Rabu, 26 Mei 2021

Apa Itu Paparazi

Apa Itu Paparazi


Oke gaes kali ini kita akan membahas tentang apa itu paparazi? Tentunya kita sering mendengar istilah ini, baik itu ketika kita bergaul sehari-hari, dimedia sosial ataupun ditelevisi. Paparazi sendiri dianggap sebagai pekerjaan orang yang sedang membuntuti orang-orang terkenal. 

Mereka melakukan hal tersebut untuk memotret dan mencari informasi tentang selebriti ataupun orang ternama lainnya. Tentunya pekerjaan ini tidak mudah, karena mereka harus mengetahui semua pekerjaan selebriti tersebut. 

Pengertian Paparazi

Menurut Kamus Besar dan KBBI tentang arti paparazi : 

1. Paparazi : Juru foto bayaran yang memburu para selebriti

Sedangkan menurut Wikipedia.org arti paparazi adalah : 

Paparazi ialah istilah yang berasal dari bahasa Italia yang merujuk pada pekerjaan fotografer lepas yang sering membuntuti orang terkenal (ternama), agar dapat mengambil foto ataupun gambar dari orang tersebut tanpa disadarinya. 

Biasanya paparazi cenderung bekerja sendiri tanpa terikat dengan perusahaan ataupun media massa. Sedangkan pekerjaan mereka biasanya dianggap oleh selebriti sebagai pengacau. 

Baca Juga : Apa Itu Intermezzo

Adapun arti dari kata paparazi itu sendiri adalah “serangga berdengung” atau “nyamuk besar”. Kata tersebut diambil dari bahasa Sicilia, Italia.

Kata paparazzi sendiri sangat booming pada tahun 1960 sesudah launching film La Dolce Vita. Dua tokoh utama dalam film tersebut merupakan jurnalis. Sedangkan sutradaranya adalah Federico Fellini. Dalam film tersebut menggambarkan dua tokoh tersebut seperti serangga besar yang berdengung melayang, melesat, menyengat, dan tentu saja hal tersebut menganggu. 

Adapun kegiatan paparazi adalah memotret selebritis pada saat sedang berbelanja, hanya sekedar berjalan-jalan, berenang atau berada di pantai. Ketika mereka melakukan aksi yang berlebihan, dan mengambil foto yang tidak diinginkan dan mengganggu privasi, maka pada saat itulah mereka dianggap sebagai pengacau. 

Sedangkan foto-foto yang meraka hasilkan bisa juga dijual di media massa atau pihak-pihak yang membutuhkan foto tersebut. Seorang paparazzi biasanya bekerja sama dengan beberapa agen, media dan perusahaan lainnya. Seperti yang dikutip dari bbc.com bahwa seorang paparazi harus mengetahui dimana orang-orang terkenal bermukim. 

Baca Juga : Apa Itu Toleransi

Tidak hanya itu saja mereka mempunyai jaringan informan dalam bentuk apapun, misalnya supir, pelayan restoran, dan penjaga toko. Ketika mereka melihat selebriti di depan mata, maka mereka langsung menelpon atau memberitahukan informasi sesegera mungkin. 

Itu artinya untuk menjadi paparazzi tidak hanya skill fotografi yang dibutuhkan, tapi juga skill penyamaran tingkat tinggi untuk mendapatkan foto dan informasi target. Tentunya yang diperlukan adalah foto dengan kualitas terbaik. 

Terkadang juga petunjuk datang dari selebriti itu sendiri, misalnya dari unggahan foto dimedia sosial. Selebriti secara sengaja memberi tahu khalayak ramai (atau fotografer), sehingga fotografer datang untuk mengambil foto. 

Istilah paparazi ini terkadang juga dipakai oleh masyarakat biasa tanpa harus seorang fotografer, istilah tersebut dialamatkan pada mereka yang suka kepo dan juga stalking urusan orang lain. Hal tersebut hanya julukan intermezzo saja, bukan pada makna yang sebenarnya. 

Dampak Kehadiran Paparazi

Tidak selamanya paparazzi berdampak buruk, karena membongkar rahasia kelam para selebritas. Ada saatnya dimana beberapa momen tertentu, justru berdampak positif yang membuat artis atau selebriti semakin terkenal dan menjadi artis papan atas. 


Jadi bisa disimpulkan bahwa paparazzi adalah pekerjaan seorang fotografer lepas yang bertugas untuk mencari informasi orang-orang terkenal (ternama), untuk mendapatkan foto dan informasi secara diam-diam (rahasia).

Kemudian foto tersebut dijual pada media massa atau pihak-pihak yang membutuhkan foto. Mereka bekerja sendiri tanpa ada ikatan dengan siapapun. Pekerjaan mereka beresiko dibenci oleh orang-orang terkenal tersebut, tergantung dari foto dan informasi yang mereka dapatkan. 

Baiklah gaes itulah pemaparan tentang apa itu paparazi, mudah-mudahan temen-temen yang mencari informasi tentang informasi ini bisa menambah sedikit ilmu. Agar temen-temen tidak lagi kebingungan tentang apa itu paparazzi. 

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Paparazi
https://pekanbaru.tribunnews.com/2021/03/31/apa-sih-arti-paparazi-dalam-bahasa-gaul-sering-dialamatkan-untuk-orang-yang-suka-membuntuti?page=all
https://kumparan.com/lampu-edison/dari-mana-kata-paparazzi-berasal/full
https://www.katagaul.com/2019/10/arti-paparazzi-yang-sebenarnya.html

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!