Rabu, 11 Agustus 2021

Inilah Bisnis Online Yang Menjanjikan Bagi Pemula, Siapapun Bisa Menjalankannya


Oke gaes pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bisnis online yang menjanjikan untuk pemula. Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang tidak bisa di sepelekan begitu saja, dan bahkan bisnis ini sangat menggiurkan. Faktanya bisnis ini telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi setiap orang tanpa memandang usia, pendidikan, dan juga status.

Banyak yang sudah membuktikan dan telah sukses dengan mengandalkan bisnis online, diantaranya adalah Yasha Singgih pemilik Man Republic, Rico Huang yang sukses dengan pasukan Alona dan Dropshipaja, bahkan kakak beradik Intan Atina, pemilik Vanilla Hijab berhasil memperoleh pendapatan (omset) miliaran rupiah melalui Instagram.

Dengan bisnis online mereka telah berhasil membuktikan bahwa bisnis online dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan dan membuka lapangan kerja baru bagi orang lain, tentunya hal tersebut menjadi pembuktian tersendiri bahwa bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Pada umumnya orang yang baru memulai bisnis online bingung tidak tahu harus mulai dari mana, tapi tenang saja disini kita akan sama-sama belajar bagaimana memulai bisnis online yang menjanjikan. Biasanya pertanyaan yang membuat bingung adalah tidak tahu harus memulai dari mana, apa yang harus di jual, dimana tempat penjualan yang efektif dan banyak problem lainnya.

Padahal sebenarnya jika telah di jalankan, bisnis online yang terlihat asing akan terasa mudah dan menyenangkan. Asalkan kita tahu cara menjalankannya dan tidak asal dalam melakukannya. Dalam artikel ini, kita akan belajar bersama mengenai seluk beluk bisnis online yang menjanjikan dan mencoba menjawab pertanyaan yang mungkin selama ini belum kita dapatkan

Pada dasarnya berbisnis online yang menjanjikan terbilang susah-sudah gampang, ada beberapa pola atau metode yang harus dilakukan agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Yang perlu dilakukan dalam bisnis online adalah fokus, sabar, tekun dan terus konsisten. Fokus belajar dan melakukan bisnis yang sedang kita dalami, fokus dengan bisnis yang kita jalani akan mempercepat keberhasilan dari bisnis yang kita jalani.

Sabar tidak mudah menyerah walaupun mengalami beberapa kegagalan. Karena pada hakekatnya bisnis online adalah proses belajar menemukan pola/cara yang tepat untuk mendapatkan penghasilan yang optimal. Oleh karena itu sabar sangat berperan penting dalam mencapai keberhasilan.

Kita juga harus tekun untuk terus melakukan step by step tanpa harus memperdulikan kebosanan yang sering menghinggapi diri kita. Teruslah berusaha sekuat tenaga sampai ada hasil yang maksimal. Begitu pula harus tekun tanpa mengenal kata menyerah, soal gagal adalah soal proses yang sedang berjalan. Konsisten akan mengajarkan kita proses yang baik step by step sampai menemukan jalan yang benar. 

Bisnis Online yang Menjanjikan Bagi Pemula

Ada beberapa model bisnis online yang bisa kita jalankan dan sangat menjanjikan jika kita jalani dengan serius dan konsisten. Adapun bisnis-bisnis tersebut adalah :

1. Dropshiper

Dropshiper adalah istilah untuk orang yang menjual barang/produk menggunakan sistem dropship. Secara sederhana sistem dropship adalah sistem transaksi melalui perantara di mana seorang  dropshiper adalah perantara yang memiliki tugas mempertemukan konsumen kepada produsen.

Seorang dropshiper ini hanya mempunyai tugas untuk memasarkan produk, sedangkan untuk pengepakan, pengiriman barang di atur oleh sang pradusen/supplier. Ketika barang sampai ke konsumen, nama pengirim yang dipakai adalah nama dropshiper.

Yang berhubungan langsung dengan konsumen adalah dropshiper, sedangkan supplier/produsen tidak berhubungan sama sekali dengan konsumen. Sedangkan keuntungan ditentukan oleh dropshiper setelah supplier memberikan harga diskon pada dropshiper. Model bisnis ini cocok untuk pebisnis online yang mempunyai modal sedikit atau bahkan tidak ada modal sama sekali.

Tugas seorang dropshiper adalah hanya mempromosikan produk saja dan memikirkan strategi marketing lainnya agar barang yang dijual bisa laris manis. Tidak perlu lagi pusing memikirkan modal dan pengiriman barang, karena semuanya sudah menjadi tugas seorang supplier. Bisnis online model ini adalah salah satu bisnis online yang menjanjikan, karena keuntungannyapun cukup besar. 

2. Reseller

Reseller (Pengecer) adalah orang-orang yang menjual ulang produk orang lain. Artinya mereka tidak mempunyai produk sendiri, mereka hanya mencari dan membeli produk dari orang lain dan menentukan harga jual sesuai dengan pasar atau ada juga yang ditentukan oleh supplier (tempat mereka mengambil barang).

