Senin, 09 Mei 2022

9 Dompet Digital Indonesia Terbaik yang Paling Banyak Digunakan



Salah satu perkembangan teknologi yang memudahkan kegiatan manusia adalah adanya dompet digital Indonesia, dengan adanya dompet digital ini maka kita tidak lagi repot untuk membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Kita hanya perlu membawa android saja dan transaksipun menjadi sangat mudah. 

Tentunya perkembangan teknologi ini sangat bermanfaat bagi manusia dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan transaksi. Apalagi pada saat ini kita banyak melakukan transaksi online, kita tidak perlu lagi mengunjungi toko atau tempat perbelanjaan lainnya karena dengan adanya dompet digital kita sudah bisa melakukan transaksi secara online dengan sangat mudah.  


Dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak sekali bermunculan dompet digital di Indonesia. Dari banyaknya dompet digital tersebut, setiap mereka menawarkan berbagai macam fasilitas dan kelebihannnya masing-masing. Tentunya kita bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. 

Pengertian Dompet Digital

Apa itu dompet digital? dompet digital adalah layanan elektronik yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai kegiatan pembayaran atau kegiatan transaksi secara online. Kita melakukan transaksi tanpa menggunakan kartu dan tanpa menggunakan uang tunai, pengguna hanya memakai smartphone untuk melakukan transaksi secara online. 

Selain dari kemudahan yang kita dapatkan, dompet digital ini juga lebih aman karena transaksi kita terlindungi dengan kata sandi dan juga pin yang hanya dapat diakses oleh pemilik akun saja. Berdasarkan peraturan BI (Bank Indonesia), e-wallet atau dompet digital adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, diantaranya adalah sebagai alat pembayaran yang memakai kartu dan/atau uang elektronik untuk menampung dana dan melakukan pembayaran. 

Sebagai salah satu fintech (financial technology), e-Wallet atau dompet digital bermanfaat untuk menyimpan uang secara digital yang dapat dipakai untuk bertransaksi baik itu secara online ataupun offline dengan menggunakan QR code. E-Wallet atau dompet digital adalah alternatif sistem pembayaran yang dibuat agar dapat memudahkan para penggunanya dalam melakukan transaksi. 

Daftar Dompet Digital di Indonesia

Baiklah pada artikel kita kali ini, kita akan membahas tentang dompet digital Indonesia. Adapun daftar dompet digital Indonesia adalah sebagai berikut :  

1. Dompet Digital DANA

Dompet Digital DANA merupakan salah satu dompet digital/e-wallet yang paling populer di Indonesia. Dana adalah perusahaan yang dimiliki oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. Dan bekerja sama dengan Ant Financial, pemilik AliPay. Dengan Dana ini kita bisa melakukan berbagai macam transaksi sesuai dengan kebutuhan kita. 

Ada beberapa fasilitas yang bisa kita gunakan dengan dompet digital yang satu ini, misalnya seperti kirim uang atau transfer baik pada akun dana lagi atau pada rekening bank. Kita juga bisa membeli pulsa, bayar listrik, bayar cicilan kendaraan, TV kabel bahkan bisa transaksi menggunakan QRIS. 

Untuk isi saldo atau top up pun tergolong mudah, bisa menggunakan bank yang kita punya atau melalui merchant seperti Alfamart, Alfamidi, Pegadaian, Kantor Pos, Lawson dan lain sebagainya. Untuk transaksi kita hanya menggunakan pin saja yang telah kita buat. Beberapa kali klik saja transaksi sudah selesai dengan mudah. 

2. Dompet Digital Gopay

Gopay diluncurkan oleh perusahaan transportasi online yang bernama Gojek. Pada awalnya dilaunching hanya untuk digunakan sebagai media pembayaran dari perushaan Gojek saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, pada akhirnya Gopay melebar dan semakin populer menjadi salah satu dompet digital indoneisa yang sangat sukses. 

Hampir semua transaksi yang ada saat ini dapat dilakukan menggunakan gopay. Sistem isi saldonya pun tergolong mudah dan hanya dikenakan biaya admin sebesar Rp1.000 saja setiap kali melakukan pengisian saldo. Banyak orang yang menggunakan gopay karena dompet digital ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. 

Untuk top up atau isi saldo gopay ini tergolong mudah, kita bisa menggunakan beberapa metode seperti di pegadaian, mobile banking, internet banking, ATM, minimarket dan lain sebagainya. Untuk minimarket kita bisa menggunakan Alfamart, alfamidi, Dan+Dan, Lawson dan lain sebagainya. 

3. Dompet Digital OVO

Menurut rumah.com OVO merupakan dompet digital yang mampu menguasai 70% transaksi, tidak hanya menuasai transaksi saja tapi juga pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia seperti cafe. bioskop, hingga supermarket. Pada awalnya OVO dimiliki oleh Lippo Group, kemudian saat ini sudah bekerja sama dengan Grab, yaitu salah satu perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia. 

