Senin, 07 Desember 2020

Bisnis Afiliasi Bisnis Online yang Menggiurkan, Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungan Menjalankannya

Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi Bisnis Online yang Menggiurkan - Menghasilkan uang tanpa harus melakukan banyak hal adalah harapan semua manusia yang ada dimuka bumi ini. Itu bisa kita lakukan dijaman serba digital saat ini, itulah keuntungan kita manusia milenial yang dihadapkan pada era digital dimana kita bisa menghasilkan banyak cara untuk mendapatkan uang dengan mudah yaitu dari internet.   

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah ikut bisnis afiliasi. Tentunya selain bisnis ini, masih banyak bisnis lain yang bisa kita ikuti. Dengan bisnis afiliasi, kita bisa menghasilkan pasif income dengan sedikit modal bahkan tanpa modal alias gratis.  

Bisnis afiliasi adalah salah satu bisnis online yang cukup menggiurkan, tapi kenyataannya tak semudah yang kita bayangkan. Banyak yang mengira bahwa menjual produk diinternet sangat mudah, apalagi fasilitas promosi yang lengkap. Kita harus mengetahui polanya terlebih dahulu, agar kita tidak salah langkah dalam mempromosikan bisnis afiliasi ini. 

Baca Juga : Bisnis Online Terpercaya dan Terbukti Membayar

Bisnis afiliasi adalah kita akan dibayar oleh pemilik produk sekian persen setelah berhasil menjual barang dari perusahaan atau pemilik produk. Jadi kita akan mendapat keuntungan jika berhasil menjual barang yang dipromosikan. Biasanya komisi yang didapatkan mulai dari 10% sampai dengan 70%. 

Uang itu akan dimasukkan ke rekening kita. Jika yang mempunyai bisnis tersebut dari Indonesia maka uang tersebut akan masuk langsung ke rekenig BCA, Mandiri, BNI dan rekening lainnya (karena inilah yang biasa dipakai untuk bisnis internet). Jika mendapatkan dollar karena bisnis tersebut dari luar negeri maka yang digunakan adalah Paypal, Egold atau Alertpay.

Bisnis ini sangat menjanjikan, dan bisnis ini memerlukan modal yang tidak banyak bahkan bisa tanpa modal sedikitpun. Hanya menjual produk orang lain dan tidak dikenai biaya sedikitpun, tapi dalam hal ini jika tidak melakukan apapun maka kita tidak akan mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. 

Kunci sukses mengikuti bisnis ini adalah dengan cara mempromosikan produk kepada orang lain. Tanpa adanya promosi maka sia-sia saja menjalankannya. Buatlah seindah mungkin kata-kata dalam promosi tapi jangan sampai mengandung unsur bohong atau menipu. 

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bisnis afiliasi, mungkin kita bingung dengan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini. Kita akan bedah satu persatu

Apa yang dimaksud dengan afiliasi?

Bagaimana cara kerja afiliasi secara umum?

Apa keuntungan melakukan afiliasi?


Apa Itu Afiliasi?

Mungkin dari penjelasan diatas kita bisa menerka-nerka seperti apa bisnis afiliasi? Afiliasi adalah cara menghasilkan/mendapatkan uang dengan menjual produk dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan perusahaan yang menyediakan program afiliasi tersebut. Biasanya dari 10 sampai 70%.

Dari definisi tersebut kita mendapatkan jawaban dari pertanyaan pertama. Sebelum kita membahas pokok permasalahannya, terlebih dahulu akan dijelaskan secara singkat para pihak yang terlibat didalamnya. Didalam bisnis afiliasi terdapat tiga pihak yang terlibat, diantaranya adalah : 

Pemilik Produk : Perusahaan, Vendor, Supplier, Grosir, Penjual dan lain sebagainya. Untuk pemilik produk tidak harus perusahaan, tetapi pemilik produk berskala kecilpun bisa melakukan sistem afiliasi ini. 

Afiliator : adalah orang yang mengikuti program afiliasi ini. Tugas mereka yaitu mempromosikan atau memasarkan barang atau produk dari pemilik bisnis afiliasi kepada calon konsumen.

Konsumen : adalah mereka yang tertarik dan membeli produk dari pemilik barang/produk melalui afiliator. 

Itulah mereka yang terlibat dalam sistem dari bisnis afiliasi. Jadi tugas kita yang ikut bisnis ini adalah hanya mempromosikan produk dengan berbagai cara. Memang sistem dari bisnis afiliasi terlihat sederhana, tetapi tidak semudah itu kita harus bisa meyakinkan calon konsumen bahwa produk kita memang berkualitas. 

