Selasa, 01 Desember 2020

Langkah Demi Langkah Cara Membuat Rencana Bisnis (Bisnis Plan) Untuk Menjalankan Sebuah Usaha

Bisnis Plan


Penyusunan rencana bisnis (Bisnis Plan) merupakan satu hal awal yang paling krusial yang harus dilakukan oleh seorang pelaku wirausaha seblum menjalankan bisnisnya. Begitu pula tujuan dan juga strategi bisnis harus dilakukan sedini mungkin, agar dalam melakukan bisnis tidak banyak kerancuan yang terjadi. 

Adapun Beberapa hal terkait rencana bisnis tersebut diantaranya adalah anggaran, modal usaha, target pasar dan pemasaran, prosedur, aturan, kebijakan, resiko bisnis dan masih banyak lagi. Hal tersebut harus dirancang sedemikian rupa agar bisnis berjalan dengan baik dan benar. 

Dalam sebuah usaha diperlukan rencana yang matang, agar usaha yang sedang kita jalankan mempunyai tujuan yang jelas dan dapat mencapai tujuan dengan baik. Dengan demikian maka bisnis yang sedang kita jalankan akan berjalan dengan terstruktur, rapih dan dijalankan dengan benar. 

Oleh karena itu kita sebagai pelaku usaha harus merencanakan bisnis kita dengan matang. Kita harus membuat rencana bisnis (Bisnis Plan) yang benar-benar terstruktur dan bertujuan untuk mencapai target-terget tertentu demi memajukan bisnis yang sedang kita jalankan. 

Untuk membuat bisnis plan yang baik dan benar, kita memerlukan pertimgbangan dan juga orang-orang yang ahli dibidangnya agar bisnis tidak sembarangan dijalankan dengan serampangan. Tetapi memiliki tujuan (goal) yang jelas agar bisnis tersebut tetap bertahan bahkan terus berkembang. 

Baca Juga : Jangan Berlarut-Larut dalam Kesedihan, Inilah Cara Menghadapi Kegagalan

Rencana bisnis (Bisnis plan) bisa membantu menjalankan sejumlah tugas dari bisnis yang kita jalankan. Hal tersebut banyak dilakukan oleh para pengusaha untuk mengelola perusahaan mereka agar menjadi lebih baik. Bisnis yang mempunyai perencanaan yang baik pasti jauh lebih jelas arahnya, dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan tanpa adanya perencanaan.

Apa itu Bisnis Plan (Business Plan)/Perencanaan Bisnis?

Perencanaan bisnis adalah dokumen (data) tertulis tentang masa depan dari sebuah bisnis, dimana dokumen tersebut memberitahukan apa yang direncanakan oleh suatu usaha (perusahaan) untuk dijalankan oleh pelaku bisnis tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tujuan utama dari perencanaan bisnis adalah agar usaha yang dijalankan berjalan dengan baik dan terstruktur, dengan demikian maka hasil yang akan didapatkan sesuai dengan harapan dari pelaku bisnis itu sendiri. Tidak hanya itu saja, bisnis yang sedang dijalankan bisa berkembang dan lebih maju lagi. 

Mengapa Bisnis Plan itu Penting?

Ada beberapa alasan kenapa bisnis plan itu penting dilakukan seorang pelaku wirausaha. Tujuan utamanya agar bisnis yang dijalankannnya berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang telah menjadi target dari perusahaan tersebut. Selain itu agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.  

  • Dengan adanya bisnis plan maka kita akan mengetahui detail dari tujuan perusahaan sehingga bisnis kita berjalan dengan jelas dan terarah. 
  • Dengan adanya bisnis plan (rencana bisnis) maka seorang pengusaha akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang pasar yang akan ditargetkannya. 
  • Bisnis plan bisa memudahkan seorang pebisnis untuk memasarkan produknya dan mengetahui target pasar. 
  • Dengan bisnis plan juga seorang pebisnis dapat melakukan perhitungan bisnis dengan lebih mudah. 
  • Sistem operasional dari perusahaan yang telah dibuat menjadi terencana, terarah dan juga tepat sasaran. 
  • Hal yang paling penting adalah bisnis plan ini dapat membantu para pengusaha untuk lebih mengenal pesaing mereka yang bergerak dibidang usaha yang sama

Tujuan Perencanaan Bisnis

Sebagai seorang pengusaha penting melakukan menyusun rencana bisnis, karena ada beberapa tujuan utama yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Adapun tutjuan dari bisnis plan sebagai berikut : 

1. Lebih Fokus

Bisnis yang telah mempunyai bisnis plan tentunya akan lebih fokus dijalankan, maka akan terasa lebih mudah ketika menjalankannya. Sehingga target yang sudah kita rencanakan akan lebih mudah tercapai jika lebih fokus dengan bisnis yang sedang dijalankan. 

