Sabtu, 03 Juli 2021

Cara Download Video dengan IDM, Cepat dan Mudah dengan Segala Fitur Keunggulannya

Cara Download Video dengan IDM

Cara Download Video dengan IDM - IDM singkatan dari Internet download manager adalah program untuk bisa mendownload file-file yang ada diinternet, pertanyaannya adalah kitakan bisa mendownloadnya tanpa program, kenapa harus menggunakan IDM? 

Tentu saja bias! Tapi perlu menjadi catatan bahwa setidaknya IDM mempunyai tiga fungsi, diantaranya adalah mempercepat download dari biasanya, kedua adalah bisa mendownload video, ketiga dapat mendownload blog atau web secara keseluruhan.

IDM ini adalah perangkat buatan New York (Amerika Serikat) Selain untuk memepercepat download bisa juga untuk menyambung/resume ketika akses internet tersendat-sendat dan terputus-putus. 


Diantara file-file yang bisa didownload adalah video youtube, lagu mp3, file microsof word, pdf, aplikasi, winzip, winrar, program dan game. Program ini menempati posisi teratas untuk program yang sama dengan tampilan dan grafis yang sederhana sehingga terlihat menarik dan bersahabat. 

Apa Itu IDM (Internet download manager)

IDM atau Internet download manager adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi mendownload file-file yang ada di internet dan meneruskannya kembali jika terputus dengan suatu kendala. Software yang berasal dari New York, Amerika ini berhasil menempati posisi teratas untuk kategori software downloader, karena telah berhasil memaksinalkan kecepatan saat mengunduh file/data. 

Tampilan dan grais yang terlihat sederhana membuat IDM lebih bersahabat dengan para usernya. IDM didukung dengan fitur melanjutkan kembali (resume), yaitu download ulang berkas-berkas yang sebelumnya terputus akibat permasalahan teknis ataupun nonteknis. 

Selain itu IDM juga mempunyai fitur download cepat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan segmentasi berkas secara otomatis. Fitur lainnya adalah mempunyai kemampuan membagi data yang sedang kita unduh menjadi beberapa bagian terpisah, yang kemudian disatukan kembali setelah proses download selesai. Proses ini disebut sebagai multipart. 

Keunggulan/Kelebihan Software IDM

Software IDM mempunyai beberapakelebihan, bahkan software adalah software terbaik untuk software sejenis dengan segudang kelebihan yang ada. Adapun beberapakelebihannya adalah :

1. Pembagian file ketika download berjalan
Program ini mempunyai kelebihan untuk membagi file yang diunduh kebeberapa bagian, tujuh sampai delapan bagian dan setiap bagian sudah dibagi kecepatannya masing-masing dan akan menyatu lagi jika proses download selesai. 

2. Kecepatannya sampai 5 kali lipat dari download biasa. 
Kelebihannya yang lain adalah mendukung semua browser populer dan aplikasi Internet, diantara browser populer adalah Explorer, AOL, MSN, Mozilla, Netscape, Firefox, Avant Browser, dan banyak yang lainnya.

3. Kemampuan bersinergi/integrasi dengan aplikasi lain
Mempunyai kemampuan juga untuk bersinergi atau berintegrasi dengan aplikasi yang lain untuk bisa mengambil alih unduhan menggunakan fitur Advanced Browser Integration. 

4. Penggunaan yang mudah tanpa banyak prosedur
Memakainya juga tidak terlalu rumit untuk mendownload file, cukup satu kali klik saja maka file-file sudah bisa terdownload tanpa harus memakai prosedur-prosedur yang lainnya seperti mencari linknya kemudian dicopy dan dipastekan ke program tersebut.

Begitu juga pada video, ketika ada web yang menyediakan video aplikasi ini akan otomatis mendeteksinya sehingga muncullah fasilitas untuk mendownload dan Anda tinggal klik kemudian konfirmasi penyimpanan, kitapun bisa mengatur sendiri sehingga bisa langsung menentukan dimana kita harus menyimpanan datanya. 