Tugas seorang reseller hampir sama dengan dropshiper, yaitu mempromosikan produk yang sudah mereka beli. Tapi perbedaannya adalah seorang reseller menyediakan stok dan juga melakukan pengiriman barang pada konsumen.

Untuk bisa sukses dalam 2 model bisnis ini adalah bagaimana caranya kita mencari produsen/supplier yang memang benar-benar amanah dan terpercaya. Respon yang cepat, produk yang berkualitas dan pelayanan yang maksimal. Dalam 2 model bisnis online  ini dianjurkan dalam mencari supplier yang tepat. Salah satu supplier yang saya rekomendasikan adalah Fastpay, Dusdusan, dan Sophie Paris.

Sedangkan tempat penjualan sangat banyak, kita bisa mencari marketplace diantaranya adalah bukalapak, tokopedia, shopee dan lazada. Selain marketplace bisa juga berjualan di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan juga bisa melalui toko online.

3. Blogger

Bisnis online yang menjanjikan lainnya adalah menjadi seorang blogger. Bagi siapa saja yang mempunyai keahlian dalam menulis bisa mencoba keberuntungan ini, jika blog sudah mempunyai pengunjung yang banyak maka hasilnyapun akan berlimpah. Bahkan penghasilannya akan berlimpah ruah.

Mempunyai blog tidak harus ahli dalam menulis, kita bisa sekalian belajar sambil jalan. Ketika  posting artikel diblog  saat itu juga memperbaiki kekurangan kita dalam menulis. Seiring berjalannya waktu keahlian kita akan terasah dan akan menjadi orang yang ahli dalam menulis.

Kita menghasilkan uang dari iklan afiliasi, PPC, review, jualan produk dan lain sebagainya. Jika kita mengikuti afiliasi kita bisa memasangnya diblog kita. Begitu pula jika kita mempunyai produk, bisa memajangnya diblog kita. Baik kita sebagai dropshiper ataupun reseller.

4. Youtuber

Pada saat ini jaman milenial profesi sebagai youtuber adalah profesi yang banyak diminati. Banyak yang sudah menjadi youtuber. Tentunya tidak bisa sembarangan menjadi youtuber. Selain keahlian dibidang edit video keahlian yang lain juga kita butuhkan. Jika kita ahli dibidang tertentu kita bisa bagikan diyoutube.

Penghasilan yang akan kita dapatkan dari youtube adalah dari iklan adsense. Sebenarnya penghasilan dari youtube tidak hanya dari adsense saja tapi dari berbagai macam sumber. Kita bisa menghasilkan dari endorse, review produk, afiliasi, jualan produk dan lain sebagainya.

5. Affiliater

Kita juga bisa berbisnis online dengan sistem afiliasi. Afiliasi adalah kita menjualkan produk orang lain berupa digital, produk fisik atau produk lainnya kemudian kita akan mendapatkan komisi dari pemilik bisnis jika terjadi penjualan.

Untuk mendapatkan penghasilan dari afiliasi adalah dengan cara beriklan diblog, disosial media, forum dan lain sebagainya. Semakin banyak pengunjung blog maka potensi penghasilan kitapun semakin besar. Oleh karena itu kita bisa mengoptimalkan blog yang kita punya.

6. Freelancer

Freelancer adalah orang yang kerja paruh waktu sesuai dengan keahlian yang ia miliki. Untuk menjadi freelancer kita harus menguasai satu keahlian, kemudian kita join disalah satu website freelancer yang banyak tersedia diinternet.

Kemudian jika ada orang yang membutuhkan freelancer sesuai dengan keahlian kita, kita bisa mengajukan diri untuk mengerjakannya. Jika memang kita disetujui maka kita bisa mendapatkan bayaran sesuai dengan pekerjaan dan bayaran yang dijanjikan.

Selain dengan sistem diatas, kita juga bisa bekerja paruh waktu dengan mempromosikan diri atau mencari pekerjaan sesaui dengan keahlian yang kita punya. Caranya bisa dipromosikan disosial media atau membuat blog secara khusus untuk menerima pekerjaan sesuai dengan keahlian kita.

7. Marketplace

Marketplace selain untuk berjualan bisa juga menjadi ladang kita untuk meraup keuntungan. Caranya adalah kita menjadi dropshiper dan reseller kemudian produknya kita jual dimarketplace. Jika kita mengetahui pola dan dan cara yang benar maka kita bisa menghasilkan penghasilan yang berlimpah dari marketplace.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan yang  bisa kita jalankan dan mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Kita bisa menilai, memilih dan menetukan mana bisnis online yang bisa kita kerjakan atau yang memang cocok dengan kita. Yang menjadi catatan penting adalah fokus, sabar, tekun dan konsisten.

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!