Senin, 23 November 2020

10 Software Perekam Layar PC/Laptop Terbaik dan Ringan

Software Perekam Layar PC


Seperti yang telah kita ketahui bahwa software perekam layar PC ataupun Laptop sangat diperlukan baik itu jika kita ingin menjadi youtuber, merekam presentasi jika kita sebagai seorang guru atau untuk keperluan lainnya. Apalagi sekarang seorang youtuber sudah banyak dianggap sebagai sebuah profesi. 

Oleh karena itu software perekam layar laptop/komputer sangat diperlukan. Akan banyak keperluan yang kita lakukan dengan aplikasi ini, baik untuk membuat tutorial, presentasi atau apappun itu untuk menjelaskan sesuatu yang ada dalam PC kita. Ternyata tidak hanya itu saja, software ini juga sangat dibutuhkan mereka para gamer untuk merekam game. 

Software perekam layar komputer ada yang gratis ada juga yang berbayar. Walaupun gratis hasilnya juga sudah cukup memuaskan. Masing-masing aplikasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tentunya kita memilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan ketika kita menggunakan software tersebut. 

Pada artikel kita kali ini admin hanya akan menjelaskan 10 software terbaik perekam layar komputer/laptop yang biasa digunakan oleh youtuber. Dari 10 software ini kita bisa memilih salah satu dari software perekam layar pc terbaik, selain terbaik menurut versi kita masing-masing tentunya kita memilih yang paling ringan ketika digunakan.

10 Software Perekam Layar PC Terbaik

Selain dapat kita gunakan untuk merekam layar ada beberapa aplikasi perekam layar pc yang dapat kita gunakan untuk live streaming. Baik untuk membuat tutorial ataupun sedang live menonton olahraga kesukaan kita seperti sepakbola, motogp, bulu tangkis dan lain sebagainya. Adapun software-software tersebut ialah :

1. Atomi ActivePresenter

Atomi ActivePresenter adalah aplikasi Windows yang dapat meng-capture (menangkap) semua atau bagian tertentu dari layar komputer dengan kualitas video yang bagus. Perekam layar sederhana dengan hasil sempurna (sangat bagus) bagi siapa pun yang ingin membuat video dengan resolusi tinggi dan berdurasi yang lama.

Adapun format video software ini adalah MP4, FLV, AVI. WMV, WebM dan MKV. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita, tapi biasanya yang umum digunakan adalah MP4. karena MP4 cocok digunakan pada semua software edit video. 

Sebelum kita merekam layar PC, kita bisa mengatur Video Size, Frame rate/FPS, Quality (kualitas video). Sedangkan untuk audio yang bisa kita atur adalah Sample rate dan juga bit rate dengan ukuran yang maksimal. Sama halnya ketika kita ingin mengeksportnya, kita juga bisa mengatur beberapa hal tersebut.

Sedangkan untuk tampilan dari aplikasi perekam layar ini mempunyai tampilan yang simple (sederhana), dan untuk  menggunakannya cukup mudah. Itu artinya untuk mempelajari asofware ini mudah dilakukan. 

Untuk hasil yang akan kita dapatkan tidaklah sama dengan tampilannya yang sederhana, hasilnya sudah bisa dikatakan memuaskan. Begitu juga hasil rekamannya ketika kita eksport mempunyai kualitas yang baik. 

Selain mempunyai hasil yang berkualitas baik fitur-fiturnya juga sudah bisa dikatakan lengkap walaupun ada beberapa fitur yang kurang maksimal ketika kita gunakan. Beberapa fiturnya adalah green screen, shape, transisi, template slide, text caption, zoom in zoom out dan juga animasi. 

Itulah beberapa kelebihan yang akan kita dapatkan dalam software ini, Adapun beberapa kelemahan dari software ini ialah transisi yang tergolong sedarhana, berjalan lemot (lambat) dan mempunyai animasi yang sederhana serta ketika kita mengexport prosesnya sangat lambat.

