Minggu, 18 April 2021

6 Cara Optimasi SEO Off Page pada Website

Cara Optimasi SEO Off Page


Untuk menjadi seorang blogger yang pro (profesional) katanya, mau tidak mau kita harus ikut menggunakan SEO. Baik itu SEO On Page ataupun Off Page. Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas beberapa cara optimasi SEO Off Page yang lawas ataupun yang baru. Karena menurut saya yang lama pun juga perlu dilakukan.

Kenapa perlu dilakukan? Menurut pendapat saya, penerapan backlink dilakukan untuk mendapatkan trafik. Jika yang lama bisa mendapatkan trafik kenapa harus diabaikan. Contohnya saja backlink komentar yang sudah tidak efektif lagi. Saya pernah mendapatkan trafik yang lumayan dari backlink komentar. 

Salah satu penilaian dari google adalah ketika banyaknya klik yang masuk dan bounce ratenya rendah, oleh karena itu akan mendapatkan penilaian tersendiri untuk dimasukkan halaman pertama. Coba kita melakukan percobaan, buatlah artikel yang berkualitas dan bagikan di fanspage facebook (tertarget) dengan follower ratusan ribu. 

Maka kita akan melihat hasilnya, dalam beberapa jam ataupun hari artikel tersebut sudah bisa masuk halaman pertama. Dengan catatan sesuai dengan kaedah SEO On Page. Penilaian google pada artikel tersebut yaitu banyak disukai dan user experience-nya bagus. Jadi kita pakai metode lama ataupun baru dengan catatan harus sesuai dengan kaidah SEO On Page dan SEO Off page atau tidak melakukan spam. 


Sebenarnya SEO Off Page itu apa yang kita lakukan diluar halaman website, yang ujung-ujungnya backlink. Yaitu menautkan link kita diblog/website orang lain walaupun namanya sudah dibuat berbeda-beda. Tapi kita akan menjelaskan SEO Off Page terbaru dengan nama-nama yang baru tersebut. Biar admin dibilang blogger milenial atau blogger pro. Walaupun admin masih blogger receh. 

Apa itu SEO Off Page? 

Pengertian SEO Off page berarti optimalisasi yang dilakukan di luar halaman website. SEO Off page sendiri meliputi penyebaran link (membangun link) yang relevan ke halaman atau home page situs/blog  dan artikel orang lain di berbagai web yang di percaya oleh mesin pencari. Backlink berkualitas akan memberikan efek luar biasa dalam meningkatkan ranking di mesin pencari termasuk Google.

SEO Offpage adalah teknik SEO dengan mengandalkan faktor dari luar blog itu sendiri. Kegiatan inilah yang berdampak besar dalam meningkatkan posisi dari suatu website di mesin pencari atau SERP (search engine result page). 

Kita dapat membuat backlink dengan mendaftarkan blog / website kami ke berbagai website bookmark sosial atau direktori web, atau kita juga bisa memperoleh backlink dengan cara blogwalking ke blog / situs yang berkaitan dengan tema (category) blog/situs kita.

Pentingya Optimasi SEO Off Page

Mengapa Optimasi SEO Off Page dibutuhkan? Ketika kita membuat artikel yang berkualitas tetapi hanya mengandalkan pada keyword saja, maka kita tidak begitu beruntung dipersaingan untuk mendapatkan kemenangan dimesin pencarian termasuk google. 

Walaupun untuk update algoritma terbaru lebih mementingkan SEO On Page. Tapi jika kompetitor kita mempunya kekuatan penuh pada SEO On Pagenya tentu kita harus bisa menyerangnya pada bagian SEO Off Page.  

Oleh karena itu, cara optimasi blog menggunakan SEO Off Page adalah salah satu bagian dari pilihan terpenting yang harus kita optimalkan. Hal tersebut kita lakukan agar kita bisa bertahan dan juga tumbuh dengan baik di tingkat terbaik dari mesin pencari. 

Untuk mengetahui lebih lanjut betapa pentingnya SEO Off Page coba kita lihat hasil studi yang dilakukan oleh MOZ dan kawan-kawan. Studi ini bertemakan Search Engine Ranking Factors. Dimana Moz melakukan survey pada 150 pakar SEO dengan meminta pendapat dari mereka tentang 90 faktor lebih yang mempengaruhi SEO. 

