Jumat, 03 Januari 2020

Bingung Memilih Platform untuk Membuat Blog? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Wordpress




Inilah Kelebihan dan Kekurangan Wordpress - Saat ini semakin banyak masayarakat yang sudah menyukai kegiatan blogging, terutama bagi mereka yang memang mempunyai kegemaran dalam menulis. Para penulis seolah-olah menemukan angin segar, karena dengan adanya blog mereka bisa menuangkan ide-ide atau pengalaman mereka dalam sebuah artikel dan mempublikasikannya pada blog mereka.

Apalagi saat ini dari kegaitan sebagai blogger bisa menghasilkan uang, sehingga kita tidak saja bisa menyalurkan hobi dan berbagi ilmu tapi kita bisa juga menghasilkan uang. Sehingga saat ini blooger bukan hanya sekedar menyalurkan hoby saja, bahkan sudah menjadi salah satu porfesi yang bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.


Adapun Wordpress banyak digunakan oleh para blogger, baik blogger personal ataupun untuk perusahaan. Untuk kalangan sendiri biasanya dipergunakan untuk berpromosi dan sekedar membuat catatan pribadi. Sedangkan untuk perusahaan dipergunakan sebagai media promosi ataupun untuk company profile.

Wordpress merupakan sebuah platform pembuatan website yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan juga Mike Little pada tahun 2003. Salah satu yang membuat orang tertarik dan menggemari platform ini adalah karena bersifat open source, sehingga siapa saja bisa memakainya secara bebas, mudah, gratis dan bahkan bisa dimodifikasi.

Selain itu, yang menjadikan wordpress juga banyak digemari dan pemakaian paling banyak diseluruh penjuru dunia adalah karena dilengkapi berbagai macam fitur. Wordpress menyediakan berbagai plugin untuk mempermudah kita menambah fitur dalam website sesuai dengan kebutuhan kita hanya dengan satu klik saja.


Tidak hanya plugin saja yang berlimpah tapi juga theme juga yang sangat berlimpah dan mudah untuk dipasang tanpa banyak memakai proses yang sulit dalam penggunaannya. Memang pada Wordpress.com pemakaiannya terbatas baik plugin ataupun theme, tetapi tetap saja dalam penggunaan yang bebas dan gratis tersebut sudah membuat blog terlihat bagus.

Apalagi memakai wordpress untuk domain TLD yang bisa kita pergunakan sepuasnya tanpa batas, kecuali untuk plugin-plugin tertentu dan juga tema tertentu yang harus memakai biaya berbayar. Selain dari Wordpress banyak juga platform yang bisa kita pakai, diantaranya adalah Joomla, Drupal, Plone, Moodle, VBulletin, Opencart, MediaWiki, Laravel, Typo3, dan lain sebagainya.

Wordpress adalah platform yang bisa kita andalkan karena penggunaanya sangat mudah, kita tidak perlu lagi mempelajari coding untuk membuat website. Sehingga antar muka admin atau interface admin sangat mudah digunakan dan bisa dimengerti siapapun baik yang memahami tentang coding ataupun tidak.

Wordpress adalah platform yang terbukti bagus dan banyak yang mempergunakannya, selain mudah dipakai tampilannya pun tidak terlalu norak, enak dipandang, mempunyai fasilitas yang lengkap dan SEO Friendly. Walaupun banyak kelebihan wordpress juga mempunyai beberapa kekurangan, yang tentunya harus kita maklumi. Karena segala sesuatu itu ada kelebihan dan juga kekurangan.

Setiap orang mempunyai pendapat berbeda-beda, ada mereka yang menyukai wordpress dan ada juga yang menyukai platform gratis lainnya. Itu semua sah-sah saja karena tergantung dari mereka yang merasa nyaman ketika mempergunakannya. Jika Anda bertanya kepada admin mana yang bagus antara wordpress dibanding platform gratis yang lain?


