Rabu, 11 Maret 2020

Daftar Hosting Terbaik Indonesia Untuk Membangun Website


11. Unlimited.id

Untuk mendapatkan kualitas website yang terbaik tentunya kita harus memilih hosting yang tepat. Unlimited.id menghadirkan berbagai pelayanan terbaik bagi mereka yang ingin memaksimalkan websitenya. Layanan web hosting ini beralamatkan di Kebrokan, Pandean, Umbuharjo, Yogyakarta.

Dalam mencari hosting tentunya para pelanggan akan memilih web hosting yang mempunyai keunggulan yang berkualitas dan memiliki akses yang lebih optimal. Kita tidak perlu kahawatir karena Unlimited.id sudah menyediakan layanan yang akan membantu kita mendapatkan kepuasan yang tinggi. 

Untuk mereka yang ingin berbisnis online atau untuk keperluan lainnya, memilih hosting yang berkualitas dan murah tentu menjadi poin utama. Disini Unlimited.id menyediakan fitur-fitur yang lengkap dengan pilihan paket murah untuk hosting.

Untuk masalah pelayanan memang web hosting ini tepat pada sasarannya, tidak bertele-tele atau terlalu singkat. Apa yang menjadi pertanyaan dan kendala itu yang akan diberikan solusinya. Selain itu kita akan dimudahkan dengan pelayanan migrasi gratis, untuk memindahkan semua data kita dibantu sampai selelsai dan tanpa dipungut sepeserpun.

Penyedia hosting ini juga menyediakan fitur yang cocok untuk online shop, seperti osCommerce, CubeCart hingga Zen Cart. Fitur tersebut sangat memudahkan kita dalam mengelola website online  shop. Selain itu hosting ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi terkini, sehingga kita tidak lagi kesulitan jika ingin memaksimalkan website. 

Paket Hosting Unlimited.id

Paket untuk hosting ini adalah Paket Shared Hosting. Adapun beberapa paketnya adalah Basic, Pro dan Pro +.

Kelebihan dan Kekurangan Unlimited.id

Keunggulan Unlimited.id  : 
  • Layanan 24 Jam
  • Pelayanan yang tepat sasaran
  • Gratis migrasi website
  • Dilengkapi dengan fitur yang cocok untuk online shop
  • Memiliki garansi Uptime
  • Dilengkapi dengan teknologi terkini


Kekurangan Unlimited.id  : 
  • Garansi 15 hari uang kembali
  • Layanan LiveChat yang agak lama
  • Respon yang lama untuk Facebook Chat dan Whatsapp

Sebagai bahan pertimbangan kita untuk memilih hosting yaitu pada beberapa factor uptime yang berkisar pada rata-rata 99.9% dan rata-rata page load time 2,9 detik. sedangkan untuk pelayanannya tepat sasaran tapi LiveChat yang agak lama, respon yang lama pada Facebook Chat dan Whatsapp. Untuk masalah harga masih dalam kategori murah dan terjangkau.

12. Ardetamedia.com

Hosting Ardetamedia berada di bawah PT Ardetamedia Global Komputindo. Kita bisa memilih paket hosting sesuai dengan kategori yang kita butuhkan.

Ardetamedia merupakan salah satu hosting terbaik Indonesia dengan teknologi terbaru, selain itu hosting ini juga sudah memiliki bandwidth International up to 50Mbps. Itu artinya sudah sangat cukup untuk kita dan tidak perlu merasa khawatir, karena website akan tetap cepat diakses dari berbagai Negara.

Dengan harga yang murah kita sudah bisa menikmati ruang space tak terbatas (unlimited) dan juga bandwidth unlimited. Mereka juga menjamin hosting kita akan selalu online dengan garansi Uptime mencapai 99% dan support yang selalu siap melayani pelanggan selama 24/7.

Ardetamedia memiliki kebijakan garansi 30 hari uang kembali. Jadi jika kita tidak puas dengan layanannya bisa mendapatkan kembali uang yang kita bayarkan. Tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Ardetamedia.

Paket Hosting Ardetamedia

Untuk paket hosting yang tersedia pada web hosting adalah Hosting Unlimited SSD yang terdiri dari paket Hello, Luxury, Enterprise, dan Elite. Menggunakan SSD dan server berada di Indonesia, sehingga kecepatan akses untuk visitor Indonesia lebih cepat.

Beberapa hal yang perlu di catat adalah tentang fasiltias SSL gratis. Fasilitas SSL gratis sudah terdapat dalam paket hosting Hello. Sedangkan pada paket lainnya, kita harus melakukan request manual agar mendapatkan fasilitas SSL gratis ini.

Kelebihan dan Kekurangan Ardetamedia

Keunggulan dan Kekurangan Ardetamedia : 
  • Rata-rata load time yang cepat - 0,697 detik
  • Memberikan garansi 30 hari (dengan syarat tertentu)
  • Layanan support yang baik
  • Gratis migrasi hosting dan gratis domain untuk paket tertentu Sudah memiliki Unlimited Bandwidth dan Unlimited Email untuk semua paket

Kekurangan Ardetamedia : 
  • Fitur backup memiliki keterbatasan
  • Belum gratis domain untuk semua paket

Sebagai bahan pertimbangan untuk memilih hosting bisa kita lihat dari rata-rata uptime yang 99,15% (Faktahosting.com) dan rata-rata speed load time yang 0,697 detik. Sedangkan untuk pelayanan pelanggan selama 24 jam dengan Live Chat, Whatsapp dan Ticket. harga yang murah kita sudah bisa menikmati ruang space tak terbatas (unlimited) dan juga bandwidth unlimited.

