Jumat, 22 Januari 2021

Pengertian SEO Off Page Serta Manfaat dan Cara Kerjanya

Pengertian SEO Off Page



Untuk menjadi blogger yang mumpuni mau tidak mau kita harus belajar optimasi SEO, baik itu SEO On Page atau SEO Off Page. Kita harus mengetahui pengertian SEO Off Page lebih mendalam, agar kita bisa melakukan optimasi dengan baik.  Tentunya kita menginginkan blog kita bisa mendapatkan trafik yang banyak, salah satu caranya adalah dengan dengan optimasi SEO Off Page. 

Sebelum kita menerapkan SEO Off Page pada website kita, kita akan membahas terlebih dahulu pengertian SEO Off Page agar kita bisa menerapkannya pada blog kita secara optimal. Dalam penerapannya tentu kita harus menggunakan cara-cara yang baik atau setidaknya mengurangi spam pada saat optimasi SEO Off Page. 

Hal tersebut kita lakukan agar website kita tetap aman dari badai algoritma google atau sanksi dari google itu sendiri. Sehingga kita tetap bisa mempertahankan performa website kita dengan baik. Cara yang baik memang memerlukan waktu yang lama tapi “kekal”, sedangkan cara yang salah (melakukan spam) cenderung mendapatkan hasil yang cepat tapi mudah mendapatkan hukuman dari google. 

Pengertian SEO Off Page

SEO Off Page adalah proses optimasi sebuah website atau blog yang kita lakukan diluar dari halaman website itu sendiri. Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi website kita, misalnya seperti penyebaran backlink atau bahasa kerennya link building, lokal SEO, listing bisnis, google bisnisku, sosial media dan lain sebagainya.


Untuk membangun SEO Off Page tentu kita harus lebih berhati-hati, kita tidak bisa sembarangan melakukan aktivitas SEO Off Page. Karena jika kita ceroboh maka yang akan terjadi bukannya kita memenangkan persaingan dimesin pencari tapi malah mental jauh ke dasar yang paling dalam. 

Kita harus melakukan backlink yang memang benar-benar berkualitas, hal tersebut akan memberikan efek yang luar biasa dalam meningkatkan peringkat website kita dimesin pencari. Untuk membangun backlink yang berkualitas kita harus mencari DA dan PA yang lebih tinggi, backlink dofollow, website yang mempunyai trafik yang tinggi dan beberapa faktor lainnya. 

Selain itu kita harus melakukan SEO On Page terlebih dahulu. Kenapa demikian? Karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus membangun pondasi yang kuat terlebih dahulu. Melakukan SEO On Page adalah memberikkan pondasi yang kuat agar mesin mencari bisa mengenal kualitas dari blog kita. 

Setelah pondasi kita cukup kuat untuk memenangkan hati google, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aktivitas SEO Off Page untuk mengenalkan pada orang lain bahwa kita mempunya blog yang pantas untuk dijadikan rujukan edukasi. Salah satu fungsi dari SEO Off Page adalah aktivitas seorang blogger untuk mempopulerkan blog kita pada orang lain. 

Cara Kerja SEO Off Page 

Bagaimana cara kerja seo off page? Cara kerja SEO Off Page adalah melakukan semua kegiatan diluar website utama (Money Site). Kegiatan SEO Off Page yang sering dilakukan oleh para blogger ataupun praktisi SEO yaitu dengan menanam backlink sebanyak-banyaknya. Tentunya ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan.

Beberapa faktor penting tersebut diantaranya adalah menanam backlink di website yang mempunyai DA dan PA yang lebih tinggi dari website kita, memilih backlink yang dofollow, menanam backlink diwebsite yang memiliki trafik yang banyak dan lain sebagainya. Untuk lebih detail masalah ini bisa baca tentang backlink berkualitas. 

Beberapa hal diatas memang dianjurkan walaupun kita bisa menanam backlink diwebsite yang DA dan PAnya lebih kecil, asalkan tidak terlalu sering. Hal tersebut kita lakukan agar google juga tidak curiga bahwa kita sengaja optimasi website dengan menanam backlink dan tidak terlihat natural karena sengaja dilakukan. 

Begitu juga selain memilih backlink yang dofollow kita juga harus menanam backlink yang nofollow, karena diwebmaster tool google backlink dofollow dihitung juga sebagai aktivitas backlink. Hal tersebut juga agar terlhat natural, bukan karena sengaja kita lakukan. 