Spesifikasi ActivePresenter

OS

Windows 7 SP1 with Platform Update, Windows 8/8.1, Windows 10 (only 64-bit (x64) is supported)

Mac OS X 10.11, macOS 10.12, macOS 10.13, macOS 10.14

CPU

1.2 GHz or faster processor with SSE2 (1.5 GHz multicore or higher recommended)

GPU

 

RAM

2 GB of RAM or better (>4/8 GB recommended)

Memory

2-4 GB of available hard-disk space for installation


Download perekam layar di sini : Download ActivePresenter

2. Bandicam

Bandicam Screen Recorder adalah aplikasi untuk merekam layar PC yang sangat mudah digunakan dan mampu menangkap area tertentu ataupun layar penuh. Bandicam bisa merekam semua aktivitas layar komputer seperti aktivitas Games, Video, Presentasi dengan kualitas yang sangat baik. 

Aplikasi ini juga menawarkan beberapa mode seperti Gaming mode (mode permainan), Screen recording mode, dan Device recording mode agar proses perekaman bisa berlangsung maksimal. Dengan aplikasi ini membuat video di komputer akan menjadi lebih mudah dan cepat.
 
Adapun format video yang digunakan oleh bandicam adalah : Merekam DirectX/OpenGL (AVI, MP4) dan Merekam layar kotak (AVI, MP4). Bandicam juga mengunakan ekstensi untuk gambar seperti BMP, PNG dan JPG. Bandicam juga mendukung H.264, Xvid, MPEG-1, MJPEG, MP2, PCM, dan juga Kontrol/Overlay FPS. 

Beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan dengan software ini diantaranya dapat merekam dengan layar penuh, penentuan layar tertentu, pengaturan layar sesuai dengan keinginan. Adapun fitur-fitur lainnya adalah dapat digunakan untuk merekam game, dan juga dapat mengatur jenis-jenis kursor, 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita juga bisa mengatur FPS, kualitas video, bit rate, jenis audio (channel), Frekuensi, dan lain sebagainya. Kita juga bisa menggunakan webcame yang bisa kita atur penempatannnya. Selain webcame ada juga fitur untuk mengcapture atau screenshot gambar yang kita butuhkan. 

Software ini mudah digunakan, itu artinya kita mudah memperlajari software ini. Walaupun penggunaannnya mudah namun fiturnya sudah lengkap dan hasilnya pun sudah sangat bagus. Software ini termasuk adalah software yang banyak digunakan oleh para youtuber. 

Spesifikasi Bandicam

OS

Windows XP/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)

CPU

Intel Pentium 4 1.3 GHz or AMD Athlon XP 1500+

GPU

Graphics card with DirectX 9

RAM

1GB RAM

Memory

10GB Free Disk Space (Cek lagi)


Download perekam layar di sini : Download Bandicam

3. Mirillis Action

Mirillis Action adalah software perekam desktop dengan kualitas video terbaik yaitu kualitas High Definition (HD). Fungsi utama dari Mirillis Action tidak jauh beda dengan software-software perekam desktop lainnya yaitu untuk merekam desktop seperti membuat video tutorial, membuat tutorial game dan kebutuhan lainya dalam merekam layar monitor. 

Sedangkan untuk format videonya kita dapat menggunakan MP4 dan AVI. Ketika kita merekam kita juga bisa mengatur beberapa hal untuk mendukung hasil yang maksimal, diantaranya adalah Frame rate/FPS, pengaturan bite rate. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini dintaranya bisa merekam game. Live straming, webcame dan juga cuptare screenshot. 

Spesifikasi Mirillis Action

OS

Windows Vista/7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)

CPU

Intel Core 2 Duo 2.0 GHz processor or equivalent

GPU

Graphics card with DirectX 9.0c

RAM

1GB RAM

Memory

1GB Free Disk Space


Download perekam layar di sini : Download Mirillis Action

4. OBS Studio

OBS Studio (Open Broadcaster Software) adalah software yang digunakan untuk merekam layar desktop atau siaran langsung ke website streaming seperti Youtube, Twitch, Dailymotion dan lainnya. Software ini tergolong open source gratis dan tersedia untuk Windows, Mac dan Linux
 
Format video yang dapat kita gunakan pada software ini yaitu MP4 atau FLV. Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini bisa terbilang rumit. Kita harus mempelajarinya secara detail terlebih dahulu. Adapun fitur-fitur yang diseidakan diantaranya live streaming, merekam game, webcame dan Text Caption. 