13. Nusantarahost.co.id

Nusantarahost adalah layanan web hosting lokal yang menggunakan fasilitas SSD untuk setiap paket hostingnya. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi web hosting ini, karena penggunaan SSD pada hosting akan membantu mempercepat blog pelanggan.

Nusantarahost.co.id adalah Web Hosting Indonesia yang menyediakan beberapa layanan Hosting IIX (Hosting Unlimited | Hosting SSD), Cloud Hosting, Dedicated Server Indonesia, VPS Indonesia, Registrasi Nama Domain dan layanan pendukung lainnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis kita.

Penawaran Terbaik SSD Hosting Indonesia, Hosting Unlimited, VPS Indonesia dan Dedicated Server Indonesia dengan performa handal dan biaya sangat terjangkau, dapatkan fitur wajib Nusantarahost untuk mendukung kecepatan dan stabilitas situs kita.

Baca Juga : 15 Situs Besar Yang Dibuat dengan PHP

Paket Hosting Nusantarahost

Paket hosting yang ditawarkan Nusantarahost diantaranya adalah Unlimited SSD Hosting Bisnis.  Unlimited SSD Hosting Bisnis adalah Paket Hosting Terbaik Nusantarahost yang mengunggulkan kecepatan dengan menggunakan Solid State Drive (SSD), Litespeed Webserver, juga Gratis SSL & Gratis Domain Selamanya.

Layanan ini menjadi Hosting Tercepat, Hosting Handal dan Hosting Termurah di kelasnya. Paket yang terdapat di kategori ini adalah Little Host, Medium Host, Super Host dan paket Bigger Host.

Kelebihan Dan Kekurangan Nusantarahost

Keunggulan Nusantarahost : 
  • Paket shared hostingnya sangat bertenaga.
  • Penyimpanan menggunakan SSD.
  • Gratis domain (Langganan setahun) dan tranfer website.
  • Unlimited Bandwith.
  • Teknologi litespeed pada paket bisnis.

Kekurangan Nusantarahost : 
  • Hanya menawarkan shared hosting dan VPS.
  • Tidak ada server lokasi luar negeri, hanya Indonesia saja.

Untuk bahan pertimbangan dalam pemilihan hosting rata-rata uptime pada Nusantarahost adalah 99% dan rata-rata load time nya cukup cepat Sedangkan support yang diberikan oleh nusantarahost Support terbaik yang siap melayani pelanggan untuk menyelesaikan masalah, 24/7 online nonstop dan memberikan layanan hosting dengan harga murah untuk Hosting terbaik dikelasnya,

14. Idcloudhost.com

Sesuai dengan namanya, Idcloudhost merupakan salah satu penyedia SSD cloud hosting Indonesia berperforma tinggi dengan pilihan pusat data dari berbagai negara dengan harga yang terjangkau dan banyak berbagai macam pilihan. pilihan server yang tersedia antara lain Singapore, Indonesia, dan Inggris.

IDCloudHost (PT Cloud Hosting Indonesia) adalah penyedia layanan Web Hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting yang mempunyai tujuan untuk selalu menjaga website tetap hidup dan cepat di akses dari berbagai negara. Saat ini tersedia Beberapa Data Center Utama yang dapat kita gunakan dengan berlangganan menggunakan layanan IDCloudHost.

Hosting ini sudah menggunakan teknologi awan (Cloud) yang lebih dikenal cepat dan aman. Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan terbaik dengan harga yang murah dan terjangkau. Mereka membantu setiap masalah atau konplain yang terjadi dengan cepat baik melalui percakapan live chat ataupun tiket.

Customer Service dari IDCloudhost bekerja secara profesional dan memberikan pelayanan terbaik dengan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni. Saat ini mereka menggunakan menggunakan SSD untuk mendapatkan kinerja yang lebih cepat dan aman.

Sedangkan uptimenya adalah 99,99% dengan menggunakan Service Level Agreement (SLA). Selain itu web hosting ini menyediakan paket hosting dengan bandwidth tanpa batas agar kinerja website kita meningkat.

IdCloudHost juga merupakan hosting yang masih relatif baru. Mereka berdiri pada bulan Juni 2015. Mereka mengklaim telah memiliki jumlah pengguna layanan lebih dari +60.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan mancanegara.

Paket Hosting IdCloudHost

Untuk Paket Hosting yang ada pada Idcloudhost adalah Starter Pro, Basic Pro, Entrepreneur Pro, Business Pro, Elite Pro dan Advance Pro. Disini kita bisa langsung memilih spesifikasi cloud hosting yang ingin dibeli.

Caranya cukup mudah, dengan menggeser slider yang tersedia, akan muncul spesifikasi cloud hosting beserta harganya. Keuntungan lainnya adalah scalable, kita bisa menaikan spesifikasi cloud hosting dengan mudah nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan IdCloudHost

Kelebihan IdCloudHost : 
  • Rata-rata page load time yang cepat (0,915 detik)
  • Layanan support yang cukup baik
  • Pilihan paket hosting yang fleksibel (+tersedia control panel Plesk)
  • Garansi 30 hari tanpa syarat
  • Gratis domain mulai dari paket Business Pro durasi 1 tahun dan gratis migrasi hosting

Kekurangan: 
  • Tidak ada fitur add on domain pada paket personal
  • Fitur backup memiliki keterbatasan dimana backup hanya dilakukan selama 4x dalam seminggu alias website Anda tidak di backup secara harian

Sebagai bahan pertimbangan untuk membeli hosting kita bisa melihat pada uptime yang rata-rata  99,99% dan rata-rata page load time 0,861 detik. Sedangkan pada Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan terbaik dengan harga yang murah dan terjangkau.