Tentunya saya akan menjawab semuanya sama bagusnya, tergantung nyaman dan tidak ketika kita menggunakannya. Admin pribadi mempunyai akun blogspot dan juga wordpress yang tentunya disukai dan nyaman memakai keduanya, yang jelas untuk keduanya mempunyai bandwidth tidak terbatas dan mempergunakan sepuasnya. Adapun kelebihan dan kekurangan dari wordpress adalah :

Kelebihan-Kelebihan Wordpress
1. Mudah Mendaftar atau Menggunakannya, untuk mempunyai blog wordpress kita tidak merasa sulit untuk mendapatkannya, cukup mempunyai email dan sudah bisa mempunyai akun wordpress. Siapapun bisa menggunakannya, baik ia sudah mahir membuat website ataupun dia pemula sekalipun. Jadi untuk mengoperasikannya tidak membutuhkan keahlian khusus.
2. Bisa Mempunyai Banyak Blog dalam Satu Akun, jika kita mempunyai akun wordpress kita bisa memiliki beberapa blog dengan tema berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, sehingga bebas untuk berkreasi.
3. Mempunyai Dashboard atau Panel yang Lengkap dan Mudah Dipahami, wordpress mempunyai fasilitas ini yang sangat lengkap, mudah dipahami dan digunakan oleh siapapun untuk menyeting serta mengatur sesuai dengan kebutuhan dari blogger tersebut.
4. Komentar yang Friendly,  dengan fasilitas ini akan menjadikan kita lebih akrab dengan para pengunjung, komunikasi dengan pengunjungpun akan berjalan dengan baik dan lancar. Tampilannya pun sudah terlihat bagus dan friendly.
5. Mempunyai Themes yang Berlimpah, wordpress mempunyai themes yang banyak sehingga bisa memilih theme sesuai dengan keinginan. Memiliki Tema yang Beragam, selain dari tersedianya tutorial dan plugin yang begitu melimpah, Theme pun sangat banyak tersedia di wordpress. Para pengembang terus saja merilis dan mengembangkan berbagai macam bentuk dan warna yang menarik yang bisa kita pilih sesaui dengan selera.
Ada versi berbayar dan juga gratis, untuk pemakain gratis kita sudah banyak menemukan tampilan yang cantik dan ciamik. Kita hanya memilih theme yang diinginkan, lalu klik aktivasi. Dalam sekejap themenya sudah terpasang di blog kita, tidak perlu susah payah mempelajari coding, edit html, css dan sebagainya maka tampilan blog kita sudah seperti blog yang professional.
Walaupun untuk Wordpress.com theme yang tersedia terbatas, tapi untuk Wordpress.org sudah bisa kita akses sepuasnya dan untuk membayar domain TLD pun tidak terlalu mahal dan terjangkau untuk jangka waktu yang lama (Tahunan).
6. Mempunyai Plugin yang Melimpah, wordpress mempunyai banyak fasilitas ini dan kita bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan blog. Tersedia Banyak Plugin, sudah tidak asing lagi bahwa worpress mempunyai banyak plugin, bahkan bisa dikatakan sangat lengkap. Karena apapun kebutuhan kita untuk menambah fitur-fitur tertentu kemungkinan besar pluginnya sudah tersedia.
Tidak hanya berbayar saja, gratis pun sudah sangat memuaskan untuk kita. Ketersediaan fitur inilah yang menjadi salah satu keunggulan yang menyebabkan banyak blogger diseluruh dunia lebih memilih wordpress dari pada platform lain.
Plugin ini sama dengan theme, dimana jika kita memakai Wordpress.com kita terbatas dalam penggunaannya dan jika ingin sepuasnya mempergunakan plugin kita bisa mempergunakan Wordpress.org (membeli domain TLD).
7. Instant dan Praktis, untuk mereka yang pemula platform ini sangat mudah untuk digunakan tanpa harus mempelajari kode-kode yang tidak jelas (he he he bercanda), mengedit permalink, theme, tata letak, widget dan lain-lain. Kita bisa mempelajarinya sendiri dengan mudah tanpa kesulitan untuk mempelajari koding-koding tersebut.
8. Berbasis Open Source, kita bisa menggunakannya secara bebas dan gratis bahkan jika kita mempunyai kemampuan sebagai developer website kita bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.
9. Kustomisasi, mendukung fasilitas CMS (Content Management System), dengan fasilitas ini maka pemakai wordpress bisa menambah atau mengubah isi dari situs atau blog sesuai dengan kebutuhannya.