Membantu kita sebagai seorang pengusaha agar bisa kreatif dan tetap fokus dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga : Apa Itu Kesuksesan

2. Sarana Komunikasi Dengan Pihak Lain

Dalam pengembangan bisnis kita memerlukan beberapa orang yang terkait dengan majunya sebuah perusahaan, diantaranya adalah para investor, distributor atau siapapun dari pihak luar yang berpengaruh pada perkenbangan bisnis kita. 

Tentunya mereka lebih memilih orang yang memang sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis mereka, diantaranya adalah mempunyai rencana bisnis yang matang. Dengan demikian mereka akan lebih percaya dengan profesonalitas kita dalam menjalankan sebuah usaha. 

3. Mengetahui Estimasi Modal

Dengan rencana bisnis yang baik dan benar, kita akan mengetahui berepa modal yang akan kita keluarkan untuk menjalankan ataupun mengembangkan bisnis kita. Selain itu dengan bisnis plan ini pula kita akan mengetahui lebih jelas berapa besar keuntungan yang diperoleh. 

4. Mempermudah Menjalankan Usaha

Mempermudah dalam menjalankan bisnis, karena kita mengetahui langkah-langkah praktis ketika menghadapi berbagai macam masalah seperti ketika menghadapi persaingan, melakukan promosi dan lain sebagainya. Sehingga bisnis akan menjadi lebih efektif dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

4. Mempermudah Pengawasan

Perencanaan bisnis yang matang akan memudahkan kita dalam segala hal, termasuk disini adalah pengawasan pada perusahaan kita. Dengan pengawasan yang baik maka perusahaan juga akan berjalan dengan baik. 

Dapat melakukan pengawasan lebih mudah baik untuk keperluan operasional, penyusunan strategi dan juga evaluasi bisnis.

Cara Menyusun Bisnis Plan/Cara Membuat Rencana Bisnis (Bisnis Plan)

Setelah kita mengetahui tujuan perencanaan bisnis selanjutnya kita harus mengetahui cara membuat Bisnis Plan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar bisnis kita berjalan dengan baik.

Kenali Bisnis

Hal yang paling penting sebelum menyusun rencana bisnis yaitu kita harus dapat mengenali bisnis kita terlebih dahulu. Kita harus pelajari dan pahami secara mendalam dan menyeluruh apapun itu tentang potensi, peluang, pemasaran, tantangan dan persaingan (kompetitor) yang akan kita hadapi nantinya. Kita bisa menggunakan analisis SWOT untuk menganalisanya.

Dengan mengenali bisnis lebih mendalam, kita akan mengetahui langkah selanjutnya seperti apa kedepannya nanti dan memahami berbagai macam resiko yang mungkin saja terjadi nantinya. Cara ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk membangun bisnis sesuai harapan dan juga bisa memberikan keuntungan yang maksimal. 

Tentukan Arah

Menentukan arah dan tujuan dari perusahaan yang dimiliki memang harus dilakukan oleh seorang pengusaha. Dengan adanya arah dan sasaran yang jelas dan tepat, maka dalam menentukan rnecana bisnis tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. 

Justru akan memeprmudah dalam merancang rencana dan strategi bisnis. Oleh karena itu kita harus membuat arah dan tujuan dari bisnis dengan jelas dan terarah agar bisa mencapai tujuan bisnis dengan lebih mudah. 

Tentukan Target Bisnis

Ketika kita membuat bisnis plan, kita harus membuatnya target dengan tepat dan benar. Penyusunan harus dilakukan secara serius, mendalam dan profesional. Target yang tepat akan membuat rencana bisnis berjalan dengan baik, kita juga akan terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk perusahaan agar dapat mencapai apa yang telah direncanakan. 