Mereka membantu setiap masalah atau konplain yang terjadi dengan cepat baik melalui percakapan live chat ataupun tiket. Customer Service dari IDCloudhost bekerja secara professional dan memberikan pelayanan terbaik dengan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni.

15. Jogjahost.co.id

Jogjahost menawarkan paket hosting yang lengkap dan harga yang terjangkau tapi bukan murahan, itu artinya paket yang ditawarkan dengan harga murah tapi tetap berkualitas. Hosting ini salah satu hosting yang memang profesional dengan garansi uptime 99%. Jogjahost juga sudah menggunakan SSD.

Jogjahost menjamin keamanan data kita dan pelayanan dengan support 24/7. Selain itu server yang disediakan super cepat dengan software premium dan hardware yang berteknologi tinggi serta garansi  uang kembali 30 hari.

JogjaHost fokus bergerak pada penyediaan layanan web hosting dan domain sejak tahun 2008. Penyedia hosting ini sudah menggunakan server teknologi prosesor Intel Xeon kualitas terbaik. Ditambah dengan SSD Disk yang menjamin data cepat diakses serta lebih aman.

Jogjahost adalah salah satu penyedia hosting yang perlu kita pertimbangkan, karena paket hosting yang disedikan sudah lengkap seperti SSD Unlimited, VPS Hosting dan Dedicated Server, sehingga ketika website kita berkembang kita tidak perlu repot lagi untuk pindah hosting tapi hanya mengupgradenya saja.

Paket Hosting di Jogjahost

Paket hosting yang disedikan oleh Jogjahost adalah Hosting SSD Unlimited, yang terdiri dari Basic, Big dan Max. Paket selanjutnya adalah Trial Hosting, Ini termasuk layanan unik di Jogjahost. Anda bisa mencoba dulu 14 hari trial hosting, jika cocok baru beli dan Email hosting.

Kelebihan Dan Kekurangan Jogjahost

Keunggulan Jogjahost : 
  • Layanan Live Chat yang cepat
  • Unlimited Bandwith untuk semua paket
  • Penggunaan SSD dan server yang sangat bertenaga.
  • Banyak pilihan paket hosting.
  • Gratis domain untuk langganan setahun.
  • Teknologi litespeed

Kekurangan Jogjahost : 
  • Uptime yang belum stabil
  • Sumber daya yang masih terbatas untuk paket Cloud Hosting
  • Minimum kontrak 6 bulan atau 1 tahun.
  • Hanya menyediakan server lokasi Indonesia saja.

Untuk uptime yang mereka janjikan adalah 99%, itu artinya down pada website masih sangat sering terjadi. Rata-rata speed load time cukup cepat Sedangkan support yang diberikan oleh jogjahost yang cepat dan menawarkan paket hosting yang lengkap dan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Baca Juga : Penyebab Blog Suspend dan Cara Mencegahnya

16. Jetorbit.com

Jetorbit menyediakan layanan hosting yang berkualitas, kita bisa memilih paket sesuai dengan keinginan kita, baik itu paket yang biasa ataupun paket hosting yang khusus dirancang untuk CMS Wordpress. Jetorbit adalah salah satu dari sedikit perusahaan hosting yang mampu menjaga keseimbangan antara harga dan kualitas.

Jetorbit (PT Jetorbit Teknologi Indonesia) adalah perusahaan yang menyediakan web hosting indonesia terbaik dan domain murah. Buat web jadi lebih mudah dengan layanan hosting murah indonesia yang prima baik dari segi kualitas produk, bantuan teknis, data center dan juga komposisi piranti lunak yang mereka gunakan.

Web hosting murah indonesia dari jetorbit terbaik telah melayani berbagai macam kebutuhan website. Jetorbit menyediakan ragam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dengan menerapkan keamanan teknik tertinggi, data kita termasuk website dan informasi lainnya aman bersama Jetorbit.

Selain hosting murah, web hosting ini menyediakan reseller hosting untuk digunakan sebagai produk untuk memudahkan pelanggan mengelola akun website klien. Selain itu, Reseller hosting Indonesia dan US yang mereka miliki juga memiliki ruang penyimpanan yang besar sehingga kita dapat nyaman menggunakan tanpa harus merasa khawatir.

Butuh lebih leluasa dalam kustomisasi kebutuhan website pelanggan atau kebutuhan dalam menangani trafik harian yang besar. Dengan menggunakan produk Jetvm.com. Produk cloud vps managed ini bagi pelanggan yang ingin fokus ke bisnis dan biarkan Jetorbit mengurus layanan kita. Tersedia lokasi Indonesia, Singapore dan US.

Paket Hosting di Jetorbit

Jetorbit mempunyai beberapa paket yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, diantaranya adalah : Web Hosting Murah, Layanan seperti pada umumnya, bisa dipakai untuk berbagai CMS atau website. Diantaranya adalah Mars, Merkurius, Pluto, Jupiter, Earth dan Venus.

