Rabu, 16 Desember 2020

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense

Jika kita mempunyai keahlian, bakat atau keterampilan kita bisa menuangkannya dalam bentuk video. Kita bisa berbagi dengan banyak orang melaui video tersebut. Caranya tentu saja sudah banyak yang tahu, yaitu dengan menggunakan channel Youtube. Kita akan membahas tentang cara menghasilkan uang dari youtube tanpa adsense.

Dengan channel Youtube yang kita miliki, kita bisa membuat video tutorial, berbagi kebaikan dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan media tersebut. Jika kita mempunyai banyak penggemar atau bahasa youtubenya adalah subscriber maka video kita berpotensi ditonton oleh banyak orang.

1 video berpotensi mendapatkan penonton ribuan, puhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan orang yang dapat menonton video kita. Tapi apakah semudah itu? Tentu tidak, karena untuk mendapatkan penonton ribuan sampai jutaan kita harus mempunya penggemar (subscriber) puluhan ribu sampai jutaan. 

Walaupun terkadang subscriber tidak berpengaruh, karena jika video kita bisa viral maka penonton ratusan ribu sampai jutaan bukanlah sebuah mimpi. Tapi pada dasarnya yang mempengaruhi banyaknya penonton adalah jumlah subscriber. 


Untuk mendapatkan banyak subscriber tentu perlu perjuangan yang tangguh dan pantang menyerah. Kita harus memproduksi video sebanyak mungkin. Semakin banyak video maka semakin banyak pula penggemar (subscriber).

Faktor seseorang menjadi subscriber sebuah video karena video tersebut menarik, menghibur dan juga memberi solusi serta memberikan manfaat pada orang lain. Oleh karena itu seorang Youtuber harus menyajikan video-video yang berkualitas. 

Memang membutuhkan perjuangan dan konsistensi tapi kita akan mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Seorang Youtuber bisa menghubungkan kanal  youtubenya dengan akun google adsense untuk menghasilkan uang dari youtube.

Selain dari adsense, penghasilan kita bisa bersumber dari berbagai macam cara. Jadi bagi para youtuber, janganlah hanya mengandalakan dari adsense saja. karena adsense hanya salah satu cara untuk menghasilkan uang dari youtube. Masih banyak cara lain untuk menghasilkan uang dari youtube.

Tugas kita hanya membuat video dan mengasah skill edit video untuk menghasilkan video yang berkualitas baik. Semakin baik kualitas video maka semkain banyak penggemar, semakin banyak video yang berkualitas maka semakin banyak pula subscriber. Semakin banyak subscriber, maka samakin banyak yang nonton (viewer). jika semakin banyak viewer maka penghasilan kita pun semakin meningkat. 

Faktor Menjadi Youtuber

Banyak faktor yang mendasari orang jaman milenial ingin menjadi youtuber selain mendapatkan penghasilan dari adsense, diantaranya adalah ingin menjadi terkenal. Untuk menjadi terkenal memang bukanlah hal yang salah. Terkenal saja tentu tidak cukup, apalagi jika kita terkenal hanya sekejap karena konten youtube yang viral. 

Selain ingin terkenal tentunya ingin mempunyai penghasilan yang berlimpah dari youtube. Tapi ada yang kita lupakan, Youtube adalah media yang paling bagus untuk berbagi kebaikan. Anggap saja penghasilan yang kita dapatkan hanyalah bonus saja akibat kebaikan yang kita bagikan. 

Karena mau tidak mau kita akan tetap mendapatkan penghasilan dari youtube, jika memang channel kita pantas untuk dimonetisasi baik dengan adsense ataupun dengan cara lainnya. Karena secara tidak langsung itulah “hukum alam” ketika kita menjadi seorang Youtuber.  


Hal yang paling penting untuk menjadi seorang youtuber (konten kreator) adalah skill, talenta, bakat yang kita miliki. Jika kita terus mengasah skill dan juga bakat yang ada pada diri, maka kita akan menjadi youtuber yang berkualitas.  

