Kamis, 27 Agustus 2020

Cara Memulai Bisnis dari Nol, Agar Tidak Mudah Gagal



Wirausaha atau bisnis adalah solusi terbaik dalam menciptakan bebas finansial. Kita bebas menentukan waktu dan kesempatan untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya keuntunagan yang akan diperoleh tanpa terikat dengan apapun dan siapapun selama melakukan bisnis dengan benar dan tidak melanggar hak-hak orang lain. 

Kita harus mengetahui ilmu dalam berbisnis atau cara dalam berbisnis, tanpa adanya ilmu atau tidak mengetahui cara dalam berbisnis tersebut maka kita akan menerka dan meraba-raba dalam melakukannya, bahkan tidak tahu bagaimana cara memanage keuntungan, sehingga keuntungan akan menjadi kerugian diakibatkan tidak piawainya dalam mengatur bisnis yang kita jalankan. 

Kebebasan finansial akan mengantarkan kita untuk melakukan segala sesuatu dengan beban yang ringan, melakukan segala hal yang bermanfaat, untuk orang-orang yang kita cintai dan untuk orang-orang disekitar kita. Keharmonisan akan tercipta dalam hidup bermasyarakat. 

Oleh larena itu sudah saatnya untuk memulai usaha sesuai dengan keahlian dan kemampuan. Dalam usaha yang diperlukan adalah MODAL, itu sudah pasti! Modal apa yang kita perlukan KEMAUAN, ILMU, KEBERANIAN dan PRAKTEK. Empat modal itu tidak bisa ditawar-tawar. 

KEMAUAN dalam berbisnis sangat diperlukan, tanpa kemauan yang keras maka usaha akan dijalani dengan setengah hati, jika usaha dijalankan dengan setengah hati maka otomatis hasilnya juga setengah-setengah dan bahkan hasilnya bisa nihil. Sedangkan ILMU dalam berbisnis adalah pokok utama yang harus dipegang, tanpa adanya ilmu maka akan menerka dan meraba-raba sehingga keuntungan dan kerugian pun tidak jelas. 

Bagaimana mengelola keuntungan tentu itu diperlukan ilmu sehingga usaha akan berkembang. KEBERANIAN mutlak diperlukan dalam berbisnis, banyak orang mempunyai modal, ide bisnis yang begitu bagus, ilmu yang memadai tapi takut untuk berbuat atau memulainya maka tidak akan pernah terealisasi. 

Maka percumalah mempunyai kamauan dan ilmu yang banyak. Yang terakhir adalah PRAKTEK, tidak berguna mempunyai kemauan yang kuat, ilmu yang banyak dan keberanian tapi tidak pernah memulai, semuanya hanya wacana dan rencana, plan yang begitu bagus akan sia-sia. Mulai sekarang! Go Actian dan lakukan apa yang bisa kita lakukan. 

Bagi mereka yang terkendala modal yang besar, solusi terbaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumahan. Kita bisa memanfaatkan ruang yang tidak terpakai atau ruang kosong yang ada dirumah kita seperti halaman, garasi atau tempat lainnya untuk memulai bisnis. Karena dengan memanfaatkan tempat yang tidak terpakai dirumah, kita dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada dapat kita alokasikan untuk kebutuhan lain. 

Cara Memulai Bisnis

Banyak pemula yang masih bingung untuk memulai bisnis. Dalam berbisnis diperlukan wawasan atau teori (ilmu) untuk memulai atau melakukannya. Tidak hanya modal saja yang akan kita siapkan, ada beberapa hal yang mesti kita siapkan untuk memulai sebuah usaha. Apalagi jika kita memulai dari nol atau tidak pernah melakukan usaha sebelumnya. 

Dibawah ini ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memulai sebuah bisnis. Langkah-langkah ini penting untuk kita ketahui dan kita praktekkan, agar kita tidak salah langkah dalam menjalankan usaha. 

1. Memilih Bisnis yang akan Dijalankan 

Langkah awal untuk memulai bisnis, kita harus bisa memilih atau menentukan bisnis apa yang akan kita jalankan. Apakah bisnis sesuai dengan passion kita, sesuai skill, sesuai hobi atau mengikuti pasar (trend yang ada). Tentunya kita harus memperkirakan apakah kita mampu menjalankan bisnis tersebut. 