Tidak hanya itu saja, Moz beserta timnya yang dipimpin oleh Dr. Matthew Peters, melakukan sebuah studi korelasi untuk menetapkan fitur website dan juga halaman website manakah yang berkaitan dengan peringkat dimesin pencarian. Dalam hal ini Moz bermitra dengan SimilarWeb, DomainTools, dan Ahrefs.

Dari penelitian (studi) tersebut, mereka mendapatkan beberapa kesimpulan. Salah satu dari hasilnya adalah SEO Off Page memberikan pengaruh lebih dari 50% dari faktor peringkat. Itu artinya bahwa SEO Off Page merupakan faktor terpenting dan kita harus melakukannya untuk mengoptimasi blog kita.  

Faktor Yang Mempengaruhi SEO Off Page

1. Page Authority dan Domain Authority

Faktor penting dalam melakukan SEO Off Page suatu blog yaitu dengan meningkatakn DA dan juga PA. Semakin besar DA dan juga PA maka semakin bagus juga penerapan dari SEO Off Page tersebut. Biasanya DA dan PA diukur dari skala 1 sampai 100. 

DA adalah otoritas suatu domain sedangkan PA adalah otoritas dari halaman atau artikel tertentu. Penilaian DA dan PA jika kita mengukur kerdibilitas atau ototirtas blog menggunakan MOZ, sedangkan untuk ahref kita menggunakan URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR). Jadi ketika mencari backlink atau ingin meningkatkan SEO Off Page, kita harus mempertimbangkan DA dan PA suatu blog.    

2. Dofollow dan Nofollow

Memang untuk optimasi SEO Off Page backlink dofollow lebih disukai google dari pada nofollow, tatapi semuanya diperlukan untuk memberikan kesan bahwa kita membangun backlink dengan cara natural. Tidak disengaja hanya untuk optimasi SEO belaka.


Selain itu kedua backlink tersebut juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk website kita. Backlink dofollow untuk menignkatkan optimasi website kita dimata mesin pencarian, sedangkan backlink nofollow untuk meningkatkan trafik dan juga brand blog kita.    

3. Anchor Text

Salah satu faktor yang mempengaruhi ranking blog kita dipencarian google adalah anchor text. Anchor text dengan keyword yang tertarget tentunya akan menghasilkan kualitas backlink yang lebih baik. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menggunakan sebaik mungkin teknik ini untuk meningkatkan kualitas SEO Off Page kita. 

4. Relevansi

Dalam membangun backlink yang berkualitas untuk optimasi SEO Off Page, salah satu faktor terpenting adalah relevansi. Selain itu, relevansi juga adalah salah satu teknik yang tak lengkang oleh badai algoritma google. Karena dari dulu teknik ini tidak pernah terkena badai algoritma google.

Oleh karena itu, dalam optimasi SEO Off Page kita harus memperhitungkan relevansi. Misalnya blog kita tentang teknologi maka kita harus mencari website yang berkenaan dengan teknologi untuk menanamkan backlink. karena backlink yang satu niche lebih berkualitas jika dibandingkan dengan berbeda niche.

5. Trafik 

Logikanya ketika kita mendapatkan backlink dari website yang mempunyai trafik yang melimpah, maka kita juga akan terkena dampaknya. Kita juga akan mendapatkan trafik yang meilmpah walaupun tidak sebanyak blog tersebut. Oleh karena itu yang perlu kita pertimbangkan ketika ketika mencari blog untuk backlink maka carilah blog yang mempunyai trafik yang melimpah. 

Untuk mengetahui tafik yang melinpah dari suatu blog/website kita bisa menggunakan ahrefs, selain itu kita juga bisa menggunakan tool statistik seperti histats dan sejenishnya. Dari tool tersebut kita bisa mengetahui trafik suatu blog, sehingga kita bisa mempertimbangkan untuk memdapatkan backlink dari website tersebut. 

Cara Optimasi SEO Off Page

Setelah kita mengetahui apa itu SEO Off Page dan betapa pentingnya untuk optimasi website kita, berikut ini akan kami jelaskan beberapa langkah cara optimasi SEO Off Page agar website kita mendapatkan ranking terbaik di mesin pencari google. 

