Selasa, 17 Juli 2018

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri yang Tinggi, Agar Yakin dalam Melakukan Tindakan Apapun

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Bagaimanakah cara menumbuhkan rasa percaya diri? Percaya diri merupakan perilaku positif seseorang orang yang memampukan dirinya untuk meningkatkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri ataupun terhadap lingkungan sekitar ataupun kondisi yang dihadapinya. 

Dimana seseorang merasa mempunyai kompetensi, percaya, sanggup serta yakin kalau ia mampu sebab didukung oleh pengalaman, kemampuan aktual, prestasi dan harapan yang realistik terhadap diri sendiri.

Percaya diri ialah salah satu aspek kepribadian yang sangat berarti dalam kehidupan manusia. Orang yang Percaya diri percaya atas kemampuan mereka sendiri dan mempunyai harapan yang sesuai dengan realitas, bahkan disaat harapan mereka tidak dapat terwujud, mereka senantiasa berpikir positif serta bisa legowo menerimanya.

Apa Itu Percaya Diri?

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling( 2005: 87), percaya diri merupakan keadaan mental ataupun psikologis diri seorang yang berikan keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat ataupun melaksanakan suatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri mempunyai konsep diri yang negatif, kurang yakin pada kemampuannya, sebab itu kerap menutup diri.

Percaya diri bisa dimaksud bahwa sesuatu keyakinan akan kemampuan sendiri yang memadai serta sadar akan kemampuan yang dipunyai bisa di manfaatkan secara tepat. Psikolog W. H. Miskell di tahun 1939 sudah mendefinisikan makna percaya diri dalam bukunya yang bertuliskan “Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.” 

Tidak lain halnya psikolog ultra tersohor maslow yang mengatakan “Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan aktualitas diri.


Dengan percaya diri maka seseorang akan mampu mengenal dan memahami dirinya sendiri. Sementara itu, kurang percaya diri justru akan menghambat pengembangan potensi yang ada pada diri sendiri. Jadi orang yang kurang percaya diri akan menjadi seseorang yang pesimis dalam menghadapi tantangan, takut dan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan, serta bimbang dalam menentukan pilihan dan sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain"

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri bisa berlaku untuk seluruh aspek kehidupan, semacam bersosialisasi, bisnis, berpolitik, berkarir serta lain sebagainya. Ada pula metode buat meningkatkan kepercayaan diri merupakan:

1. Rileks

Rilekslah dalam bersikap jangan terlalu formal, bila bersikap terlalu formal maka akan menyempitkan pemikiran kita dan akan menjadikan situasi kaku. Dengan bersikap rileks, apa yang sedang dialami maupun dikerjakan akan berjalan dengan kondisi yang santai serta tenang tanpa adanya ketegangan.

2. Lupakan standar yang ditetapkan orang lain

Lakukanlah suatu yang sesuai dengan standar yang kita miliki, jangan mengikuti standar orang lain. Orang lain mempunyai nilai yang berbeda, serta sekeras apa pun berupaya, kita tidak akan bisa memuaskan semua orang. Jangan takut bila orang-orang menyebut kita gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, maupun istilah lainya.

Tetaplah pada standar yang kita miliki, bukan pada standar yang dipunyai oleh orang lain. Tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita kecil tetapi lincah serta pintar, gendut tetapi pintar, membosankan tetapi kreatif serta lain sebagainya.

3. Memperbaiki penampilan

Perbaikilah penampilan, karena yang sesungguhnya dilihat oleh orang lain pertama kali ketika berkenalan. Selanjutnya yang akan dilihat adalah perilaku (sikap) dan karakter (kepribadian) diri, tetapi penampilan pula dibutuhkan agar terlihat lebih baik, supaya orang dapat tertarik memandang penampilan kita.

Jagalah penampilan yang menarik bukan norak serta berlebihan, potonglah rambut yang cocok dengan selera tetapi tidak aneh, pakailah pakaian yang cocok tidak disobek-sobek( he he he jangan terlalu serius), serta pakailah atribut lain sewajarnya saja.

4. Memperbaiki diri

Perbaikilah diri kita, baik dari segi karakter, perilaku (sikap), kepribadian serta lain sebagainya. Demikian pula menggali bakat, skill serta keahlian supaya jadi manusia yang hebat. Dengan perbaikan tersebut seorang akan jadi individu yang lebih baik lagi, selain itu akan menumbuhan rasa percaya diri.

