Senin, 06 Januari 2020

Cara Download Video Dari Website Tanpa Software Downloader

cara download video dari website

Cara download Video dari Website Tanpa Software Downloader - Video dan audio memang diperlukan dalam menambah ilmu pengetahuan, video ataupun audio sekarang tidak hanya sebatas lagu dan film saja tapi lebih dari itu. Kita bisa belajar apa saja dengan menonton youtube ataupun mendengarkan audio. Kita bisa belajar panduan apa saja dari video yang ada diyoutube ataupun website penyedia video lainnya.

Youtube,  vidio, dailymotion,  disana kita bisa berbagi ataupun mendownload video yang di inginkan. Yang paling penting, video yang tersedia disitus tersebut sangat lengkap, mulai dari video lucu, unik, terbaru dan masih banyak yang lainnya bisa ditemukan dengan mudah. 

Selain tempat diatas ada tempat download video, seperti facebook bisa menjadi alternatif untuk mencari video yang memang dibutuhkan. Untuk mendownload video diwebsite 4shared.com, megafire, rapidshare, mediafire  mungkin langsung bisa didownload karena ada link yang diberikan untuk kita download. 


Tapi jika  kita ingin download video di website lain seperti youtube, facebook video, dailymotion, vidio ataupun website lain yang tidak memiliki link download agar langsung bisa mendownload video tersebut. Tentu kita memerlukan software atau add ons (extension) untuk mendownloadnya.

Ada cara lain yang bisa kita pergunakan untuk mendownload video, apa itu? Yaitu menggunakan website dan adds ons. Kita tidak perlu memasang program untuk mendownload video tersebut, tidak perlu juga untuk mencari crack atau membeli aplikasi secara resmi. 

Untuk cara download video dari website tersebut setidaknya ada 3 cara. Cara yang keempat yaitu dengan software, tapi disini kita tidak membahas tentang download video dengan software downloader. Cara ketiga menggunakan software tapi dengan software perekam layar, bukan software khusus untuk download.  

Adapun kelemahan dari cara ini adalah ketika sedang download video memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan penggunaan software downloader. Tapi itu tidak menjadi masalah besar yang perlu kita permasalahkan, yang penting kebutuhan kita tercapai walaupun memakan waktu sedikit lebih lama.  

Cara Download Video dengan Website

Cara download video dari website yang pertama ini sangat mudah, tidak hanya mudah bahkan gratis. Kita hanya memerlukan kuota internet saja. Kita juga tidak perlu memasang/install software sama sekali. 

Adapun cara mendownload video atau audio dengan website adalah :

Cara Download Video Di YouTube dengan Website
1. Silakan cari dahulu video yang ingin kita download dari website youtube, facebook video, dailymotion, vidio ataupun dari tempat lain.
2. Setelah menemukan video atau audio yang akan di download, silakan salin URL video tersebut
3. Setelah kita menyalin URL video yang akan di download, selanjutnya kita buka salah satu situs downloader. Sebagai contoh disini kita menggunakan id.savefrom.net.
4. Selanjutnya paste url video dari youtube tadi ke Kolom URL yang telah disediakan pada website tersebut.


5. Lalu klik tombol Download, Catch!, Search dan sejenisnya tunggu beberapa saat hingga muncul link download.


6. Kemudian muncul tombol download dan format video. Adapun format videonya adalah MP4, FLV, 3GP, WebM, Audio MP4, MP3 dan lain sebagainya. Silakan klik tombol Download dan Convert dengan format video yang diinginkan dan secara otomatis akan terunduh. 

Adapun situs yang bisa kita pergunakan untuk mendownload video adalah :

  • http://id.savefrom.net
  • http://keepvid.com
  • https://keepvid.com/video-converter.html
  • https://www.y2mate.com/en68
  • http://www.clipconverter.cc
  • http://catchvideo.net
  • http://www.video-fb.com
  • https://downvids.net
  • https://youtubemp4.to
  • https://ytmp3.cc
  • https://freedsound.xyz

Selain cara diatas menggunakan Savefrom.net, kita bisa download video youtube melalui linknya langsung dengan menambahkan “ss” sebelum link youtube.com. Misalkan saja https://www.youtube.com/watch?v=-GR2BtKkFoI menjadi  http://ssyoutube.com/watch?v=-GR2BtKkFoI

Baca Juga : Cara Download Video Dengan IDM, Cepat Dan Mudah Dengan Segala Fitur Keunggulannya

Selain bisa download video youtube, kita juga bisa download video-video dari website pemutar video lainnya. Kita dapat memilih forrmat video yang akan di download dan juga kualitas videonya. 