Ditambah Personal hosting yang terdiri dari Sensasional 1dan Sensasional 2. WordPress Hosting. Paket ini dirancang khusus untuk website/blog yang menggunakan wordpress. Yang terdiri dari WP 1, WP 2, WP 3 dan WP 4

Kelebihan dan Kekurangan Jetorbit

Keunggulan Jetorbit : 
  • Rata-rata page load time yang cepat (0,759 detik)
  • Rata-rata uptime 99,97% (terakhir di cek 8 maret 2020)
  • Gratis Divi (page builder untuk WordPress)
  • Gratis domain (berlaku setiap perpanjangan) jika berlangganan minimal paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan dan gratis migrasi hosting.

Kekurangan Jetorbit : 
  • Memiliki aturan garansi yang sangat ketat = tidak ada garansi hosting
  • Paket 'Pluto' memiliki keterbatasan sumber daya
  • Backup hanya dilakukan 1x seminggu

Jetorbit memiliki rata-rata uptime terbaik (99.97%) dan ditunjang dengan rata-rata speed yang cepat (0,799 detik). Sedangkan untuk pelayanan yang diberikan hanya berpredikat OK saja dan harga tergolong murah dengan domain gratis, tapi dengan syarat perpanjangan atau berlangganan paket Bisnis Venus dengan durasi tahunan serta gratis migrasi hosting.

17. Dapur Hosting

Dapur Hosting adalah salah satu pemain senior dalam industri web hosting tanah air. Mereka sudah berdiri sejak tahun 2005. Dilansir dari situs HostAdvice, mereka termasuk dalam top 10 perusahaan hosting dengan klien terbanyak di Indonesia.

Dapur Hosting adalah salah satu penyedia hosting terbaik yang perlu kita pertimbangkan. Saya sendiri sebagai admin sudah lama menggunakan hosting ini, saya sudah menggunakan 10 tahun lebih. Tidak ada kendala yang berarti dalam menggunakan hosting ini, tim support mereka cukup tanggap dan membantu kesulitan kita. layanan support mereka melayani 24/7 dan solid dalam bekerja.

Hosting ini sudah menggunakan teknologi terbaru, dengan server cloud linux dan garansi uptime 99.9%. mereka memberikan garansi selama 30 hari jika pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan mereka. Mereka menyediakan juga paket hosting yang lengkap dengan berbagai mcam pilihan  untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Web hosting ini adalah salah satu yang berani memberikan garansi 30 hari. Hal tersebut menujukkan bahwa mereka percaya diri dengan kualitas yang diberikan. Selain mereka juga memberikan fasilitas migrasi hosting secara gratis, mereka akan membantu migrasi hosting sampai selesai tanpa adanya pemungutan biaya.

Paket Hosting Dapur Hosting

Adapun dapur hosting mempunyai dua paket hosting, diantaranya adalah Web Hosting Murah dan Web Hosting Premium. Untuk Web Hosting Murah terdiri dari PAKET A, PAKET B, PAKET C dan PAKET D. sedangkan Web Hosting Premium terdiri dari Bronze, Silver dan Gold.

Kelebihan dan Kekurangan Dapur Hosting

Keunggulan Dapur Hosting :  
  • Rata-rata speed load time yang Cepat
  • Layanan Customer Service yang Baik dan ramah
  • Ada Trial Hosting Selama 7 Hari
  • Garansi 30 hari sejak pembelian Hosting
  • Gratis Migrasi Hosting
  • Harga Hosting yang murah dengan sumber daya yang memadai
  • Uptime yang bagus
  • Proses aktivasi yang cepat


Kekurangan Dapur Hosting : 
  • Siklus Pembayaran Hosting Minimal 1 Tahun
  • Dikenakan Biaya Untuk Downgrade Paket Hosting
  • Unlimited Bandwidth hanya tersedia di paket premium
  • Siklus pembayaran Hosting yang harus 1 tahun
  • Sumber daya paket A yang masih terbatas


Dapur hosting memberikan uptime rata-rata 99.9% dan rata-rata page load time 0,702 detik. Sedangkan harga sangat bersahabat dan murah dikantong, untuk menjadi blogger ada paket Rp. 100 ribu dengan hosting 300 MB. Jadi bagi siapa saja yang ingin menjadi blogger bisa mengambil paket ini. Sedangkan untuk support kepada pelanggan sangat bagus, bisa menggunakan live chat, ticket dan WA. Untuk pelayanan menggunakan WA bisa dibilang cepat dan tanggap (sesuai dengan pengalaman pribadi/admin).

18. Exabytes Indonesia

Exabytes mengklaim sudah 18 tahun mereka berdiri dan telah membantu 120.000 pelanggan diseluruh dunia, diantaranya adalah dari individu, UKM, pemerintah hingga perusahaan. Dengan 3 nilai-nilai penting perusahaan diantarnya Penyederhanaan, Inovasi dan GROW, dan pemanfaatan teknologi.

Exabytes didirikan berdasarkan prinsip untuk membantu UMKM dan juga membantu menumbuhkan bisnis online mereka. Exabytes memberikan pelayanan yang terbaik dengan menyediakan teknologi dan inovasi terbaru, tentunya didukung oleh teknis profesional yang bekerja selama 24x7x365.