Perlu kita ketahui siapapun bisa menjadi youtuber walaupun tidak mempunyai talenta, bakat dan skill. Karena skill bisa kita dapatkan jika mempelajari sesuatu atau ahli dalam hal tertentu. apapun itu bisa dipalajari dan dikuasai jika kita sudah mengasahnya sampai menjadi seorang yang ahli. 

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense

Dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana kita menghasilkan uang dari youtube tanpa adsense. Oleh karena itu kita harus berpikir fleksibel. Artinya kita tidak hanya berpikir sebatas adsense saja yang dapat memberikan penghasilan dari Youtube. 

Banyak sekali yang dapat memeberikan kita penghasilan yang berlimpah tanpa harus mengadalkan hanya dari adsense saja. Walaupun demikian bukan berarti adsense tidak penting, kita bisa menggunakan adsense juga untuk menambah penghasilan. 

1. Mengikuti Afiliasi

Untuk menghasilkan uang melalui youtube adalah dengan mengikuti bisnis afiliasi. Kita bisa menjelaskan bisnis online afiliasi secara detail divideo youtube. Kita juga bisa mereview bisnis online afiliasi kita secara mendalam agar calon konsumen tertarik dengan bisnis afiliasi yang ditawarkan. 

Kita bisa mengikuti afiliasi apa saja sesuai dengan keinginan kita. Jika membahas tentang tutorial Youtube, kita bisa merekomendasikan tool tubebuddy. Kenapa harus tubebuddy? Karena seorang youtuber biasanya akan menggunakan tool ini untuk mendukung channelnya.

2. Sponsorship

Cara mendapatkan uang dari youtube selanjutnya dari sponshorship. kita bisa membuka peluang bagi mereka yang ingin mensponsorkan produk mereka melalui video kita. Tapi cara ini cukup sulit karena yang diperlukan mereka yang ingin mensponsorkan produknya, biasanya memebrikan syarat harus mempunyai subscriber yang banyak. 

3. Produk Sendiri

Selanjutnya untuk menghasilkan uang dari youtube adalah dengan mempromosikan produk sendiri. Bagaimana jika kita tidak memilik produk? Caranya sangat mudah, kita bisa menjadi dropshiper atau reseller. Kita bisa mencari produk yang banyak dicari orang, kemudian mencari supplier (grosir/distributor) untuk menjadi dropshiper atau reseller. 

Perbedaan antara dropship dan reseller adalah hanya pada stok barang. Jika dropshiper kita tidak perlu stok barang dan hanya bermodalkan katalog produk, sedangkan reseller dia harus stok dan membeli produk terlebih dahulu. 

Jika tidak ingin repot mencari supplier atau bingung caranya. Kita bisa mencarinya dimarketplace, baik itu di tokopedia, bukalapak ataupun di shopee. Dalam dua bisnis tersebut yang paling penting adalah bagaimana kita mencari supplier yang terpercaya. 

4. Mempromosikan Brand

Selanjutnya seorang youtuber dapat mempromosikan brand orang lain pada videonya. baik itu brand produk ataupun brand perusahaan. Dengan demikian maka pundit-pundi penghasilanpun semakin meningkat. Beriknlah pelayanan yang terbaik untuk para klien, agar mereka bisa berlangganan ketika mereka merasa puas.  

5. Mempromosikan Toko Online

Jika mempunyai toko online, kita bisa mempromosikan toko online tersebut. Mempromosikan toko online melalui video youtube sangat powerfull. Kita bisa menjelaskan produk-produk kita secara detail dan mereka (penggemar) bisa langsung melihat produk yang kita punya, sehingga kepercayaan mereka semakin besar. 

6. Promosikan Bisnis

Jika mempunyai bisnis, ini adalah kesempatan yang sangat baik, dimana seorang youtuber bisa mempromosikan bisnisnya sendiri. Menurut mereka yang sudah berpengalaman, mempromosikan melalui video youtube akan menghasilkan penghasilan yang berlipat-lipat. Apalagi subscribernya berjumlah jutaan. 