Ini penting karena jika terjadi restart tiba-tiba sedangkan komputer tersebut memakai defreeze maka Anda aman karena sudah menentukan penyimpanan didrive atau diflashdisk. Demikian juga untuk situs youtube, ketika Anda membuka youtube maka akan ada  fasilitas download tinggal klik maka video akan terdownoad secara otomatis. 

5. Fitur pengamanan virus
Program ini mempunyai fasilitas pengecekan virus otomatis sehingga para pengguna aman dari virus dan Trojan, IDM secara otomatis melakukan pengecekan ketika download selesai sehingga para pengguna IDM tidak khawatir dengan virus-virus yang berkeliaran.


6. Pengkategorian file download
Selain dari hal-hal yang diatas program ini juga mempunyai kelebihan untuk mengkatagorikan pendownloadan, misalnya Anda mendownload program maka akan masuk pada folder programs, jika mendownload video maka akan masuk kedalam folder video sehingga kita mudah untuk melacaknya.

7. Fitur multi bahasa
Mempunyai multibahasa sehingga mudah untuk pengguna memakainya. Untuk mendownload program ini Anda bisa mengunjungi situs resminya : http://www.internetdownloadmanager.com, tapi jika Anda ingin mendownload dengan full version bisa googling digoogle. 

8. Fitur resume ketika download file
Ketika sedang mendownload file yang berukuran sangat besar, misalnya berukuran 5 Gb. Tiba-tiba ada masalah pada laptop kita, baik itu karena gangguan jaringan, ngeblank dan lain sebgainya. Maka ketika komputer sudah normal/nyala kembali dan kita ingin mendownload file yang terputus, maka file tersebut akan secara otomatis meresume download file yang lalu.  

9. Download file dengan jumlah banyak sekaligus
Ketika kita ingin mendownload file dalam jumlah banyak sekaligus, kita bisa memanfaatkan fitur queue atau bisa disebut juga sebagai antrian. Maksudnya adalah kita akan membuat banyak file yang didownload menjadi antrian untuk selanjutnya kita download satu per satu. 

Hal tersbut terjadi karena agar kecepatan download lebih tinggi dan juga stabil agar dapat mencegah adanya kegagalan nantinya jika koneksi menjadi lambat atau ada kendala lainnya. Itulah sebabnya kenapa tidak terdownload secara bersamaan. 

10. Download file secara berurutan
Kelebihan lainnya yaitu kita bisa mengurutkan file yang sedang didownload. Fitur ini bisa membantu kita untuk mengkategorikan file-file yang lebih penting atau file-file download sesuai ukurannya agar lebih mudah didownload. Misalnya kita download file yang lebih kecil terlebih dahulu, setelah itu baru file yang berukuran besar. Tentunya kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. 

Cara Download Video Youtube dengan IDM

Untuk menggunakan software ini cukup mudah, tampilannya (antarmuka) dari software IDM sudah didesain sedemikian rupa (semudah mungkin), agar kita mudah mengerti ketika menggunakannya.  


Walaupun demikian, mungkin beberapa orang yang masih merasa bingung ketika menggunakannya. Oleh karena itu, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan IDM di laptop ataupun di PC. 

1. Kita instal terlebih dahulu software IDM
2. Ketika kita membuka video maka secara otomatis akan muncul tombol download dari IDM. Kemudian kita klik tombol tersebut, akan tampil beberapa pilihan download dengan berbagai macam ukuran file.


3. Setelah itu kita bisa mengatur tempat penyimpanan file yang akan kita download. Selanjutnya kita klik Star Download


4. Maka secara otomatis proses download akan berjalan. Kita tunggu sampai selesai


5. Kemudian kita klik Close. Ini adalah contoh dari video youtube, untuk video-video dari website sejenis kurang lebih sama


Demikianlah penjelasan tentang cara download video dengan IDM. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan pencerahan pada teman-teman yang membutuhkan data-data dari internet. Dengan software IDM maka proses download akan cepat dan aman. Selamat mencoba!

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!