Mereka juga menjamin uptime server 99,9%. Memberikan yang terbaik untuk pelanggan dengan selalu siap membantu pelanggan untuk menyelesaikan masalah. Sebagai penyedia Cloud terkemuka di asia tenggara sejak tahun 2001, Exabytes siap melayani 120.000 pelanggan di 121 negara. Serta mengelola lebih dari 1000 server dengan 100.000+ situs web dan 1.000.000+ akun email.

Pada akhir April 2016 lalu Exabytes secara resmi masuk ke Indonesia. Exabytes berusaha untuk memberikan jaminan performa terbaik dan meyakinkan pada para pelanggannya untuk mendapatkan jaringan terbaik dan tercepat.

Mereka mempunyai server-server yang berada di salah satu data center terbaik di Indonesia yaitu, NEX Data Center yang menawarkan layanan server neutral-carrier colocation premium dan sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009. Tidak hanya di Indonesia saja tapi juga di Malaysia, Singapura dan Amerika.

Hosting ini menyediakan fitur backup harian disemua paket secara gratis bahkan paket termurah sekalipun (Ebiz Lite). Sedangkan pada umunya fitur ini adalah fitur premium, banyak dari penyedia hosting lainnya yang menempatkan fitur ini pada paket tertentu atau paket yang lebih mahal.

Jumlah resources yang cukup besar pada paket termurah (Ebiz Lite) dengan kapasitas penyimpanan 10 GB dengan badwidth 20 GB, kemudian dapat membuat 10 akun email, 10 sub domain, dan 10 database MySQL. Max Physical Memory nya pun 1 GB. Paket ini adalah paket termurah pada hosting ini, harga yang diberikan hanya Rp. 15.000/bulan (70% diskon).

Hal yang paling menarik lainnya adalah kita akan diberikan domain gratis untuk durasi berlangganan minimal 1 tahun. Apapun paket yang kita pilih. Untuk migrasi hosting di hosting ini dikenakan biaya. Biasanya disebagain besar penyedia hosting akan membantu secara cuma-cuma, tapi di Exabytes akan dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000.

Paket Hosting Exabytes

Adapun paket yang ada pada Exabytes adalah Paket Hosting Indonesia yang tediri dari EBiz Lite, EBiz Plus dan EBiz Gold. Paket sleanjutnya adalah Paket Website yang terdiri dari EBiz Lite Pro, EBiz Plus Pro dan EBiz Gold Pro. Paket yang terakhir adalah Paket Hosting Windows yang terdiri dari EBiz Lite Pro, EBiz Plus Pro dan EBiz Gold Pro. Untuk paket yang terakhir menunya sama dengan paket Website tetapi berbeda pada harga dan kapasitas yang diberikan.

Kelebihan dan Kekurangan Exabytes

Keunggulan Exabytes : 
  • Memberikan garansi yang sangat panjang = 100 hari
  • Gratis fitur bakcup harian di semua paket, termasuk paket termurah (ebiz lite)
  • Jumlah resources yang sangat besar pada paket termurah (Ebiz Lite)
  • Gratis domain untuk durasi berlangganan minimal 1 tahun


Kekurangan Exabytes : 
  • Speed yang Lambat
  • Dikenakan Biaya Untuk Migrasi Hosting
  • Technical Supportnya Kurang Membantu


Rata-rata uptime Exabytes berkisar pada 99,9% dan Speed rata-rata pada page load time 1,81 detik. Sedangkan untuk support yang diberikan oleh hosting ini adalah lumayan bagus. Untuk harga tergolong murah termasuk untuk paket murah sudah mendapatkan resources yang sangat besar.

19. Rumah Hosting

Rumah Hosting saat ini sudah dipercaya oleh ribuan pelanggan aktif mulai dari personal, organisasi, pemerintah, hingga perusahaan kecil dan nasional. Rumah Hosting didukung oleh SDM terbaik sesuai dengan bidang yang sama dengan acuan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku dalam perusahaan. Selain itu web hosting ini juga didukung oleh sistem, server dan data center terbaik.

Rumah Hosting juga memberikan support pada para pelanggannya selama 24/7. Mereka siap memberikan bantuan jika ada komplain atau masalah pada pelanggannya. Rumah Hosting adalah salah satu pemain senior dalam industri web hosting Indonesia.

Penyedia hosting ini mempunyai harga yang terjangkau serta garansi 99% uptime SLA. Hosting satu ini merupakan salah satu pemain lama di Industri hosting yang telah berdiri dari tahun 2004 silam. Hingga kini penyedia hosting ini telah digunakan oleh ribuan pelanggan mulai dari pribadi, perusaham hingga lembaga pemerintahan.

Penyedia hosting ini berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membuat pelanggan puas. Mereka akan berusaha mengetahui kebutuhan pelanggan dan berusaha melakukan apapun untuk memenuhinya. Rumah Hosting memberikan garansi yang lumayan panjang yakni 60 hari. Dimana garansi tidak diberikan untuk anda yang telah menggunakan lebih 20 GB Bandwitdh selama dalam periode jaminan.

Kita akan mendapatkan domain gratis jika kita menggunakan hosting ini, dengan syarat kita berlangganan tahunan. Hal tersebut berlaku semua paket shared hosting kecuali paket super hemat. Jika kita ingin melakukan perpindahan hosting ke Rumah Hosting, maka kita tidak dikenakan biaya tambahan. Bahkan mereka menjanjikan untuk membantu hingga semua proses selesai.