Kenapa demikian? Karena kita mempunyai kesempatan yang sangat leluasa dalam mempromosikan bisnis yang kita miliki. Apalagi subscriber kita sudah sangat banyak. Semakin banyak subscriber maka semakin besar potensi penghasilan yang akan didapatkan. 

7. Review Produk

Cara selanjutnya adalah mereview produk orang lain. Jika orang sudah percaya dengan channel youtube kita, maka akan banyak mereka yang meminta direview produknya. Apalagi jika subscribernya sudah banyak, maka akan banyak juga yang mempercayakan produknnya untuk direview. Itu artinya penghasilan kita akan semakin meningkat. 

8. Mempromosikan Media Sosial

Jangan remehkan media sosial, jika mempunyai banyak follower tidak menutup kemungkinan kita akan menghasilkan uang dari media sosial tersebut. Misalnya saja instagram, kita bisa mempromosikan instagaram. Jika instagram kita mempunyai banyak follower, akan banyak orang yang endorse barang. Itu artinya penghasilan kita juga akan bertambah. 

Contoh berikutnya adalah fanspage facebook. Jika seorang konten kreator mempunyai fanspage facebook dengan liker (follower) yang banyak, tentunya dapat mempromosikan blog atau portal berita. Begitu pula jika mempromosikan twitter, kita mempunyai potensi penghasilan yang besar jika kita punya follower yang banyak. 

9. Mempromosikan Blog/Website

Jika kita mempunyai blog, kita bisa mempromosikannya melalui video youtube. Jika pengunjungnya banyak kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan seperti Adsense, MGID dan lain sebagainya. Tidak hanyak dari periklanan saja, kita juga bisa mempromosikan diblog kita bisnis afiliasi, produk dropship atau produk reseller. 

10. Menjual Merchandise

Cara lainnya adalah kita bisa menjual merchandise seperti kaos, hoodie, dan barang koleksi lainnya dengan mudah dan mendapatkan penghasilan dengan cepat. Untuk mengikuti layanan ini harus mengikuti syarat tertentu, yaitu harus mempunyai minimal 10.000 subscriber. 

Selain itu tidak melanggar pedoman youtube dan harus mengikuti YouTube Partner Program. Selain itu harus disetujui untuk monetisasi channel dan channel tidak diperuntukan bagi anak-anak. Jika untuk anak-anak, maka akan ada beberapa fitur yang dibatasi. Layanan saluran ini memang disediakan oleh Youtube secara khusus dengan syarat-syarat diatas. 


Selain mendapatkan penghasilan dari penjualan merchandise, YouTuber juga bisa menerima merchandise gratis dari vendor. Merchandise ini memang tidak berupa uang, tapi merupakan nilai barang yang diterima oleh youtuber biasanya cukup berharga. 

Kita bisa memanfaatkan basis penggemar yang kita miliki. Cara ini memang cukup ampuh untuk menghasilkan uang dari youtube, apalagi jika kita mempunyai subscriber yang aktif dan loyal. 

11. Jual video

Bagi Youtuber pemula dapat menjual video diwebsite penjualan video untuk mempromosikan channel kita. caranya cukup mudah yaitu dengan menyertakan bentuk teaser kemudian diarahkan pada akun channel Youtube kita untuk melihat lebih lengkap versi lengkapnya dari video tersebut. 

Selain cara diatas, bagi mereka yang sudah mahir dengan keahlian edit video, bisa menggunakan skill tersebut untuk menjadi editor freelance bagi mereka yang tidak mempunyai waktu untuk mengedit sendiri tapi channel youtube mereka sudah berkembang dengan baik. 

12. Memasang Media Iklan Selain Google Adsense

Untuk memasang iklan google adsense memang mempunyai persyaratan yang cukup rumit, itu bukan berarti kita tidak bisa memasang iklan lainnya. Selain iklan adsense, kita masih bisa memasang iklan alternatif lainnya. Iklan tersebut cukup popular dan bisa memberikan penghasilan seperti AdRev, VidGenX, dan Fullscreenmedia.