Cara Kerja Afiliasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar terlebih dahulu, selanjutnya akan mendapatkan afiliasi link atas nama kita sesuai dengan username yang didaftarkan. Nah link itulah yang akan memberikan hasil sesuai dengan yang dijanjikan oleh pemilik bisnis yang menyediakan afiliasi tersebut. Kemudian promosikan link itu untuk mendapatkan pembeli.

Kunci suksesnya bisnis ini adalah trafik, dengan trafik yang banyak maka akan dipastikan banyak yang melihat iklan yang terpasang dan bisa jadi ada kemungkinan akan ada yang membeli produk tersebut, tentunya dengan cara promosi yang baik dan efektif. Jangan sekali-kali melakukan spam karena hanya akan merusak kredibilitas blog kita. Masih banyak cara untuk meningkatkan trafik selama dengan cara-cara yang baik.

Ada sebuah aturan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilanggar, dalam setiap bisnis afiliasi mereka mempunyai aturan yang harus disetujui dan itu harus kita ikuti. Aturan tersebut yang harus dipatuhi, seperti tidak boleh melakukan spam, tidak diperbolehkan melakukan hal-hal yang berbau porno dan lain sebagainya. 

Jika melanggar maka kita akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan mereka dan bahkan akun akan ditutup. Oleh karena itu bacalah aturan-aturan terlebih dahulu sehingga tidak melanggar aturan yang menyebabkan usaha kita sia-sia.

Ada beberapa keuntungan menjadi afiliasi marketer yaitu biaya murah dan tidak memerlukan karyawan untuk menunggu barang-barang dagangan, tidak ada beban sogok untuk bisa masuk suatu perusahaan. Masih banyak keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini, dari keterangan diatas akan kami jelaskan bagaimana cara kerja bisnis ini secara sederhana, diantaranya adalah :

  1. Terlebih dahulu mendaftar dibroker bisnis tersebut, misalnya Rahasia HP.
  2. Kemudian afiliator akan mendapatkan link afiliasi seperti dibawah ini :http://www.rahasiahp.com/?id=mujaini 
  3. Kemudian promosikan link tersebut melalui iklan gratis, iklan berbayar, forum, milist, facebook dan twitter.
  4. Bisa juga membuat blog untuk promosi, kenapa harus membuat blog? Karena jika mengikuti beberapa afiliasi maka kita akan kelabakan dalam melakukan promosi, dengan adanya blog promosi akan menjadi lebih mudah dan efektif.
  5. Kita akan mendapatkan komisi jika ada yang membeli produk bukan mengklik link tersebut.
  6. Untuk melihat komisi yang kita dapatkan, berapa rupiah atau berapa dolar kita bisa melihatnya diakun.
  7. Kemudian pencairan atau payout, dan komisi akan ditransfer ke rekening afiliator, untuk melakukan payout (Pencairan) biasanya jika sudah sampai batas minimum payout.

Cara kerja diatas adalah cara kerja bisnis afiliasi secara sederhana, dibawah ini akan kami jelaskan sedikit mengenai cara kerja bisnis afiliasi secara detail. 

1. Daftar Program Afiliasi

Untuk mengikuti bisnis afiliasi dan menikmati hasilnya kita harus mendaftar terlebih dahulu pada perushaan yang mengadakan program afiliasi. Pendaftaran dilakukan diwebsite perushaan. Setelah mendaftar kita akan mendapatkan link afiliasi dengan ID unik (Link Afiliasi/Kode Referral). 

Baca Juga : Peluang Usaha yang Menguntungkan dan Terlengkap

2. Promosi Produk Afiliasi

Agar mendapatkan komisi dari bisnis afiliasi yang diikuti, kita harus mempromosikannya dengan berbagai macam cara. Adapun cara untuk promosi adalah dengan menggunakan cara sebagai berikut : melalui media sosial, forum, blog/website dan landing page, email marketing, traffic exchange, youtube, iklan berbayar sepeti facebook ads, google ads, dan lain sebagainya

Dibawah ini akan kami jelaskan sedikit beberapa cara diatas. adapun caranya adalah sebagai berikut : 

Review Produk di Blog

Untuk membuat review tentunya kita harus memiliki blog. Selanjutnya buatlah review diblog kita tentang produk tersebut, disarankan agar produk yang kita review sama dengan tema blog kita. Hal tersebut kita lakukan agar promosi berjalan dengan efektif. 

Dalam penulisan review harus ditulis dengan natural, artinya kita harus menceritakan produk tersebut apa adanya. Jangan ditambah atau dikurangi. Jabarkan sesuai dengan pengalaman kita menggunakan produk ini baik itu kelebihannya dan juga kekurangannya. 