Untuk setting ketika akan merekam video kita bisa mengatur theme, video bitrate, audio bitrate, encoder, Recording quality, dan juga FPS. Sedangkan hasil yang kita dapatkan sangat memuaskan. Cuma terkadang kita mendapatkan kendala yaitu ngelag ketika kita sedang melakukan proses perekaman. 

Spesifikasi OBS Studio

OS

Windows, Mac, and Linux

CPU

Intel i5 2000-series or AMD FX series Dual core processor

GPU

Graphics card with DirectX 10

RAM

4GB RAM

Memory

2GB Free Disk Space


Download perekam layar di sini :  Download OBS Studio

5. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder adalah aplikasi multifungsi gratis yang dapat mengcapture seluruh layar komputer atau bagian-bagian tertentu dari layar dan bisa juga mengambil screenshot, sangat mudah digunakan dan user-friendly. 

Icecream Screen Recorder juga bisa menyimpan segala macam aktifitas layar komputer kita dan menyimpannya dalam format video, video tutorial, capture webcam, rekam game dan streaming video, atau bahkan mengambil screnshot dari area tertentu. Format Video dari software ialah WebM, MP4 dan AVI. 

Untuk merekam atau Capture layar laptop, kita bisa menggunakan berbagai macam fasilitas seperti full screen, custom area, last area, area auto detection (sesuai dengan display setting) dan sekitar mouse dengan berbagai macam ukuran. 

Adapun beberapa fitur yang disediakan aplikasi ini diantaranya merekam game, capture video. Cuptare audio dengan bitrate yang low, medium dan high. pengaturan FPS dan Quality video (Low, Medium dan high). 
 

Spesifikasi Icecream Screen Recorder

OS

Windows Vista, Windows 7, Windows 8 and Windows 10

CPU

Intel, AMD or any other compatible processor with at least 2.66 GHz CPU speed

GPU

 

RAM

2GB RAM

Memory

Free disk space for recordings is 5GB


Download perekam layar di sini : Download Icecream Screen Recorder

6. Ezvid

Ezvid Video Maker adalah salah satu software screen recording yang bisa menjadi pilihan, selain sebagai perekam layar monitor aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengedit video yang telah kita buat. Ada beberapa fitur untuk menambahkan text pada video dan bisa menambahkan slide gambar.
 
Adapun format video yang dapat kita gunakan adalah WMV. Aplikasi ini bisa kita gunakan tanpa watermark alias gratis. Adapun kelemahannya adalah Tidak bisa merekam video dan audio secara bersamaan. 

Spesifikasi Ezvid

OS

Windows XP SP3 / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10

CPU

2.0 Ghz processor

GPU

DirectX 9.0 or later

RAM

1 Gb ram

Memory

1GB free hard drive space


Download perekam layar di sini : Download Ezvid

7. Screenpresso

Screenpresso adalah aplikasi perekam layar PC yang dapat merekam desktop kita baik berupa video (video HD) ataupun screenshot. Dengan aplikasi ini cara merekam video di PC jadi ebih mudah. Dengan semua fitur canggih, Screenpresso merupakan salah satu perekam layar terbaik untuk versi premium, namun pengguna gratis tidak banyak ditawarkan fitur-fitur utama. 

Jangan khawatir! Meskipun begitu, untuk kebutuhan standar saja kita masih bisa merekam seluruh layar atau daerah tertentu dan bahkan mengelola rekaman kita dengan mudah menggunakan fitur manajemen dalam aplikasi ini.

Sedangkan format videonya kita dapat menggunakan MP4. Ketika merekam layar PC, kita dapat melakukannya dengan berbagai macam pilihan. Kita juga bisa mengatur kursor, ada fitur screenshot dengan fasilitas yang lengkap. Sedangkan untuk pengeditan pada gambar  mempunyai fasilitas/fitur yang lengkap. 