Dalam memilih bisnis tidak harus sesuai dengan skill yang kita miliki, bisa jadi dari prospek bisnis itu nantinya. Apakah bisnis itu memang layak untuk kita jalankan dan mampu kita jalankan. Tentu lebih baik kita memilih sesuai dengan skill dan pengalaman kita. Karena kita sudah menguasai apa yang akan kita jalankan nantinya, sehingga kita mudah menemukan solusi jika terjadi kendala nantinya pada usaha kita.   

Bisnis tidak harus melulu dengan modal yang besar, kita bisa memulainya dari bawah. Kita belajar tahap demi tahap untuk bisa sukses dalam bisnis tersebut, kemudian kita kembangkan menjadi besar. Jangan lebih mentingkan gengsi dengan modal yang sangat besar tapi untung dan rugi belum kita ketahui. Sehingga nantinya kita akan bangkrut karena tidak menguasai bisnis tersebut karena mementingkan gengsi. 

Yang terpenting dalam menjalankan bisnis adalah usaha yang kita jalankan bisa sukses dan berkembang lebih pesat lagi, bukan karena ingin terlihat gengsi dengan modal besar-besaran atau ingin terlihat bagus bisnisnya. Justru hal tersebutlah yang akan menjatuhkan kita nantinya.  

2. Menentukan Visi atau Misi Bisnis 

Untuk mendirikan sebuah bisnis kita harus menentukan visi dan misi dari bisnis yang akan kita jalankan nantinya. Ini dilakukan agar bisnis kita bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang akan kita gapai nantinya. 

Visi dan misi juga sebagai gambaran bisnis yang kita jalankan, sehingga ada target dan juga pencapaian yang harus kita capai. Begitu juga orang lain akan menilai profesionalitas bisnis seseorang dari visi dan misi bisnis tersebut. 

3. Melakukan Riset Terlebih Dahulu 

Sebelum memulai usaha kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset tidak hanya dilakukan pada kompetitor saja, tapi lebih luas lagi dari itu. Riset yang harus kita lakukan adalah riset lokasi, riset konsumen (target pasar), riset harga dan lain sebgainya. 

Melakukan riset dengan tujuan untuk mengetahui apakah harga kita terlalu murah, sama dengan pesaing yang lain atau lebih mahal. Kemudian kita bisa mengambil langkah yang bijak dalam menentukan harga yang cocok dengan target pasar kita. 

Riset konsumen dilakukan supaya kita lebih paham siapa konsumen kita dan apa keinginan mereka. Ini akan memberitahu kita juga apakah pasar kita adalah kelas menengah bawah atau kelas menengah atas. 

Kemudian riset lokasi dilakukan untuk menentukan dimana bisnis kita cocok dijalankan. Tentunya harus sesuai dengan target pasar yang akan kita bidik, bisa berupa ruang bisnis, show room, pabrik, dan sebagainya. 

4. Produk Unik dan Berkualitas 

Agar produk yang kita miliki bisa diterima baik oleh konsumen, kita harus mempunyai produk yang lebih unik dari pada produk sejenis. Apalagi produk yang kita produksi banyak jenisnya, sehingga kita bisa memberikan solusi tambahan bagi target pasar kita. Selain itu, produk yang unik akan memudahkan kita untuk membranding produk kita pada konsumen. 

5. SDM yang Berkualitas 

Sumber daya manusia sangat diperlukan dalam subuah bisnis. Sumber daya manusaia yang handal akan menentukan maju mundurnya sebuah usaha. Pilihlah mereka yang benar-benar terbaik, ahli dibidangnya masing-masing agar usaha yang kita jalankan tumbuh berkembang dengan baik. Sumber daya manusia yang handal akan menjadikan perusahaan berkembang dan stabil. 

Selain mencari yang terbaik dan sesaui dengan keahlian masing-masing, kita harus mencari mereka yang mempunyai kejujuran dan adab dalam menjalankan bisnis. Karena mau tidak mau kita membutuhkan transfaransi dalam sebuah usaha, jika sudah banyak ketidak jujuran maka yang akan bermasalah adalah pada bagian admisnitrasi. 