5. Senantiasa Berpikir Positif

Dengan berpikir positif kita ketika melaksanakan suatu tanpa beban pikiran, maka akan tumbuh rasa percaya diri. Oleh sebab itu hilangkanlah pemikiran-pemikiran negatif yang terdapat pada diri. Kembangkan pikiran- pikiran positif yang bisa mempengaruhi aksi agar jadi individu yang lebih baik lagi.

6. Tiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan

Janganlah minder bila memandang orang lain memiliki kelebihan, sebab dibalik kelebihannya ia tentu memiliki kekurangan. Demikian juga kebalikannya jangan minder dengan kekurangan kamu sebab dibalik itu kita memiliki kelebihan. Jalani saja apa yang dapat kita jalani serta kerjakan yang terbaik.

Artikel Terkait : Cara Mengembangkan Sikap Mental Yang Baik

7. Coba dan lakukan

Coba saja apa yang hendak kita lakukan, dan jalani apa yang mesti kamu jalani. Siapa tahu kita memperoleh apa yang kita mau. Bila gagal itu artinya kita merupakan orang yang mempunyai keberanian untuk mencoba, berbeda dari orang lain yang cuma jadi penonton.

Lakukan yang terbaik menurut kita, sepanjang itu memanglah pekerjaan yang baik maka kita tak perlu khawatir dengan apapun, aksi yang baik tidak membahayakan siapapun termasuk diri kita sendiri.

8. Tempatkanlah malu pada tempatnya

Jangan salah dalam menempatkan malu pada tempatnya, bila mencuri tidak merasa malu, bila melanggar hukum dikatakan keren, tetapi bila melaksanakan kebaikan kita merasa malu semacam membuka bisnis serta berbuat kebaikan-kebiakan yang lain. Bila tidak dapat menempatkan malu pada tempatnya maka kita akan merasa minder dalam melaksanakan hal- hal yang baik.

9. Menjadi diri sendiri

Tiap orang telah diberikan oleh Tuhan kekurangan dan kelebihan, tidak perlu minder dengan kekurangan kita. Jadilah diri sendiri dengan melaksanakan yang terbaik, sebab orang lain belum tentu lebih baik dari kita. Kita yang mengetahui apa yang terbaik buat kita, oleh sebab itu jalani yang terbaik serta perbaiki diri dan meningkatkan diri untuk jadi lebih baik.

10. Tonjolkan kelebihan

Untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri maka tonjolkan kelebihan yang kita punya, sebab dengan demikian, kita akan yakin dengan keahlian diri kita sendiri. Tidak merasa minder sebab kita juga memiliki kelebihan seperti orang lain yang memiliki kelebihan.

11. Bergaul dengan orang yang PD (Percaya Diri)

Perbanyaklah bergaul dengan orang yang mempunyai rasa percaya karena kita akan tertular olehnya, sebab tingkah laku yang baik umumnya menular pada orang lain. Begitu pula kebalikannya, tingkah laku yang kurang baik pula dapat menular. Ambil hal-hal yang positif dari mereka dan saling bertukar pikiran serta nasehat yang baik.

12. Bebas berpikir dan berekspresi

Janganlah kungkung pemikiran kita dengan pemikiran-pemikiran yang tidak bermanfaat, berpikirlah positif serta perihal yang baik- baik saja. Demikian juga kerjakan suatu sesuai dengan kemauan kita sepanjang tidak melanggar hukum, kita bebas berekspresi sepanjang tidak membuat orang lain rugi serta melanggar hukum.

13. Belajarlah dari kesalahan

Belajarlah dari sebuah kesalahan, supaya kedepannya jadi lebih baik lagi. perbaikilah diri sebab perihal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri. Rasa percaya diri kita bisa jadi tertutup oleh ketakutan untuk mengulang kesalahan yang sempat dilakukan di masa lalu.

Buat menanggulangi perihal ini, kita harus belajar lagi dari kesalahan- kesalahan tersebut sehingga tidak terulang kembali di masa yang datang.

Artikel Terkait : Motivasi dan Disiplin Diri

14. Bersyukur atas apa yang kita miliki

Minder dengan kekurangan cuma akan menghancurkan keyakinan pada diri sendiri, bersyukurlah atas apa yang sudah Tuhan bagikan. Tidak ada yang sempurna didunia ini, yang perlu kita lakukan ialah melaksanakan yang terbaik buat diri kita serta terus meningkatkan keahlian yang terdapat pada diri kita.

Demikianlah ulasan tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri, percaya diri memanglah berarti untuk kita dalam segala hal. Karena dengan percaya diri kita dapat melaksanakan suatu tanpa adanya rasa minder yang dapat membatasi jalannya kesuksesan yang hendak kita raih.


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!