Kenapa kita harus menggunakan blog dalam mempromosikan produk? Hal itu kita lakukan agar promosi kita lebih efektif dan bisa menjabarkannya dengan seluasa, sehingga promosi kita bisa mudah meyakinkan orang lain dan bisa mempromosikan beberapa afiliasi secara sekaligus dan efektif. 

Pasang Banner di Blog

Seperti yang telah disebutkan diatas, dengan promosi menggunakan blog maka promosi kita berjalan dengan efektif. Karena selain kita bisa membuatkan review secara khusus, kita juga bisa memasangkan banner diblog tersebut. Jadi sekali mendayung 2 tiga pulau terlampaui. 

Selain itu sperti yang dikutif dari Niagahoster.co.id bahwa manusia memproses gambar lebih cepat 60.000 kali dari pada teks. Sehingga promosi dengan banner lebih powerfull dan cepat dari pada promosi menggunakan teks.

Perlu kita perhatikan bahwa kita tidak bisa sembarangan meletakkan banner diblog kita, tidak diperbolehkan meletakkannya disetiap sisi website secara acak dan amburadul begitu saja. Hal tersebut akan membuat pengunjung muak dan justru tidak betah hingga menginggalkan blog kita. 

Kita bisa meletakkannya ditempat-tempat strategis seperti di header, sidebar atau di footer. Jangan juga kita letakkan diartikel apalagi dibagian atas, tengah dan dibawah artikel sekaligus. Jika sudah di header dan sidebar kita tidak perlu melatakkannya lagi difooter dan artikel. Jika sudah diartikel kita bisa meletakkanya di footer saja. Bisa juga mengabungkannya dengan review setelah itu kita letakkan dibawah artikel. 

Media Sosial

Kita mengulas secara singkat dari bisnis afiliasi yang kita ikuti. Kita buat review berkenaan dengan bisnis afiliasi tersebut. Kemudian bisa kita arahkan keblog kita untuk melihat lebih detail penjelasan tentang bisnis afiliasi. Bisa juga dengan memberikan link afiliasi langsung, agar mereka langsung membaca secara utuh dari bisnis yang kita rekomendasikan. 

Perlu menjadi catatan bahwa untuk promosi dimedia sosial harus benar-benar tertarget. Jika tidak maka promosi kita akan sia-sia. Kalau memang bisa promosikan di media sosial yang memang sesuai dengan target produk kita. Jika kita mempromosikan dimedia sosial sedangkan audiensnya tidak tertarget atau terpecah-pecah (campuran), maka produk kita susah laku. 

Forum Online

Dalam forum kita bisa menemukan orang-orang yang memang tertarik terhadap bidang tertentu. Apalagi jika memang aktif diforum dan mempunyai reputasi baik diforum yang diikuti, maka untuk mempromosikan diforum tersebut tidak akan menjadi masalah bahkan mudah dilakukan. 

Untuk mempromosikannya diforum kita bisa membuat artikel secara singkat dan hindari untuk sama dengan blog kita, karena akan berdampak negatif terhadap blog (menurut penilaian google). Bisa juga menautkan ke blog kita atau langsung mengarahkan ke website afiliasi tersebut. 

Bisa juga tanpa membuatkan artikel tapi ikut saja diskusi yang ada dengan memberikan link afiliasi atau blog. Perlu menjadi catatan bahwa untuk ikut diskusi tentunya harus relevan dengan topik afiliasi yang diikuti. Jika tidak demikian maka penyisipan link afiliasi akan dianggap spam. 

Selain itu sebelum menyisipkan link afiliasi kita perlu tahu aturan dari forum terebut. Ada forum yang memperbolehkan untuk menyisipkan link dan ada forumyang sangat ketat dan tidak memperbolehkan kita menyisipkan link. Oleh karena itu kita harus baca aturan terlebih dahulu. Tidak hanya mendapatkan peringatan tapi kita akan dibaaned atau diblokir dari forum tersebut jika kita melanggar aturan mereka. 

3. Transaksi Menggunakan Kode Referral 

Untuk mendapatkan komisi, diharuskan transaksi dengan kode referral atau link afiliasi (ID afiliasi). Jika tidak melalui link tersebut maka kita tidak mendapatkan komisi. Biasanya kebanyakan orang transaksi langsung melalui link domain. Disebabkan beberapa alasan, diantaranya karena ketidaktahuannya, dia tidak mau menggunakan link afiliasi kita, atau alasan-alasan lainnya. 

