Selasa, 17 Agustus 2021

Tutorial Cara Menggunakan Bandicam Untuk Merekam Layar Laptop/PC

Tutorial Bandicam

Pada pembahasan kita kali ini akan membahas tentang tutorial/cara menggunakan bandicam. Bandicam Screen Recorder adalah software/aplikasi untuk rekam layar laptop yang mudah dipakai, baik untuk merekam layar penuh ataupun area tertentu. 

Aplikasi bandicam dapat digunakan untuk merekam aktivitas apapun dari layar laptop, misalnya merekam video, game, presentasi dan lain sebgainya. Adapun kualitasnya sudah tidak kita ragukan lagi.  

Dengan software/aplikasi bandicam membuat video apa saja menjadi mudah dan cepat serta mempunyai kualitas sangat baik. Dalam aplikasi bandicam tersedia beberapa mode, diantaranya adalah Screen recording mode, Gaming mode (mode permainan) dan Device recording mode. 

Dengan beberapa mode diatas maka proses perekaman layar dapat berjalan dengan optimal. Kelebihan dari aplikasi bandicam diantaranya adalah dapat merekam layar tertentu, layar penuh dan bahkan bisa mengatur layar sesuai dengan kebutuhan. 

Adapun fitur-fitur yang bisa kita nikmati yaitu bisa mengatur jenis-jenis kursor, menggunakan wabcame dengan mengatur penempatannya dengan bebas, dan bisa untuk screenshot gambar/foto sesuai dengan kebutuhan. Agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam perekaman kita dapat mengatur kualitas video, FPS, bitrate, Frekuensi, jenis audio (channel), dan lain-lain. 

Sedangkan format aplikasi bandicam yang digunakan ialah : Merekam layar kotak (AVI, MP4) dan Merekam DirectX/OpenGL (AVI, MP4). Untuk gambar menggunakan ekstensi PNG, BMP dan JPG. Selain itu aplikasi bandicam juga mendukung Xvid, MPEG-1, H.264, MJPEG, PCM, MP2, serta Kontrol/Overlay FPS.

Aplikasi ini mudah digunakan yang artinya mudah untuk dipelajari oleh siapapun. Namun fitur yang ada dalam aplikasi ini sudah bisa dikatakan lengkap. Tidak hanya itu saja, hasil perekaman video mempunyai kualitas yang sangat baik. Oleh karena itu aplikasi ini banyak digunakan oleh para youtuber. 

Tutorial/Cara Menggunakan Bandicam untuk Merekam Layar Laptop

Setelah kita membahas tentang aplikasi bandicam secara singkat, saatnya kita mengulas tutorial/cara menggunakan bandicam untuk merekam layar laptop ataupun komputer untuk berbagai macam keperluan. 

1. Setelah instal aplikasi bandicam kita, selanjutnya kita buka aplikasi tersebut
2. Pada icon pojok seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah adalah untuk menentukan bentuk layar yang akan kita gunakan. Bisa juga memilih Home kemudian menentukannya pada Get Started. Kita bisa menentukan layar yang akan kita gunakan, apakah Restangle Area, Fullscreen atau Around Mouse


3. Setelah kita menentukan layar yang akan digunakan, selanjutnya kita mengatur tempat penyimpanan hasil rekaman kita dengan cara memilih tab General dan klik titik tiga. Tentukan dimana kita akan menentukan tempat penyimpanan file (video). 


4. Selanjutnya pilih tab Video untuk mengatur rekaman dan format video (kualitas video). Pada bagian Record kita bisa mengatur hotkey yang akan kita gunakan ketika merekam (record) dan juga menghentikan (stop) rekaman. Kita juga bisa mengatur kursor mouse dan juga efek klik dari mouse. 


Pada bagian Format, kita kita bisa mentukan format video, FPS, kualitas video dan lain sebgainya. Selain itu juga kita bisa mengatur kualitas audio seperti codec, bitrate, frequency dan lain-lain. 

5. Pada tab Image kita bisa menentukan Capture dan Format dari gambar. Capture untuk mengatur hotkey yang kita gunakan ketika kita ingin screenshot layar. Sedangkan pada bagian Format kita bisa mengatur format gambar yang kita gunakan. 


6. Setelah pengaturan selesai kita bisa klik tombol Rec atau klik pada hotkey yang kita tentukan tadi pada keyboard. 
 

7. Jika perekaman selesai, kita bisa melihatnya dengan cara klik tab Home dan pilih Video untuk melihat video yang kita rekam dan klik Image untuk melihat hasil screenshot gambar. 


8. Jika kita ingin mengaktifkan webcam, kita bisa klik icon (tombol) camera (Add Webcam Overlay)


9. Setelah itu kita bisa atur pada bagian Webcam. Caranya adalah dengan memberi centang Add Webcam Overlay to Video


Kemudian pada bagian setting kita atur : 
- Webcam : VGA Webcam
- Format : Kita bisa memilih format sesuai dengan kebutuhan kita atau biarkan saja secara default
- Overlay Size : Ukuran dari webcam kita. Biarkan saja 20 persen
- Position : Tentukan posisi dari webcam yang kita gunakan. Pada bagian Left/R Margins 2 persen dan Top/B Margins 2 persen juga. Selanjutnya klik Ok.  

