Rabu, 30 Juni 2021

Cara Merubah File ISO Menjadi EXE

cara merubah file iso menjadi exe

Cara Merubah file ISO Menjadi EXE - Iso merupakan file arsip atau file image dari file- file yang berisikan data/informasi lengkap baik itu berupa struktur, sector, file sytem serta exe yang dapat diextrak menggunakan CD ataupun DVD yang akan menjadikan beberapa file tersebut sebagai file instalasi yang akan dimasukkan pada CD atau DVD. 

Tidak hanya bisa dimasukkan pada CD atau DVD, saat ini juga sudah bisa menggunakan Flash Disk dan juga Hardisk sebagai file instalasi. Terdapat beberapa software yang bisa merubah file Iso menjadi file exe antara lain Winzip, Winrar, Nero, Daemon Tools, dan Zip 7. Nah, selanjutnya kitalah yang menentukan software mana yang kita suka dan kita gunakan untuk mengekstrak file atau merubah dari iso ke exe. 

Dari beberapa software tersebut ada yang berfungsi merubah ISO menjadi EXE dari hardisk ke hardisk, contohnya adalah Winzip, Winrar dan Zip 7. Sedangkan Nero, Daemon Tools, Ultra Iso, dan Power ISO menjadikan file ISO ke EXE dari hardisk ke CD atau DVD. Adapun software yang dapat merubah dari hardisk ke flash disk adalah Wintoflash dan rufus. 


Jadi kita bisa menggunakan software sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita hanya ingin membuka atau mengekstrak dari hardisk ke hardisk kita bisa menggunakan Winzip, Winrar dan Zip 7. Jika kita membutuhkan file untuk instalasi bootable kita bisa menggunakan Nero, rufus atau wintoflash sesuai dengan kebutuhan kita apakah untuk bootable CD/DVD atau Flashdisk. Untuk tutorial Nero, Ultra Iso, Power Iso, Rufus dan WintoFlash akan dijelaskan dalam artikel berbeda.  

Biasanya yang digunakan untuk membuat file bootable adalah windows, baik itu menggunakan CD/DVD ataupun flash disk. Sedangkan file biasa ataupun software lainnya hanya menggunakan Winzip, Winrar dan Zip 7. 

Tujuan dari pembuatan file iso supaya file- file kita dapat terlindungi dan tidak terserang virus atau untuk backup serta dapat kita simpan dalam hardisk atau flash disk. Biasanya yang dijadikan format iso ialah file yang bootable tetapi tidak menutup kemungkinan software-software yang lain juga dapat dirubah menjadi iso, yang tujuannya adalah untuk melindungi file tersebut dari virus ataupun menjadikannya back up data saja.

Adapun caranya adalah burning ataupun back up file-file kita ke CD ataupun DVD berupa file yang berformat EXE. Untuk membuka atau membaca file ISO dapat memakai software  Winzip, Winrar dan Zip 7. Sedangkan untuk memburningnya dapat memakai software Nero. 

Sebaliknya untuk menjadikannya iso kembali dapat menggunakan PowerISO, Free ISO Creator dan juga menggunakan ultra ISO. Pada dasarnya fungsi dari file  berformat iso sama dengan file Winrar ataupun Winzip yang tujuannya adalah untuk mengarsipkan data-data ataupun file- file yang penting tetapi file iso tidak dapat mengompress data-data tersebut semacam winrar maupun winzip.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara merubah file iso menjadi exe yang tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan file (data), baik itu file-file yang terdapat dihasdisk ataupun di CD/ DVD. Karena bisa jadi sewaktu-waktu terserang virus yang ganas dan juga mematikan sehingga beresiko dan berbahaya yang dapat melenyapkan file/data kita ataupun CD/DVD hilang maupun tidak dapat terbaca lagi disebabkan tergores. 

Oleh karena itu file iso ini sangat baik buat penyelamatan file, karena file iso atau image tidak bisa terdeteksi atau dirusak oleh virus. Jadi file kita tetap aman walaupun komputer atau laptop terserang virus. 