Tetapi dalam hal ini kita tidak boleh terlalu banyak melakukannya. Selain itu backlink nofollow juga untuk mendapatkan trafik yang banyak, karena banyak juga backlink yang dilakukan dengan backlink nofollow yang membawa trafik yang banyak. Banyak dari website bertrafik tinggi justru menjadikan link keluar mereka nofollow.   

Begitu pula menanam backlink ditempat yang sedikit pengunjungnya diperlukan, agar terlihat natural. Karena secara natural jika blog-blog yang pengunjungnya sedikit memang sering menjadikan blog besar sebagai referensi pembuatan konten. Jadi aktivitas backlink yang natural lebih disukai google dari pada backlink yang sengaja kita buat. 

Sebaik-baik backlink adalah backlink juice. Backlink juice adalah backlink yang terjadi secara natural, yaitu orang lain yang menjadikan permalink (URL) kita sebagai referensi dari website mereka. Itu artinya artikel kita dianggap google sebagai artikel yang berkualitas. 

Selain cara diatas, beberapa cara bisa kita lakukan yaitu seperti blog post, review, video, forum, pres release, social bookmark, backlink profile, web direktory dan lain sebagainya. Untuk masalah ini akan kita bahas dalam artikel yang lain yaitu tentang backlink yang berkualitas.

Cara lainnya adalah cara yang sangat efektif yaitu menggunakan backlink PBN (Private Blog Network). Cara ini terbukti sangat efektif untuk mendongkrak optimasi sebuah keyword agar bisa menang di search engine. Walaupun cara ini tidak dianjurkan, karena dilarang oleh google. 

Cara efektif dan ampuh lainnya adalah dengan membuat blog dummy atau blog zombie untuk mendongkrak peringkat website kita. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk optimasi blog. Tentunya kita harus bisa menghindari aturan google yang berkenaan dengan diversity link. Untuk membuat blog dummya kita bisa membuatnya di web.2. 

Jadi bisa kita simpulkan untuk cara kerja dari SEO Off Page ini adalah :
  1. Menanam backlink sebanyak-banyaknya
  2. Menanam backlink diwebsite yang berkualitas seperti DA dan PA yang tinggi, Trafik yang melimpah dan website yang dofollow
  3. Menanam backlink dengan strategi backlink seperti blog dummy/blog zombie, BPN, review, video, forum, pres release, social bookmark, backlink profile, web direktory dan lain sebagainya.
  4. Membuat listing bisnis, google bisnisku, membagikan disosial media dan lain sebagainya
  5. Tidak melakukan spam dan juga diversity link 
  6. Dan lain sebagainya 

Apa Manfaat SEO Off Page?

Manfaat dari SEO Off Page adalah untuk menyempurnakan optimasi SEO yang kita lakukan pada website. Jika seandainya website yang kita optimasi dengan SEO On Page belum menuai hasil maka kita harus memaksimalkan optimasi SEO Off Page agar website tersebut masuk di search engine. 

Tetapi jika sudah masuk mesin pencari, maka fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan peringkat website menjadi lebih baik lagi.  Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari SEO Off Page adalah untuk meningkatkan popularitas dari website atau blog kita. 


Semakin kita optimalkan kinerja SEO Off Page ini maka semakin mudah dikenal atau semakin bagus popularitas blog kita. Selain itu bisa juga untuk mengokohkan website kita pada peringkat google. 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa SEO Off Page adalah optimasi website yang kita lakukan diluar website. Langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menanam backlink dan juga cara-cara yang lain dengan berbagai macam strategi untuk meningkatkan rangking website kita. 

Manfaat terbesar dari SEO Off Page adalah untuk meningkatkan dan juga menyempurnakan SEO yang telah kita lakukan sehingga blog kita bisa kokoh dipencarian google dan menambah popularitas blog atau mengenalkannya pada banyak orang. 

Demikianlah pembahasan tentang pengertian SEO Off Page serta manfaat dan cara kerjanya. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga pencerahaan bagi teman-teman yang ingin mengoptimasi blognya. Lakukanlah dengan fokus, tekun dan konsisten supaya kita mendapatkan hasil yang optimal.  


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!