Dalam melakukan pelayanan support pada pelanggan Rumah Hosting melayani dengan live chat, ticket dan Whatsapp. Untuk live chat responnya tergolong cepat. Walaupun demikian pelayanan mereka sangat ramah dan bisa dihubungi selama 24 jam, sehingga kita bisa leluasa menghubunginya jika ada kendala yang tidak terlalu urgent.

Sayangnya pada Rumah Hosting mengenakan biaya untuk restore data backup. Memang web hosting ini melakukan backup file kita setiap hari (daily backup) secara gratis, tapi ketika meminta untuk dilakukan restore file maka pelanggan dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000. tentu saja itu artinya tidak gratis.

Jika kita ingin membeli fitur backup premium seharga RP. 600.000, maka kita tidak akan dikenakan biaya lagi ketika meminta restore (Penasihathosting.com). Dilain pihak penyedia hosting lainnya justru menggratiskan fitur backup dan restrore, sedangkan Rumah Hosting membebankan biaya untuk fitur ini, itu artinya sebuah kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Hampir semua penyedia hosting memiliki fitur anti spam email yang gratis dan kita bisa menggunakannya bahkan pada paket termurah sekalipun. Tetapi pada hosting ini tidak ada fitur anti spam yang gratis, kita harus membayar fitur ini seharga Rp. 100.000 (Penasihathosting.com).

Paket Hosting Rumah Hosting

Ada beberapa pilihan paket di Rumah Hosting, di antaranya adalah Paket Super Hemat, Super Murah, Super Irit Dan Super Gede. Masing-masing paket juga memiliki beberapa kapasitas lagi, yaitu Small, Medium dan Large. Pada paket Super Hemat terdiri dari Hemat Small, Hemat Medium dan Hemat Large. Ketiganya memiliki kapasitas yang hampir sama, hanya saja yang membedakan adalah harga dan space pada disknya.

Paket Super Murah, terdiri dari Murah Small, Murah Medium dan Murah Large. Ketiganya memiliki kapasitas yang sama namun ada beberapa yang membedakannya.cocok untuk web probadi atau usaha kecil. Paket Super Irit, Semakin irit paketnya tentu akan semakin menyediakan kapasitas yang maksimal. Adapun paket ini terdiri dari Irit Small, irit Medium dan irit  Large. Cocok untuk usaha kecil hingga menengah.

Paket Super Gede sangat cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan bisnis online dan segala macam keperluan. Dengan kapasitas yang lebih besar, tentu saja memiliki kapasitas yang lebih besar. Gede Small, Gede Medium dan Gede Large.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hosting

Keunggulan Rumah Hosting : 
  • Garansi yang Panjang = 60 Hari
  • Layanan Support yang Cukup Baik
  • Mendapatkan gratis domain bila berlangganan tahunan untuk jenis paket hosting tertentu
  • Gratis Migrasi Hosting

Kekurangan Rumah Hosting : 
  • Rata-rata load time dibawah rata-rata
  • Ada Biaya Untuk Restore Data Backup
  • Tidak Memiliki Fitur Anti Spam yang Gratis

Jadi bisa disimpulkan uptime yang akan kita dapatkan 99% dan speed rata-rata load time Rumah Hosting pun tidak terlalu bagus, hanya 1,44 detik. Sedangkan Rumah Hosting menyediakan support via live chat dan WhatsApp dari jam 8 pagi hingga 1 malam. Sedangkan untuk tech support via ticket tersedia 24/7. Harga paket hosting di Rumah Hosting termasuk yang termurah. Untuk paket 'Hemat Large' biaya nya hanya Rp 16.000/bulan nya.

20. Indowebsite.id

Awal mula didirikannya Indowebsite pada pertengahan Desember 2005 dengan nama dplanet. Ternyata mendapatkan respon positif dari masayarakat Indonesia. Akhirnya pada November 2007 diganti namanya menjadi IndoWebsite karena alasan nama yang kurang cocok dan tidak SEO friendly, kemudian memiliki kantor resmi perdana di Ruko Gramapuri Tamansari, Cibitung dan telah memiliki 20 Server aktif yang berlokasi di IDC duren tiga Jakarta maupun USA dengan 99,9% SLA Uptime.

Baca Juga : Bingung Memilih Platform untuk Membuat Blog? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Seiring bertambah banyak kepercayaan pelanggan maka ditambahlah infrastruktur untuk menunjang kepuasan pelanggan terutama dari segi resource yang makin handal mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Kini Indowebsite telah dipercaya dihati pelanggan baik secara personal ataupun coorporate, dengan pencapaian lebih 45.000+ client aktif dari seluruh penjuru Nusantara dan Dunia serta telah masuk dalam daftar Top Hosting Company di Indonesia. Top 10 perusahaan hosting dengan market share terbesar di Indonesia.

Indowebsite juga sudah mendukung layanan hosting yang berbasis cloud. Penyedia hosting ini selalu cepat dan ramah dalam merespon pelanggan disaat ada kendala. Server merekapun mempunyai kualitas yang bagus. Selain itu harga yang diberikan juga terjangkau dan sering diadakan promo untuk menambah kualitas pelayanan.

Selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan. Harga hosting yang ditawarkan oleh Indowebsite dengan mempertimbangkan resources tergolong murah dan tersedia banyak pilihan paket. Poin plusnya adalah apapun paket yang kita pilih, bahkan paket yang paling murah sekalipun seperti Cloud Student. Kita akan mendapatkan gratis domain selama 1 tahun.