Cara Merubah File ISO menjadi EXE dengan 7-Zip 

Cara yang Pertama adalah merubah format ISO menjadi EXE dengan 7-Zip. Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

1. Kita download terlebih dahulu aplikasi 7-zip : Download
2. Selanjutnya kita instal aplikasi tersebut 
3. Setelah terinstal kita cari file yang berformat .iso untuk menjadikannya format .exe
4. Selanjutnya klik kanan => pilih 7-zip => pilih Extrack To “Nama Berkas”.


5. Tunggu proses extrack file sampai selesai, jika sudah selesai kita klik folder yang baru saja terekstrak


6. Maka jadilah file Iso tersebut menjadi file yang berformat .exe


Seperti itulah cara merubah file ISO menjadi EXE menggunakan 7 Zip. Caranya cukup mudah bukan? Biasanya file yang kita ekstrak menggunakan 7 Zip, Winrar dan juga winzip adalah file berformat exe dan juga file biasa. Kita bisa ekstrak atau rubah ke hardisk dan bukan bootable. 

Cara Merubah File ISO menjadi EXE dengan Winrar 

Cara selanjutnya adalah merubah format ISO menjadi EXE dengan Winrar. Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

1. Kita download terlebih dahulu aplikasi Winrar : Download
2. Selanjutnya kita instal aplikasi tersebut 
3. Setelah terinstal kita cari file yang berformat .iso untuk menjadikannya format .exe
4. Selanjutnya klik kanan => pilih Extrack To Nama Berkas.



5. Tunggu proses extrack file sampai selesai, jika sudah selesai kita klik folder yang baru saja terekstrak


6. Maka jadilah file Iso tersebut menjadi file yang berformat .exe

Cara merubah file iso menjadi exe dengan winrar tidak jauh berbeda dengan menggunakan Zip 7. Kita hanya ekstrak seperti biasa dan file akan berformat EXE. Selanjutnya kita bisa menggunakan winzip untuk merubah file iso ke exe. 

Cara Merubah File ISO menjadi EXE dengan WinZip

Cara selanjutnya adalah merubah format ISO menjadi EXE dengan Winzip. Adapun caranya adalah sebagai berikut : 

1. Kita download terlebih dahulu aplikasi Winzip : Download atau Download disini
2. Selanjutnya kita instal aplikasi tersebut 
3. Setelah terinstal kita cari file yang berformat .iso untuk menjadikannya format .exe
4. Selanjutnya klik kanan => pilih Winzip


5. Kemudian pilih Unzip To Folder Alamat Berkas pada Drive. Untuk lebih jelas bisa lihat pada gambar dibawah ini. 


5. Tunggu proses extrack file sampai selesai, jika sudah selesai kita klik folder yang baru saja terekstrak



6. Maka jadilah file Iso tersebut menjadi file yang berformat .exe

Untuk tutorial cara merubah file iso menjadi exe, temen-temen bisa nonton video berikut : 


Adapun software-software yang dapat digunakan baik untuk mengekstrak ataupun berperan sebagai tool untuk membaca/membuka dan  menjadikan file- file ke format iso maupun kebalikannya kita dapat mendownloadnya dibawah ini:


Untuk merubah dari iso ke exe  : Bisa menggunakan winrar, winzip dan 7-zip, sudah ada link diatas
Anytoiso     : http://anytoiso.software.informer.com dan Power Iso

Untuk merubah dari iso ke CD/DVD  : 
Nero                 :  https://www.nero.com/deu/downloads/
Ultra Iso           https://www.ultraiso.com/download.html
Power Iso         http://www.poweriso.com/download.htm  

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara merubah file ISO menjadi EXE. Mudah-mudahan penjelasan ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk mereka yang ingin merubah data dari format ISO menjadi EXE. Sehingga data-data bisa terselamatkan dengan baik.

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!