Spesifikasi Screenpresso

OS

Microsoft Windows Seven 64 bits or above

CPU

2.0 GHz processor

GPU

 

RAM

2 GB of RAM

Memory

200 MB of free hard disk space


Download perekam layar di sini : Download Screenpresso

8. Camstudio

CamStudio adalah software perekam layar PC atau laptop, yang juga sering disebut screen recorder. Software komputer gratis ini bersifat open source, dan bisa kita download secara gratis. Software ini dapat merekam seluruh aktifitas yang terjadi pada layar komputer, dan menyatukannya dalam format AVI. 
 
Kita dapat mengcapture video dengan berbagai macam bentuk, pengatuan video dan audio dengan fitur yang lumayan lengkap, bisa mengatur kursor dengan berbagai macam bentuk. selain itu kita bisa menggunakan webcame dan pengaturannya pun sudah lengkap, 

Camstudio ini sangat ringan, hanya dibutuhkan laptop dengan RAM 1GB, Windows XP dan VGA yang suport DirectX 9.

Spesifikasi Camstudio/Camstudio System Requirements

OS

Win Xp 32

CPU

Intel Pentium 4 1.8GHz / AMD Athlon XP 1700+

GPU

AMD Radeon X600 Series or NVIDIA GeForce 210

RAM

1 GB RAM

Memory

1 Gb Free disk space


Download perekam layar di sini : Download Camstudio

9. Camtasia

Camtasia adalah aplikasi perekam layar pc yang dapat merekam semua aktivitas yang kita lakukan dilaptop dengan penggunaannya yang user friendly. Kita bisa menemukan berbagai template juga preset yang bisa disesuaikan dengan keperluan kita. 

Sedangkan interface ketika kita mengedit video, kita mengunakan drag and drop yang akan memudahkan kita ketika mengedit. Adapun fitur-fitur yang ada dalam alplikasi ini adalah green screen, closed caption atau subtitle, kemampuan menghilangkan background niose, serta dukungan integrasi dengan Microsoft PowerPoint yang bisa kita nikmati dengan menggunakan Camtasia.

Spesifikasi Camtasia/Camtasia System Requirements

OS

Microsoft Windows 7 SP1, Windows 8, and Windows 10 (Required: 64 Bit versions only)

CPU

2.0 GHz CPU with dual-core processor minimum (Recommended: Quad-core i5 processor or better)

GPU

Display dimensions of 1024x768 or greater dan Microsoft .NET 4.6.0 or later version (included)

RAM

2 GB RAM minimum (Recommended: 8 GB or more)

Memory

2 GB of hard-disk space for program installation


Download perekam layar di sini : Download Camtasia

10. Fraps

Fraps adalah sebuah aplikasi untuk merekam dan men-screenshot sebuah game yang menggunakan teknologi DirectX atau OpenGL, aplikasi ini sangat mudah dan sangat ringan ketika digunakan. Karena ukuran file sangat kecil dan mempunyai kualitas yang sangat mumpuni. 

Aplikasi ini juga berfungsi untuk menampilkan fps (frame per-second) yang kita dapat dalam game. Adapun fitur-fitur lainnya yang akan kita dapatkan diantaranya FPS, pengaturan audio, pengaturan resolusi ukuran video dan juga screenshot. 

Since version 3.0, Fraps supports DirectX 11 and Windows 7. Since version 3.5.0, the minimum system requirements has changed. Fraps requires a CPU with SSE2 instructions (Pentium 4 and later) and Windows XP or later.

Spesifikasi Fraps

OS

Windows XP, 2003, Vista, and Windows 7

CPU

Supports all modern CPUs  (Pentium 4 and above with SSE2)

GPU

Captures fastest with an NVIDIA GeForce or AMD Radeon graphics card

RAM

 

Memory

 


Download perekam layar di sini : Download Fraps

Software Perekam Layar PC Gratis/Tanpa Watermark

Setelah kita menjelaskan panjang lebar software/aplikasi perekam layar pc diatas, dibawah ini akan dijelaskan sedikit tentang beberapa software perekam layar tanpa watermark alias gratis. Hal ini untuk memudahkan teman-teman dalam memilah dan memilih aplikasi yang cocok digunakan. 