Selain itu kita juga memerlukan mereka yang mempunyai moral (adab) yang baik, sehingga tidak hanya perusahaannnya saja yang berjalan dengan baik tapi hubungan antara sesama karyawan juga baik. Hal tersebut mengurangi masalah dalam perusahaan, seperti gesekan/konplik antara karyawan yang tentunya mempengaruhi kinerja dan berjalannya suatu perusahaan. 

6. Pelayanan (Service) Terbaik

Selain dari produk dan SDM yang terbaik, kita juga memerlukan pelayanan terbaik. Terkadang yang membedakan larisnya suatu produk yang sama dengan kualitas yang sama adalah pelayanan terbaik dari suatau perusahaan. para pelanggan lebih nyaman dengan berlangganan membeli produk kita karena pelayanan yang diberikan memuaskan mereka. 

Ini penting dilakukan karena para konsumen cenderung membeli kemabli jika kita layani mereka dengan baik. Oleh karena itu, kita harus memberikan pelayanan terbaik pada siapapun yang menjadi pelanggan kita, tanpa melihat siapa dia, bagaimanapun penampilannya. Karena kebaikan kita akan menjadi perbincangan hangat diluar sana, itu akan mempengaruhi tumbuh kembang usaha kita.   

7. Terapkan Administrasi (Keuangan Usaha) 

Apapun bisnis yang kita kelola, hendaknya kita menerapkan administrasi atau memanage keuangan bisnis kita. Kita harus mencatat dengan tertib bebarapun nilai uang sebuah bisnis, yang paling penting adalah jangan mencampuradukan uang pribadi dengan uang perusahaan agar keuntungan bisa terlihat dan keuangan tidak mencadi kacau.  

Administrasi adalah salah satu pondasi utama dari kelangsungan bisnis yang kita jalani. Suskes atau tidaknya suatu usaha ditentukan oleh manajemen keuangan (admisntrasi) yang baik. Oleh karena itu, kita harus menerapkan dengan sebaik-baiknya agar perusahaan bisa berkembang dengan baik. 

8. Lakukan Promosi Secara Tepat 

Promosi adalah hal yang mutlak dilakukan oleh seorang pebisnis, dengan mempromosikan produk maka seorang pengusaha bisa mengenalkan produknya pada para calon pelanggan. Semakin sering kita mempromosikan produk tentunya semakin dikenal. 

Dalam berpromosi carilah cara yang tepat, agar tidak banyak uang yang keluar. Baik secara offline atau online. Jaman milenial ini tentunya sudah banyak yang melakukan promosi secara online. Kita bisa menggunakan sosial media, blog, periklanan berbayar dan lain sebagainya. 

Untuk sosial media kita bisa membuat akun instagram, facebook, youtube, pinterest, tiktok dan lain sebgainya.  Sedangkan promosi yang efektif adalah promosi berbayar seperti promosi Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads  ataupun Tiktok. 

9. Belajar dari Kesuksesan Orang Lain 

Untuk meminimalisir kegagalan dalam berbisnis, kita harus belajar dari mereka yang sudah sukses. Karena dengan belajar dari kesuksesan orang lain, maka bisnis yang akan kita jalankan sudah menempuh pola yang benar. Kita hanya akan menemukan kendala-kendala yang tidak terlalu berat. 

Walaupun menemukan kendala, kita sudah bisa mengatasinya dengan baik karena kita sudah mengetahui jalan atau solusi yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Terapkan secara maksimal dari pola yang telah kita pelajari dari orang-orang yang telah sukses, jangan malas mengevaluasi dari kinerja-kinerja yang dilakukan pada bisnis kita. 

Demikianlah pembahasan tentang cara memulai sebuah usaha. Memang untuk bebas secara finansial dan tidak tergantung dengan pekerjaan, kita harus mempunyai suatu bisnis. Tentunya harus menjalankannya dengan strategi yang jitu agar bisnis kita bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang. 

 

Sumber : 

https://accurate.id/bisnis-ukm/6-cara-memulai-bisnis

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-memulai-bisnis-rumahan-agar-cepat-sukses


Share This
Latest
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!