Kamis, 07 April 2022

SEO Youtube untuk Pemula Agar Banyak Viewer dan Mendapatkan Ranking Dipencarian Youtube



Kenapa kita sebagai seorang youtuber pemula harus mempelajari SEO Youtube? Karena dengan kita menggunakan SEO Youtube, video kita mudah ditemukan dimesin pencarian youtube. Selain itu dengan SEO Youtube untuk pemula maka Youtube akan mudah memahami dan mengenali video-video yang kita buat. 

Jika kita tidak menggunakan SEO Youtube, bagaimana kita bisa memberi tahu Youtube bahwa video kita membahas tentang apa. Kita tidak memerlukan SEO Youtube jika kita memang orang yang sudah terkenal, artis, selebgram dan lain sebagainya jadi kita tidak perlu menggunakan seo youtube tidak masalah. Karena jika sudah terkenal ketika membuat video, maka secara otomatis akan langsung banyak yang nonton, like, dan komentar apalagi subscribernya sudah banyak.  


Oleh karena itu kita sebagai pemula harus menggunakan SEO Youtube. Jika ada  orang yang berkata Sianu tidak menggunakan SEO Youtube tapi banyak viewer? Bisa jadi jika video seseorang banyak viewernya karena channel mereka sudah banyak subscriber, atau kebetulan videonya viral atau bisa jadi secara tidak langsung dia menggunakan SEO Youtube. 

SEO Youtube untuk Pemula Agar Banyak Viewer

Ketika kita sebagai sebagai seorang Youtuber pemula menggunakan SEO Youtube mungkin pada awalnya tidak terlalu nampak, tetapi akan berpengaruh pada jangka panjang. SEO Youtube dianggap mitos ketika subscriber seseorang sudah jutaan atau mereka yang sudah terkenal dan mudah mendapatkan subsceiber. Mereka akan mendapatkan views dengan mudah, yang nonton ribuan, ratus ribuan bahkan jutaan. 

Apalagi jika mereka mempunyai subscriber yang aktif dan loyal, maka mudah bagi mereka mendapatkan views yang banyak. Berbeda dengan kita sebagai pemula yang sangat memerlukan SEO Youtube. Karena pada dasarnya siapapun itu baik yang awam atau yang sudah sering menggunakan youtube, yang mereka lakukan pertama kali adalah menggunakan mesin pencari youtube untuk mencari video sesuai kebutuhan mereka. 

Disitulah kesempatan kita sebagai youtuber pemula untuk menggunakan SEO Youtube, untuk mengoptimasi video kita agar muncul dipencarian youtube sesuai dengan kata kunci (keyword) yang kita target. 

Baiklah inilah beberapa SEO Youtube yang kita gunakan untuk mengopsimasi video kita : 

1. Optimasi Bagian Judul

Ada beberapa cara untuk optimasi pada bagian judul. Dalam mencari judul harus sesuai dengan kata kunci yang disarankan oleh youtube, kita tidak bisa membuat-buatnya sendiri sesuai dengan kemauan kita. Kita harus menggunakan apa yang telah direkonedasikan oleh Youtube. Adapun cara untuk optimasi judul adalah sebgai berikut : 
  • Menggunakan kata kunci (keyword) yang disarankan oleh youtube
  • Long tail keyword (keyword yang panjang), kita bisa mencari kata kunci 4 sampai 8 kata atau lebih. Carilah panjang keyword sampai tidak ada saran lagi dari youtube, karena yang demikian itu adalah keyword yang kecil persaingannya. 
  • Menggunakan tool tubebuddy dan vidiq
  • Keyword dengan volume pancarian yang banyak dan persaingannya sedikit