1. Link Building 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah link building atau mendapatkan sebanyak-banyaknya backlink berkualitas untuk blog kita. Link building adalah salah satu teknik terpenting agar blog kita bisa dikenal bnayak orang, 

Karena link building/backlink tidak hanya sebatas SEO Off Page saja tapi bisa untuk membangun brand dari blog atau bisnis kita. Selain itu bisa juga untuk mengenalkan atau mempopulerkan blog kita dimata mesin pencari agar blog kita mendapatkan posisi terbaik dimesin pencari dan dikenal banyak orang. 

Dibawah ini ada beberapa cara untuk membangun backlink berkualitas (link Building), agar blog kita bisa mendapatkan posisi terbaik dimesin pencari. Adapun kegiatan untuk membangun backlink berkualitas adalah sebagai berikut :

Submit artikel ke Social Bookmarking
Setelah kita membuat artikel, langkah selanjutnya adalah membagikannya di situs social bookmarking, hal tersebut kita lakukan untuk mendapatkan peringkat di pencarian google, karena social bookmarking dapat membantu untuk meningkatkan SEO dengan cara mendapatkan backlink dari situs tersebut.

Submit blog ke Directory Submission. 
Directory Submission adalah salah satu tempat untuk mendapatkan backlink. Tugas kita hanya mendaftarkan dan menanam backlink diwebsite ditektori. kita hanya perlu berhati-hati saja, jangan menanam di situs direktori yang banyak melakukan spam, trafik yang sedikit dan tidak terlihat professional. 

Blogwalking Yang Relevan dan Tanpa Spam
Kita bisa melakukan blogwalking di internet. Caranya cukup simple yaitu dengan mengetikkan kata kunci yang kita targetkan, setelah itu kita berusaha untuk mencari celah berkomentar diblog yang berada dihalaman pertama sampai halaman lima. 

Selain itu kita bisa mencari blog yang berkualias tinggi baik dari trafik dan juga DA PA-nya, kemudian berkomentar disana maka kita pun akan memdapatkan dampak yang positif dari blog tersebut. Yang menjadi catatan adalah berkomentarlah yang relevan dengan isi artikel dan panjang, itu artinya kita membangun komunikasi yang baik dengan blog tersebut

Aktif Diberbagai Forum Tanpa Spam
Ingat kita harus aktif diforum-forum tersebut, berkomunikasi dengan mereka baik menjawab ataupun bertanya. Setelah kita cukup aktif, kita bisa meninggalkan jejak diforum terebut. Ada 2 cara mendapatkan backlink dari forum, dengan cara berkomunikasi dengan mereka dan dengan menerbitkan artikel kita.

Ketika menggunakan forum kita harus memperhatikan aturan mereka, jangan sampai kita melanggar aturan mereka atau melakukan spam diforum terssbut. yang mengakibatkan usaha kita sia-sia tanpa berpengaruh apapun terhadap blog kita.

Begitupun ketika kita menanam link harus relevan dan aktif berkomunikasi dengan mereka. Karena dengan demikian maka aksi yang kita lakukan terhadap mereka tidak dianggap spam dan merusak kredibilitas kita sebagai blogger. 

Posting artikel di kompasiana
Posting artikel dikompasiana dengan artikel yang berkualitas dan original. Pilihlah artikel yang menurut kita benar-benar berkualitas dan postingkan dikompasiana, kemudian kita bisa menanamkan link disana. Cara menanamkan link adalah dengan memakai anchor teks, jangan memakai link asli.

Dengan memakai anchor teks maka link kita akan terlihat alami. Kita bisa menerbitkan artikel utuh pada kompasiana, dirangkum atau juga diterbitkan 70% dari artikel kita dengan catatan tidak menggantung atau tidak jelas. Artikel tersebut tidak boleh sama (copas), harus berbeda baik itu direwrite, edit ataupun dispin. 

Buat video dan upload diyoutube
Buatlah video yang menarik dan unik. Kemudian upload diyoutube dan meletakkan link situs kita dibagian keterangan (deskripsi). Buatlah video yang berkualitas dan banyak dibutuhkan orang, kemudian buatlah semenarik mungkin agar video kita bisa menarik audiens untuk mengunjungi blog kita. 