1.  Atomi ActivePresenter

Activepresenter salah satu Software perekam layar PC gratis atau tanpa watermark yang bisa kita pergunakan sepuasnya tanpa ada watermark dan tanpa batasan-batasan waktu. Walaupun demikian tentunya masih ada keterbatasan dalam penggunaanya, kecuali jika kita menggunakan versi berbayar, maka semua fitur-fitur bisa kita pergunakan. 

2. OBS Studio

OBS termasuk salah satu perekam layar komputer yang mempunyai fitur-fitur terlengkap dan bisa kita gunakan sepuasnya tanpa batasan waktu bahkan semua fasilitas bisa kita gunakan dan tidak ada versi berbayar. 

3. Ezvid

Selain kedua aplikasi diatas, Ezvid merupakan aplikasi perekam layar yang juga gratis dan dapat kita pergunakan sepuasnya. Selain untuk merekam layar bisa juga kita pergunakan untuk edit video tapi dengan fasilitas yang sangat terbatas. 

4. Camstudio

Camstudio adalah aplikasi perekam layar gratis, ringan dan sepenuhnya bisa kita gunakan tanpa batasan apapun. Sama seperti OBS Studio yang bisa kita gunakan tanpa batasan apapun. Hasilnya juga sudah cukup memuaskan, dan kualitasnya sudah bisa kita andalkan. 

Software Perekam Layar PC Ringan

Selain software perekam pc tanpa watermark ada juga software perekam pc ringan yang perlu kita pertimbangkan untuk menggunakannya. Selain ringan digunakan kualitasnya juga sudah sangat baik dan banyak digunakan para youtuber. Penggunaanya pun cukup mudah. Jika teman-teman mempunyai uang lebih bisa membelinya jika memang aplikasi tersebut berbayar. 

1. Bandicam

Bandicam adalah salah satu software perekam layar pc ringan yang mempunyai kualitas yang sangat baik, banyak para youtuber menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur yang disediakan software ini sangat lengkap dan mudah kita gunakan. 

2. Mirillis Action

Begitu juga Mirillis Action salah satu software perekam layar laptop favorit para youtuber, selain ringan digunakan aplikasi ini juga tidak ribet digunakan dan fitur-fiturnya juga sudah sangat lengkap, walaupun kita harus mengeluarkan uang untuk menggunakannya.

3. Icecream Screen Recorder

Icecream screen recorder juga software yang ringan dan mudah digunakan, aplikasi ini tergolong baru tapi peminatnya sudah banyak yang menggunakannya. Untuk fitur-fiturnya juga sudah bisa dikatakan lengkap untuk versi berbayarnya, sedangkan untuk versi gratis masih banyak keterbatasan.

4. Ezvid

Selain ringan digunakan, ezvid juga mudah digunakan dan gratis. Tetapi fitur-fiturnya sangat terbatas, walaupun hasilnya sudah bisa diandalkan. Fitur-fitur yang disediakan tidak selengkap software-software sebelumnya. 

5. Camstudio

Camstudio selain ringan aplikasi perekam layar ini juga gratis kita pergunakan sepenuhnya. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap walaupun tidak selengkap OBS Studio. Tetapi untuk membuat video tutorial, presentasi sudah bisa kita andalkan dan hasilnya juga cukup memuaskan. 

6. Camtasia

Camtasia adalah aplikasi perekam layar pc/laptop yang sangat ringan untuk kita pergunakan, fitur-fiturnya juga sudah tergolong lengkap dengan hasil yang memuaskan. Tapi sayangnya aplikasi ini berbayar. Tidak hanya untuk merekam layar pc saja tapi juga bisa kita gunakan untuk edit video dengan mudah. 

Demikianlah pembahasan tentang 10 software perekam layar PC terbaik dan ringan. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan solusi dan pencerahan bagi teman-teman yang sedang dalam kegalauan mencari software/aplikasi perekam layar pc yang cocok untuk menjadi youtuber. 




Share This
Latest
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!