Tulis Rencana Bisnis

Jika kita sudah melakukan beberapa langkah diatas dengan baik, langkah selanjutnya adalah menuliskan rencana bisnis. Dibawah ini beberapa hal penting yang perlu kita lakukan untuk menulis rencana bisnis : 

  1. Misi Bisnis
  2. Ringkasan Efektif
  3. Penawaran Produk atau Jasa
  4. Target Pasar
  5. Marketing Plan
  6. Analisis Industri dan Tingkat Persaingan
  7. Laporan Keuangan
  8. Resume of Company Principal
  9. Penawaran
  10. Lampiran

Perencanaan Bisnis Menggunakan 5W+1H

Untuk perencanaan sebuah usaha kita harus menggunakan stategi yang jitu. Salah satu yang memudahkan kita untuk membuat rencana bisnis (Bisnis plan) adalah dengan menggunakan rumus 5 W + 1 H. Rumus ini akan memudahkan kita melaksanakan bisnis langkah demi langkah. 

1. What (Apa)?

Jenis usaha apa yang akan kita jalankan? Kita mencari info lebih lengkap tentang hal ini. Kita mencari bisnis yang cocok dan prosfektif untuk kita jalankan. Selanjutnya kita pelajari lebih lanjut bisnis tersebut, agar nantinya tidak salah pilih bisnis yang akan dijalankan. Selain dari jenis usaha apa yang akan kita jalankan, kita juga harus tahu apa nama bisnis yang akan kita jalankan. 

2. Why (Kenapa)

Kenapa kita memilih untuk menjalankan bisnis tersebut? Kita harus berpikir keras untuk mencari alasan yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut. Apakah produk yang ditawarkan dibutuhkan orang banyak sesuai lokasi yang kita pilih, produk mudah didapatkan, mudah melakukan promosi dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Inilah Cara Bangkit Dari Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan

3. Who (siapa)

Siapa yang akan menjalankan bisnis tersebut? Atau siapakah target pasar dari bisnis yang akan dijalankan? Bagaimana prosfeknya untuk jangka yang lebih lama. Kita harus mengetahui golongan ekonomi mereka, bawah, menengah ataupun atas. Berapakah usai mereka yang cocok untuk produk kita dan lain sebagainya. 

Selain itu kita juga harus mengetahui siapa yang akan kita pekerjakan, siapa partner kita nantinya, tentu ini ketika bisnis yang kita jalankan sudah mulai berkembang. 

4. Where (dimana)

Dimana tempat yang cocok untuk bisnis tersebut dijalankan? Apakah dikota, didesa, dijalan besar, digang atau mempertimbangkan tempat yang baik untuk bisnis yang akan dijalankan. Begitu juga cari tempat-tempat yang strategis untuk menjalankan usaha tersebut, agar tepat sasaran dan ramai pelanggan. 

5. When (Kapan)

Kapan kita memulai usaha yang sudah kita rencanakan? Seperti yang sering dikatakan oleh Pebisnis Senior Bob Sadino, bisnis tidak perlu dipertanyakan terus menerus yang penting jalanakan saja maka bisnis tersebut akan menemukan solusinya sendiri. Kapan kita mengembangkan usaha? Kita harus mengetahui waktu yang tepat untuk mengembangkan sebuah usaha, untuk meminimalkan kerugian yang akan kita alami. 

5. How (Bagaimana)

Setelah banyak analisa yang kita lakukan, hal yang paling penting adalah kita harus mengetahui cara menjalankan sebuah usaha. Percuma saja semua komponen sudah terealisasi, bahkan modal sudah tersedia jika kita tidak tahu bagaimana menjalankan bisnis tersebut. Salah satu yang membuat bisnis berkembang dan maju adalah tahu cara menjalankannya. 

Demikianlah artikel tentang cara membuat bisnis plan, mudah-mudahan dengan penjelasan langkah demi langkah menyusun bisnis plan bisa memberikan sedikit masukan untuk teman-teman yang sedang merencanakan bisnisnya. Bisnis yang direncanakan lebih terarah dan tertarget dari pada bisnis yang tidak direncanakan. 


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!