Sebarkan artikel disosial media
Setelah kita membuat artikel, sebarkanlah artikel tersebut disosial media, sosial media yang biasa dipakai adalah facebook, twitter, linkedin dan juga pinterest. Jika kita mempunyai group atau setidaknya mengikuti group, kita bisa menyebarkannya digroup tersebut. Selain itu bisa juga mempostingnya difanspage kita. Perbanyaklah follower fanspage dan sesering mungkin mempostingkan artikel blog difanspage tersebut.

Hindari Spam
Hindari sebisa mungkin melakukan spam, karena spam hanya akan merusak reputasi blog kita. Spam bukanlah cara yang baik untuk mendapatkan pengunjung, bahkan sebaliknya melakukan spam akan merusak nama baik blog kita, baik ditempat kita melakukan spam ataupun oleh search enginer. Bahkan spam bisa mengakibatkan blog diblokir atau dibanned, masih banyak cara-cara baik lainnya yang bisa dilakukan dalam mempromosikan blog kita.

Guest Post (Posting Tamu) dengan Artikel yang Berkualitas
Posting tamu adalah dimana kita menuliskan konten yang kita terbitkan diblog orang lain dengan imbalan backlink yang mengarah ke blog kita. 

Guest post merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengenalkan blog baru pada orang lain. Tidak hanya soal mendapatkan backlink saja, tapi juga dapat meningkatkan reputasi blog kita. Guest post membantu kita untuk memperluas jangkauan audiens. 


Ketika kita mempunyai blog baru, hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan website kita. Walaupun artikelnya sudah banyak dan berkualitas bahkan mempunyai artikel 100 lebih pun tetap saja sepi. Dengan cara Guest Post bisa dikatakan cukup efektif untuk mendapatkan trafik kewebsite baru dan untuk meningkatkan ranking di google

Website Tanya Jawab
Carilah website Tanya jawab sebanyak-banyaknya, kemudian kita ikut berdiskusi disana dan menanmkan baklink. Yang perlu menjadi catatan adalah kita harus menenamkan backlink yang relevan dengan artikel kita. 

Selain itu jangan melakukan copas, tapi dibuat bahasa sendiri setelah itu baru menanamkan baklink. Karena jika kita melakukan copas maka kita akan melanggar aturan google yang berkenaan dengan duplikat konten, sehingga blog kita yang kita harapkan untuk mendapatkan ranking justru sulit akan masuk dipencarian google. 

Sebenarnya masih banyak cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, dalam artikel ini hanya dijelaskan 10 cara saja. Setidaknya ada 20 cara mendapatkan backlin berkualitas, jika temen-temen tertarik bias berkunjung di artikel ini

2. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan listing bisnis gratis dari google yang dapat kita pergunakan dengan sebaik-baiknya. Siapapun bisa mempergunakan termasuk para blogger. Layanan ini dapat meningkatkan SEO Off Page kita, terutama untuk SEO lokal. 

Adapun manfaat yang akan kita dapatkan adalah blog ataupun bisnis kita akan mudah muncul dipencarian google lokal. Selain itu, akan muncul juga di GoogleMaps, dan mempunyai kesempatan untuk muncul di kotak snack pack hasil pencarian Google. 

3. Review

Menurut laporan dari Moz, bahwa review menjadi faktor penting ketujuh pada SEO lokal. Itu artinya review mempunyai pengaruh yang penting untuk SEO Off Page untuk suatu website ataupun bisnis. 

Oleh karena itu semakin banyak kita mendapatkan review baik itu dari website mereka yang tertarik dengan website kita ataupun dari website-website review, maka SEO Off Page kita akan semakin bagus. Kita juga bisa mengadakan giveaway untuk memancing orang lain untuk mereview blog ataupun bisnis kita. 

4. Share di Media Sosial

Ada beberapa pendapat masalah ini, ada yang mengatakan media sosial temasuk faktor dari ranking dan berpengaruh pada SEO. Adalagi mastah yang mengatakan tidak mempegaruhi untuk masalah SEO Off Page. 