Untuk backup harian ataupun bulanan Indowebsite menyediakannya secara gratis, sehingga kita tidak perlu lagi untuk repot-repot backup secara manual. Tapi jika ingin backup secara manual itu lebih baik, agar kita merasa aman. Sedangkan untuk migrasi hosting ke Indowebsite diberlakukan gratis.

Paket Hosting Indowebsite

Pilihan Hosting Murah, Pilih paket yang sesuai kebutuhan kita. Web Hosting ini menjamin dengan garansi uang kembali selama 30 hari jika kita tidak puas. Masih bingung pilih paket yang harus dipilih?, kita bisa menghubungi mereka melalui chat atau telepon. Adapun paket ini terdiri dari Premium, Pertalite dan Pertamax.

Paket Web Hosting, Indowebsite menawarkan layanan hosting dengan bantuan customer support yang handal dan profesional dapat dengan mudah menangani masalah pelanggan. Paket ini terdiri dari New Student, Pro, Advance dan Expert.

Cloud Hosting, Layanan cloud Indonesia dengan teknologi komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan “Cloud” memiliki performa jauh lebih cepat dan tangguh dibandingkan layanan hosting klasik, juga sebagai pelopor teknologi baru diera digital. Cloud Student, paket hosting ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Cloud Starter, Cloud Basic dan Cloud Lite.

Suite Hosting, Dengan suite hosting dari Indowebsite, kita memiliki semua resource server. Kenyamanan dalam genggaman pelanggan, bisa mengatur resource sendiri + Full Managed. Suite hosting adalah solusi bagi kita yang memiliki website dengan jumlah pengunjung banyak, yang tidak memungkinkan di simpan di shared hosting. Adapun paket ini terdiri dari Suite Family, Suite Executive, Suite President dan Suite Penthouse.

Kelebihan dan Kekurangan Indowebsite

Keunggulan Indowebsite : 
  • Harga hosting murah dan gratis domain untuk semua paket
  • Gratis backup harian dan bulanan secara otomatis
  • Gratis Migrasi Hosting
  • Harga hosting murah dan sesuai untuk kantong pelajar
  • Garansi pembelian hosting hingga 30 hari
  • Dilengkapi dengan gratis backup harian
  • Respon yang cepat

Kekurangan Indowebsite : 
  • Informasi perbandingan paket hosting yang sangat minim dan terbatasnya jumlah storage paket tertentu
  • Garansi hanya berlaku apabila berlangganan hosting minimal 1 tahun
  • Ada denda keterlambatan tagihan sebesar 10%!
  • Kapasitas storage pada paket student yang masih terbatas
  • Garansi hanya berlaku bagi yang sudah berlangganan minimal 1 tahun

Rata-rata uptime Indowebsite buruk 99,9% Uptime dan speed load time dengan rata-rata 1,48 detik. Sedangkan support Indowebsite cukup baik, kemudian support mereka juga tersedia selama 24/7. Harga paket cloud hosting Indowebsite termasuk murah, tetapi harganya semakin murah hanya jika kita berlangganan dengan durasi yang lebih lama.

Perlu menjadi catatan bahwa untuk uptime dan load time kami mengambil dari beberapa website diantaranya adalah Penasihathosting.com dan Faktahosting.com. tapi untuk uptime tidak sepenuhnya dari kedua website tersebut, kami juga mengambil dari web hosting masing-masing. Sedangkan untuk Load Impact belum kami tampilkan karena memerlukan data yang detail. Kami belum berani menampilkan datanya sebelum kami sendiri yang melakukannya.

Tips Memilih Hosting Terbaik

Saat kita memilih hosting untuk sebuah website ataupun blog, baik itu untuk keperluan personal, pemerintah atau korporat. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kita gunakan, diantara beberapa tips yang bisa kita pergunakan adalah sebagai berikut :

1. Uptime

Kita harus melihat presentase Uptime yang ditawarkan pada kita dengan jelas, berapakah jaminan persentase uptime host yang ditawarkan oleh web hosting tersebut. Sehingga kita bisa mempertimbangkan mana web hosting yang cocok dengan kebutuhan website kita nantinya.

Berikut statistik uptime yang sering ditawarkan oleh penyedia layanan hosting, dan dibawah ini menunjukkan berapa waktu downtime per tahun :

99,999% uptime = 5 menit downtime / tahun
99,99% uptime = 53 menit downtime / tahun
99,9% uptime = 8 jam 45 menit downtime / tahun
99% uptime = 3,65 hari downtime / tahun

Berapa banyakkah downtime yang kita inginkan? Tentunya harus disesuaikan dengan website yang akan kita jalankan nantinya. Seandainya kita menjalankan sebuah toko online (Ecommerce), tentunya hal tersebut berkaitan erat dengan penghasilan kita kedepan yang akan hilang. Jika downtime yang terlalu besar tentunya akan mempengaruhi besarnya kehilangan penghasilan kita.

Kita harus menanyakan pada mereka yang menyediakan hosting tersebut, garansi apa yang mereka berikan jika seandainya tidak sampai pada jaminan yang mereka janjikan. Apakah mereka akan memberikan potongan harga atau mengembalikan dana sepenuhnya. Tentunya hal tersebut harus benar-benar jelas agar tidak ada yang merasa dirugikan.

