Jumat, 20 Maret 2020

15 Makanan yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh




Berada pada kondisi seperti sekarang, krisis penyebaran COVID-19, ada baiknya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dan juga kebersihan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah meningkatkan imun tubuh.

Dilansir Healthline, Selasa, 17 Maret 2020, ada beberapa sajian tertentu yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Lantas apa saja? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.



1. Buah Sitrus

Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah tidak enak badan. Hal itu karena dapat membantu membangun sistem imun tubuh. Vitamin C disebut meningkatkan produksi sel darah putih dan itu adalah kunci memerangi infeksi.

Buah sitrus yang populer meliputi jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan clementine. Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya, Anda memerlukan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan.

Hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Dengan variasi yang bisa dipilih, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke sajian apapun.

2. Paprika Merah

Jika Anda berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Paprika merah juga sumber beta karoten yang kaya.

Selain meningkatkan sistem imun tubuhAnda, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

3. Brokoli

Brokoli dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda santap.

Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya secepat mungkin atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

4. Bawang Putih

Bawang putih ditemukan hampir setiap masakan di dunia. Bawang putih menambah cita rasa untuk makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health Trusted Source, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

Sifat meningkatkan kekebalan dari bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

5. Jahe

Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan saat sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya dan membantu mengurangi mual.

6. Bayam

Bayam bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita.

Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak secepat mungkin sehingga bisa mempertahankan nutrisi. Namun, masakan ringan meningkatkan vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

7. Yogurt

Yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang sarat dengan gula.

Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

8. Almond

Ketika datang untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E cenderung mengambil kursi belakang untuk vitamin C.

Namun, vitamin E adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat yang larut dalam lemak, artinya membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar.

Kacang-kacangan, seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat.

9. Pepaya

Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin C. Anda dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya.

Buah ini juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya punya jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

10. Kunyit

Ada pula kunyit yang dapat meningkatkan imun tubuh yang selama bertahun-tahun sebagai antiinflamasi dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Riset yang ditampilkan di PubMed Central menunjukkan konsentrasi kunyit yang tinggi, memberi kunyit warna khasnya yang dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

11. Teh Hijau

Baik teh hijau dan hitam dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Di mana teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan kuat lainnya.

EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam melewati banyak menghancurkan EGCG. Teh hijau, sebaliknya, dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan.

Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T Anda.

12. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan satu ton nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.

13. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari penuh nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6 juga sangat tinggi vitamin E, antioksidan kuat. Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan vitamin E dalam jumlah tinggi termasuk alpukat dan sayuran berdaun gelap.

14. Ayam

Saat Anda sakit, sup ayam lebih dari sekadar makanan enak dengan efek plasebo. Sajian ini membantu memperbaiki gejala pilek dan juga membantu melindungi Anda dari sakit.

Unggas, seperti ayam dan kalkun, kaya akan vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan vitamin B-6.

Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

15. Kerang-kerangan

Kerang bukan apa yang terlintas dalam pikiran bagi banyak orang yang mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, tetapi beberapa jenis kerang dikemas dengan zinc.

Zinc tidak mendapatkan perhatian sebanyak vitamin dan mineral lainnya, tetapi tubuh kita membutuhkannya sehingga sel-sel kekebalan tubuh kita dapat berfungsi sebagaimana dimaksud. Varietas kerang yang tinggi zinc termasuk, kepiting, remis, lobster, dan kerang. Liputan6.com dan Bagian 2


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!