Untuk mengatasi hal ini kita harus menyusun strategi, bagaimana caranya agar mereka melakukan transaksi melalui kode referral kita. Misalnya dengan memberikan bonus spesial, atau memberikan diskon harga atau memberikan bonus pulsa, atau dengan cara-cara lainnya agar mereka transaksi melalui link afiliasi kita.  

4. Dapatkan Komisi

Setelah mendapatkan beberapa transaksi, selanjutnya kita akan mendapatkan komisi dari bisnis afiliasi ini. Semakin gencar kita promosi, semakin banyak transaksi maka akan semakin banyak komisi yang akan didapatkan. Perbanyaklah promosi dengan berbagai macam strategi untuk memperbanyak transaksi yang nantinya kita dapatkan. 


Contoh Bisnis Afiliasi

Sebagai afiliator kita hanya mendaftar dan mendapat ID pada ujung dari website tersebut seperti http://www.rahasiahp.com/?id=nama_kita. Nah ID inilah yang akan menghasilkan uang untuk kita. Jika setiap ada pembelian melalui ID atau link tersebut, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan oleh pemilik website (Perusahaan). 

Oleh karena itu  yang harus dilakukan adalah mempromosikan Link Afiliasi agar banyak orang tahu dan jika mereka tertarik untuk membeli maka kita akan mendapatkan komisi. Ada beberapa bisnis afiliasi yang bisa diikuti, baik dari Indonesia ataupun dari luar negeri. Untuk bisnis afiliasi tidak dipungut biaya sepeserpun, walaupun ada juga yang harus membeli produk mereka terlebih dahulu agar bisa menjadi afiliator. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Oleh karena itu berhati-hatilah dengan bisnis online (afiliasi) yang tidak jelas, Anda bisa membaca ciri-ciri bisnis online yang scam disini (belum diterbitkan). Jika memang sudah menjalankannya dan tidak terbukti membayar maka kita harus menghentikannya, karena selain itu akan merusak nama baik blog, konsumen juga akan merasa dirugikan.

Dibawah ini ada beberapa bisnis internet berbasis afiliasi. Untuk bisnis online ini terkadang sudah lama eksis tapi beberapa tahun kemudian mereka bangkrut dan tutup buku, terkadang juga mereka memang sengaja melakukan scam, jadi tidak bisa sepenuhnya menyalahkan perusahaan atau web broker yang mengadakan bisnis tersebut.

Diantara beberapa bisnis afiliasi dari Indonesia adalah :

  1. https://www.ratakan.com
  2. Bukalapak Affiliate Program
  3. Program Afiliasi ZALORA
  4. Program Afiliasi Niagahoster
  5. Tiket.com Affiliate Partner
  6. http://female.store.co.id

Untuk luar negeri :

  1. http://www.amazon.com
  2. http://www.cj.com
  3. http://www.clickbank.com
  4. dan masih banyak lagi  


Kunci Sukses Bisnis Afiliasi

Kunci sukses untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis afiliasi adalah dengan mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya. Jika kita sudah tahu ilmu untuk mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya, maka penjualanpun akan semakin meningkat. Itu artinya kita sudah bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya. 

Untuk sukses dibisnis afiliasi ada berbagai macam cara, bisa dengan cara berbayar ataupun dengan cara gratis. Senjata yang paling ampuh untuk yang gratis tentunya menggunakan SEO. Selain itu bisa juga dengan media sosial, asalkan tahu polanya. Bisa juga denga menggunakan traffic exchange. 

Sedangkan untuk cara yang berbayar sangat banyak sekali, bisa dengan facebook ads, google ads, PPC, PTC, keahlian advertiser dan lain sebgainya. Tentunya harus tahu strateginya, jika tidak maka kita akan banyak rugi uang karena iklan boncos (iklan gagal/iklan rugi). 

Pada artikel kita kali ini admin akan menjelaskan salah satu cara untuk menjalankan bisnis ini, yaitu dengan menggunakan blog. Jika kita bisa mengelola blog dengan baik maka bisnis ini akan berjalan dengan baik pula. Dibawah ini akan kami jelaskan proses bagaimana membangun blog untuk menghasilkan uang dari bisnis afiliasi. 

1. Kualitas Konten/Isi Blog

Isi blog haruslah berkualitas, enak dibaca dan tidak terlalu bertele-tele walaupun menjelaskannya dengan keterangan yang lengkap bukan berarti harus mutar-mutar tidak jelas. Harus tetap fokus, singkat padat dan jelas tatapi detail.

2. Pilihlah Afiliasi Yang Banyak Dicari Orang

Pilihlah afiliasi yang banyak dicari oleh orang lain, jangan hanya menemukan afiliasi yang bagus (menurut kita) kemudian tertarik dan dipasang diblog sedangkan orang lain tidak tertarik. Yang terpenting adalah banyak orang yang tetarik dan membutuhkan produk tersebut.

