Senin, 09 Agustus 2021

Tutorial Merekam Layar PC/Laptop Menggunakan Aplikasi Active Presenter

Aplikasi Active Presenter

Baiklah pada artikel kita kali ini akan membahas tentang tutorial merekam layar laptop dengan aplikasi Active presenter. Aplikasi Active presenter merupakan salah satu aplikasi untuk merekam layar PC/laptop. Selain untuk merekam/record layar desktop, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit video seperti mempercepat, memotong, menggabungkan video.  

Atomi ActivePresenter atau aplikasi active presenter adalah aplikasi untuk windows yang dapat menangkap (merekam) bagian tertentu atau bahkan semua layar laptop dengan kualitas video yang mumpuni. Kita bisa membuat video dengan resolusi yang tinggi dan juga durasi yang lama. 

Format yang digunakan oleh aplikasi ini ialah MP4, AVI, FLV, WMV, MKV dan WebM. Kita bisa setting ketika ingin merekam video pada bagian Frame rate/FPS, Video Size, Quality (kualitas video). Adapun pada audionya yang dapat kita setting adalah pada bagian Sample rate dan juga bit rate dengan ukuran yang maksimal. 

Tutorial Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi Active Presenter 

Baiklah selanjutnya kita akan membahas tentang tutorial record/merekam layar laptop dengan aplikasi Active presenter. Cara menggunakan aplikasi Active presenter cukup mudah untuk dipelajari dan menunya juga sudah bisa dikatakan lengkap.

1. Sebelum melakukan aktivitas rekaman pada layar, kita download terlebih dahulu aplikasi Active presenter
2. Setelah itu kita instal aplikasi Active presenter
3. Kita buka aplikasi active presenter dan pilih Record Video seperti yang telah ditunjukkan gambar dibawah ini


4. Pada bagian Capture Area ada dua pilihan, yaitu Full Screen dan Custom. Full Screen untuk merekam layar secara keseluruhan dan Custom untuk menentukan pilihan sesuai dengan keinginan kita seperti yang ada pada gambar. Klik pada panah segitiga dan tentukan lebar layar yang akan kita gunakan. 


5 Pada bagian Audio & Webcam kita bisa mengaktifkan webcam dengan mengklik icon webcame


6. Kemudian selanjutnya kita bisa mengatur audio, karena tersedia audio dalam (internal) dan juga luar. Audio internal menggunakan Record System Audio. Ketika kita ingin merekam suara dari dalam laptop/PC maka kita bisa mencentangnya, jika tidak kita bisa menghilangkan centangnya. Begitu pula audio luar kita bisa menggunakan Microphone


7. Sebelum kita mulai merekam layar kita bisa mengatur kualitas video yang akan dihasilkan nantinya. Caranya adalah klik pada bagian pengaturan yang ditunjukkan oleh tanda panah, kemudian pilih Recording Settings 



8. Selanjutnya pada bagian Audio & Video kita bisa menentukan pada Video Settings

  • Video Codec : kita bisa memilih H.264/MPEG-4 AVC atau biarkan secara default
  • Frame Rate : isi dengan angka 60, untuk kualitas yang bagus saat ini frame rate menggunakan 60
  • Quality : pada bagian ini pilihah maksimal pada 100 
Selanjutnya pada bagian Audio Settings tentukan seperti ini : 
  • Audio Codec : Pilih saja MP3
  • Sample Rate : 48000 Hz
  • - Channels : Stereo
  • - Bit Rate : 256 Kbps
Pada bagian Audio Settings kita bisa menentukan : 
  • Video Codec : H.264/MPEG-4 AVC
8 Pada tab Hotkeys kita bisa menentukan sendiri sesuai dengan keingingan kita atau kita biarkan saja secara default. Kemudian klik Save


9. Setelah selesai pengaturan seperti diatas klik tombol merah (tombol record)


10. kita bisa menghentikan rekaman (record) dengan cara mengklik hotkeys yang telah kita tentukan. Bisa juga dengan mengklik icon aplikasi active presenter pada bagian taskbar dan bisa memilih seperti pada gambar dibawah ini. Pause Recording untuk mempause rekaman layar PC, Stop Recording untuk menghentikan rekaman dan Discard Recording untuk membatalkan rekaman. 


Selain dari tutorial diatas temen-temen bisa menonton videonya secara lengkap dibawah ini : 


Demikianlah tutorial merekam layar PC/Laptop menggunakan aplikasi active presenter. mudah-mudahan tutorial ini bisa membantu temen-temen yang ingin membuat video menggunakan aplikasi active presenter. Selamat mencoba!

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!