Cara Download Video dari Website dengan Add Ons/Extension Browser

Selain memakai website ada beberapa cara lainnya, yaitu dengan Add Ons/Extension browser. Ada 3 browser yang dapat digunakan untuk download video, yaitu Chrome, Firefox dan Edge. 3 browser tersebut mempunyai fitur yang berbeda-beda, extension untuk Chrome, Add-on untuk Firefox, dan Get Launch untuk Edge. 

Fitu-fitur inilah yang nanti kita gunakan untuk memasang aplikasi download video. Adapun cara memasangnya adalah sebagai berikut : 

1. Buka link berikut ini : https://chrome.google.com/webstore/detail/savefrom-helper/akncjgblpooaigmieecjiigaebgblnaj?hl=id

2. Kemudian klik Tambahkan Ke Chrome


3. Selanjutnya akan ada konfirmasi seperti gambar dibawah ini, kemudian klik Add Extension  


4. Setelah kita instal, selanjutnya kita buka video yang akan kita download. Jika pada youtube akan muncul dibagian bawah video. Pilih format video yang akan kita download, kemudian kita klik format tersebut maka secara otomatis akan terdownload. Selain itu jika video yang ada dalam website (embed) akan ada tanda panah hijau untuk download video. 

5. Selain menggunakan link diatas yaitu dengan cara menginstalnya dichrome, kita juga bisa instal dengan cara mengklik link berikut ini : https://id.savefrom.net/savefrom-helper-for-google-chrome.php, kita bisa mengikuti instruksi seperti yang ada digambar berikut ini : 


Sedangkan untuk firefox dan juga Edge kurang lebih sama cara instalnya. Karena baiasanya aplikasi add onsnya sama, masih menggunakan aplikasi yang sejenis. Adapun add ons untuk download video dari website adalah sebagai berikut : 

  • Flash Video Downloader  (Firefox)
  • Video Downloader Professional
  • Video DownloadHelper (id.savefrom.net)
  • VLC Video Downloader
  • Video Downloader Plus
  • Online Download Manager

Cara Download Video dari Website dengan Screen Recorder

Cara yang ketiga adalah dengan merekam layar PC ketika video yang akan kita download sedang diputar. Kita menggunakan software untuk merekam video. Jadi software yang kita gunakan bukan untuk mendownload video tapi untuk merekam video yang sedang diputar. Salah satu dari software yang kita gunakan adalah Open Broadcast Software (OBS) Studio. 

Adapun cara untuk download video dari website dengan screen recorder adalah sebagai berikut : 

1. Kita atur terlebih dahulu kualitas gambar hingga audio yang diinginkan. Setelah itu kita putar video yang akan kita download dan kita tekan tombol Alt dan 8 pada keyboard secara bersamaan untuk melakukan perekaman layar. 

2. Selanjutnya kita menunggu video selesai diputar.

3. Setelah video selesai diputar, klik tombol stop pada software OBS Studio. 

4. Maka video yang kita rekam sudah bisa kita tonton. Ketika kita memutar video, hendaknya kita pilih layar penuh agar hasilnya full layar dan berkualitas. 

5. Untuk mengetahui lebih jauh tentang software perekam layar PC/Laptop, bisa klik link youtube ini https://www.youtube.com/watch?v=WD1NRIQr-KU atau ke channel youtube Bangjay Tutorial. Karena di channel youtube tersebut dibahas tuntas cara merekam layar PC dengan berbagai macam software screen recorder. 

Adapun software yang bisa digunakan untuk merekam layar PC adalah sebagai berikut : 

  1.  OBS Studio
  2. Active Presenter
  3. Bandicam
  4. Mirillis Action
  5. Icecream Screen Recorder
  6. Ezvid
  7. Screenpresso
  8. Camstudio
  9. Camtasia
  10. Fraps

Untuk lebih detail bisa menonton video dibawah ini dan juga bisa baca selengkapnya pada artikel 10 software perekam layar PC/Laptop.  

Perlu kita perhatikan bahwa kita bisa download video apapun dari internet. Tatapi tidak semua orang yang punya video mau jika video mereka kita download, dengan berbagai macam alasan. Untuk itu meminta ijin terlebih dahulu, berkomentarlah di website atau videonya “Ijin download ya”, “Ijin save ya”, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : 10 Software Perekam Layar PC/Laptop Terbaik Dan Ringan

Cara yang ada pada blog ini dapat digunakan untuk download video yang memang sudah diperbolehkan atau diijinkan oleh pemilik video. Sedangkan perbuatan yang illegal, melanggar hukum ataupun syariat admin berlepas diri. Setiap perbuatan pasti akan kita pertanggungjawabkan didunia ataupun diakhirat. 

Untuk pembahasan tentang cara mendownload dengan software khusus download akan kami bahas pada artikel dilain kesempatan, untuk pembahasan tentang cara mencownload dengan IDM anda bisa membacanya disini. Demikianlah pembahasan tentang cara download video dari website, mudah-mudahan bermanfaat.


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!