3. Tidak Berorientasi Pada Uang

Kita bangun dulu kepercayaan kepada orang lain bahwa bisa memberikan sesuatu yang berharga untuk mereka, setelah percaya maka mereka akan membeli produk. Berikanlah yang terbaik untuk orang lain, bukan yang hanya berorientasi pada uang, uang dan uang serta  membabi buta dalam berpromosi sehingga menyebabkan banyak melakukan kesalahan (Spam).

4. Banyaklah Memberi/Berbagi

Perbanyaklah memberi dalam blog kita, misalkan seperti tips-tips, ebook, software, video dan lainnya yang mana semua itu membuat pengunjung betah dan bertahan lama diblog kita. Itu semua akan membuat pengunjung berlangganan keblog sehingga apa yang dijual kemungkinan akan dibeli oleh mereka. 

5. Promosi

Banyak sekali fasilitas untuk promosi, diantaranya adaalah iklan baris gratis, forum, milist, facebook, twitter dan masih banyak lagi. Yang penting jangan melakukan spam dalam berpromosi yang akan mengakibatkan akun kita dibanned pemilik bisnis afiliasi.


Keuntungan Bisnis Afiliasi

Dalam bisnis afilasi kita akan mendapatkan beberapa keuntungan jika mengikuti bisnis ini dengan baik dan benar. Adapun keuntungan bisnis afiliasi adalah sebagai berikut. 

1. Penghasilan Pasif

Ketika kita melakukan pekerjaan tentunya kita harus mengeluarkan tenaga atau berada ditempat kerja tersebut. Berbeda dengan bisnis afiliasi, kita hanya membuat artikel review atau artikel biasa yang menjelaskan tentang bisnis afiliasi yang sedang kita ikuti. Kemudian kita berpromosi dengan berbagai cara dan strategi. 

Jika pola yang kita lakukan benar, maka penghasilan akan terus bertambah selama kita tidak menghapus artikel baik yang diblog ataupun tempat kita berpromosi. Kita tidak perlu melakukan apapun,  yang kita lakukan hanyalah berpromosi gratis dan juga berbayar, maka penghasilan pasifpun akan terus mengalir. 

2. Modal Kecil

Dalam bisnis afiliasi ada dua jenis, pertama kita tidak perlu membeli produknya terlebih dahulu tapi langsung saja mendaftar secara gratis. Kemudian selanjutnya kita langsung mendapatkan komisi setelah terjadi transaksi. Kedua kita diharuskan membeli produknya terlebih dahulu, setelah itu baru kita bisa mengikuti program afiliasi perusahaan tersebut. 

Jika kita ingin mengikuti bisnis afiliasi yang memang berbayar karena produknya laku keras dan komisinya besar. Kita bisa memilih bisnis afiliasi yang memang sedang membutuhkan produk tersebut. Jadi kita sedang memenuhi kebutuhan sekaligus bisa menghasilkan pasif income dari bisnis tersebut. 

3. Kerja dari Rumah

Untuk menghasilkan uang tidak perlu harus bekerja kantoran atau harus ditempat-tempat tertentu. Kita bisa menjalankan bisnis afiliasi dimanapun dan kapanpun, bahkan bisa kita lakukan dirumah. Bisa dari dalam kamar, disofa ruang tamu atau dimanapun kita berada. Kita hanya membutuhkan laptop (komputer), smartphone dan koneksi internet. 

4. Jam Kerja Fleksibel

Kita tidak harus dikekang oleh aturan dan waktu atau bahkan bos yang menyuruh kita melakukan sesuatu dikantor. Kita bisa melakukannya dirumah, ditaman atau dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya. Kita bisa menentukan sendiri kapan kita promosi dan kapan kita bersantai atau jalan-jalan. 

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Jika kita memang sudah menghasilkan uang yang banyak dari bisnis ini. Sendainya kita ingin menambah bisnis afiliasi yang baru, hal itu tidak menjadi masalah. Kita bisa menambahnya sesuka hati kita. Asalkan mempu mengelola bisnis tersebut. Jika kita mampu mengatur waktu dengan baik, kita bisa join berapapun bisnis afiliasi yang ingin kita ikuti. 

Demikianlah artikel tentang bisnis afiliasi, mudah-mudahan artikel ini memberikan pencerahan pada temen-temen untuk menghasilkan uang dari internet. Bisnis afiliasi memang salah satu sumber penghasilan dari internet yang murah meriah bahkan tanpa modal, tapi berpotensi menghasilkan uang yang berlimpah ruah secara online. 


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!