2. Load Time

Load Time Website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website anda secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu juga menjadi pertimbangan load time yang cepat pada suatu website. Jika website kita berjalan lambat, akan berdampak langsung dengan trafik dan juga pendapatan kita.

Fakta yang terjadi adalah banyaknya para pengunjung blog yang tidak tahan menunggu terlalu lama ketika website sedang dimuat. Hosting adalah salah satu yang paling berdampak besar bagi kecepatan website. Oleh karena itu hosting adalah salah satu faktor utama yang harus kita perhatikan, agar website kita bisa berjalan lebih baik dan kecepatannya terjamin.

3. Support yang Memuaskan

Kita tidak pernah tahu kapan blog atau website tiba-tiba error atau menemukan masalah lain. Itu sebabnya, kenapa support yang siap membantu 24 jam sangat diperlukan. Agar masalah yang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik. Tidak hanya durasi waktu yang fulltime, tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan juga. Diantaranya adalah respon yang cepat, pelayanan yang ramah, fitur komunikasi yang digunakan.

Respon yang cepat sangat diperlukan oleh web hosting, karena dengan respon yang cepat maka hosting tersebut dinilai memperhatikan kualitas pelayanan dan juga keluhan dari konsumen. Selain itu pelayanan yang ramah, yang diberikan oleh para Customer Services akan memberikan nilai plus dan menjadi nilai tersendiri bagi para pelanggan.

Sedangkan yang terakhir adalah fitur komunikasi seperti Live Chat, Ticket, Whatsapp dan telepon. Jika semuanya tersedia dalam hosting dan responnya cepat maka hal tersebut adalah kualitas yang memang benar-benar profesional yang diperlihatkan oleh suatu hosting. Selain itu pemecahan masalah juga harus diperhatikan agar para pelanggan merasa nyaman dan kecewa.

4. Harga

Harga yang murah dan kualitas yang bagus tentunya menjadi dambaan para pelanggan hosting. Selain itu, resource yang besar akan mempengaruhi juga pada minat konsumen untuk membeli hosting. Oleh karena itu pilihlah penyedia hosting yang menyediakan tidak hanya harga termurah saja tapi juga menyediakan resource yang besar dan juga kualitas yang terjamin.

5. Garansi

Sebenarnya 4 dari komponen diatas sudah bisa kita jadikan patokan untuk memilih hosting yang berkualitas. Tapi tidak salah jika kita melihat pada beberapa fasilitas yang mereka berikan, agar kita benar-benar menemukan hosting yang berkualitas dan professional.

Garansi menjadi pertimbangan juga dalam memilih hosting. Semakin besar garansi maka semakin kita percaya diri dengan kualitas yang mereka berikan. Tidak hanya kita saja yang merasa percaya diri dengan garansi ini, mereka juga yang menyediakan garansi yang panjang tentunya menunjukkan bahwa mereka benar-benar percaya diri dengan kualitas yang mereka berikan pada kita.

Baca Juga : 15 Situs Besar Yang Dibuat dengan PHP

6. Besarnya Resource
Resource pada hosting memang sangat penting kita perhatikan. Jika kita mempunyai resource besar pada website kita, tentunya kita tidak perlu khawatir dengan bebarapun file yang kita punya baik itu banyak gambar atau file dan lain sabagainya, tidak akan membuat kita takut kehasbisan disk space.

Selain itu jika pengunjungnya melimpah, kita tidak perlu khawatir lagi dengan bandwith yang kita miliki. Karena kita sudah menyediakan resource yang besar. Begitupun beberapa file yang ada pada website kita, tidak akan mempengaruhi berjalannya website kita karena resource yang kita miliki mempunyai kapasitas yang besar.

7. Tersedia Backup dan Restore
Fasilitas backup dan restore wajib ada di paket hosting yang kita pilih. Tujuannya biar keamanan website kita lebih terjamin. Gunakan paket hosting yang memiliki fasilitas backup otomatis, minimalnya backup mingguan.

Apalagi jika menyediakan backup harian, mingguan dan bulanan. Tentunya hal terebut akan memberikan keamanan dalam mengelola website. Hal yang paling penting untuk fitur ini adalah disediakan oleh web hosting secara gratis. Agar kita tidak terbeban lagi dengan biaya tambahan.

Daftar Website Penguji Hosting

Daftar situs dibawah ini dapat membantu kita untuk menguji hosting sebuah website

LoadStorm – Menstimulasi beban pengguna untuk memeriksa kinerja dan kecepatan
Blitz.io – Uji caching statis homepage situs WordPress kita
Uptime Robot atau Pingdom Tools – Memantau statistik uptime real-time dengan layanan eksternal
WebPageTest.org – Uji kecepatan dan kinerja situs kita
WPPerformanceTester – Plugin untuk menguji Kinerja WordPress

Demikianlah artikel tentang daftar hosting terbaik Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan website. Dengan mengetahui kualitas masing-masing, maka kita bisa menentukan manakah web hosting yang bisa dipilih untuk membangun website atau blog kita nantinya.

Sumber :
https://www.webhostingterbaik.id/promo/penyedia-web-hosting-terbaik
https://faktahosting.com
https://irvantaufik.me/blogging/hosting-terbaik-indonesia
https://penasihathosting.com/hosting-terbaik
https://www.centerklik.com/web-hosting-terbaik-indonesia
Dan dari berbagai sumber lainnya termasuk web hosting masing-masing

Sebelumnya bagian 1

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!