Ada beberapa fitur yang ada dalam dompet digital yang satu ini, seperti transfer bank, tarik tunai, pulsa, pembayaran PLN, TV kabel, pembayaran PDAM, BPJS kesehatan, cicilan kendaraan, Voucher game dan lain sebagainya. Dompet digital yang satu ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik, sehingga transaksi yang kita lakukan akan berjalan dengan aman dan nyaman. 

4. Dompet Digital LinkAja

LinkAja atau sebelumnya TCash merupakan dompet digital yang juga dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi online. Banyak yang dapat kita lakukan seperti transfer antar LinkAja dan juga transfer ke rekening bank, mebayar tagihan, membeli pulsa, bayar listrik, Voucher game, PDAM, BPJS, TV kabel dan masih banyak transaksi lainnya yang dapat kita lakukan di LinkAja. 

Untuk transaksi menggunakan aplikasi LinkAja terbilang mudah dilakukan, jadi siapapun bisa melakukannya, LinkAja juga sudah berkolaborasi dengan beberapa perushaan BUMN agar dapat memberikan berbagai macam kemudahan bagi para penggunanya.  

5. Dompet Digital Doku

Salah satu dompet digital/e-wallet yang populer di Indonesia saat ini adalah Doku Wallet. Doku ini sudah dilengkapi berbagai macam fitur seperti kirim uang atau transfer, baik pada akun dana lagi atau pada rekening bank. Kita juga bisa membeli pulsa, bayar listrik, bayar cicilan kendaraan, TV kabel bahkan bisa transaksi menggunakan QRIS.


Soal keamanan dan privasi data tidak perlu diragukan lagi, karena dompet digital satu ini memakai sistem kemanan ganda sehingga akun kita akan aman dalam melakukan transaksi apapun. Kita bisa mengunci akun kita dengan menambah password dan juga pin 

6. Dompet Digital Sakuku

Sakuku adalah dompet digital yang dimiliki oleh BCA. E-wallet ini menawarkan berbagai macam fasilitas untuk mempermudah berbagai transaksi digital yang kita lakukan. Ini sangat cocok sekali untuk kita yang menyukai kemudahan, karena banyak sekali fitur yang ditawarkan untuk memudahkan semua kegiatan kita dalam bertransaksi. 

Dompet digital yang satu ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Yang membedakan keduanya adalah pada jumlah maksimal saldo yang dapat disimpan. Jika Sakuku hanya dapat menyimpan batas maksimal saldo hingga Rp 2 juta, sedangkan Sakuku Plus dapat menyimpan batas maksimal saldo hingga Rp 10 juta.

7. Dompet Digital iSaku

iSaku adalah dompet digital yang menjalin kerja sama dengan perusahaan ritel Indomaret. Salah satu kelebihan yang akan kita dapatkan jika kita bertransaksi dengan iSaku di Indomaret adalah kita akan memperoleh potongan harga dan mengumpulkan cashback berupa poin yang dapat kita pergunakan untuk belanja di Indomaret.   

8. Dompet Digital Shopeepay 

E-Wallet Shopeepay menjadi salah satu dompet digital yang juga banyak dipakai di Indonesia, terutama bagi mereka yang suka berbelanja di toko online Shopee. Selain transaksi online Shopeepay juga sudah mendukung pembayaran secara offline metode scan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). 

E-wallet Shopeepay dilaunching oleh SeaMoney, yaitu sebagai induk dari perusahaan Shopee, dan sudah memperoleh lisensi dari BI (Bank Indonesia) pada Agustus 2018 lalu. Oleh karena itu bagi mereka yang berbelanja secara online di toko online shopee, tidak perlu khawatir lagi dengan pembayaran yang ribet karena sudah mendapatkan kemudahan bertransaksi menggunakan Shopeepay.  

9. Jenius

Seolah tak mau kalah, Bank BTPN pun melaunching Jenius dompet digital sebagai cara baru untuk bertransaksi secara online. Kita dapat melakukan transaksi apapun secara aman dan mudah. Adapun fitur yang ditawarkan adalah Send It, Pay Me, Save It, Split Bill, bahkan eCard.


Selain memperoleh aplikasi secara online, dengan dompet digital jenius ini kita akan mendapatkan kartu debit yang dapat digunakan dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Kita juga dapat menggunakannya dalam melakukan transaksi ke berbagai merchant, seperti Tokopedia, Sayurbox, JD ID, dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan tentang dompet digital Indonesia terbaik yang paling banyak digunakan, kita dapat memilih salah satu atau beberapa E-Wallet atau dompet digital yang kita minati. Tentunya kita memilih sesuai dengan kebutuhan dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing e-wallet tersebut. 


Share This
Previous Post
Next Post

Seorang Blogger yang berusaha memberikan informasi yang terbaik dan valid

0 Comments:

Berkomentarlah dengan bijak!

Bagikan Artikel ini!