10. Seo Friendly, wordpress mempunyai keunggulan yang seo friendly dimana jika blog tersebut benar-benar dipelihara dan dikembangkan akan mudah terdeteksi oleh mesin pencari baik itu google, yahoo dan lain-lain. Wordpress juga mempunyai kelebihan yaitu memiliki struktur dan sistem yang mudah dikenali oleh mesin pencari.
Ada plugin-plugin khusus untuk SEO yang telah disediakan oleh para pengembang, tentunya bisa kita pakai untuk mengoptimalkan SEO blog kita. Salah satunya adalah yang paling terkenal dan banyak dipakai para blogger adalah Yoast SEO.
11. Ada Fasilitas Anti Spam, dengan adanya fasilitas ini maka bisa menyaring komentar-komentar yang tidak penting dan tidak ada kaitannya dengan pembahasan artikel yang kita posting.
12. Fasilitas Pencari/Search yang Nyaman dan Mudah Dipakai, untuk memudahkan para pengunjung mendapatkan info di blog, harus adanya fasilitas pencari yang mudah sehingga pengunjung bisa mudah mendapatkan info yang mereka butuhkan. Wordpress mendukung fasilitas ini dan mudah serta nyaman untuk digunakan.
13. Mendukung Multi Bahasa, bisa menggantikan berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia, agar para pengguna mudah dalam memakai platform ini.
14. Mudah dalam Mengatur Menu, Submenu, Kategori dan Tag, dengan fasilitas ini kita mudah sekali untuk bisa mengatur blog, baik dalam mengatur page, submenu, memilah-milah kategori dari berbagai posting blog. Begitu juga ketika mengatur tag.
15. Tidak Terbatas Waktu dan Bandwidth, kita bisa memposting sebanyak mungkin dari ide-ide yang ada dalam pikiran, tidak terbatas berapa pengunjung pun yang bisa mengunjungi blog dan bisa menggunakan sampai kapanpun tanpa terbatas dengan waktu.
16. Dukungan Komunitas, adanya WordCamp yang selalu berkumpul untuk membahas dan mengembangkan kelevel yang lebih tinggi sehingga perkembangan dari blog ini akan semakin pesat. Komunitas para penggunanya pun sudah sangat besar, jadi kita tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.
17. Riset dan Pengembangan Berkelanjutan, selalu mengadakan riset untuk bisa mengembangkan apa yang sekiranya membuat platform ini lebih baik dan akan selalu berkelanjutan.
18. Memiliki Banyak Tutorial, kita tidak perlu bingung menggunakan wordpress, diinternet sangat banyak tersedia tutorial yang bisa kita pelajari. Baik berupa website (artikel) ataupun Youtube (Video).
19. Mendukung Jual Beli Online, kini wordpress sudah mendukung website jual beli online. Sudah ada plugin e-commerce yaitu plugin WooCommerce. Dengan plugin ini kita bisa menyulap blog kita menjadi toko online. Sudah banyak sekali fitur-fitur yang sudah mendukung sehingga kita bisa menjadikan website toko online lebih professional, apalagi sudah banyak Theme yang dibuat pengembang sehingga tampilannya begitu ciamik.
20. Statistik Data Yang Lengkap, Pada panel dashboard di wordpress juga menyajikan data statistik pengunjung, artikel yang paling banyak diklik, pencarian terbanyak, halaman terpopuler, dari mana pengunjung berasal, serta data statistik lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu disini. Selain itu, juga terdapat statistik komentar kita di blog wordpress yang lain bisa muncul di dashboard kita.
21. Terhubung Dengan Akun Sosmed, Dengan wordpress, kita juga bisa menghubungkan blog wordpress dengan beberapa akun sosial media (sosmed) seperti yahoo, facebook, twitter, dan lain sebaginya, sehingga setiap selesai mempublikasikan postingan maka link postingan tersebut juga akan langsung diposting di akun sosial media tersebut.
22. Tampilan yang Profesional dan Fungsional.  Tampilannya yang semakin profesional dan fungsional. Saat ini jutaan website di dunia menggunakan wordpress sebagai CMS dengan tampilan yang profesional. Fungsi HTML5 yang responsif juga terdapat pada CMS wordpress. Fitur HTML5 memungkinkan website untuk dapat diakses di berbagai media dengan berbagai ukuran dan berbagai browser.