10. Jika kita ingin merekam game, kita bisa mengatur FPS yang kita perlukan. Klik icon game dan pilih tab FPS. Pada bagian FPS Overlay kita bisa mengatur tombol pada keyboard yang akan kita gunakan ketika ingin memunculkan FPS dan juga untuk menghilangkannya. Kita juga bisa memindahkannya dengan tombol keyboard atau kita atur saja secara langsung. 


Selanjutnya pada bagian FPS Limit kita bisa mengatur hotkey dan juga besar FPS yang kita gunakan. Untuk kualitas yang bagus kita bisa menentukan pada angka 60. 

Demikianlah cara menggunakan bandicam/tutorial bandicam untuk merekam layar laptop, baik itu menggunakan webcam dan juga untuk merekam game. Selanjutnya kita akan mengatur bagaimana caranya agar hasil rekaman kita maksimal dan memuaskan. 

Tips Agar Hasil Rekaman Berkualitas 

Untuk mendapatkan hasil rekaman yang berkualitas, jernih dan tajam. Kita harus mengatur pada bagian pengaturan (Settings). Adapun caranya adalah : 

1. Klik pada tab Video dan pilih Settings pada bagian Record


2. Pada tab Sound centang pada bagian Record Sound. Kemudian kita tentukan pada Primary Sound Device untuk suara yang ada dalam (internal) laptop/PC, pilih Speaker (2-High Definition Audio Device). Sedangkan pada Secondary Sound Device (Microphone) untuk suara luar seperti headset kita pilih Microphone (2-High Definition Audio Device). Sedangkan pada Volume kita full kan saja 100 persen. Selanjutnya klik OK.


3. Pada tab Mouse kita bisa mengatur Mouse Effects


- Show mouse cursor size : Menentukan ukuran kursor
- Add mouse click effect size : Menambahkan efek pada mause baik klik kanan dan kiri dengan warna yang kita tentukan
- Add mouse highlight effect size : Menambah efek buletan sekitar kursor dengan warna yang kita tentukan. 
Selain itu kita juga bisa menambahkan suara kursor pada saat perekaman. Setelah itu klik OK.

4. Selanjutnya kita bisa menambahkan logo atau watermark pada video kita. Caranya klik tab Logo dan beri centang pada Add logo to video. Kemudian kita rubah pada :


Image : Rubah gambar logo/watermark dengan watermark kita
Opacity : Kita bisa atur transparansi dari watermark kita
Position : Kita bisa merubah posisi dari watermark kita dan juga bisa mengatur margin kanan, kiri serta atas dan bawah. 
Setelah selesai semua pengaturan kita klik OK. Untuk pengaturan secara keseluruhan kita dapat mengklik OK setelah semua selesai, sedangkan jika kita ingin mengatur satu persatu sesuai kebutuhan maka kita bisa klik OK setiap pengaturan selesai. 
 
5. Setelah kita atur apa yang ada pada Record, selanjutnya kita akan mengatur pada bagian format dengan mengklik Settings.


6. Kita bisa memilih format video sesuai dengan kebutuhan kita. Tapi yang paling banyak digunakan adalah MP4, oleh karena itu pada contoh kali ini kita menggunakan MP4. Pada bagian Video kita bisa menentukan sebagai berikut : 


Size : Untuk ukurannya kita gunakana saja Full Size
FPS : Untuk hasil yang maksimal dan berkualitas kita pilih 60
Codec : H264 (CPU)
Quality : 100

Adapun pada bagian Audio kita bisa menentukan sebagai berikut :
Codec : AAC
Bitrate : 192
Channels : Stereo
Frequency : 48000
 
Seperti itulah tutorial bandicam untuk mengatur agar hasil rekaman berkualitas baik. Jika spesifikasi laptop atau komputer lebih bagus lagi, kita bisa atur/setting dengan pengaturan yang lebih tinggi lagi. Kita sesuaikan saja dengan kondisi yang ada. 
 

Tips Agar Hasil Rekaman Video Lancar

Pada kasus tertentu, kemungkinan ada yang mengalami kondisi dimana hasil rekamannya kurang lancar ketika melakukan meutaran video (play). Hal tersebut terjadi karena spesifikasi dari laptop ataupun komputer kurang mendukung dengan pengaturan rekaman yang maksimal. 

Hal tersebut terjadi biasanya ketika kita merekam software-software tertentu. Oleh karena itu kita bisa mengatur aplikasi bandicam sesuai dengan kondisi yang ada, agar bisa kita sesuaikan dengan spesifikasi laptop ataupun komputer yang kita miliki. Adapun caranya adalah : 

1. Klik pada tab Video dan pilih Presets. Kemudian pilih pada Low-end PC


2. Untuk melihat hasilnya kita bisa klik pada Settings, kemudian kita bisa merubahnya secara manual atau biarkan saja default jika kita memang menginginkan sesuai dengan speksifikasi komputer yang rendah. 


Untuk lebih lengkap, kita bisa menonton video berikut ini yang menjelaskan secara detail bagaimana kita menggunakan aplikasi bandicam : 


Demikianlah ulasan tentang tutorial/cara menggunakan bandicam untuk merekam laptop atau PC. Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu temen-temen yang ingin membuat video untuk keperluan tugas, presentasi ataupun temen-temen yang ingin menjadi youtuber. Selamat mencoba!

Share This
Latest
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!