Tetapi disini akan saya jelaskan betapa pentingnya membagikan artikel kita dimedia sosial. Salah satu cara google untuk mempertimbangkan masuk dihalaman 1 google, yaitu CTR. Semakin bagus CTR suatu blog maka besar kemungkinan akan masuk dihalaman google. tentunya dengan mengikuti faktor lainya seperti, user experience (retensi), bounce rate yang rendah, artikel yang berkualitas dan lain sebagainya. 

Jika artikel kita dishare dimedia social kemudian banyak dibuka, dishare dan mendapatkan banyak klik atau dibaca orang lain. Apalagi artikel kita berkualitas, sehingga user experience semakin bagus tentunya itu akan mempengaruhi peringkat kita dimesin pencarian termasuk google.

5. SEO Lokal

Semakin hari SEO lokal ini semakin digemari oleh para blogger, apalagi mereka yang mempunyai bisnis lokal. Karena dengan menggunakan teknik ini bisnis yang mereka jalankan akan semakin dikenal dan mudah ditemukan dimesin pencarian google. 

Apalagi akses internet semakin mudah dan lancar, ditambah pengguna smartphone semakin banyak. Hal tersebut akan mempermudah orang untuk menemukan bisnis lokal yang mereka cari dan juga pemilik bisnis yang semakin berkembang bisnisnya. 

Berdasarkan hasil dari riset yang dilakukan oleh Google, sekurangnya 87% pengguna smartphone memanfaatkannya ketika diperjalanan. Kemudian 95% dari pengguna smartphone akan mencari informasi lokal dengan manggunakan aplikasi yang ada dismartphone mereka. 

6. Brand Awareness

Brand awareness atau pengenalan merek mempengaruhi perilaku konsumen terhadap produk kita. Karena kebanyakan orang akan lebih cenderung tertarik pada produk dengan merek yang sudah mereka kenal jika dibandingkan dengan produk yang belum mereka kenal. 

82% orang akan lebih memilih produk yang sudah mereka kenal dihasil pencarian, walaupun peringkat merek di dalam SERP google tidak begitu bagus. Itu artinya walaupun kita mendapatkan peringkat 6 besar di pencarian google, tapi kita akan mencapatkan lebih banyak klik dari pada website lainnya diperingkat atas. Hal tersebut disebabkan brand produk kita lebih dikenal orang. 

Itulah 6 langkah untuk optimasi SEO Off Page kita, seandainya saja tidak semua bisa kita lakukan tapi setidaknya ada beberapa yang bisa kita terapkan. Terutama teknik link building, karena itu adalah teknik yang sudah banyak dilakukan oleh para blogger dari jaman purba kala sampai milenial saat ini (ha ha ha).

