Senin, 06 Januari 2020

15 Situs Besar yang Dibuat dengan Bahasa Pemrograman PHP


Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang 15 situs besar yang dibuat dengan PHP. Bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu dari bahasa pempgraman yang paling popular dan banyak digunakan. Bahkan website-website raksasapun banyak yang menggunakannya. 

Sebenarnya banyak macam bahasa pemrograman yang dapat kita gunakan untuk membuat website. Namun bahasa pemgraman yang paling popular dan banyak digunakan di Indonesia adalah bahasa pemrograman PHP. Saat ini PHP menjadi dasar bagi web developer sebelummereka belajar bahasa pemrograman tingkat lanjut. 

Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source. Pengguna bebas melakukan modifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu,kenapa banyak digemari? Karena bahasa pemrograman ini mampun membuat website menjadi sebuah website yang dinamis. 

Apa Itu PHP dan Kegunaannya? 

Bahasa pemrograman PHP (Hypertext PreProcessor) adalah bahasa komputer/bahasa pemrograman/koding/script yang digunakan untuk mengolah data dari server untuk ditampilkan di website. Jadi, PHP digunakan untuk membuat website dinamis. Dalam pemakaian murninya, kode-kode PHP disisipkan antara kode HTML.

Pada awal mula PHP ialah kependekan dari Personal Home Page( Web personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Ketika itu PHP masih bernama Form Interpreted( FI), yang bentuknya berupa sekumpulan skrip yang dipakai untuk mengolah data formulir dari website.

Kemudian selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk massal (umum) dan memberinya nama PHP/ FI. Dengan perilisan kode sumber tersebut, maka hal tersebut menjadi sumber terbuka, hingga banyak pemrogram yang tertarik untuk turut meningkatkan (mengembangkan) PHP.

Sejarah Bahasa Pemrograman PHP

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis tersebut diikutsertakan pula modul- modul ekstensi yang dapat meningkatkan kemampuann PHP/ FI secara signifikan.


Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Setelah itu pada Juni 1998, perusahaan itu merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut menjadi PHP 3.0 dan singkatan PHP diganti jadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.(Wikivedia)

Bisa dibilang PHP merupakan bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan pada saat ini, banyak perusahaan besar menggunakan PHP, bahasa pemrograman yang identik dengan logo gajah ini juga menjadi basis dari CMS terkenal seperti WordPress, Joomla dan Drupal.

Namun banyak orang menyebut kalau PHP sudah tidak zaman nya lagi, terus menurut anda apa yang sekarang lagi zaman? Tentu itu pendapat masing-masing dari siapa yang menilai dan menggunakan dari berbagai macam aplikasi yang mereka sukai.

15 Website Raksasa yang Dibuat dengan Bahasa Pemrograman PHP

Jika kita masih meragukan dan masih kurang percaya pada kemampuan PHP, maka sebaiknya meningkatkan skill PHP kita, karena menggunakan bahasa apapun, kalau kemampuan yang kurang maka website juga akan mendapatkan hasil seadanya.

Berikut ini adalah 15 website besar dan yang menggunakan PHP sebagai dasar.

1. Facebook - Facebook merupakan website yang menggunakan PHP sebagai dasar dan tentunya kita tahu bahwa Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia.
2. VK.com - Situs jejaring sosial nomor satu di eropa yang dibuat oleh developer Rusia ini menggunakan PHP untuk bahasa pemrograman web nya.
3. Youtube - Situs video nomor satu didunia ini juga menggunakan bahasa pemgraman PHP, Youtube saat ini dimiliki oleh Google.
4. Yahoo - Ialah salah satu web yang sangat banyak mendapatkan kunjungan di dunia dengan lebih dari 627 juta trafik unik tiap bulannya.
5. Wikipedia - Sumber ilmu pengetahuan gratis dan terbaik untuk semua jenis informasi yang ada di website. Wikipedia dikembangkan memakai perangkat lunak yang disebut sebagai MediaWiki yang dibuat menggunakan PHP
6. Flickr - Website gambar nomor 1 didunia yang mempunyai 2,5 miliyar gambar ini ternyata terbuat dengan memakai PHP
7. WordPress juga dikembangkan dengan PHP dan Javascript, kemudian ditambah dengan jQuery untuk bantuan animasi web dan pengelolaan event.
8. Digg - adalah situs berbagi konten yang juga menggunakan PHP


9. SourceForge.net - Situs berbagi source code dan juga tempat untuk mendownload repositori yang terbesar didunia ini juga menggunakan bahasa pemrograman PHP
10. iStockPhoto - Sebuah website penyedia stok foto terbesar yang juga menggunakan PHP, website ini dimiliki oleh Getty Image yang sudah ternama dalam hal jual beli foto online.
11. Idsnote (http://www.idsnote.com). Idsnote merupakan gabungan antara sosial media dengan website bloging yang dibuat oleh developer Indonesia, website ini menggunakan PHP untuk bahasa pemrograman webnya.
12. Joomla! merupakan salah satu aplikasi yang dipakai untuk membuat ataupun membangun suatu web dinamis yang dilengkapi bermacam sarana (fasilitas) yang mendukungnya. Joomla! termasuk dalam kategori aplikasi CMS (Content Management System) open source, artinya dapat dipergunakan dengan sebebas-bebasnya atau bebas mengaksesnya tanpa batas.
13. Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Terbuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal bisa dipasang pada sebagian jenis database semacam MariaDB, MySQL, SQLite, PostgreSQL, dan pula MsSQL.
14. Opencart adalah salah satu CMS untuk membuat toko online yang sangat populer. Opencart terkenal ringan dan handal. Banyak sekali dukungan tema dan juga modul yang ada di internet. Selain itu dukungan forum juga turut membantu perkembangan CMS opencart.
15. PrestaShop adalah sebuah CMS Open Source yang merupakan sistem e-commerce dengan berbagai fitur dan fasilitas terkini, menyediakan modul-modul yang bisa dipasang sehingga sesuai dengan kebutuhan. Instalasi PrestaShop cukup mudah & cepat, tidak bertele-tele.

Masih banyak lagi situs besar yang menggunakan PHP, diantaranya baidu dari china, ada juga blogspot situs blog gratisan yang sangat banyak digunakan oleh para blogger, serta website TED yang merupakan website presentasi berbagai hal yang paling terkenal didunia.

Demikianlah pembahasan tentang 15 situs besar yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, mudah-mudahan pembahasan tentang PHP ini bisa membuat kita tetap bersemangat untuk mempelajarinya.
 
Sumber :
http://www.jurnalweb.com/website-raksasa-yang-dibuat-dengan-php
http://idsnote.com/post/1206/11-Website-Besar-yang-Dibuat-Menggunakan-PHP
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP
Dan berbagai macam sumber lainnya.


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!