macam-uji-untuk-bedakan-madu-murni-dengan-madu-campuran-lebih-jeli-lagi-ya-memilihnya
https://www.youtube.com/watch?v=Y4jdpcw8rS4


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!