2. Optimasi Bagian Deskripsi

Menjabarkan sedikit tentang video kita pada bagian deskripsi, hal tersebut dilakukan agar penonton mengetahui poin penting yang akan kita jelaskan dalam video. Sehingga mereka akan tertarik untuk menonton selengkapnya jika memang video yang kita buat sesuai dengan kebutuhan mereka. 
  • Penjelasan secara singkat 2 atau 3 paragraf, agar mereka penasaran dengan isi video sehingga mereka akan nonton video kita. Apalagi video kita sesuai dengan kebutuhan mereka.   
  • Menempatkan website, sosial media dan hal-hal yang terkait pada bagian deskripsi
  • Memasukkan kata kunci yang ada di judul pada bagian deskripsi
  • Menambahkan kata kunci favorit 3-5, hal ini penting dilakukan agar video kita dapat terdeteksi dimesin pencarian youtube. 
  • Menambahkan hastags 3 sampai 5 dibagian deskripsi

3. Optimasi Bagian Tag

Kita bisa mencari keyword sesuai dengan saran dari youtube dan juga menggunakan tool tubebuddy serta vidiq. Dengan tool tersebut kita akan mudah mendapatkan kata kunci yang tepat untuk video kita, bahkan kita bisa mendapatkan kata kunci yang mendapatkan ranking dipencarian youtube. 
  • Keyword yang disarankan oleh youtube
  • Menggunakan Tool Tubebuddy dan vidiq
  • Keyword dengan volume pencarian yang banyak dan persiangannya sedikit
  • Menggunakan Long tail keyword

4. Optimasi Thumbnail

Buatlah thumbnail yang menarik dan norak sehingga menarik perhatian penonton dan mereka ingin mengklik/membuka video kita. Kita tidak boleh membuat thumbnail yang berbeda dengan isi video, klik bait boleh saja asal sesuai dengan isi video. 
  • Thumbnail yang menarik dan norak
  • Jangan terlalu Klik bait, apalagi tidak sesuai dengan isi video
  • Thumbnail hanya pelengkap judul saja dan bertujuan untuk menarik perhatian penonton
  • Thumbnail yang dapat membangkitkan emosional, kontroversi dan rasa penasaran

5. Optimasi Layar Akhir

Optimasi layar akhir bertujuan untuk merekonedasikan video kita yang lain, baik itu video terkait, terbaru atau video populer. Hal tersebut selain untuk mempromosikan video kita yang lain tapi juga untuk menambah jam tayang channel kita. Kita bisa memilih jenis layar akhir sesuai dengan selera kita. 

6. Optimasi pada Card (kartu)

Hampir sama fungsinya dengan layar akhir yang bertujuan untuk merekomendasikan video kita yang lain. Kita bisa memilih video sesuai dengan keinginan kita, apakah video terkait atau video terbaru. Menurut admin untuk Card ini lebih baik memillih video yang terkait saja, karena banyak youtuber menggunakannya untuk merekomendasikan video terkait. 

7. Membuat Video dengan Kualitas Terbaik

Selain cara-cara diatas untuk memaksimalkan video dipencarian youtube, kita juga harus memaksimalkan kualitas video itu sendiri. Agar banyak yang nonton dengan durasi yang panjang. Waktu totnton sudah diperhitungkan juga oleh youtube, bahkan itu bisa menjadi perhitungan youtube untuk memberikan ranking. 

1. Memperbaiki Kualitas Edit Video, untuk menghasilkan video yang berkualitas diperlukan kualitas video itu sendiri. Selain dari kontennya berkualitas kita juga harus mengedit video tersebut agar mendapatkan hasil yang berkualitas. Kualitas video dari segi konten dan juga editing akan mempertahankan lamanya durasi tonton. 

2. Video yang Original, penting bagi kita untuk membuat video yang original walaupun itu sulit. Jangan sekali-kali melakukan plagiat atau reupload, karena hal tersebut akan terdeteksi oleh youtube. Jika kita melanggar hak cipta maka video kita tidak bisa dimonetisasi. 

3. Panjang Durasi Video, kita juga harus memperhatikan panjang durasi video, buatlah video yang berdurasi cukup sedang agar tidak membuat para penonton bosen. Biasanya durasi yang diperlukan adalah antara 10 sampai 16 menit. 