Kekurangan-Kekurangan Wordpress
1. Kurang bisa Diajak Kerjasama untuk Dijadikan Bisnis, wordpress kurang bisa diajak kerja sama untuk berbisnis karena banyak dari script, kode-kode yang tidak terdeteksi olehnya sehingga tidak bisa memasang iklan ataupun banner PPC, afiliasi, Google Adsense dan lain sebagainya (kecuali jika berbayar/upgrate) atau dari pihak ketiga sehingga untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis PPC, afiliasi atau bisnis lainnya sulit dilakukan.
Kecuali jika kita menyediakan review, jual ebook atau memposting artikel-artikel marketing (Konten Marketing). Tetapi Wordpress sudah menyediakan iklan sendiri yaitu Wordads yang bisa dipasang di akun Wordpress.
2. Tidak Support dengan Javascript, tentunya tidak bisa kita pasang tool-tool pendukung blog, seperti shoutbox, alexa dan tool-tool lain yang mendukung javascript kecuali jika berbayar/upgrate menjadi domain TLD (Wordpress.org).
3. Tidak Bisa Memodifikasi Template, memang wordpress menyediakan banyak pilihan template tetapi tidak bisa kita modifikasi sesuai dengan keinginan.
4. Tidak  dapat mengedit file CSS dan HTML
5. Keamanan, dari segi keamanan wordpress rentan dengan malware dan penganggu lainnya, seperti diserang para hacker dengan menyisipkan script berbahaya pada kerangka kodenya, walaupun sudah banyak disediakan plugin sekuritas. Tapi bukan tidak mungkin kita bisa menjaganya dengan cara meningkatkan kemanannya termasuk mencari plugin sekuritas yang benar-benar mumpuni.
Namun, kita juga harus lebih berhati-hati supaya tidak memakai tema ataupun plugin yang mengandung bug. Pastikan jika plugin atau tema sudah memiliki penilaian review baik sehingga kita tidak salah memilih. Biasanya jika kita mendownload secara gratis theme ataupun plugin nulled di internet tanpa melalui situs resmi yang memang menjual theme/plugin WordPress atau membuat website di jasa pembuatan website abal-abal.
Maka hal buruk akan terjadi, yaitu  Theme atau plugin berbahaya ini akan membuat situs website kita nantinya bermasalah baik dari kecepatan load, informasi admin website yang bisa ditembus, dan yang paling seram adalah di blacklist oleh search engine. Contohnya Google yang menandai website sebagai spam, virus, malware, dan lain sebagainya yang sifatnya berbahaya bagi visitor blog.
Tips bagi kita agar tidak terkena malware atau pengganggu lainnya adalah mendownload theme dan plugin WordPress di situs resminya saja atau jika kita ingin menggunakan jasa web developer, gunakan jasa pembuatan website terpercaya di Indonesia. Ada banyak jasa pembuatan website terbaik di Indonesia yang bisa kita pilih sesuai dengan budget penawaran harga dan kebutuhan kita.
6. Loading yang Lambat, Jika kita menginstal plugin yang terlalu banyak, maka akan berpengaruh terhadap performa blog kita. Tidak hanya plugin saja, Theme juga demikian, jika kita pasang terlalu banyak akan melambatkan blog. Tips yang bisa kita lakukan adalah, pasang saja plugin sesuai kebutuhan dan hindari memasang plugin dengan fungsi yang sama.
Begitu pula dengan Theme, pilih saja theme yang memang akan dipakai selamanya, karena jika kita menggonta-ganti theme justru akan menurunkan visitor. Jika terlalu banyak plugin bisa menyebabkan blog kita disuspend. Selain dari kedua tersebut, hindari memasang kode script atau java script dari pihak ketiga jika tidak diperlukan.
Jika terlalu banyak memasang kode-kode yang tidak diperlukan akan memperlambat blog kita. Jika kita memang memerlukan plugin dan koding yang banyak kita bisa mensiasatinya dengan menginstal plugin caching. Jika kita ingin mempergunakan plugin yang tak terbatas, kita harus  memakai wordpress.org (domain TLD).  
7. Tidak Dapat Leluasa Mengatur Tampilan Blog, dengan akses gratis tentunya tidak mengizinkan kita untuk memodifikasi source code blog. Hal terebut karena kita mempergunakan Wordpress.com, maka kita hanya bisa menginstal Theme sekedarnya saja yang disediakan oleh Wordpress.com. Berbeda jika kita memakai Wordpress.org (Domain TLD), kita bebas menginstal Theme sesaui dengan selera kita.
8. Tidak Bisa Menggunakan Banyak Plugin, kita hanya bisa menggunakan Plugin bawaan yang bersifat gratis. Hanya plugin sekedarnya saja yang bisa kita pakai, sedangkan plugin dengan berbagai macam kebutuhan yang mendukung blog kita tidak bisa kita pergunakan. Kecuali kita memakai Wodrpress.org (Domain TLD).

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari wordpress. Jadi temen-temen blogger bisa mempertimbangkan mana yang lebih baik antara platform wordpress dengan yang lainnya. Sehingga temen-temen tidak salah pilih yang akan menyebabkan penyesalan yang berkepanjangan dikemudian hari.

Sumber :
http://www.beercannews.com/technology/pengertian-sejarah-fitur-serta-kelebihan-dan-kekurangan-wordpress
https://luhursasmita.wordpress.com/kelebihan-kelemahan-wordpress


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!