Selanjutnya setelah kita membahas tentang cara optimasi SEO Off Page, dibawah ini akan kami bahas lagi lebih mendalam tentang link building/backlink agar kita dapat meningkatkan website kita lebih baik lagi. Adapun backlink yang diperlukan adalah backlink yang ideal. Dibawah ini akan dibahas apa itu Backlink Ideal :
  1. Berasal dari website yang satu tema dengan blog kita, bisa dikatakan berasal dari blog yang relevan dengan blog kita.
  2. Berasal dari halaman yang berpagerank tinggi
  3. Berasal dari halaman alexa 100.000 ke bawah
  4. Berasal dari halaman minim link keluar (tidak lebih dari 30 link pada halaman tersebut). Dengan low outbound links, backlink yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena link juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.
  5. Menggunakan anchor text yang kita kehendaki terutama dari dalam artikel yang ada pada konten blog lain, bukan dari komentar. Dari komentar juga tidak masalah yang penting relevan, tapi yang diutamakan adalah dari dalam artikel tersebut, karena terlihat lebih natural.
  6. Dari blog yang sudah berumur panjang, Kelebihan lain dari website berumur biasanya lebih cepat terindex oleh google.
  7. Dari blog yang mempunyai trafik tinggi, link yang berada di website dengan trafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih baik dari pada link yang berada di website dengan trafik rendah, karena link yang berada diwebsite yang mempunyai trafik tinggi akan lebih berpeluang mendapatkan klik lebih banyak.
  8. Link dofollow dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Agar tetap terlihat natural, disarankan dalam membangun backlink, hendaknya presentase dofollow dan nofollow Anda ada di angka sekitar 80 : 20 sampai 95 : 5. Jika semua backlink Anda dofollow saja maka akan terlihat tidak natural bagi search engine.
  9. One way links ke website kita jauh lebih baik dari pada two way links/link dua arah seperti model tukar link (link exchange). Alasannya simple, karena dengan one way link kita tidak perlu lagi mendapatkan link balik dari blog lain.
  10. Mendapatkan backlink yang ideal adalah ketika link diletakkan di dalam kalimat (contextual backlink)
  11. Backlink yang ideal juga bisa berasal dari link tidak berasal dari IP yang sama
  12. Link berupa link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage blog
Salah satu backlink berkualitas adalah backlink satu arah, adapun tehnik mencari backlink  satu arah adalah :
  1. Submit blog ke dofollow sosial bookmarking
  2. Letakkan link di forum dofollow
  3. Sebar link di iklan baris dofollow
  4. Submit blog ke blog directory
  5. Berkomentar di blog dofollow dengan komentar yang relevan (menyertakan link)
  6. Memberikan testimonial pada bisnis-bisnis online ataupun website yang menyediakan fasilitas ini.
  7. RSS Feed Directories, kita mensubmit feed blog ke situs yang khusus mempublikasikan RSS feed seperti Bloglines atau Feedage.
  8. Blogger Tamu. Anda bisa mendapatkan backlink satu arah dengan menulis artikel pada blog lain sebagai penulis tamu/blogger tamu.
  9. Buat Kontes. dengan mengadakan kontes maka blog kita akan mendapatkan backlink satu arah.
  10. Backlink dari website .edu dan .gov.
  11. Press Release. Carilah press release dan tanamkan backlink yang menuju pada blog kita
  12. Membuat Themes. ketika tema kita digunakan, maka akan menghasilkan backlink satu arah untuk blog kita.
  13. Beli review blog. Dengan membeli review kita akan mendapatkan backlink satu arah
  14. Beli Backlink. Begitu pula dengan membeli backlink kita juga akan mendapatkan backlink satu arah.
  15. Backlink dari Profil. Dapatkan backlink satu arah melalui profil kita di Google Profiles, Digg, Flickr atau Excite. Atau akun-akun anda yang lain
  16. Blog Dummy. Buatlah blog dummy baik diblogspot, wordpress, kompasiana atau lainnya.
  17. Link Bait. Anda harus mempunyai artikel yang benar-benar berkualitas dan original sehingga orang lain menjadikannya rujukan pada blog mereka dengan memasang link kita pada blog mereka.
Dalam seo hindari sebisa mungkin link yang keluar, karena tidak baik untuk kesehatan seo blog kita. Seandainya kita membuat artikel yang membutuhkan penempatan link yang banyak, buatlah link tersebut tidak aktif dengan cara blok link tersebut dan klik icon Sisipkan/sunting taut pada fasilitas posting artikel dan hapus link pada URLnya. Karena yang baik dalam seo adalah banyak link yang masuk dari pada keluar.

Dalam blogging diperlukan plugin seo, adapun beberapa pilihan plugin seo adalah plugin seo pressor, wordpress seo by yoast, all in one seo pack, plugin seo ultimate, seo friendly images, seo smart links, broken link checker, google xml sitemaps dan masih banyak plugin seo yang lain. Adapun plugin yang saya pakai adalah Wordpress Seo By Yoast dan broken link checker.

Untuk memakai plugin hindari plugin yang sama terlalu banyak, maksimal 2 saja. Jika terlalu banyak akan menyebabkan crash (tabrakan antar program), dan memberatkan blog kita. Pilihlah plugin seo sesuai dengan kebutuhan kita saja.

Demikianlah ulasan tentang cara optimasi SEO Off Page, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita yang sedang mempelajari SEO. Selanjutnya kita akan belajar apa itu SEO White Hat dan SEO Black Hat.
 
Sumber :
https://www.niagahoster.co.id/blog/optimasi-seo-off-page
https://projasaweb.com/seo-off-page
http://azzam10.blogspot.co.id/2012/04/cara-berburu-backlink-satu-arah-yang.html


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!