Selain durasi video yang perlu kita perhatikan adalah durasi tonton. Sekarang selain view youtube juga sudah memperhatikan durasi tonton. Bahkan durasi tonton bisa memenangkan video kita dipencarian youtube walaupun views kita masih kalah dari video lain. 

4. Memperhatikan Selera Penonton, penonton akan semakin senang jika apa yang mereka inginkan kita penuhi. Apalagi beberapa keingina mereka tercapai seperti permintaan mereka untuk membuat video sesuai dengan selera mereka. Hal tersebut akan membuat mereka berlama-lama menonton video kita, tidak hanya itu saja mereka berpotensi menonton berulang-ulang video kita. 

8. Mempromosikan Video

Setelah beberapa tugas diatas masih ada lagi tugas selanjutnya agar video bisa mendapatkan penonton yang banyak. Banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menarik banyak penonton selain melakukan cara SEO Youtube. Berikut beberapa cara promosi video yang tepat.

1. Memanfaatkan Media Sosial 
Walaupun tidak menjamin akan mendapatkan penonton yang banyak, media sosial juga bisa menjadi alat bantu untuk mengenalkan video kita pada orang lain. Pergunakan beberapa media sosial yang kita punya untuk mempromosikan video kita. 

Kita bisa memberikan link dan juga footage video yang berisikan ringkasan video atau bagian-bagian tertentu video kita yang membuat orang lain penasaran. Jika mereka tertarik maka mereka akan menonton video kita. 

2. Memanfaatkan Komunitas
Jika kita mempunyai komunitas, kita bisa memanfaatkannya. Misalnya kita mempunyai komunitas motor, kita bisa mempromosikan channel youtube kita pada teman-teman komunitas motor tersebut. Cara ini cukup efektif karena mereka akan dengan senang hati menjadi bagian dari penggemar kanal youtube kita. Sehingga kanal youtube kita mudah berkembang.   


3. Mengiklankan Video
Jika kita mempunyai anggaran yang lumayan, tidak salahnya kita untuk mengiklankan video kita. Karena jika kita iklankan dengan tepat, maka kita akan mendapatkan efek yang luar biasa dan akan membantu perkembangan channel kita. Ada beberapa cara mengiklankan video, yaitu dengan google ads, facebook ads dan instagram ads. 

Faktor yang Mempengaruhi kita Menang Dipencarian Youtube 

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi video kita bisa menang dipencarian youtube. Dengan factor-faktor tersebut maka video kita akan mendapatkan ranking, sehingga video kita bisa menang dipencarian youtube. Faktor-faktor tersebut biasanya untuk volume pencarian yang tinggi walaupun tidak menutup kemungkinan untuk volume pencarian yang rendah. 

1. Like, jika video kita mendapatkan banyak like itu artinya banyak yang tertarik, maka youtube menganggap video kita bagus dan akan direkomendasikan dipencarian paling atas.
2. View, begitupun dengan view, semakin banyak views maka youtube menganggap video kita berkualitas sehingga kita akan mendapatkan ranking dipencarian youtube.   
3. Komentar, semakin banyak yang berkomentar itu artinya video tersebut sudah berhasil membangkitkan rasa emosional penonton. 
4. Subscriber, semakin banyak subscriber maka penonton akan semakin banyak sehingga video kita mudah mendapatkan ranking dipencarian youtube. 
5. Share, semakin banyak yang share maka semakin banyak yang tertarik dan juga semakin banyak mendapatkan penonton, maka video kita akan mendapatkan ranking dipencarian youtube. 
6. Kecepatan views, jika dalam waktu 1 sampai 2 hari yang nonton sangat banyak maka video kita berpotensi viral dan masuk trending. 

Untuk mengetahui lebih detail tentang SEO Youtube untuk pemula, kita bisa menonton video dibawah ini :


Demikianlah ulasan tentang SEO Youtube untuk pemula agar banyak viewer, mudah-mudahan dengan artikel ini bisa memberikan seikit pengetahuan teman-teman yang sedang berjuang mengembangkan channel Youtube. Dengan SEO Youtube kita bisa mendapatkan viewer dan subscriber walaupun secara berahan. 

Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!