Dari beberapa media tersebut mempunyai persyaratan yang cukup mudah jika dibandingkan dengan google adsense. Misalkan saja VidGenX tidak mempunyai syarat minimum viewer dan tidak ada kontrak untuk memasang iklan. Syaratnya hanya mempunyai akun paypal sebagai sarana untuk pemabayaran komisi. 

13. Dapat uang melalui Patreon

Patreon adalah platform crowdfunding untuk para Youtuber/konten kreator. Dimana melalui website Patreon ini, para youtuber bisa melakukan penggalangan dana dari mereka para penggemarnya, hal tersebut dimaksudkan agar konten kreator dapat menghasilkan konten yang berkualitas. 

Dalam hal ini biasanya penonton mendonasikan uangnya dalam jumlah  yang kecil, misalnya saja US$ 1 atau sekitar Rp 15 ribu. Tapi jika ada ratusan sampai ribuan orang yang mendonasikan uangnya, maka uang tersebut lumayan untuk beli krupuk (he he he becanda). 

Sebagai timbal baliknya, YouTuber membagikan konten video yang eksklusif dimana hanya bisa diakses oleh fans yang telah menyumbangkan dana tersebut. 

14. Menjadi Pembicara

Jika kita sudah mempunyai banyak penggemar (subscriber), kita bisa memanfaatkan reputasi tersebut untuk menjadi pembicara (Live Speaking) diberbagai event. Tentunya hasilnya sukup menggiurkan, karena biasanya pembicara dibayar perjam setiap kali tampil disebuah acara. 

Untuk mencapai tahap ini yang diperlukan adalah subscriber yang banyak, video yang berkualitas dan penggemar yang cukup loyal sehingga interaksi dalam channel kita sangat memuaskan. Dengan demikian kepercayaan dari subscriber sangat besar. 

15. Channel Membership

Untuk menghasilkan uang melalui channel membership, penonton akan membayar biaya langganan sebesar 5$/bulan agar mendapatkan konten khusus (eksklusif). Dari total penghasilan yang didapat dari membership, Youtube akan mendapatkan 30 persen dan sisanya akan masuk kekantong para youtuber. 

Tetapi untuk fitur ini seorang Kreator bisa memanfaatkannya jika memenuhi syarat tertentu, yaitu mempunyai lebih dari 100.000 subscriber di Youtube. Oleh karena itu diperlukan perjuangan yang ekstra bagi para Youtuber untuk memanfaatkan peluang ini.

Itulah cara menghasilkan uang dari youtube tanpa mengandalkan adsense. Jadi adsense bukanlah segala-galanya, adsense hanya salah satu sumber yang kita dapatkan dari youtube untuk mendapatkan uang. Youtube memang mempunyai potensi yang sangat besar untuk mendapatkan penghasilan. 

Tetapi yang perlu kita ketahui adalah untuk mendapatkan semuanya memerlukan perjuangan yang besar pula. Jalan yang kita tempuh tidak selamanya mulus apalagi instan, semuanya membutuhkan proses dan perjuangan tanpa henti.  Konsisten, fokus dan mengetahui pola yang benar akan membuat kita bisa memetik hasil nantinya. 

Apalagi  semakin banyak yang menjadi youtuber karena tergiur dengan penghasilan yang akan didapatkan, maka semakin ketat persaingan yang akan dihadapi. Kita harus sabar untuk menjalani proses tersebut langkah demi langkah jika ingin berhasil dalam menghasilkan uang dari youtube. 

Walaupun subscriber belum ada, tapi kita harus tetap konsisten membuat video sesuai dengan kaidah yang ada. Jika video kita memang bermanfaat maka secara berlahan-lahan penggemar (subscriber) akan terus bertambah. Saat itulah maka pundit-pundi uang akan terus mengalir dan menginkat. 

Demikianlah artikel tentang cara menghasilkan uang dari youtube tanpa adsense. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi pencerahan bagi para youtuber untuk menghasilkan uang dari youtube. Kita harus berpikir fleksibel dan berkembang untuk bisa menghasilkan uang dari apapun itu termasuk Youtube. 
 




Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!